Kecewa dengan Aftersales JD.ID

Saya pelanggan setia JD.ID, dengan email terdaftar: dessy_123y@yahoo.com, bahkan status member saya sudah diamond mengingat banyak dan seringnya saya bertransaksi di platform tersebut. Namun kali ini saya kecewa sekali dengan pelayanan JD.ID yang bertele-tele dalam menangani kasus pengembalian dana. Padahal saya hanya menuntut hak saya, yaitu uang saya dikembalikan karena pesanan saya yang tidak lengkap.

Jadi kronologinya begini: saya memesan enam buah pakaian anak dari tiga penjual berbeda. Ketiganya dari negara China melalui platform JD.ID langganan saya pada 28 September 2019. Dua minggu kemudian, yaitu 11 Oktober 2019 pesanan saya sampai. Namun saya hanya menerima dua buah paket dari dua penjual saja. Saya pun langsung menghubungi call centre JD.ID perihal pesanan nomer 1006749478 tersebut dan disuruh menunggu, karena belum sampai batas akhir penerimaan, yaitu tanggal 8 November 2019. Saya pun menunggu dengan sabar karena dijanjikan sudah dikirim.

Akhirnya pada 31 Oktober 2019 paket sampai. Namun sedihnya hanya satu barang saja isinya. Seharusnya ada tiga buah pakaian anak dan saya telah menunggu lebih dari sebulan. Saya hubungi lagi call centre JD.ID dan diarahkan menuju Aftersales agar dapat diproses pengembalian dana. Saya pun langsung menerima telepon konfirmasi mengenai hal tersebut dan disuruh menunggu proses 2x24jam. Pengajuan Aftersales saya dengan nomer: 20106605 dan 20106606.

Setelah tidak menerima kabar lebih dari waktu yang dijanjikan tersebut, saya berusaha menelepon pihak Aftersales namun tidak diangkat; kemudian mengirimkan email, namun tidak ada tanggapan. Setelah hampir seminggu, saya coba hubungi CS JD.ID dan dibuatkan laporan dengan nomor 00474506 oleh Mbak Restu.

Akhirnya pihak Aftersales menghubungi melalui aplikasi WhatsApp dan menanyakan apakah yang ingin saya lakukan, apakah ingin pengembalian dana. Padahal dari awal laporan Aftersales saya sudah dengan jelas menuliskan, melalui email juga sudah ada, saya ingin pengembalian dana. Tapi ini masih butuh konfirmasi lagi, jadi saya konfirmasi lagi. Tapi kecewanya lagi, pihak Aftersales mengatakan prosesnya memakan waktu 7 – 14 hari kerja. Ketika saya tanyakan alasannya mengapa lama dan apakah dapat lebih cepat, saya tidak mendapatkan jawaban dan hingga tulisan ini dibuat, saya belum mendapatkan kejelasan mengenai kasus saya ini.

Saya merasa sangat kecewa sekali karena saya pun berlangganan di platform lainnya namun tidak bertele-tele menyangkut masalah refund dan sebagainya. Saya mengerti terkadang berjualan ada kendala, namun prosedur pengembalian dana dan penanganan masalah JD.ID menurut saya sangat tidak professional dan tidak efisien. Platform lain hanya butuh 2x24jam maksimum dana sudah kembali. Ada yang dalam 24 jam, bahkan ada yang saat itu juga apabila dibatalkan akan langsung dana dikembalikan. Bahkan ada platform yang memberi kupon belanja demi mengatasi kekecewaan konsumen. Namun yang terjadi di JD.ID malah semakin membuat kekecewaan pelanggan semakin besar dengan proses yang berkepanjangan dan berlarut-larut.

Dessyrey Livia
Bandung, Jawa Barat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan pendapat anda!



Bagaimana Reaksi Anda?
  • Suka
  • Senang
  • Sedih
  • Marah
  • Lucu
  • Kecewa
Berikan penilaian mengenai JD.ID:
[Penilaian Rata-rata: 2]

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan
Loading...

 Apa Komentar Anda mengenai JD.ID?

Belum ada komentar.. Jadilah yang pertama!

Kecewa dengan Aftersales JD.ID

Dessy Rey 2 menit
0