Pendebetan Tagihan Pasca Bayar Indosat ke Kartu Kredit Citibank Tanpa Izin

Tanggal 22 Oktober 2019 saya menerima email notifikasi bahwa tagihan paskabayar Indosat saya sudah dibayar via Citibank. Saya kaget karena selama ini secara rutin saya bayarkan manual via bank M. Saya tidak pernah mendaftarkan/otorisasi pembayaran autopayment di bank atau cc manapun dan tidak pernah menunggak tagihan (tagihan tsb keluar per tanggal 20).

Lalu saya email menanyakan ke CS Indosat, kenapa bisa ditagihkan ke Citibank tanpa sepengetahuan pelanggan? Balasan indosat sangat klise: saya cuma disuruh cek ke Citibank terkait autodebetnya, lalu pelaporan dengan nomor DIG0005018062 ditutup beberapa menit setelah balasan dikirim, karena mereka anggap masalah sudah selesai.

Secara paralel saya sudah tanyakan juga ke Citibank kenapa ada pembayaran autodebet yang tidak pernah saya autorisasi (nomor ref 018129958). So far belum ada tanggapan (belum 24 jam). Oya nomor pascabayar ini tercantum di Citibank sebagai data nasabah.

Kecurigaan saya terhadap Indosat cukup beralasan, karena hal serupa terjadi juga di 2018, tetapi autodebet tagihan dilakukan ke rekening bank M yang biasa saya gunakan untuk lakukan pelunasan.
Dulu saya komplain ke Indosat dapat jawaban yang sama, dan ketika saya tanya ke pihak bank M via email saya diminta urus ke cabang untuk menghentikan perintah autodebet karena CS email tidak ada wewenang utk cek/koreksi hal tsb. LUCUNYA, berhubung saya tidak sempat ke cabang sampai tagihan berikutnya, tetapi entah kenapa autodebetnya tidak terjadi lagi.

Saya coba pelajari PBI dan UU terkait pendebetan otomatis tagihan menyatakan butuh otorisasi/ijin pemilik rekening. Mungkin rekan-rekan di komunitas ada yang pernah mengalami hal yang sama dan bisa sharing bagaimana penyelesaiannya? Atau mungkin tepatnya siapa yang trigger perintah pembayaran ini dan bagaimana menghentikan/cegah terjadi lagi di masa depan?

Indri S
Jakarta Barat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.

5 komentar untuk “Pendebetan Tagihan Pasca Bayar Indosat ke Kartu Kredit Citibank Tanpa Izin

    • 11 April 2020 - (01:11 WIB)
      Permalink

      Wjwkwk jawaban klise indosat. Kenyataannya tidak pernah ada pihak indosat yg nenghubungi balik wkwkwk

  • 24 Oktober 2019 - (22:49 WIB)
    Permalink

    Setahu saya memang pendaftaran untuk pelaksanaan autodebet harus ada otorisasi dari yang namanya tertera di KK. Jadi menurut saya, tanggung jawab terbesar dari kejadian ini adalah di bank penerbit KK tersebut yang membiarkan autodebet terlaksana sementara tidak ada persetujuan eksplisit dari pemilik KK.

  • 26 Oktober 2019 - (08:34 WIB)
    Permalink

    mendebet tanpa ijin memang salah, dan pasti bikin emosi. harus komplain supaya tidak terulang. Indosat sangat kurang ajar, seperti “maling”.

    tp pada kasus ini, berarti tidak ada kerugian kan? tagihan terbayar sesuai pemakaian.

  • 11 April 2020 - (01:10 WIB)
    Permalink

    Sama…. saya sudah berkali2 kejadian di 4 nomor pasca bayar saya. Seenaknya debet ke kredit card saya padahal masa langganan sudah habis dan sudah di putus kontrak bbrp hari sebelum masanya habis. Uang saya sampai 1 th lebih baru dikembalikan melalui proses yg sangat panjang dan melelahkan dan membuat emosi. Bolak balik telp dan mendatangi gerai indosatnya langsung berkali2 buang ongkos parkir mall, ongkos bensin, waktu… dikembalikan pun tidak full… bener2 spt rampok! Jangan pernah beli hp bundling dgn indosat!! Krn data kredit card sudah mereka simpan dan seenaknya dirampok uangnya!

 Apa Komentar Anda mengenai Indosat Ooreedo?

Ada 5 komentar sampai saat ini..

Pendebetan Tagihan Pasca Bayar Indosat ke Kartu Kredit Citibank Tanpa …

oleh Indri S dibaca dalam: 1 menit
5