Masalah Iuran Tahunan Kartu Kredit Bank Mega

Saya pemegang kartu kredit Mega Silver (4201****************) dan kartu kredit Mega Metro (5242************). Kedua kartu saya dikenakan iuran tahunan sebesar Rp300.000 dan Rp400.000. Karena iuran tahunan tsb kartu saya jadi overlimit. Setelahnya saya menghubungi call center Mega untuk meminta penghapusan iuran tahunan. Tapi kata operatornya untuk kartu Metro, poin saya tidak mencukupi sehingga tidak bisa dihapuskan (padaha point saya hanya kurang 80 dari 4.000). Untuk penghapusan katanya hanya bisa dengan poin dan butuh 4.000 poin.

Sedangkan kartu Silver saya katanya memang tidak ada point reward. Bayangkan saja penghapusan annual fee dengan penukaran poin tapi ternyata kartu tersebut tidak mendapat point reward. Jadi alasan apa itu? Bukannya Bank Mega memang hanya mau mempersulit nasabah saja.

Belum lagi harus bayar annual fee ditambah dengan overlimit fee yang timbul gara-gara annual fee itu. Sudah untung berapa banyak Bank Mega? Sudah mau mirip dengan lintah darat saja. Padahal histori transaksi saya di Bank Mega bagus dan lancar. Namun Bank Mega terlalu arogan, hanya mau menghapus iuran tahunan dengan poin 4.000.

Saya juga punya kartu bank lain dan bisa kasih penghapusan tanpa syarat ataupun hanya dengan pembelanjaan tanpa minimal transaksi. Buat Bank Mega, janganlah mempersulit nasabah. Apalagi annual fee bukannya murah. Saya sangat amat kecewa dengan Bank Mega yang sama sekali tidak mengapresiasi nasabah, apalagi histori penggunaan kartu saya bagus dan pembayaran juga lancar.

Amalya
Medan, Sumatera Utara

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai Iuran Tahunan Kartu Kredit Bank Mega:
[Total:128    Rata-Rata: 2.6/5]
Tanggapan Bank Mega atas Surat Ibu Amalya

Kepada Yth Redaksi mediakonsumen.com, Sehubungan dengan surat Ibu Amalya di mediakonsumen.com (4/1), “Masalah Iuran Tahunan Kartu Kredit Bank Mega“, berikut...
Baca Selengkapnya

10 komentar untuk “Masalah Iuran Tahunan Kartu Kredit Bank Mega

  • 4 Januari 2020 - (17:25 WIB)
    Permalink

    hampir semua kartu kredit memiliki iuran tahunan, dan pasti semua nasabah sudah tahu dong. artinya nasabah juga harus siap jika iuran tahunan tersebut ditagih oleh bank.

    saya sendiri punya kartu kredit BNI dan BCA, setiap tahun menghubungi call center untuk minta penghapusan iuran tahunan. kedua bank tersebut sangat gampang memberikan pembebasan iuran tahunannya, entah apa yang menjadi pertimbangannya.

    tapi saya sudah siap membayar tagihan iuran tahunan apabila bank tidak menyetujui permohonan penghapusan iuran tahunan KK saya.

    • 4 Januari 2020 - (18:14 WIB)
      Permalink

      Banyak bank lain yang juga tidak membebaskan annual fee tapi bisa dihapuskan dengan beberapa cara. Ada yg hanya dengan transaksi tanpa minimum. Menurut saya gak cocok aja bayar annual fee lagi kan kita juga nasabah yang aktif. Bank lain bisa mempermudah kenapa mega malah mempersulit.

    • 4 Januari 2020 - (18:30 WIB)
      Permalink

      Hahaha, saya juga sering geleng kepala + mengelus dada kalau baca SP yang *melulu hanya* soal minta hapus iuran tahunan KK yang kemudian ditolak.
      Bukannya waktu daftar KK juga sudah jelas, ada iuran atau tidak, berapa nominalnya.
      Saya kira kalau di tahun2 berikutnya “sempat” diberi gratis, itu adalah fasilitas/bonus, karena memang “perjanjian” di awal bikin KK kan tidak ada klausul kewajiban bagi bank untuk menggratiskan seumur hidup (kalau memang jenis KK tersebut tidak gratis iuran tahunan).
      & sebetulnya kalau nasabah ybs *betul2 keberatan* soal iuran tersebut, kan tinggal ditutup saja lah kartunya. Tapi tidak rela kan hehehe.

      Ada beberapa KK yang memang dari sononya gratis iuran tahunan seumur hidup. Harusnya fokus apply ke kartu yang begituan aja kalau memang keberatan dengan yang namanya “iuran tahunan.”

      • 4 Januari 2020 - (19:06 WIB)
        Permalink

        Ini bukan soal minta penghapusan iuran tahunan yg ditolak. Tp kenapa harus memberatkan nasabah. Katanya bisa dihapuskan jika ada point reward tapi kenapa kartu itu sama sekali gak ada point nya dan kartu lainnya hanya kurang 80point. Memang gak ada dibilang bahwa bank harus menghapuskan iuran tahunan. Tapi kenapa dipersulit. Saya juga sudah nasabah lama. Tahun tahun sebelumnya juga dengan potong point dan saya gak keberatan. Jadi BUKAN SAYA KEBERATAN TIDAK DIKASIH PENGHAPUSAN IURAN TAHUNAN. SAYA KECEWA DENGAN MEGA YG JELAS JELAS MEMPERSULIT NASABAH SOAL PENGHAPUSAN IURAN TAHUNAN.

      • 5 Januari 2020 - (12:22 WIB)
        Permalink

        Bukan sok tau ya .
        Yg namanya CC ya memang hrs ada iuran tahunan.
        Nah bagaimana cara bank mengapresiasi nasabah . Ya dengan memberikan diskon dan pembebasan annual fee.
        Dmna mna semua ada syarat dan ketentuannya.
        Gk mikir apa. Kalo mega diskon nya banyak .. Apakah krng puas mendapatkan layanannya ???
        Kalo tdak sanggup bayar annual fee . Ya Tutup saja.
        Namanya produk .. Namanya promo . Ya ada syarat nya donk.
        Klo gk menuhi syarat minta dapat promo …. Kn aneh
        Hrsnya penggunanya yg di pertanyakan.

  • 5 Januari 2020 - (08:29 WIB)
    Permalink

    Kalau memang poinnya kurang 80 dengan batas minimal 4000 poin untuk mendapatkan annual fee, ya tetap kurang, Bu, apalagi saya lihat dengan ditambah annual fee tagihan Ibu sudah overlimit. Maaf, Bu, jika saya adalah pihak bank, maka saya akan berpikir bahwa nasabah ini masih memerlukan kartu kredit, dan ini adalah demand, maka saya tidak mau membebaskan annual fee meski kurang hanya 80 poin.
    Saran saya sebagai pribadi, tutup saja kartu kreditnya, Karena bisa menggampangkan kita beli sesuatu yang tidak kita perlukan. Malah saya seminggu kemarin dikirimi 2 cc BNI, padahal saya tidak mengajukan, JCB warna hitam limit 20jt dan Pertamina gold 10 jt blm saya aktifkan, karena saya memang tidak suka berhutang, lebih baik menabung untuk persiapan masa pensiun.

  • 5 Januari 2020 - (13:44 WIB)
    Permalink

    Untuk semua fasilitas kartu ada yang memberikan fasilitas free iuran tahunan 1 tahun atau 2 th sebagai bonus atau promosi setelahnya maka akan ada biaya iuran tahunan. Untuk beberapa kartu kredit nasabah prioritas bank tertentu ada yang diberikan free iuran tahunan seumur hidup sebagai reward nasabah prioritas. Walau kita tidak menggunakan kartu tersebut selama 1 th kalau sudah melewati free iuran maka akan tetap dikenakan biaya tahunan. Saran saya sebelum mengapply kartu kredit pelajarin plus minusnya. Misal iuran 400rb per bulan nya dikenakan 33-34rb per bulan. Jd sisihkan keuangan anda sebesar 34rb per bulan dari gaji atau penghasilan anda agar tidak terasa berat untuk membayar iuran tahunan

  • 6 Januari 2020 - (05:19 WIB)
    Permalink

    sy pengguna kk… sy pribadi tdk keberatan mmbayar iuran tahunan.. sbgai ucapan terima kasih krn tlh mmberikan punjaman tanpa agunan… yg bisa gunakan setiap sy perlu.. aplg kl bener2 butuh…. susah cr pinjaman ke saudara aplg tetangga… dgn punya kk sy bisa gunakan kpn sj… sampai hari ini udah hampir 10 tahun sy tdk ada masalah dgn kk sy. trimakasin bni dan mandiri

    • 17 Februari 2020 - (11:12 WIB)
      Permalink

      Trik yang aku gunakan supaya annual fee di hapus ketika masih pegang cc Mega yaitu, ketika annual fee muncul ditagihan, minta dibapuskan di tagihan berikutnya. Kalo di jawab tidak bisa karena point kurang, triknya, ancam aja kartu akan ditutup kalo tidak bisa dihapus (dgn catatan tidak ada cicilan berjalan). Trik itu berhasil terakhir x aku minta penghapusan fée padahal point reward cuma ada 2000. Penghapusan itu sifatnya pengajuan, sukses tidaknya penghapusan fee, bukan CS yang nentuin. Mereka cuma bertugas menulis laporan pengajuan penghapusan. Ada bank besar lain yang kasih cc yg mana kalo belanjaan selalu besar dan lancar annual fee biasanya di hapuskan secara otomatis tanpa harus call CS kaya Mega.

 Apa Komentar Anda mengenai Iuran Tahunan Kartu Kredit Bank Mega?

Ada 10 komentar sampai saat ini..

Masalah Iuran Tahunan Kartu Kredit Bank Mega

oleh Zhu Chink dibaca dalam: 1 menit
10