Keluhan atas Kegagalan Kupon Promo Go-Pay Tidak Ditanggapi Oleh GOJEK

Mohon tanggapan dari Manajemen GOJEK mengenai komplain saya atas kegagalan sistem pada saat saya melakukan transaksi menggunakan kupon promo yang ditawarkan dengan metode pembayaran GO-PAY.

Saya memperoleh kupon voucher pembelian Kororo sebesar Rp 1 menggunakan GO-PAY di AlfaMart. Pada tanggal 25 Maret 2020, saya membeli produk Kororo dan membayar lewat GO-PAY dengan menggunakan kupon yang diberikan. Penggunaan kupon juga dilakukan bersamaan dengan kasir untuk membuktikan bahwa kupon belum pernah digunakan.

Ternyata setelah transaksi selesai dilakukan, penanda kupon telah digunakan juga muncul, tetapi pada struk pembayaran dan nilai saldo GO-PAY yang terpotong adalah harga normal sebesar Rp 13.900, yang berarti kupon yang digunakan tersebut tidak berhasil memotong dalam transaksi pembayaran itu. Seharusnya saya hanya perlu membayar sebesar Rp 1 seperti dalam penawaran kupon tersebut, tetapi ternyata saya harus membayar penuh transaksi tersebut.

Kasir juga menyatakan bahwa kadang kala ada beberapa customer lain yang juga mengalami masalah pada saat transaksi menggunakan kupon dari GO-PAY sehingga saya disarankan untuk langsung menghubungi pihak GOJEK.

Hari itu juga, tanggal 25 Maret 2020 saya langsung melakukan komplain atas perbedaan nilai transaksi tersebut melalui fitur HELP dalam aplikasi, dengan melampirkan semua bukti seperti struk pembelanjaan, riwayat transaksi dan bukti penanda kupon yang telah digunakan. Tetapi hingga hari ini 02 April 2020, tidak ada sedikit pun penjelasan maupun solusi mengenai komplain saya tersebut.

Lewat email, CS GOJEK ternyata mengirimkan kupon promo untuk saya gunakan berbelanja kembali dengan anggapan bahwa saya belum memperoleh kupon tersebut dan ingin berbelanja menggunakan kupon tersebut. CS GOJEK pun juga menyarankan agar saya segera melakukan transaksi menggunakan kupon yang baru dikirimkan tersebut agar tidak kedaluwarsa, padahal tujuan saya komplain adalah mempertanyakan mengenai pengembalian selisih saldo GO-PAY dari transaksi pembayaran yang telah terjadi.

Untuk operator sekelas GOJEK, sungguh ironis dan miris sekali karena memiliki CS yang tidak mampu membaca dan memahami keluhan customer-nya dengan membuat kesimpulan penyelesaian masalahnya sendiri. Padahal sejak awal komplain sudah dijelaskan dan ditekankan mengenai kerugian yang saya alami akibat gagalnya sistem pembayaran GO-PAY dengan menggunakan kupon yang diberikan dan saya meminta pertanggungjawaban berupa pengembalian selisih saldo GO-PAY tersebut. Tetapi GOJEK mengirimkan kupon promo agar saya berbelanja kembali, bukannya mengembalikan saldo saya yang hilang akibat kegagalan sistem tersebut.

Bahkan CS GOJEK tidak sedikit pun membahas ataupun menjelaskan kondisi yang ada, selain hanya berulang kali menyatakan bahwa sudah mengirimkan kupon pengganti yang siap digunakan. Bahkan pada email terakhir menyatakan bahwa karena saya tidak menggunakan kupon tersebut dan batas waktu penggunaan telah lewat maka saya tidak bisa lagi melakukan klaim atas kupon tersebut.

Mungkin bagi GOJEK saldo senilai Rp 13.899 adalah nilai kecil dan tak terlihat, tetapi akan bernilai besar bagi saya dan mungkin bagi orang lain yang membutuhkan.

Apakah operator sekelas GOJEK tidak malu, hanya karena selisih saldo sebesar Rp 13.899 akibat gagalnya sistem pembayaran GO-PAY yang dikomplain tetapi keluhan tersebut tidak ditanggapi dengan serius sehingga harus berakhiran dengan diterbitkannya surat pembaca ini agar diketahui masyarakat luas terlebih dahulu, baru kemudian GOJEK akan menanggapinya secara serius? Atau mungkin GOJEK tetap tidak peduli dengan adanya surat pembaca ini?

Saya sudah melakukan kewajiban saya sebagai seorang customer dengan bertransaksi sesuai syarat dan ketentuan yang telah dinyatakan, sekarang saya akan menuntut apa yang menjadi hak saya, dan dengan terbitnya surat pembaca ini agar diketahui oleh para customer GOJEK lain untuk lebih berhati-hati dalam melakukan transaksi GO-PAY dengan menggunakan kupon promo yang ditawarkan GOJEK agar tidak mengalami kerugian serupa yang mungkin saja bisa bernilai jauh lebih besar dari yang saya alami saat ini.

Terima kasih.

Daniel Johanes
081292463**
Jakarta Utara

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai Gojek:
[Total:10    Rata-Rata: 1.8/5]

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan
Loading...

3 komentar untuk “Keluhan atas Kegagalan Kupon Promo Go-Pay Tidak Ditanggapi Oleh GOJEK

  • 3 April 2020 - (19:24 WIB)
    Permalink

    Gojek & CSnya emang brengsek sih.. sejak tahun lalu akun saya tiba2 tidak bisa klaim/pakai kode promo sama sekali. sudah komplain, tapi tidak dianggap.
    ternyata sampai sekarang layanannya masih sama. emg brengsek permanen deh.

  • 8 April 2020 - (13:43 WIB)
    Permalink

    Tinggalkan gojek pindah aplikasi sebelah begitu komplein langsung di tanggapi ,saldo gopay saya 500k di blokir sudah tlp email tapi sama sekali tidak di tanggapi …suruh menunggu & dan menunggu sudah 2 bulan lebih tetap belum ada itikat baik dari gojek buat mrngembalikan gopay saya

 Apa Komentar Anda mengenai Gojek?

Ada 3 komentar sampai saat ini..

Keluhan atas Kegagalan Kupon Promo Go-Pay Tidak Ditanggapi Oleh GOJEK…

oleh DaJo dibaca dalam: 2 min
3