Reksadana Tokopedia “Maintenance”, Saldo Investasi 20 Juta Rupiah Menghilang

Hari Rabu, 27 November pukul 10:26 WIB saya melakukan transaksi pembelian Reksadana Pasar Uang Mandiri Syariah via KlikBCA di Tokopedia sebesar 20 juta rupiah dan telah dinyatakan berhasil dengan ORDERID 3656346. Saya cek saat itu Total Investasi Reksadana saya memang sudah bertambah sesuai nominal pembelian. (Gambar 1 – Screenshot Email Notifikasi Pembayaran Reksadana 20 juta rupiah Berhasil & Gambar 2 – Screenshot Riwayat Pembelian Reksadana Aplikasi Tokopedia).

Sekitar pukul 12.00 WIB di hari yang sama, saya coba buka menu reksadana, namun ada maintenance Reksadana dari Tokopedia sehingga total investasi reksadana tidak dapat dilihat (Gambar 3 – Reksadana Tokopedia Maintenance).

Sekitar pukul 18.00 WIB saya coba cek lagi di hari yang sama, reksadana Tokopedia sudah selesai melakukan maintenance. Namun, total investasi reksadana saya berkurang menjadi 36 rupiah saja. Saldo 20 juta rupiah yang sebelumnya sudah masuk total investasi menghilang setelah maintenance.

Karena saya khawatir, saya coba melakukan pembelian lagi reksadana yang sama namun dengan nominal kecil 10 ribu rupiah via OVO CASH pukul 18.24 WIB dengan ORDERID 3659753. Transaksi sukses, namun total investasi reksadana saya tidak juga bertambah seperti biasanya (Gambar 4 – Screenshot Total Investasi 27/11/19 Pukul 18:27 WIB).

Esok harinya, Tanggal 28 November 2019, sesuai waktu maksimal penambahan reksadana yang seharusnya 1×24 jam hari kerja, saya cek lagi total investasi reksadana ternyata sudah bertambah, namun hanya 10 ribu rupiah saja. Saldo 20 juta rupiah saya masih belum ter-update. (Gambar 5 – Screenshot Total Investasi 28/11/19 Pukul 11:04 WIB).

Sebelumnya, saya sudah coba komplain melalui Menu Bantuan Aplikasi Tokopedia dengan ID Laporan 15951640. Namun jawaban dari CS Tokopedia sangatlah tidak membantu, saya disuruh menunggu dan terus menunggu.

Mohon pihak TOKOPEDIA segera memunculkan saldo reksadana 20 juta saya yang belum ter-update / hilang. Entah hal ini terkait atau tidak dengan maintenance tanggal 27 November 2019 yang terjadi di siang hari.

Terima kasih.

Singgih Parwira
Jakarta Timur

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan pendapat anda!



Bagaimana Reaksi Anda?
  • Suka
  • Senang
  • Sedih
  • Marah
  • Lucu
  • Kecewa
Berikan penilaian mengenai Investasi Reksadana di Tokopedia:

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan
Loading...

17 komentar untuk “Reksadana Tokopedia “Maintenance”, Saldo Investasi 20 Juta Rupiah Menghilang

  • 29 November 2019 - (18:28 WIB)
    Waow, ngerinya.

    Mas Singgih, kalau tidak keberatan saya serius nanya nih, sebetulnya apa nilai tambah yang membuat Anda mempercayakan investasi reksadana via toko ijo ini? Apa hanya sekedar aspek kepraktisan saja, atau ada yang lain (mungkin hitung2annya lebih menguntungkan dibanding menggunakan kanal lain)? Karena setahu saya, kalau cuma sekedar “bisa transaksi & dipantau secara online” saja, cukup banyak alternatif app/perusahaan yang lain.

    Saya serius nanya, karena saya juga pelanggan toko ijo, tapi terutama cuma buat belanja & bayar tagihan. Sempat tertarik juga dengan produk investasinya, tapi ya itu, masih ragu & kuatir. Nah apalagi membaca SP Anda ini…

    Semoga bisa segera balik uangnya.

    • 30 November 2019 - (06:07 WIB)
      Maaf salah reply, harusnya reply Samuel WIjaya malah ke Donny G.
      Kolom komentar mediakonsumen ga bisa diedit / dihapus ya kalo salah gini?

      Makasih mas Samuel.
      Udah dijawab di bawah ya mas.

    • 30 November 2019 - (05:57 WIB)
      Karena awalnya sama kayak anda, udah merasa aman & nyaman belanja di tokopedia, saya coba aja sekalian fitur lainnya termasuk reksadana ini. Saya belum coba banyak investasi reksa di tempat lain.
  • 29 November 2019 - (23:07 WIB)
    Wah ngeri juga yah, semoga cepat kembali yah dananya, klo sampai seminggu tidak ada itikad baik dan tidakada respon kembali dr pihak toko ijo tsb. lebih baik segera lapor ke ojk agar bisa segera di tangani dpd teralu lama
  • 30 November 2019 - (01:03 WIB)
    ada baiknya jika masalah ini juga dilaporkan ke bareksa selaku aperd yg bekerjasama dg tokopedia, mungkin masalahnya bisa cepat diselesaikan
    • 30 November 2019 - (06:11 WIB)
      Makasih sarannya. Tapi sepertinya saya lebih baik follow up lewat 1 pintu aja tokopedia. Takutnya nanti malah dioper-oper kesana kemari, karena saya pun transaksinya lewat aplikasi tokopedia.
  • 30 November 2019 - (06:45 WIB)
    Tapi ada benernya saran di atas. Kalau terlalu lama coba lapor sama bareksa dan OJK. Dan jika mbak punya SID coba login ke KSEI AKSES.
    Saya juga beli reksadana di tokpe.. tapi tak sebanyak mbak.
    • 30 November 2019 - (10:00 WIB)
      Tokopedia memang bagus. Tapi sayang tidak ada nomor Telpon Cs yg bisa di hubungi hanya lewat email dan cheting live. Kalau terjadi kendala memang payah terkadang cheting kurang puas dengan jawaban.
  • 30 November 2019 - (09:21 WIB)
    Wah saya kira saya aja. Saya coba investasi ke Reksadana Tokopedia. Jg mengalami maintenance sebelumnya saldo ada 90 jt. Tetapi kembali hanya 85 jt. Hilang 5 jt saya. Saya cek riwayat transaksi juga total 90 jt. Saya komplain ke cs jawabannya jg kurang membantu
  • 30 November 2019 - (09:27 WIB)
    Saya juga pernah punya reksadana di tokped, sekitar 12 jutaan (syailendra pasar uang dan mandiri pasar uang syariah) , cm krn perhitungan imbal hasil harian tidak sesuai, sy tarik semuanya, itupun langsung masuk ke rekening 15 menit kemudian.
    Kl menurut saya, komplain lagi aja pak, g mungkin hilang kok uangnya
    • 30 November 2019 - (11:12 WIB)
      Saya juga terdaftar di Reksadana Tokopedia tapi tidak banyak. Hanya saja berinvestasi Reksadana di Toped tidak memiliki nomor SID (Single Investor Identification) dan SRE (Sub Rekening Efek) sendiri.

      Nomor SID dibutuhkan untuk mengakses akun portofolio melalui situs KSei SKSES. Sedangkan SRE adalah sub akun bank berupa Rekening Dana Nasabah (RDN) yang dibuat oleh perusahaan sekuritas.

      Jika ingin berinvestasi di Reksadana pasar modal dan saham sebaiknya memiliki nomor SID dan rekening RDN sehingga dapat mengelola semua portofolio secara komprehensif dan real time.

      Jika teman-teman ingin menjadi investor Reksadana dan pasar modal, coba registrasi di Indopremier, sekaligus bisa jadi Rekening tabungan, investasi dan pembayaran. Mengelola portofolio Reksadana, pembelian Reksadana dan pembayaran transaksi dapat dilakukan melalui aplikasi IPOTPAY. Sangat mudah dan praktis!

      Untuk registrasi Indopremier Sekuritas dapat dilakukan melalui link dibawah ini:

      https://www.indopremier.com/article.php?page=195_Buka-Rekening-Efek-Udah-Nggak-Pake-Ribet

  • 30 November 2019 - (11:34 WIB)
    Sekedar update, akhirnya tadi pagi sekitar jam 9-an ada telepon dari Tokopedia, dia bilang saldo paling lambat di-update hari ini, saya disuruh cek berkala halaman dashboard reksadana tokopedia.

    Makasih semuanya atas sarannya.
    Sampe siang ini masih belum muncul saldo yang hilang. Tapi paling tidak sudah ada kejelasan info kapan tenggat waktu maksimal menunggunya.

  • 1 Desember 2019 - (06:23 WIB)
    Update 2 :
    Kemarin, sekitar Jam 2 siang, CS ke-2 Tokopedia menelepon saya namun memberikan keterangan yang berbeda dengan CS ke-1 dan cukup kompleks.

    Total Investasi reksa dana saya sampai saat ini masih belum berubah (1 Desember 2019 06:17 WIB). Setelah ada keputusan dari tokopedia, saya akan jelaskan semuanya. Saat ini saya hanya bisa memberikan info, penanganan awal yang dilakukan Tokopedia untuk kasus saya kurang baik.

    Terima kasih untuk mediakonsumen yang telah memuat surat pembaca saya.

  • 1 Desember 2019 - (11:57 WIB)
    Asli saya salut dengan penulis yang santuy banget, entah karena yang nyangkut cuma recehan atau memang bawaannya yang nyante abis… mantap dah.

    Di lain pihak, kalau konsumen yang komplen & nulis SP modelnya kayak gini semua, para pelaku usaha pasti gak akan termotivasi untuk memperbaiki pelayanannya LOL.

  • 3 Desember 2019 - (20:57 WIB)
    Hanya sekedar informasi saja, kalau ingin tau group yang membahas Reksadana dapat join ke https://t.me/joinchat/C-7u9z_h5RT1_M4xM5bc-w . Di sana ada pembinanya dan sering sharing juga pengalaman kawan-kawan dalam ber Investasi di ReksaDana. Kalau ada program Cashback akan di infokan juga. Berbagi info bersama dan diskusi bersama. Semoga bermanfaat.
  • 11 Desember 2019 - (12:36 WIB)
    Update Final :
    Tanggal 10 Desember 2019 Sekitar Jam 7 Malam WIB permasalahan dengan pihak Tokopedia sudah diselesaikan dengan baik.

    Terima kasih kepada Tokopedia yang sudah memberikan solusi terbaik untuk kasus ini. Semoga kedepannya respon terhadap keluhan masalah bisa lebih ditingkatkan

    Terima kasih juga kepada mediakonsumen yang sudah memuat surat pembaca saya.

 Apa Komentar Anda mengenai Investasi Reksadana di Tokopedia?

Ada 17 komentar sampai saat ini..

Reksadana Tokopedia “Maintenance”, Saldo Investasi 20 Juta…

oleh Singgih Parwira dibaca dalam: 1 min
17