Tokopedia Zalim Terhadap Penjual Dropship Pedagang Kecil

Saya penjual kecil dropship kiriman luar negeri Tokopedia Toko Happy Aja (tokoonlinehappyaja) merasakan dizolimi oleh pihak Tokopedia (CS, bagian logistik, kurir, manajemen, tim investigasi, dll di Tokopedia).

Masalah pertama, Akun jualan saya dimoderasi atau dibekukan dengan sepihak dan tiba-tiba oleh pihak Tokopedia. Tanpa adanya peringatan/pemberitahuan terlebih dahulu. Alasan Tokopedia adalah saya men-scraping dan merugikan orang lain. Padahal, tuduhan fitnah itu sangat keliru. Saya scrap/copy paste toko di Tokopedia saya sendiri. Jadi waktu itu saya punya toko pertama bernama Toko Ferro Store, tetapi karena ada tugas pekerjaan (dinas), toko Ferro Store jadi tidak aktif atau terbengkalai. Namun ada 500/ lebih produk di dalamnya. Untuk menyingkat waktu, saya scrap/copy paste toko Ferro Store/toko milik saya sendiri. Sebanyak 500 produk ke Toko Happy Aja (milik saya juga).

Nah disinilah masalah terjadi, Tokopedia menuduh/memfitnah toko saya bahwa saya telah mengambil/mencuri barang toko orang lain dengan cara scrap. Hal itu berdasarkan Tim Investigasi Tokopedia yang bersumber dari laporan hoax/oknum tidak bertanggung jawab yang ingin toko saya hancur.

Di dalam aturan peraturan Tokopedia tidak tercantum yang melarang pemilik toko men-scrap tokonya sendiri. Namun, di dalam aturan Tokopedia tercantum jelas bahwa sebuah toko dilarang men-scrape atau copas item produk toko lain. Hanya itu. Tak hanya Tokopedia, seluruh marketplace di seluruh dunia, saya baca aturannya, memang dibolehkan toko men-scrape-copas toko miliknya sendiri.

Saya pun tersenyum dituduh mencuri/scrap item produk toko lain. Karena itu pencemaran nama baik toko saya. Saya tidak pernah scrap/mengambil item produk orang lain. Karena toko Ferro Store dan Toko Happy Aja adalah milik saya sendiri.

Saya pun diancam dengan peraturan-peraturan aneh-aneh dari Tokopedia, dimana saya tidak boleh menambah dan merubah toko saya sendiri. Lebih aneh lagi, jika mau akun pulih toko saya, saya harus bayar sejumlah uang yang mahal. Padahal saya tiap pekan bayar iklan di Tokopedia sebesar 100 ribu. Ini, Tokopedia sudah melakukan pemerasan terhadap toko saya, dengan tuduhan palsu.

Namun yang disayangkan, perusahaan-perusahaan besar atau toko-toko dengan modal besar boleh men-scrap atau copy paste produk dari websitenya ke Tokopedia. Saya mencoba banding, namun ditolak oleh Tokopedia karena tidak menyerahkan sejumlah uang.

Selanjutnya, keluhan kedua saya yaitu pelayanan CS Tokopedia terhadap toko dropship pengiriman luar negeri saya juga kurang bagus. Sering tidak paham dengan masalah/keluhan di mana chat awal keluhan penjual disampaikan secara jelas.

Seperti barang kiriman luar negeri sudah sampai, tetapi mereka selalu minta komentar dari pembeli. Hal itu menjadikan dropship luar negeri jadi tidak nyaman menjual barang di Tokopedia. Karena jika bukti pos/pengiriman sudah sampai ada stempel dll sudah sangat valid, tetapi kalau pelanggan belum komen/komentar tahun depan ya saldo diteruskan tahun depan. Anehnya, kalau bukti nggak valid, tapi pelanggan sudah komen barang telah sampai, saldo otomatis masuk ke rekening kita. Di sinilah banyak penjahat yang bermain, karena hanya pakai komentar pembeli saja tanpa bukti valid. Di sinilah banyak kerugian yang saya peroleh.

Masalah ketiga, penjual juga tidak bisa menginformasikan kiriman keluar negeri. Buktinya saya langsung dihukum dibekukan akun hanya saya kasih info nomor handphone soal pengiriman keluar negeri terhadap pelanggan. Ini sepihak namanya.

Masalah keempat, di Tokopedia tidak ada peringatan bagi pedagang kecil yang melanggar kesalahan sederhana. Tapi untuk toko besar mereka berikan kelonggaran atau peringatan saja tanpa moderasi.

Tolong masalah saya ini cepat diselesaikan. Dan Tokopedia harus berpihak ke UKM kecil seperti saya. Reputasi toko saya jadi jelek karena tuduhan hoax dari Tokopedia, follower jadi berkurang, saldo penjualan saya yang jutaan tidak bisa ditarik karena dimoderasi, hingga saya pun harus mengurangi karyawan saya sendiri. Tolong tanggapan dari Tokopedia.

Surat pembaca ini dibuat dengan sebenar-benarnya, dalam kondisi sehat wal afiat.

Best Regards,

Toko Happy Aja/Ferro Maulana
Jakarta Selatan

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai Tokopedia:
[Total:19    Rata-Rata: 2.2/5]

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan
Loading...

4 komentar untuk “Tokopedia Zalim Terhadap Penjual Dropship Pedagang Kecil

  • 21 Januari 2020 - (20:41 WIB)
    Permalink

    Emang dropship dari luar negeri produknya apa gan? Ngambil dari e-commerce lain? 🤔

  • 21 Januari 2020 - (23:03 WIB)
    Permalink

    Yakin uang yg terkumpul di saldo ada jutaan dan uang yang dikeluarkan segitu?
    Toko onlinenya ini kan
    https://tokopedia.link/PA71tzkUq3
    Transaksinya belum sampai 10

    Mungkin agak merugikan juga misal copy sebanyak 500 seperti spam produk dan mengotori daftar pencarian dengan produk yang serupa, padahal toko lama kan bisa dihidupkan apa salahnya enggak aktif dan ga ada bedanya sama bikin baru.

  • 22 Januari 2020 - (08:54 WIB)
    Permalink

    Kenapa tidak mengaktifkan lgi toko yg lama ??? Atau laporan penutupan toko lama dan akan bikin toko baru om ?

 Apa Komentar Anda mengenai Tokopedia?

Ada 4 komentar sampai saat ini..

Tokopedia Zalim Terhadap Penjual Dropship Pedagang Kecil

oleh Ferro Maulana dibaca dalam: 2 min
4