Gagal Tarik Dana di ATM BNI, Saldo yang Terpotong Sudah Lebih 3 Bulan Belum Kembali

Saya Hendra Gunawan, nasabah BNI. Pada tanggal 5 Desember 2019, saya melakukan beberapa penarikan dana dari rekening kami di BNI nomor 0296307910 melalui mesin ATM BNI di RS Medika Cikarang. Namun pada penarikan terakhir sebesar Rp500.0000 mesin tidak mengeluarkan uang, hanya kartu ATM yang dikeluarkan dan transaksi dinyatakan selesai. Ternyata setelah dilakukan pengecekan ulang saldo di mesin ATM yang sama, saldo rekening saya sudah terpotong sebesar Rp500.000.

Di hari yang sama kami sudah melaporkan hal itu ke call center BNI di nomor 1500046 menjelaskan kronologinya dan diberikan tiket pelaporan nomor 1208 5173 362. Dijanjikan dana akan dikembalikan dalam waktu 14 hari. Setelah itu berkali-kali kami konfirmasi ulang ke call center 1500046, namun berkali-kali juga mendapatkan jawaban yang sama bahwa masalah yang kami laporkan “masih proses” oleh pihak terkait.

Call center juga menyampaikan bahwa “pihak terkait” mengaku sudah mengirimkan SMS ke nomor HP saya, termasuk SMS permintaan perpanjangan waktu proses. Namun saya tidak pernah menerima SMS dimaksud hingga hari ini. Di telepon saya yang ke sekian ke call center, petugas di call center mengatakan bahwa dia akan bantu mengirimkan email kepada “pihak terkait” dengan status urgent.

Hari ini, 11 Maret 2020, setelah tiga bulan lebih 6 hari kami kembali menghubungi call center 1500046 dan lagi lagi masih dengan jawaban yang sama “masih proses” oleh pihak terkait. Dan petugas di Call Center tidak memiliki penjelasan lain.

Saya tidak tahu apa masalahnya, hingga “pihak terkait’ yang dimaksud membutuhkan waktu begitu lama untuk memprosesnya. Saya juga tidak tahu bagaimana SOP BNI dalam hubungannya dengan pengawasan atau sejenisnya terhadap kinerja “pihak terkait’ dimaksud, hingga satu laporan keluhan masih berstatus “masih proses” meski telah melewati jangka waktu 5 kali lebih panjang dari waktu normal.

Semoga BNI segera mengembalikan dana saya dan kejadian ini tidak akan pernah terulang lagi.

Terima kasih.

Hendra Gunawan
Cikarang

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai Bank BNI:
[Total:43    Rata-Rata: 2.9/5]

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan
Loading...

7 komentar untuk “Gagal Tarik Dana di ATM BNI, Saldo yang Terpotong Sudah Lebih 3 Bulan Belum Kembali

  • 13 Maret 2020 - (13:40 WIB)
    Permalink

    Kemungkinan atau dipastikan uangnya keluar saat korban meninggalkan mesin ATM, hal itu pernah jg dialami istri saya pada saat masuk ATM, di mulut atm tiba2 keluar uang, mau cari siapa pemiliknya stuasi ATM saat itu sepi, disarankan jika menarik uang saat mesin error pastikan uang harus diterima atau telpon cs Bank biar ditindaklanjuti saat itu jg, jangan langsung meninggalkan mesin ATM

  • 14 Maret 2020 - (14:49 WIB)
    Permalink

    saya juga mengalami beberapa hari lalu, waktu mau tarik uang di ATM 1jt, uang tidak keluar dan saldo terpotong. kejadian tanggal 18/02/20 dan langsung melapor tapi di bilang 14hari kerja. 3x saya telpon ulang untuk memastikan uang saya cpat kembali, karena memang sudah tidak punya uang. lalu uang masuk tgl 11/03/20

  • 15 Maret 2020 - (04:00 WIB)
    Permalink

    Saya belum pernah mengalami hal itu pada rekening tabungan BNI saya, dan saya tidak berharap mengalaminya. Semoga untuk kedepannya tidak lagi terjadi hal yang sama kepada para nasabah BNI. Terimakasih.

  • 20 Maret 2020 - (18:54 WIB)
    Permalink

    Saya pada tanggal 02 Maret 2020 juga mengalaminya.. dana yg saya tarik dari ATM tidak mengeluarkan uang. Terus, saya pindah ATM, transaksi berjalan normal seperti biasanya, saya menarik uang sampai jumlah Rp5jt. Kartu saya limitnya Rp5jt. Terus saya cek mutasinya saya melakukan transaksi penarikan tunai sampai Rp7.5jt pada hari tersebut. Ini sudah melebihi limit kartu saya. Lagipula 2 transaksi saya yg pertama gagal jumlahnya Rp2.5jt. sampai saya membalas komentar ini. Uang saya belum dikembalikan oleh BNI. Saya sangat kecewa dengan BUMN ini. Di bawah Menteri Erick Thohir, BNI sangat mengecewakan. Banyak yg mengalami masalah seperti ini. Saya sempat berpikir negatif, apa begini cara mereka mencuri dana nasabah? Jika tidak dikembalikan, dikemanakan uang tersebut?

  • 6 Agustus 2020 - (06:49 WIB)
    Permalink

    Saya juga mengalami masalah yg sma tarik tunai bni syariah tau2 saldo kepotong uang tidak keluar saya tunggu2 dmesin atm tidak keluar bahkan ada 2 orang juga mangalami masalah yg sma pada waktu itu.saya langsung ke cs katanya 20hari masa kerja. Bagi saya terlalu lambat proses itu juga ada cctv

  • 9 September 2020 - (18:40 WIB)
    Permalink

    Saya juga ngalamin yang sama sekarang lelet padahal uang tidak kluar dan saldo terpotong sebesar 1900.000 udah kekantor telpon juga BNI call di glow up la ini lah tapi belum ada balik saldo saya iya baru 4 hari sih tapi seharusnya bank kaya gini cepat balik nya Mana pelayanan lelet lagi kecewa banget sebagai nasabah bank BNI semoga aja saldo saya cepat balik karna saya perlu yang banget

 Apa Komentar Anda mengenai Bank BNI?

Ada 7 komentar sampai saat ini..

Gagal Tarik Dana di ATM BNI, Saldo yang Terpotong Sudah Lebih 3 Bulan …

oleh hendra gunawan dibaca dalam: 1 min
7