Kecewa dengan Layanan Pengembalian Barang Shopee dan “Seller” Maybelline Indonesia

Pada tanggal 18/09/2019 01:38 saya belanja di Shopee dengan penjual Maybeline Indonesia, nomor pemesanan: 19091802381JGGS. Tanggal 21/09/2019 paket sudah diterima, tapi barang yang saya terima tidak sesuai dengan yang saya pesan. Maka dari itu paket saya kembalikan. Saya sudah menghubungi seller, dia bilang kembalikan saja paket.

Lalu saya kirim kembali paket dengan menggunakan ekspedisi J&T dengan nomor resi: JD0049284520 pada tanggal 21/09/2019 ke alamat warehouse Shopee Indonesia (PT. Dunex/Dunia Express Transindo), Tanjung Priok Jakarta. Paket diterima oleh PT Dunex tanggal 23/09/2019. Saya mengirim barang dengan form pengembalian barang yang diberikan oleh seller.

Saya menunggu untuk pertanggungjawaban pihak Maybelline, tapi tidak ada kejelasan. Saya komplain melalui chat tapi pihak Maybelline Indonesia tidak ada itikad baik. Setelah saya menunggu 3 minggu lebih, tiba-tiba pada tanggal 22/10/2019 di sistem Shopee transaksi pembelian 19091802381JGGS, pengajuan pengembalian barang saya ditolak dan otomatis batal.

Di sini saya mempertanyakan hak saya sebagai pembeli. Di mana itikad baik Maybelline dalam mempertanggungjawabkan barang saya? Sampai saat ini saya tidak menerima barang pengembalian. Saya sudah komplain ke pihak Shopee, tapi pihak Shopee mengulur-ngulur masalah ini, bahkan sempat menutup komplainan saya ini. Ini sama saja penipuan, mana tanggung jawabnya? Saya sangat kecewa.

Komplain ke Maybelline Indonesia di Shopee gak ada kejelasan. Komplain ke CS Shopee dan warehouse PT. Dunex gak ada kejelasan. Padahal barang sudah diterima oleh PT. Dunex, tapi terkesan mengulur waktu dan gak ada kejelasan, sampai saya berkali-kali telpon mempertanyakan. Tolong tanggung jawabnya. Sudah mau 1 bulan lebih gak ada kejelasan.

Saya kecewa dengan Shopee dan Maybelline Indonesia. Pihak Shopee kenapa menyetujui penolakan yang diajukan oleh Maybeline? Padahal pihak Maybelline belum mengembalikan barang saya dan pihak Maybelline tidak ada itikad baik. Kalau begini, dana saya diteruskan ke pihak seller Maybelline Indonesia, tidak ditahan oleh Shopee. Saya sangat kecewa karena tidak ada kejelasan.

Theodora S.
Jakarta Utara

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai Shopee:
[Total:13    Rata-Rata: 2.1/5]

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan
Loading...

7 komentar untuk “Kecewa dengan Layanan Pengembalian Barang Shopee dan “Seller” Maybelline Indonesia

    • 6 November 2019 - (12:19 WIB)
      Permalink

      untuk kendala tersebut saya udah di hubungi langsung via telepon dan kendalanya juga udah dibantu oleh pihak shopee.
      Tadi pagi pihak shopee menghubungi sya.

  • 6 November 2019 - (12:09 WIB)
    Permalink

    Tampaknya penjual itu sengaja mengirim barang yang tidak sesuai dengan pesanan sehingga pembeli akan mengembalikan barangnya. Tetapi anehnya setelah barang dikembalikan kemudian penjual menolak sehingga sistem Shopee batal. Apakah ini sebuah modus penipuan?

    Jika penjual memang salah kirim, setelah barang dikembalikan dan diterima seharusnya penjual segera mengirim kembali barang sesuai pesanan ulang. Pengiriman barang yang tidak sesuai pesanan saja sudah menunjukkan penjual tidak profesional, apalagi dengan membatalkan, jelas itu sudah merugikan pembeli.

    Shopee sebagai marketplace seharusnya bertanggung jawab penuh atas kendala ini, apalagi barang dikembalikan ke warehouse Shopee. Jika layanan Shopee seperti ini, konsumen harus ekstra hati-hati belanja di Shopee, terutama harus memilih penjual yang bertanggung jawab.

    Agar tidak menderita kerugian atau tertipu oleh penjual nakal, penting untuk memilih penjual yang memiliki track record yang baik dengan melihat histori transaksi dan pengalaman pembeli lain atau setidaknya memilih toko resmi / official store.

  • 2 Desember 2019 - (16:36 WIB)
    Permalink

    Pihak shoppe telah menghubungi saya. Tapi sampai saat ini belum ada pengembalian dana..
    Belum ada kejelasan…….

  • 23 Juli 2020 - (15:57 WIB)
    Permalink

    Saya juga sangat kecewa, shopee sepertinya lebih membela penjual dari pada pembeli, paket saya datang tidak sesuai warna nya, chat saya tidak pernah di balas penjual, saya minta pengembalian, dan di setujui penjual, tapi alamat pengembalian beda saat saya beli, saya chat ke shopee siapa yg menanggung biaya kirim, ternyata pembeli yg harus menanggung, karena penjual tidak mau di ajak diskusi, ini sama saja memaksa pembeli untuk membatalkan pengembalian, kalau penjual minta pengembalian ke papua, masa iya pembeli harus menuruti? pihak shopee juga seperti tidak mau ambil pusing, di tanya jawab nya muter” tapi gk ngasi solusi.

  • 17 November 2020 - (05:47 WIB)
    Permalink

    Di shopee systemnya memang gampang dijadikan penipuan sebagai pembeli, walau ada fitur komplain percuma, penjual bisa menolak secara langsung atau sengaja di ulur. Masih bagusan Tokopedia, jangan cuma gara² diskon ongkir tergiur,

  • 30 November 2020 - (11:30 WIB)
    Permalink

    kalo saya kasus ditipu seller
    beli hp yg dikirim masker
    sudah ngajuin pengembalian dana/barang
    seller jg setuju,tapi yg aneh seller merubah alamat ke papua,padahal paket yg saya trima alamat seller di depok wkwkwk…
    sampe detik ini blm ada pnyelesaian dri shopee udah 10 hari
    saya sudah jelaskan serinci rincinya smpe ke alamat seller berubah gk logika
    tapi shopee muter” ja gk jelas
    cuma buang” pulsa
    tolong lah shopee melek donk

 Apa Komentar Anda mengenai Shopee?

Ada 7 komentar sampai saat ini..

Kecewa dengan Layanan Pengembalian Barang Shopee dan “SellerR…

oleh Theodora Dominique dibaca dalam: 1 min
7