Bagaimana Mengembalikan Uang dari CIMB Niaga yang Salah Transfer ke BTPN Atas Nama Orang Lain?

Kronologi kejadian.

Pada tanggal 26/9/19 (20.57) saya melakukan transaksi melalui klik CIMB Niaga, rencana mau transfer ke rekening BTPN atas nama saya sendiri

Nama: Wahyu Hidayat
No rek: 900105385**
Dengan jumlah sebesar 4 juta rupiah.

Proses transfer dari klik CIMB setelah terima kode OTP, tanpa mengecek kembali rekening dan nama penerima nya dan saya masukan OTP dari CIMB dan transaksi berhasil. Selang beberapa menit saya terima Gmail dari CIMB dan ketika saya baca ternyata transaksi berhasil ke rekening BTPN orang lain atas nama

Nama: Tuba*** De** Zam****
No rek: 900105385**

Setelah saya cek lagi ternyata saya salah pengetikan satu digit angka ke dua dari belakang, yang seharusnya (4 tapi 3).

Setelah sadar bahwa saya salah transfer, maka langsung menghubungi CS CIMB 14041. Tanggapannya transaksi sudah berhasil dan tidak bisa ditarik kembali dan disarankan untuk menghubungi pihak Bank BTPN karena si penerima rekeningnya BTPN.

Lalu saya menghubungi CS BTPN dan kawannya saya disarankan untuk menanyakan ke pihak Bank CIMB karena pihak yang mengeluarkan dana CIMB Niaga. Dan stop di malam itu saya tidak menemukan jawaban/solusi atas kesalahan transfer yang saya alami (tanda tanya saya atas jawaban CS dari kedua bank yang bersangkutan, seolah saling lempar).

Lalu keesokan harinya tanggal 27/9/19 saya coba datang langsung ke CIMB Niaga Tomang. Setelah saya ceritakan kronologi kejadiannya, dengan berat hati CS CIMB Niaga ahirnya membuatkan laporan kejadian yang saya alami dan prosesnya 14 hari kerja (dalam obrolan dengan CS CIMB dia menyarankan saya segera ke Bank BTPN untuk menjelaskan kejadiannya).

Saya pun menuju Bank BTPN Tomang untuk menjelaskan kejadian yang saya alami. Setelah diterima CS BTPN, katanya pihak BTPN tidak bisa melakukan banyak hal apalagi privasi orang, tapi bisa melakukan pengecekan pihak penerima dan CS bilang saldonya dan transaksi transfer dari no rek saya CIMB nama: Wahyu Hidayat, no rek: 7037100436** memang benar ada dan masuk ke rekening BTPN atas nama: Tuba*** De** Zam****
No rek: 900105385**

Bahkan saya pun telah melakukan transfer ke no rekening tersebut 2 kali dengan perasaan (tolong kembalikan uang sebesar Rp4 juta, karena salah transfer) dengan harapan pesannya diterima dan bisa mengembalikan dana yang saya salah transfer. Pihak Bank BTPN pun sama tidak bisa berbuat banyak, apalagi sampai memberikan data no telepon dan alamat kepada saya dengan alasan peraturan OJK (saya mengerti) dan seolah dialihkan lagi. Saya disuruh ke pihak Bank CIMB (padahal saya sudah bilang ke CS BTPN, kalau saya sudah membuat laporan ke pihak Bank CIMB). Lalu CS BTPN menjelaskan bahwa pihak BTPN pusat menunggu pelaporan dari pihak Bank CIMB dulu, setelah menerima laporan tersebut baru team internal BTPN melakukan negosiasi dan itupun tidak menjamin dana saya kembali atau tidaknya.

Akhirnya saya memutuskan untuk meminta bukti bahwa saya sudah melaporkan kejadian saya ke bank BTPN, tapi CS BTPN tidak bisa memberikan surat apapun. Akhirnya saya pulang dan tinggal menunggu waktu 14 hari tanpa kepastian uangnya kembali atau tidaknya. Sedangkan 2 teman saya pernah mengalami kejadian serupa dengan saya di bank BRI, BNI dan mandiri prosesnya bisa di tunggu dan tidak sampai 24 jam dana langsung kembali.

Dan inti dari semua surat saya adalah:

  • Ingin menanyakan kepada kedua bank yaitu CIMB Niaga dan BTPN Jenius,
  • Langkah apalagi yang harus saya lakukan untuk bisa kesalahan tranfer saya dananya kembali, negosiasi seperti apa yang dilakukan team internal BTPN kepada nasabah penerima uang saya dan seberapa lama.
  • Melihat dari pengalaman 2 teman saya yang mengalami kejadian seperti saya pihak Bank BRI, BNI dan Mandiri tidak melakukan negosiasi dengan pihak yang terima dana cuma menginformasikan bahwa ada kesalahan transfer.

Wahyu Hidayat
Jakarta Selatan 12310

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan pendapat anda!



Bagaimana Reaksi Anda?
  • Suka
  • Senang
  • Sedih
  • Marah
  • Lucu
  • Kecewa
Berikan penilaian mengenai pengalaman ini:
[Penilaian Rata-rata: 4.3]

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan
Loading...

8 komentar untuk “Bagaimana Mengembalikan Uang dari CIMB Niaga yang Salah Transfer ke BTPN Atas Nama Orang Lain?

    • 15 Oktober 2019 - (14:41 WIB)
      Terimakasih untuk semua pihak yang terkait yaitu bank CIMB dan BTPN..terutama staf CIMB cabang Tomang (Annisa) yang telah membantu permasalahan yang saya alami waktu itu dan Sekarang telah terselesaikan. Pengembalian dana saya yang salah tranfer.Terimakasih sekali lagi kepada pihak bank CIMB Tomang yang telah membantu menyelesaikan permasalahan saya.
  • 29 September 2019 - (10:49 WIB)
    Kalo salah transfer CIMBNIAGA hanya pihak yang menjalankan mediasi, kalo dana udah ditarik sama penerima uang gabakal kembali, tapi biasanya ada kebijakaan bank dimana jika orang tsb tidak mengembalikan artinya akan berurusan pihak berwJib
  • 30 September 2019 - (22:40 WIB)
    Semoga dari kedua pihak bank bisa negosiasi internal antara cimb niaga dan BTPN jenius,kiranya bp Tubagus Dedi berhati baik untuk mengembalikan uang saya yang telah salah tranfer.saya pun sudah dan sedang menunggu balasan email dari pihak CIMB (14041) terkait masalah ini dan sudah ada respon untuk menunggu proses pengajuan. Untuk pihak bank BTPN (@helpjenius) belum ada respon atas masalah ini melalui email. Sangat besar harapan saya dari semua pihak terkait untuk membantu masalah ini.
  • 1 Oktober 2019 - (14:30 WIB)
    biasanya bank cuma sebagai Mediator antara pengirim dana dan penerima dana gan.
    Urusan dikembalikan uang nya atau tidak bank tidak bisa bantu banyak, ujung2nya bergantung kepada penerima mau kembalikan atau tidak
    Kalau BCA sih rekening penerima nya di bekukan jadi tdk bisa di gunakan
  • 2 Oktober 2019 - (14:38 WIB)
    Mungkin kebijakan masing-masing bank berbeda ya pa beny..kalau BCA langsung di bekukan,tapi BTPN pas saya ke kantor cabang mereka cuma bisa lihat saldo rekening ybs,transaksi di cek memang bener saldo masuk dari rekening saya.Tapii cs BTPN tidak berani membekukan rekening ybs karena keputusan ada di team internal BTPN, katanya. Saya sudah coba kirim Gmail ke helpjenius dari tgl 28/9/19..sampai sekarang tidak ada respon.
  • 15 Oktober 2019 - (14:45 WIB)
    Alhamdulillah.. setelah mengikuti prosedur dari pihak bank CIMB,hari ini setelah 14 hari kerja team CIMB bisa mengembalikan dana saya yang salah tranfer.Terimakasih CIMB cabang Tomang (Annisa)

 Apa Komentar Anda mengenai pengalaman ini?

Ada 8 komentar sampai saat ini..

Bagaimana Mengembalikan Uang dari CIMB Niaga yang Salah Transfer ke BT…

Bocah Koebang 2 menit
8