Kecepatan Internet Telkom IndiHome Tidak Sesuai dengan Paket

Nama saya Senjaya. Surat pembaca ini mungkin agak panjang tapi harus saya tulis sejelas-jelasnya supaya pihak Indihome paham jelas apa permasalahan saya.

Pada tanggal 5 Desember 2019, saya dihubungi oleh salah seorang wanita dari pihak Telkom di nomor 021-1500755 yang menawarkan upgrade paket Indihome saya dari 40 Mbps menjadi 100 Mbps. Sebelum menerima penawaran tersebut berulang kali saya tanyakan apakah lokasi saya mampu mendapatkan kecepatan 100 Mbps dan dikonfirmasi oleh wanita tersebut bahwa dari sistem sudah mendukung. Saya menerima tawaran tersebut dan di tanggal 8 Desember 2019 pagi saya melihat dari aplikasi myIndhihome, bahwa Indihome saya sudah di upgrade menjadi 100 Mbps.

Langkah pertama yang dilakukan semua orang tentu mengecek kecepatan tersebut melalui speedtest.net. Saya mengecek melalui 2 media, komputer dengan kabel LAN dan ponsel saya dengan WIFI. Namun saya mendapatkan keanehan, komputer dengan LAN bisa mendapatkan kecepatan 98 Mbps tetapi ponsel hanya di angka 48 Mbps. kecurigaan saya bertambah ketika saya memakai komputer saya untuk download dari berbagai sumber, kecepatan download hanya di sekitar 6MB/s (sekitar 50 Mbps). Saya telepon 147 pada hari itu juga dan dibantu restart jaringan, namun tidak berpengaruh apa-apa. Saya meminta 147 untuk mendatangkan teknisi ke lokasi saya guna mengecek ada kesalahan apa dan dijadwalkan akan datang keesokan harinya.

Pada Malam hari pukul 7 di tanggal 8 Desember 2019 saya mencoba internet saya, ternyata kecepatan sudah sesuai yakni di 100 Mbps dan saya mengkonfirmasi ini dengan berbagai perangkat ponsel dan juga tes download, semua sesuai paket. Pada saat itu saya mengira masalah telah selesai. Namun setelah jam 00.00 kecepatan turun kembali ke 50 Mbps untuk pemakaian real.

Besoknya, tanggal 9 Desember 2019 teknisi bernama Fahmi datang kerumah saya dan mengecek. Setelah berbagai upaya oleh teknisi tersebut dilakukan kecepatan tidak juga berubah dan masih di 50Mbps. Teknisi dan orang kantor dari teknisi tersebut malah menyalahkan program Internet Download Manager yang saya pakai mengakibatkan kecepatan download menjadi lambat. Saya jelaskan ke teknisi tersebut bahwa program IDM saya justru membantu memaksimalkan kecepatan download dan saya buktikan ketika saya mematikan program tersebut kecepatan download hanya dapat sekitar 3MB/s (25Mbps).

Teknisi dan partnernya di kantor tersebut menekankan bahwa jika Speedtest dari komputer sudah 100 Mbps, maka sudah tidak masalah. Bagaimana mungkin saya terima pernyataan tersebut? Buat apa speedtest 100 Mbps tapi kenyataannya hanya 50 Mbps. Teknisi tersebut pun pulang tanpa berhasil memperbaiki masalah saya.

Pada malam hari di tanggal 9 Desember 2019, pukul 7 malam, kecepatan internet kembali normal di 100 Mbps. Hal ini saya test lagi di semua perangkat saya, dan saya mulai curiga apakah 100 Mbps yang saya dapat hanya berlaku pada pukul 7 malam – pukul 12 tengah malam? Saya coba pada pukul 11.50 kecepatan download masih di 94.49 Mbps (100 Mbps) dan setelah lewat jam 12, tepatnya pukul 12.13 kecepatan download menurun menjadi 48 Mbps (50 Mbps). Saya cantumkan bukti screenshot di bawah, dan juga saya mengirimkan bukti ini kepada teknisi Fahmi. Saya pun melaporkan ke 147 dan pihak 147 mengatakan kemungkinan ada masalah di bagian teknis yang menangani bandwidth pelanggan.

Hari berikutnya di tanggal 10 Desember 2019, tidak ada teknisi yang datang, hanya ada telepon dari orang Telkom yang cuman mengkonfirmasi apakah Indihome saya sudah beres. Setelah itu tidak ada lagi upaya dari Telkom. Malam harinya kejadian berulang, 100Mbps saya dapat hanya pukul  7 – 12 malam. Saya juga menghubungi Telkom 147 pada hari ini untuk menanyakan permasalahan saya dan hanya dibuatkan laporan untuk di-follow up.

Hari berikutnya di tanggal 11 Desember 2019, juga hanya dapat telepon konfirmasi, yang sama sekali tidak membantu saya. Saya pun tidak sabar dan mendatangi Plaza telkom di Jl. Putri Hijau MEDAN. Setelah mengantri 1 jam, saya dibantu oleh salah satu CS, dan oleh pihak CS juga tidak bisa membantu saya. Mereka hanya mengatakan akan follow up ke atasan mereka. Saya pun pulang dan tidak lama kemudian saya mendapatkan telepon dari Telkom yang menanyakan apakah saya menggunakan Indihome saya untuk keperluan bisnis atau rumahan.

Saya dicurigai oleh Telkom karena ada 40 device yang terhubung ke internet. Dimana saya jelaskan ke mereka bahwa penggunaan internet saya hanya untuk pribadi. 40 device yang terkoneksi itu juga wajar, karena saya memakai banyak alarm, IP camera, home switch, dan berbagai ponsel yang terhubung ke jaringan Indihome. Saya meminta pihak Telkom mengecek kondisi rumah saya jika mereka curiga ke saya. Dan juga hal ini bukan penyebab kecepatan saya menurun, karena pada tanggal 11 Desember pukul 7 – 12, kecepatan juga kembali naik ke 100Mbps.

Saya menuliskan Surat Pembaca ini kepada pihak Telkom, supaya tidak selalu menyalahkan konsumen atas semua permasalahan. Jelas sekali saya memberikan info yang jelas dan tranparan supaya masalah cepat terselesaikan. Dan perlu diingat masalah ini muncul karena penawaran yang dilakukan Telkom sendiri, saya tidak pernah meminta untuk naik ke 100Mbps.

Jika jaringan tidak mumpuni, tolong jangan tawarkan paket kepada konsumen. Lagian Jaringan Telkom seharusnya mumpuni karena kecepatan bisa maksimal, hanya saja pada saat pukul 7 malam hingga 12 tengah malam. Saya membayar 100 Mbps tapi hanya mendapatkan 100 Mbps di Speedtest komputer+LAN, sedangkan di pemakaian asli dengan download hanya di 50Mbps. Ini sudah termasuk pembohongan ke konsumen.

Saya meminta pihak Telkom untuk segera mencari penyebab masalah ini, memperbaiki masalah ini dan juga memberikan kompensasi atas kerugian yang saya alami.

Terima Kasih.

Senjaya
Medan, Sumatera Utara

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai Telkom IndiHome:
[Total:261    Rata-Rata: 1.7/5]
Tanggapan PT Telkom Witel Medan atas Surat Bapak Senjaya

Dengan adanya keluhan tentang “Kecepatan Internet Telkom IndiHome Tidak Sesuai dengan Paket” oleh salah satu pelanggan setia kami, maka untuk...
Baca Selengkapnya

Loading...

53 komentar untuk “Kecepatan Internet Telkom IndiHome Tidak Sesuai dengan Paket

  • 12 Desember 2019 - (22:59 WIB)
    Permalink

    Telkom Paket nya Bukan Dedicate Mas. Jadi Up to 100 Mbps. Jadi ada jalur 1 di buat beberapa rumah. Memang Indihome bahasa marketingnya 100 Mbps. Tapi aslinya ya jam tertentu saja, jika 1 jalur yang mas gunakan itu sepi bisa mendapat 100% Bandwitch. Paket Internet layanan Indihome Masih Jauh Dari Kata Jujur 1:1. Semoga setelah menteri BUMN Rombak Total Jajaran Telkom Biar bisa berbenah diri anak perusahaan telkom khususnya Indihome. Biar lebih baik dan jujur.

    • 13 Desember 2019 - (08:50 WIB)
      Permalink

      Saya ngerti Internet dedicated seperti produk Nusa. Memang ini bukan dedicated. Namun agaknya ini juga bukan alasan. Karena di jam 7 – jam 12 speed bisa kencang. Harusnya di jam lainnya juga bisa. Walaupun ga 100Mbps penuh seenggak nya 80%-90% juga sudah cukup. Namun ini terlihat jelas bahwa hanya mentok di 50Mbps. Bahkan real speed dibawah itu. Jelas saja tidak sampai 50% kecepatan yg ditawarkan. Kalau jadi anda saya rasa anda juga tidak terima.

  • 12 Desember 2019 - (23:18 WIB)
    Permalink

    Bapak Senjaya setahu saya pruduk Indihome itu menawarkan paket internet up to bukan dadecated jadi 100mbps itu batas kecepatan maksimalnya dan kecepatan bisa saja turun pada saat tertentu seperti jam sibuk, belum lagi anda mempunyai 40 devices yang pasti kecepatan dibagi ke 40 devices tadi .Untuk pengukuran lebih akurat coba matikan semua device dan sisakan 1 untuk dilakukan pengecekan dan pastikan server downloadnya yang mempunyai bandwidth yang besar.
    Mohon bila ada kesalahan dan penyampaian

    Saya jadi penasaran untuk apa saja speed up to 100mbps kok masih ngeluh ???

    • 13 Desember 2019 - (08:47 WIB)
      Permalink

      Sudah dilakukan oleh teknisi. Semua perangkat dicabut. Trs hanya di coba di 1 perangkat. Namun hanya dpt 50Mbps. Jelaskan ke saya bagaimana saya bisa dapat 100Mbps di jam 7- jam 12 setiap malam? Jangan beralasan krn “up-to” krn paket yg ditawarkan juga ada yg 50Mbps dan 100Mbps. Ini bukan alasan bagi saya.

    • 13 Desember 2019 - (09:13 WIB)
      Permalink

      Ah ternyata kamu anggota Telkom Indihome. Pantes kamu bela mati-Matian.

    • 13 Desember 2019 - (09:40 WIB)
      Permalink

      Oh ya karena kamu anggota Telkom, coba jelaskan ke saya kenapa komputer+LAN coba di speedtest.net selalu dapat 100Mbps 24jam? Tapi ketika coba download file di “berbagai server” selalu hanya dapat 50Mbps max nya?? (Server Nvidia, server Steam, server Adobe) Membohongi konsumen awam? Kalau bener 40 devices buat speed lambat. Kenapa jam 7 – jam 12 bisa full 100Mbps saya dapat di semua device saya?? Inilah tipikal anggota Telkom Indihome. Cari-cari kesalahan konsumen. Sudah seperti yg saya tulis ke surat pembaca diatas.

    • 13 Desember 2019 - (12:23 WIB)
      Permalink

      Saya ngerti bedanya. Tp ya tidak 50Mbps juga yg saya dapat. Tuh dia jg ada paket 50Mbps tersendiri. Seenggak nya bisa dpt 80%- 90% kan bisa. Buktinya dl sebelum upgrade. Saya pakai 40Mbps selalu mentok tuh speed yg saya dapat.

    • 13 Desember 2019 - (15:27 WIB)
      Permalink

      Ah ini jelas orang telkom, terus ngapain juga curiga pelanggan beli paket 100Mbps kepoo, sultan mah bebas…. beda kayak lu pegawai telkom gaji pass”an langganan dirmh aja mungkin dia main licik, akal”an tidak harga yang dikeluarkan oleh telkom, main setting sendiri. ini yg user memang memberikan income malah dipojokan.

  • 12 Desember 2019 - (23:46 WIB)
    Permalink

    Saran saya lebih baik beralih ke provier lain seperti : first media , CBN , my republic atau mnc play . Jujur saja saya pakai CBN fiber tidak menyesal . Ambil paket yang 30 Mbps up to 50 Mbps . Ada promo 6 bulan . Bayar tagihan kena 213.950 . Jika sudan bulan ke 7 nya tagihan normal sesuai di paket . Kena 381.950

    • 13 Desember 2019 - (09:01 WIB)
      Permalink

      Terima kasih sarannya. Emang uda ada pertimbangan ke provider lain.

  • 12 Desember 2019 - (23:52 WIB)
    Permalink

    Karena cuma CBN atau my republic yang berkecepatan bisa tembus 1 Gbps . Maaf ya saya bukan promosi . Saya cuma kasih saran saja . Mau ambil silahkan dan tidak mau silahkan . Karena juga CBN atau my republic sudah di akui sama mantan menkominfo . Pak rudi antara . Karena sebelumnya saya juga korban indihome

  • 13 Desember 2019 - (00:14 WIB)
    Permalink

    coba ditanyakan ke pihak indihome. itu paket up to atau dedicated. kalau up to ya emang sudah bener. kalau dedicated berarti anda bisa terus komplain ke indihome

  • 13 Desember 2019 - (05:50 WIB)
    Permalink

    Hp Lu sama temen lu masih hp kentang jadi gabisa kecepatan 100 Mbps.
    jadi lain kali cari info dulu jangan ngejudge indihome.
    gua selama make indihome ga ada sama sekali yang bikin kecewa kok , sekalinya lagi error respon teknisinya cepet
    gua kasih tau lu ya Hp yang suppor Wifi di angka 100 Mbps itu hanya yang Punya prosessor Snapdragon 845 ke atas. pinjem dah hp temen lu yang punya hp prosessornya itu dijamin 100 Mbps terus dan ngacir

    • 13 Desember 2019 - (08:54 WIB)
      Permalink

      Maaf tidak urus orang yang sok tahu seperti anda. Hape saya apa anda sok tahu. Saya juga punya hp dengan snap 855+, juga ini bukan masalah hape. Jd jangan sok pintar. Jangan2 kau org nya telkom y??

      • 14 Desember 2019 - (09:07 WIB)
        Permalink

        Hp. Anda support wifinya up to berapa? Rata2 hp via wifi cuma mentok d 72 mbps memang ada hp yg sudah bisa 100mbps tp itu jarang. Jd kalo mau tes kecepatan internet di atas 50 mbps y harus pake lewat komputer colol lan.
        Untuk kecepatan download masing2 server ada batas kecepatan maksimum sendiri2 itu tergantung server anda download.

        • 14 Desember 2019 - (09:40 WIB)
          Permalink

          Jelaskan mengapa semua server yang saya coba. Bahkan sekelas nvidia, steam dan server badak lainnya seperti mega, dapat max 50Mbps. Bahkan atasan telkom datang ke rumah saya setelah membaca SP ini dan mereka tidak mampu menemukan jawaban atas masalah ini.

          Hape saya pernah dapat speed di 90an Mbps dengan wifi 5Ghz dr router saya. Itu terjadi di jam 7- jam 12 malam. Router saya juga ada bawaan built in speedtest internal sehingga, untuk pemakaian real saya cukup menggunakan speed test build in dr router saya.

          Router saya terkoneksi ke modem indihome via LAN. Semua variabel telah saya coba dan dicoba juga oleh teknisi telkom. Budidayakan membaca untuk mengetahui permasalahan saya. Jangan 1 paragraf saja.

    • 14 Desember 2019 - (01:33 WIB)
      Permalink

      Horeee, ternyata cuman ponsel anda aja yg pintar (smartphone) tapi anda sebagai pemakainya kok toL*L? Mikirrrr…..

      • 14 Desember 2019 - (09:44 WIB)
        Permalink

        Selamat datang manusia paling pintar. Ucapan kamu benar2 pintar.

    • 14 Desember 2019 - (04:47 WIB)
      Permalink

      Wkwkwk ini bocah malah ngomongin chipset smartphone ?
      Woiiii.. Terkait jaringan, snapdragon ga ada apa²nya dibandingkan Kirin. Tau Kirin ga kau dekkuh?
      Kalau gatau cari tau dlu yaak wkwk ?
      Gausa ngomongin spec deh kalau ga paham.

  • 13 Desember 2019 - (06:25 WIB)
    Permalink

    memang indihome ini semenjak jaman speedy pun juga seperti itu 100mbps lah dan nyatanya tidak realtime, ga usah pakai download deh. Saya mencoba buka youtube saja dgn 1 device itu lancar jaya tapi kenapa pas saya buka streaming seperti beinsport dll via browser buffer haha apakah diwajibkan beli addons sportkah biar ga buffer haha. Saya mencoba lg dengan mengkonekkan 2 device menggunakan youtube kok buffer aneh bin ajaib indihome ini cepat hanya di kisaran malam saja akan tetapi mulai dr jam 10 pagi s/d 10 mlm pun selalu buffer. Dan akhirnya saya memutuskan menggunakan MyRepublic dan alhasil saya mendapatkan realtime dgn download atau youtube pun aman dgn beberapa device cuma myrepublic ini terkendala hanya terkadang loss atau bermasalah pd jaringan FO bawah lautnya jd terkadang 1 hari atau beberapa jam koneksi Loss alias RTO. Ini khusus daerah Cibinong sukahati dan karadenan. Mohon di pertimbangkan untuk provider lain agar memasukin daerah tersebut karna disini hanya indihome lah yg baru ada khusus sukahati

  • 13 Desember 2019 - (07:31 WIB)
    Permalink

    Kalau untuk daerah saya ini teknisi lambat akan hal memperbaiki kabel” yg bermasalah sudah lapor dihari dimana internet gak nyambung dan dijadwalkan besok tpi 2 hri mnunggu teknisi blum juga datang. Giliran terlambat bayar aja langsung diputus.

  • 13 Desember 2019 - (08:59 WIB)
    Permalink

    Assalamualaikum wrwb..
    Maaf sebelumnya pak sanjaya.. Saya juga pengguna indihome, tapi sebelum indihome saya juga berlangganan ISP ISP lain dikisatan jakarta, saya tehnisi 3 sekolahan yg ngurusin jaringan dan PC. Saya ada langganan ISP dedicated 100Mbps yang saya gabung gunakan load balancer dengan Indihome 100Mbps upto dan 200Mbps upto. Kiranya saya mau bantu jawab aja dgn sedikit ilmu yg saya punya.
    1. Indihome merupakan ISP terbaik dalam hal Ping dan jitter, karena kalau kita trace route, jalurnya paling pendek, bagus untuk jalur international.
    2. Paket 100Mbps upto itu bisa didapatkan melalui koneksi kabel LAN saja, karena memang jalur LAN itu 100Mbps, itu pun dibagi 2 jalur untuk TX dan RX, jadi kalu secara simultan sulit dapat 100Mbps kalau port Lan nya atau bahkan koneksi FO nya tidak gigabit (1000Mbps).
    3. Speedtest menggunakan Handphone memang beragam dan saya jamin koneksi Wireless kebanyak itu 2.4Ghz hanya mentok kisaran 40-60Mbps, jika Routernya dukung 5Ghz masih memungkinkan sampai 70-80Mbps.. Itu pun sulit tercapai.
    4. Kecepatan di IDM itu akan terlihat 100Mbps dibagi 1024, jadi jika di IdM terlihat 9-10Mbps itu sudah benar 100Mbps.
    5. Intinya koneksi bapak bener2 sesuai dengan paket.
    6. Kalau mau tau harga internet Dedicated, silahkan googling, jarang sekali untuk harganya dibawah 10jt untuk speed 100Mbps, karna mereka jamin 100Mbps TX dan RX.
    Moga bermanfaat, maaf kalau ada salah ?

    • 15 Februari 2020 - (11:14 WIB)
      Permalink

      wah masih mending, saya up dari 20 ke 100 langsung ke cs plaza, sampai dirumah dapat tes via lan single user eeee… cuma dapat 10, udah lapor telpan telpon sana sini tekhnisi datang g ada hasil, malah tekhnisi bilang g pernah tangani yang 100, ont saya reboot berulang x dapatnya 10-50-100 turun lagi ke 10, nach gimana kalau listrik padam…kami minta pindah odp g di ijinkan,…. intinya belum ada solusi sampai sekarang

  • 13 Desember 2019 - (11:10 WIB)
    Permalink

    Terima kasih untuk reply nya. Perkenalkan saya juga lulusan IT dimana pekerjaan saya juga seputar IT dan networking.

    Berikut saya tanggapi pernyataan bapak.

    1. Hal ini tidak pernah saya permasalahkan. Informasi ini juga sudah saya ketahui. Terima kasih untuk informasinya.

    2. Informasi ini juga saya sudah tahu. Terima kasih sekali lagi. Namun hal ini tidak menjelaskan perbedaan hasil di speedtest LAN yang selalu menyentuh sekitar 100Mbps, namun hasil download yang hanya mendapatkan 6MB/s (50Mbps) di semua server yg saya coba. Bahkan server sekelas Steam. Ini semua saya coba di 1 komputer dengan LAN lgs ke modem Indihome.

    3. Router saya mempunyai gitu 5Ghz dan Router saya mempunyai fitur build in speedtest. Acuan saya mendapatkan speed 100Mbps di malam hari jam 7 – jam 12 malam juga saya dapat dr speedtest build in router ini. Untuk transmit wifi ke ponsel memang sangat bergantung pada jarak, kekuatan sinyal wifi ke hp. Itu tidak saya permasalahkan.

    4. Untuk yang satu ini kiranya saya perlu luruskan. 1Bit = 0.000125KB, maka 100Mbps = 12.5MB/s. Perhitungan yang bapak jelaskan di poin no 4 itu salah. Namun begitupun jika saya mendapatkan 9-10MB/s saya juga cukup puas. Namun ternyata hasil yg saya dapat di skitar 6MB/s (50Mbps). Jelas ini hanya 50% dari paket yg ditawarkan.

    5. Intinya bapak telah salah memahami surat pembaca saya. Dimana penjelasan bapak tidak benar sama sekali. Bahkan di poin no. 4 perhitungan Bit ke Byte juga sudah salah. Dan juga saya tidak pernah menuliskan bahwa kecepatan IDM saya di kisaran 9-10Mbps.

    6. Untuk informasi ini saya ucapkan terima kasih.

    Terima kasih bapak untuk jawabannya.
    Namun tidak menjawab surat pembaca saya.
    1. Mengapa speed 100Mbps penuh bisa saya dapatkan hanya pada jam 7- jam 12 malam. (Rutin setiap malam). Jam 00.00 pas kecepatan langsung turun ke 50Mbps.
    2. Mengapa speed IDM berbeda dengan speedtest. Padahal 1 device yg sama. Apakah speedtest sengaja di set mendapatkan full-speed untuk membohongi konsumen awam?

    • 14 Desember 2019 - (15:18 WIB)
      Permalink

      1. Mengapa speed 100Mbps penuh bisa saya dapatkan hanya pada jam 7- jam 12 malam. (Rutin setiap malam). Jam 00.00 pas kecepatan langsung turun ke 50Mbps.
      2. Mengapa speed IDM berbeda dengan speedtest. Padahal 1 device yg sama. Apakah speedtest sengaja di set mendapatkan full-speed untuk membohongi konsumen awam?

      Jawab
      1. Ya jelas.. namanya juga Up to.. kalau sekitaran rumah anda itu banyak pakai ya down .. isp up to itu 1:8.. ya kalau malam itu jam org jarang pakai internet jadi laju.. kbanyakan org pakai itu pagi..
      2. ya jelas beda to.. satuan di speed test aja berbeda dengan satuan di IDM.. anda perlu bnyk informasi ttg Mbps, MBps, Kbit, Kbps dll

      • 21 Desember 2019 - (21:14 WIB)
        Permalink

        Jelas anda orang yang sok tahu.

        1. Alasan yg kamu bilang tidak masuk akal. Jam 00.00 justru paling rendah traffic tapi malah turun kecepatannya. Lagian atasan dari telkom juga sudah datang dan tidak dapat menemukan solusi nya.

        2. Maaf saya lulusan IT dan kerja di bidang IT dan networking, utk perbedaan bit dan byte saya ngerti 100%.

        Satuan di speedtest memakai bit (Mbps) dan di IDM saya memakai Byte (MB/s) tinggal di konversikan saja. Dan juga sudah saya sudah tulis di SP saya perkiraan konversi nya.

        Justru anda yang tidak mengerti konteks dari SP saya dan sokmenjadi orang pintar disini namun kelihatan bodoh.

  • 13 Desember 2019 - (11:16 WIB)
    Permalink

    sama seperti yang saya alami…

    saya bru pasang indihome di rumah saya yg ke dua..
    awal pasang tanggal 10-12-2019… sya di tawari oleh sales dengan ada nya 1 jalur yg bsa saya pakai..
    paket yg saya pakai 10Mbps+telphone ..

    awal pasang sya ukuran kecepan dengan menggunakan lewat jalur dan LAN Real 10mbps..
    tp selang 1 hari kecepatan saya jadi 4-6mbps dan up download hanya 5mbps.. capek q uda bertanya ke pihak indihome jawaban nya hamya di suru restart perangkat. tp gk ad pengaruh sama sekali.. klw bsa q letak gambar dsni q kasih bukti sceeenshot nya tanggal 11 dan untuk hari ne..

  • 13 Desember 2019 - (12:21 WIB)
    Permalink

    Saya juga dari 10mbps trus dikorting cuma jadi 5 mbps.. Cerita awalnya koneksinya tiba-tiba hilang jadi cuma 1 mbps trus setelah lapor jadi 5 mbps aja.. sisa 5 yang lainnya kemana itu weyyy??

  • 13 Desember 2019 - (14:18 WIB)
    Permalink

    Hahaha, rame juga yah.
    Padahal SP-nya sudah jelas & terinci, apa yang dipermasalahkan & apa yang menjadi kenyataan, di mana BW bisa *secara konsisten* berbeda murni hanya tergantung waktu/pukul berapa, & variabel2 yang lain (jumlah device dsb) sudah dibuktikan bisa dieliminasi/dianggap tidak signifikan.

    Yang gak/sulit paham SP ini pasti 1 perguruan dengan para CS di berbagai korporasi (bukan cuma di perusahaan ini doang) yang memang darurat membaca & memahami komplen (di medsos/e-mail) & bahkan kadang2 darurat mendengar & memahami ketika diajak ngomong via telepon.

    Kalau melihat detil kejadiannya, saya *hampir yakin* bahwa memang benar kondisinya ada lock BW di luar jam2 malam hari & cuma dikustomisasi khusus untuk speedtest maka BW di los/open.
    Jadi kalau saran dari saya: tinggal dipertimbangkan saja antara harga paket sekarang dengan realita penggunaan di lapangan (dengan BW rata2 sedemikian & full BW cuma bisa dicapai di waktu2 tertentu saja) dibanding dengan paket yang lama (yang secara umum bisa lebih sesuai BW nya sepanjang hari).

    Kalau saya tangkap dari isi SP-nya sepertinya lebih sesuai (menguntungkan) paket yang lama (rasio antara harga & apa yang didapat)? Kalau benar begitu, IMO lebih simpel & lebih mendukung kesehatan jasmani maupun rohani untuk minta downgrade paket saja. Karena mau ngotot seperti apa pun, bisa jadi saat ini ditindak-lanjuti dengan benar, tapi tidak menjamin di kemudian hari tidak akan lagi terjadi.

    Saya punya perasaan bahwa paket2 internet dengan BW2 tinggi yang non-dedicated (up to) banyak yang hanya dijadikan “gimmick” saja alias sasarannya adalah orang2 yang tidak terlalu mengerti/mendaya-gunakan BW tersebut namun punya dana berlebih hehehe. Yah mungkin TIDAK SEMUA nya, tapi pasti ada lah yang modelnya seperti begitu…
    Sehingga bagi yang mau secara maksimal mendaya-gunakan paket & harga yang sudah dibayar, IMO tidak perlu BW up-to yang keterlaluan tingginya (tapi tidak/sulit bisa didapatkan maksimalnya), cukup BW up-to yang “menengah” saja (asalkan cukup konsisten dapat maksimal BW nya). Kecuali kalau mau yang dedicated lengkap dengan SLA, yah lain lagi itu kasusnya.

    Btw, kalau saya tidak salah ingat, pernah juga ada SP yang senada di sini. Mungkin bisa di-search & kemudian dibandingkan antara problem maupun solusi yang didapat.

    Oh ya, saya super setuju bahwa BW up to memang *tidak wajib* terus2an manteng di 100% max BW. Lha tapi kalau terus2an konsisten manteng di 50% nya, yah namanya itu … (isi sendiri) LOL.

    Fyi, saya bekas pelanggan speedy yang sekarang sudah happy pake internet merek toko sebelah.

    • 13 Desember 2019 - (16:06 WIB)
      Permalink

      Terima kasih telah mengerti permasalahan di SP saya. Maksud saya sangat tepat anda jabarkan.

      FYI: Bahkan teknisi telkom barusan datang dengan salah satu atasan mereka ke rumah saya dan dicoba beberapa skenario. Kesimpulan terakhir pihak telkom tidak bisa menjawab dan fix masalah ini.

      Akhirnya pihak telkom sepakat untuk menurunkan paket saya ke 50Mbps, yang seharusnya tidak ada masalah lagi, berhubung selama ini saya bisa dapat 50Mbps setelah kecepatan saya disunat.
      Tagihan bulan ini juga tidak akan dikenakan 100Mbps tapi mengikuti tagihan lama.

      Sekali lagi Terima Kasih telah mengerti maksud dari SP saya.

  • 13 Desember 2019 - (21:04 WIB)
    Permalink

    Sdh dari awal tahun 2019 ini, kecepatan di testspeed gak sesuai yg didapat sewaktu mendownload.

  • 13 Desember 2019 - (21:40 WIB)
    Permalink

    Aku pake XLhome aja, dari dulu GK pernah tergiur pake Indihome, baru kemarin ada XLhome langsung pasang, dan emang hasilnya memuaskan

  • 14 Desember 2019 - (15:11 WIB)
    Permalink

    Menarik:
    “Langkah pertama yang dilakukan semua orang tentu mengecek kecepatan tersebut melalui speedtest.net. Saya mengecek melalui 2 media, komputer dengan kabel LAN dan ponsel saya dengan WIFI. Namun saya mendapatkan keanehan, komputer dengan LAN bisa mendapatkan kecepatan 98 Mbps tetapi ponsel hanya di angka 48 Mbps. kecurigaan saya bertambah ketika saya memakai komputer saya untuk download dari berbagai sumber, kecepatan download hanya di sekitar 6MB/s (sekitar 50 Mbps). ”

    Jelas berbeda antara koneksi kabel lan dan wireless.. media kabel mempunyai hantaran yang baik dibanding wireless.. wireles kalau disekitar situ ada chanel yg bentrok bisa mengganggu.. ditambah lagi device anda apakah mendukung kecepatan 100 Mb apa ndak.. tidak semua hp bisa nerima sampai 100 Mb.. beda dengan Lan Card laptop yang mampu untuk itu.. kalo komputer/laptop 1000Mbps aja tembus karena ether nya sudah mendukung 10/100/1000. Kalo ga salah hape 5G bisa tembus sampai 100Mbps bahkan lebih. wifi type 802.11b/g/n setau saya cuma sampai 58Mbps.. anda juga langganan speed Up To.. bukan dedicated seperti Produk telkom lain, Astinet misalnya.. jadi jngn harap dapat lebih.. Kecepatan download itu juga tergantung server penyimpanan file yg anda download.. tiap server beda.. google drive dengan drop box beda, dengan media fire atau zippyshare juga beda.. jadi ndak hanya pengaruh bandwith yg anda miliki saja.

    • 14 Desember 2019 - (15:14 WIB)
      Permalink

      sudah menjadi umum kalau ISP Up to itu dalam jam jam tertentu pasti akan turun speednya, satu tiang telkom itu tidak hanya dipakai anda sndri..

    • 16 Desember 2019 - (15:01 WIB)
      Permalink

      Pertama saya ucapkan terima kasih untuk komentar nya.

      1. Jika anda menyebut hape saya tidak cukup kencang untuk mendapatkan speed diatas 50Mbps, silahkan lihat link ini: https://youtu.be/lttDY996DN8
      Hape saya persis dengan jenis yang di video ini. Di video ini hape tersebut mampu menyentuh kecepatan diatas 95Mbps.

      Untuk channel saya juga sudah cek dan tidak ada bentrok dengan channel yang lain. Dalam artian channel tersebut saya pakai sendirian.

      Untuk setting an wifi juga menggunakan modem premium dr telkom Indihome yang biasanya diperuntukkan kepada konsumen 200-300Mbps (sesuai dengan klaim telkom)

      Hasil tetap mentok 50Mbps. Karena memang Real speed yang saya dapat di segitu doank. BAHKAN salah seorang atasan dari pihak telkom telah datang untuk menginvestigasi masalah ini dan mereka juga tidak dapat menjawab permasalahan ini dan memberikan saya opsi turun paket ke kecepatan 50Mbps.

      2. Saya juga tahu beda server beda kecepatan. Maka dari itu di SP saya tulis berbagai macam server telah saya coba. Jadi kalau semua hanya mentok di 50Mbps sudah tentu bukan masalah server yang tidak mampu.

      3. Jika anda beragumen Up-to beda dengan dedicated. Tidak seharusnya paket 100Mbps tapi hanya bisa dipakai 50Mbps terus-terusan. Pasti ada naik turun. Lagian ada paket 50Mbps yang ditawarkan ke pelanggan. Apakah jika kita ambil 50Mbps akan diberikan 25Mbps saja dan beralasan ini hanya Up-to?? Sebagai konsumen kita bukan haus speed harus di kecepatan 100% melulu, tapi jika yang didapat hanya 50% melulu apakah anda terima?

      4. Permasalahan bukan jam tertentu turun. Jika anda berkata seperti itu. Jelaskan kepada saya mengapa jam 12 tengah malam speed menurun ke 50Mbps padahal seharusnya jam segitu paling rendah traffic Internet. Bahkan atasan telkom bingung akan hal ini. Jika anda bisa menjawab, saya ingin merekomendasikan anda menjadi salah satu atasan telkom.

      5. Budayakan membaca hingga akhir agar tidak salah mengerti. Terima kasih.

  • 15 Desember 2019 - (11:46 WIB)
    Permalink

    Saya kira dari dulu Indi home Telkomsel seperti itu dengan program layanan palsu, hanya bayar tagihan saja yang harus pasti dan lunas

  • 26 Desember 2019 - (05:16 WIB)
    Permalink

    Saya baru pasang indihome 100 Mbps, selama satu minggu setelah pemasangan saya belum pernah dapat Speed sampai 100 Mbps tapi paling tinggi hanya 50 Mbps. Itu gimana?

    • 26 Desember 2019 - (08:56 WIB)
      Permalink

      Kasus saya ga ada fix nya. Saya ditawarkan turun paket ke 50Mbps oleh telkom. Dan ini blm turun. Tunggu bulan 1 soalnya

    • 26 Desember 2019 - (11:08 WIB)
      Permalink

      Sudah dicek beneran atau belum tuh? Pak Senjaya yang sudah ngasih segala argumentasi aja buzzer & supporter IH langsung nyolot: UP TO

      LOL, kok sampe segitunya bela2in, emang dikasih kompensasi apa kalau sudah bela2in?
      Kalau saya sih biar langganan apa pun, jadi nasabah bank apa pun, langganan di OL shop apa pun, kalau gak beres ya saya komplen. Kalau orang lain yang mengalami gak beres, itu tanda lampu kuning & saya mesti hati2 dengan perusahaan tersebut, siapa tahu di kemudian hari giliran saya yang “kena.”

      Saya setia & loyal pada perusahaan yang berkinerja baik, yang tidak cuma kepingin konsumen melaksanakan kewajibannya saja tapi yang juga sadar bahwa perusahaan juga ada kewajiban terhadap konsumen.
      Saya tidak setia & loyal pada nama perusahaannya, toh saya juga bukan pegawai di situ.

  • 27 Desember 2019 - (17:42 WIB)
    Permalink

    Saya sangat setuju dengan komentar Pak Samuel. Btw kalau saya punya masalah tiap jam 12 malam Indihome selalu RTO selama 1 menit, apakah ada pelanggan lain yg memiliki masalah yang sama?

    • 27 Februari 2020 - (12:37 WIB)
      Permalink

      Sama pak kalau malam RTO , pingnya inflasi, RTO RTO kadang lebih dari 1 menit.

  • 4 Februari 2020 - (20:53 WIB)
    Permalink

    waduhhh.. gw kira gw aja yg bermasalah gini.. gw langganan 50mbps itu gw turunin dari 100mbps jg karena kasus ginian.. tiap sore di kantor cuma 20-40mbps..
    skrg tambah parah.. IIX full speed, international 1.5-4mbps taikk benar!!! gw speedtest ke server lokal dpt nya bisa full.. speedtest ke server sering sering nya 1/10 speed..
    Terus terang gw pengen banget ketemu sama teknisi yg ngatur bandwith, gw yakin sih ini kerjaan si tolol ini

  • 17 Februari 2020 - (10:29 WIB)
    Permalink

    Sampai sekarang tidak menumukan solusi di Telkom, Betul kata Mentri Pak Erik BMUM untuk BUBARKAN TELKOM !! Sama kasus Yang saya ALAMI !! Langganan 50Mbps Tapi Realnya saya dapatkan Hanya 20Mbps itupun tidak setabil 5-20Mbps !! Saya Komplin Tiap hari ke Telkom Melalui Aplikasi dan 147, Macem2lah IT Telkom bilang alasanya di kira saya tidak tau jaringan, hasilnya mereka tidak bisa Mengelak klo Speednya Lambat !! Dicurigai dari IP yang di terima, FU dll buktinya semua gagal di jelaskan oleh Teknisi !! Yang Jelas ini Pembohongan pelanggan masalah Speed dan Upto Speednya.

  • 22 Februari 2020 - (01:03 WIB)
    Permalink

    hal yang sama sekarang saya alami di kantor hampir sama dengan mas senjaya. dari paket 50Mbps sampai upgrade ke 100Mbps. berkali kali teknisi telkom datang juga tidak ada hasil, sampai akhirnya sales marketing yang datang.
    *pertama, dijelaskan jika faktornya adalah perangkat routernya yang hanya sampai 12 user. sampai 3 kali ganti router hasilnya tetap sama, router ke 3 ini type F670 support sampai 300Mbps(katanya sales) dan support 2.4Ghz n 5Ghz.
    * kedua, karena hasilnya sama yaitu koneksi internet di tiap user handphone dan laptop ada yang lancar ada yang tidak jalan sama sekali. menurut saya adalah faktor utamanya adalah fitur perangkat wifi di masing” device. bukan masalah chipset di device. hal ini saya bandingkan dengan hp dengan fitur dual wifi VS hp single wifi(chipset lebih tinggi) VS laptop bermacam” type. speedtest di hp dual wifi bisa dapat 98,66Mbps d saat ada 20 – 30 user. jadi device dengan fitur/type wifi yang paling baik pasti lancar.
    *ketiga, kecepatan naik turun di jam tertentu mungkin bisa terjadi karena faktor maintenance dan banyaknya pengguna di jalur fiber optik

    sebelumnya Terimakasih.

  • 23 Februari 2020 - (21:29 WIB)
    Permalink

    Lah Masih Mending Itu Masih Kenceng , saya 100 mpbs Dapet kecepatan Download 8mpbs dan Upload 3.2mpbs ? WTF indihome ? check di pc juga cuma sampe 20mpbs dan upload 9mpbs , HP ? Hp Ipad mini 5 ,samsung A8+ masa iya lemot

  • 25 Februari 2020 - (20:31 WIB)
    Permalink

    Itu kan Indihome pake Up To pak, kalau yang kecepatannya konsisten tu setau saya pakai dedicated, biasa di pakai di kantor2 tu pak tapi harganya lebih mahal, itu sih setau saya sebagai IT Network Enginer di perusahaan Sawit, di kantor saya berlangganan 2 jenis layanan yang pertama menggunakan radio link dari PT. Pasifik Nusantar sebesar 5 Mbps dengan harga bulanan 25 juta dan menggunakan VSAT dari PT. Primacom dengan kecepatan 128 Kbps dengan harga 13 juta sebulan sebagai Backup jika ada masalah di radio link. Jadi saya sarani putus saja jika kecewa dengan layanannya pak, dan coba cari layanan yang dedicated harga diatas adalah harga yang jauh dari perkotaan tapi kalau untuk di daerah kota pasti jauh lebih murah tu pak

  • 26 Februari 2020 - (21:43 WIB)
    Permalink

    iya pak keluhan kita sama, emg indihome tu busuk
    up to lah katanya, yg fupnya lah, 350rb 10mbps ada fupnya,
    yaudah gamasalah 350rb 10mbps ada fup, yg pnting lancar gmsalah kan
    nah yg jadi msalah, saya terkena fup di bulan sblmnya, tpi pas awal bulan fupnya tidak ke reset, ya dg kata lain saya ttep kena fup diawal bulannya ( jatuh tempo tgl 15 ) ,
    medan mah enak pak, klo glsah myrepublik udah bisa ya dsana?
    mending pindah ke myrepublik aja pak, paketnya lebih murah + unlimited ( gada fupnya )
    seandainya daerah saya dipadang udh ter coverage myrepublic mnding saya pindah sih,
    gakuat hati liat pelayanan kek gini

  • 27 Februari 2020 - (12:34 WIB)
    Permalink

    Pasukan indihomenya banyak, saya upgrade ke 50mbps aja dapatnya 5-10, RTO mulu kalau kata teknisinya sendiri, itu emang penyakitnya indihome, saya kan juga pakai. teknisinya aja sampai bilang gitu, sayang coverage provider lain belum ada yang berani , mungkin karena mereka jaga kualitas juga, tidak terburu2 seperti indihome target 8,3 juta pengguna, tapi servicenya yah begini klo dikumpulin yang kecewa sih bisa panjang.

 Apa Komentar Anda mengenai Telkom IndiHome?

Ada 53 komentar sampai saat ini..

Kecepatan Internet Telkom IndiHome Tidak Sesuai dengan Paket

oleh senjaya dibaca dalam: 3 min
53