Kecepatan Internet Telkom IndiHome Tidak Sesuai dengan Paket

Nama saya Senjaya. Surat pembaca ini mungkin agak panjang tapi harus saya tulis sejelas-jelasnya supaya pihak Indihome paham jelas apa permasalahan saya.

Pada tanggal 5 Desember 2019, saya dihubungi oleh salah seorang wanita dari pihak Telkom di nomor 021-1500755 yang menawarkan upgrade paket Indihome saya dari 40 Mbps menjadi 100 Mbps. Sebelum menerima penawaran tersebut berulang kali saya tanyakan apakah lokasi saya mampu mendapatkan kecepatan 100 Mbps dan dikonfirmasi oleh wanita tersebut bahwa dari sistem sudah mendukung. Saya menerima tawaran tersebut dan di tanggal 8 Desember 2019 pagi saya melihat dari aplikasi myIndhihome, bahwa Indihome saya sudah di upgrade menjadi 100 Mbps.

Langkah pertama yang dilakukan semua orang tentu mengecek kecepatan tersebut melalui speedtest.net. Saya mengecek melalui 2 media, komputer dengan kabel LAN dan ponsel saya dengan WIFI. Namun saya mendapatkan keanehan, komputer dengan LAN bisa mendapatkan kecepatan 98 Mbps tetapi ponsel hanya di angka 48 Mbps. kecurigaan saya bertambah ketika saya memakai komputer saya untuk download dari berbagai sumber, kecepatan download hanya di sekitar 6MB/s (sekitar 50 Mbps). Saya telepon 147 pada hari itu juga dan dibantu restart jaringan, namun tidak berpengaruh apa-apa. Saya meminta 147 untuk mendatangkan teknisi ke lokasi saya guna mengecek ada kesalahan apa dan dijadwalkan akan datang keesokan harinya.

Pada Malam hari pukul 7 di tanggal 8 Desember 2019 saya mencoba internet saya, ternyata kecepatan sudah sesuai yakni di 100 Mbps dan saya mengkonfirmasi ini dengan berbagai perangkat ponsel dan juga tes download, semua sesuai paket. Pada saat itu saya mengira masalah telah selesai. Namun setelah jam 00.00 kecepatan turun kembali ke 50 Mbps untuk pemakaian real.

Besoknya, tanggal 9 Desember 2019 teknisi bernama Fahmi datang kerumah saya dan mengecek. Setelah berbagai upaya oleh teknisi tersebut dilakukan kecepatan tidak juga berubah dan masih di 50Mbps. Teknisi dan orang kantor dari teknisi tersebut malah menyalahkan program Internet Download Manager yang saya pakai mengakibatkan kecepatan download menjadi lambat. Saya jelaskan ke teknisi tersebut bahwa program IDM saya justru membantu memaksimalkan kecepatan download dan saya buktikan ketika saya mematikan program tersebut kecepatan download hanya dapat sekitar 3MB/s (25Mbps).

Teknisi dan partnernya di kantor tersebut menekankan bahwa jika Speedtest dari komputer sudah 100 Mbps, maka sudah tidak masalah. Bagaimana mungkin saya terima pernyataan tersebut? Buat apa speedtest 100 Mbps tapi kenyataannya hanya 50 Mbps. Teknisi tersebut pun pulang tanpa berhasil memperbaiki masalah saya.

Pada malam hari di tanggal 9 Desember 2019, pukul 7 malam, kecepatan internet kembali normal di 100 Mbps. Hal ini saya test lagi di semua perangkat saya, dan saya mulai curiga apakah 100 Mbps yang saya dapat hanya berlaku pada pukul 7 malam – pukul 12 tengah malam? Saya coba pada pukul 11.50 kecepatan download masih di 94.49 Mbps (100 Mbps) dan setelah lewat jam 12, tepatnya pukul 12.13 kecepatan download menurun menjadi 48 Mbps (50 Mbps). Saya cantumkan bukti screenshot di bawah, dan juga saya mengirimkan bukti ini kepada teknisi Fahmi. Saya pun melaporkan ke 147 dan pihak 147 mengatakan kemungkinan ada masalah di bagian teknis yang menangani bandwidth pelanggan.

Hari berikutnya di tanggal 10 Desember 2019, tidak ada teknisi yang datang, hanya ada telepon dari orang Telkom yang cuman mengkonfirmasi apakah Indihome saya sudah beres. Setelah itu tidak ada lagi upaya dari Telkom. Malam harinya kejadian berulang, 100Mbps saya dapat hanya pukul  7 – 12 malam. Saya juga menghubungi Telkom 147 pada hari ini untuk menanyakan permasalahan saya dan hanya dibuatkan laporan untuk di-follow up.

Hari berikutnya di tanggal 11 Desember 2019, juga hanya dapat telepon konfirmasi, yang sama sekali tidak membantu saya. Saya pun tidak sabar dan mendatangi Plaza telkom di Jl. Putri Hijau MEDAN. Setelah mengantri 1 jam, saya dibantu oleh salah satu CS, dan oleh pihak CS juga tidak bisa membantu saya. Mereka hanya mengatakan akan follow up ke atasan mereka. Saya pun pulang dan tidak lama kemudian saya mendapatkan telepon dari Telkom yang menanyakan apakah saya menggunakan Indihome saya untuk keperluan bisnis atau rumahan.

Saya dicurigai oleh Telkom karena ada 40 device yang terhubung ke internet. Dimana saya jelaskan ke mereka bahwa penggunaan internet saya hanya untuk pribadi. 40 device yang terkoneksi itu juga wajar, karena saya memakai banyak alarm, IP camera, home switch, dan berbagai ponsel yang terhubung ke jaringan Indihome. Saya meminta pihak Telkom mengecek kondisi rumah saya jika mereka curiga ke saya. Dan juga hal ini bukan penyebab kecepatan saya menurun, karena pada tanggal 11 Desember pukul 7 – 12, kecepatan juga kembali naik ke 100Mbps.

Saya menuliskan Surat Pembaca ini kepada pihak Telkom, supaya tidak selalu menyalahkan konsumen atas semua permasalahan. Jelas sekali saya memberikan info yang jelas dan tranparan supaya masalah cepat terselesaikan. Dan perlu diingat masalah ini muncul karena penawaran yang dilakukan Telkom sendiri, saya tidak pernah meminta untuk naik ke 100Mbps.

Jika jaringan tidak mumpuni, tolong jangan tawarkan paket kepada konsumen. Lagian Jaringan Telkom seharusnya mumpuni karena kecepatan bisa maksimal, hanya saja pada saat pukul 7 malam hingga 12 tengah malam. Saya membayar 100 Mbps tapi hanya mendapatkan 100 Mbps di Speedtest komputer+LAN, sedangkan di pemakaian asli dengan download hanya di 50Mbps. Ini sudah termasuk pembohongan ke konsumen.

Saya meminta pihak Telkom untuk segera mencari penyebab masalah ini, memperbaiki masalah ini dan juga memberikan kompensasi atas kerugian yang saya alami.

Terima Kasih.

Senjaya
Medan, Sumatera Utara

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai Telkom IndiHome:
[Total:394    Rata-Rata: 1.8/5]
Tanggapan PT Telkom Witel Medan atas Surat Bapak Senjaya

Dengan adanya keluhan tentang “Kecepatan Internet Telkom IndiHome Tidak Sesuai dengan Paket” oleh salah satu pelanggan setia kami, maka untuk...
Baca Selengkapnya

Loading...

118 komentar untuk “Kecepatan Internet Telkom IndiHome Tidak Sesuai dengan Paket

  • 13 Juni 2020 - (05:04 WIB)
    Permalink

    intinya pelayanan indihome tidak memuaskan, kalau ada opsi lain mending yang lain dah…. speed naik turun kayak roller coaster

  • 7 Juli 2020 - (17:44 WIB)
    Permalink

    saya paket 50mbps kadang cek speed dpt 40anmbps kadang juga hanya 20mbps kalo malam kadang hanya 10mbps

    itu normal menurut saya dan biasa saja. saya bukan orang indihome saya hanya penjual kopi wifi.

  • 9 Juli 2020 - (14:38 WIB)
    Permalink

    Depan Rumah gw Baru saja dipasang tiang indihome, pas banget Depan Rumah 😁nyari nyari info mengenai indihome eh ketemu artikel ini. Jadi mikir dulu deh pasang indihome. Mau nyimak aja masyarakat sekitar gimana ceritanya nanti klw sdh ada yg masang. Soalnya lumayan Mahal. Sabar ya Pak Sanjaya. Dan terimakasih UTK info pengalamannya dg indihome.

  • 12 Juli 2020 - (07:05 WIB)
    Permalink

    Wah, sepertinya saya tidak sendirian.
    Tahun 2019 saya langganan paket 30 Mbps, saya cek via speedtest.net selalu kena 20an Mbps, paling stabil 24 Mbps.
    Terus, karena Oktober 2019 saya harus pindah kerja ke Jakarta, paket Indihome di rumah akhirnya saya turunkan ke 10 Mbps karena cuman kebutuhan whatsapp / browsing saja di keluarga. Dan memang benar, menyentuh angka 10 Mbps di speedtest.
    Bulan Maret 2020 ini, karena harus WFH dan harus selalu menyalakan video conference, mau tidak mau saya upgrade paket ke 50 Mbps karena di 10 Mbps selalu kena FUP.
    Bulan pertama (April) saya tes di speedtest, nyangkut di 12 Mbps. Saya kira “masih penyesuaian”, jadi saya ga ngerasa aneh. Tapi ini udah 4 bulan upgrade ke 50 Mbps, speedtest masih 10an Mbps, malah yang awalnya (April) 12 Mbps sekarang jadi 10 Mbps. Kemarin ada teknisi ke rumah karena kabel fiber putus, saya juga kelupaan nanya kenapa ga sesuai. 🙁

  • 16 Juli 2020 - (21:20 WIB)
    Permalink

    Mau nanya donk Pak jadi nya apa solusi dari pihak telkom? Karena ngalamin issue yang sama mengenai speed ga sesuai paket. Udah sampe teknisi ganti modem dkk dicek tetep aja ga berubah. Pagi” padahal saya cek sekitar 6-8 pagi speed nya bener. Begitu jem 10 pagi drop tiba” download nya sampe ga bisa download file yg ga nyampe 1 MB speed nya ga nyampe 1 Mbps. Sampai malam jam 9 dicek ga naik” cuma max di 2 Mbps lagi.

 Apa Komentar Anda mengenai Telkom IndiHome?

Ada 118 komentar sampai saat ini..

Kecepatan Internet Telkom IndiHome Tidak Sesuai dengan Paket

oleh senjaya dibaca dalam: 3 min
118