Modus Penipuan Pembelian Tiket Pesawat di Akun Instagram @piknik_tiket

Saya ingin berbagi pengalaman buruk saat membeli tiket melalui akun Instagram @piknik_tiket. Berikut terlampir bukti chat percakapan WA dengan nomor pelaku (085643042339):

Saya melakukan pemesanan tiket, karena tertarik dan melihat list yang ada di akun Instagram pelaku. Untuk skema yang di awal, sudah diinfokan proses 10 menit dengan list yang sudah diposting (rute dan harga). Namun saya merasa curiga setelah ada mekanisme kedua yang tidak jelas, dengan bentuk deposit kurang lebih 6 juta rupiah. Ini seperti bentuk scam, yang mana bisa jadi ada mekanisme ketiga dan seterusnya yang tidak jelas.

Saya juga membuat pelaporan kepada call center BNI 1500046. Nomor rekening BNI pelaku: 1827288605 a.n. M Rizkiya Wira Pratama. Namun agen call center BNI menyatakan bahwa mereka tidak bisa menjanjikan pengembalian dana. Saya tanyakan mengenai dana yang sudah saya transfer ke rekening pelaku senilai Rp1,7 juta, apakah sudah di-hold atau diblokir sementara? Pihak CS BNI tidak menjelaskan apa-apa.

Saya merasa dipersulit oleh mekanisme BNI, maka dari itu kasus penipuan/kriminalitas di BNI penanganannya cukup buruk. Memang bank negeri tidak mengerti/tidak perduli dengan service, berbeda dengan bank biru swasta 3 huruf.

Semoga tidak ada lagi korban yang tertipu. Mohon jika pihak BNI melihat postingan ini agar dapat dibantu penyelesaian yang cepat dan jelas, khusus untuk tindakan kriminalitas. Terima kasih.

Gerrit Hansen
Jakarta Selatan

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

15 komentar untuk “Modus Penipuan Pembelian Tiket Pesawat di Akun Instagram @piknik_tiket

  • 22 April 2024 - (16:52 WIB)
    Permalink

    Sosmed dipercaya, dana sdh pasti ditarik sama penipu saat itu juga jd apa yg diharapkan lagi selain buat laporan kepolisian utk Blokir permanen Rek penipu

  • 22 April 2024 - (17:01 WIB)
    Permalink

    Harusnya bisa di hold, bank juga harus cepat tanggap menanggapi keluhan nasabah dlm darurat

    • 22 April 2024 - (18:25 WIB)
      Permalink

      pake laporan kepolisian, tanpa bukti lapor ntar orang seenak jidat minta blokir rekening bank.

    • 25 April 2024 - (09:56 WIB)
      Permalink

      namun pihak #BNI tidak menjelaskan dananya bisa di hold, masih ada atau seperti apa.
      jadi kita juga meresa diabaikan. kalo memang masih bisa di selamatkan dan mediasi kita juga semangat untuk melengkapi semuanya. butuh bantuan #BNI sebagai pihak bank untuk bertindak

  • 23 April 2024 - (02:55 WIB)
    Permalink

    Buat pelajaran Pak. Jangan tergiur harga murah kalau di sosmed. Resilo penipuannya lebih besar. Mending beli di tempat2 terpercaya seperti tokped, dll

    • 25 April 2024 - (09:55 WIB)
      Permalink

      Iya Bu,

      Teirma kasih sarannya,
      semoga mereka yang mau coba2 dan ingin transaksi seperti saya tidak terulang kembali.
      semoga ini bermanfaat untuk rekan2 yang lain.

  • 25 April 2024 - (09:09 WIB)
    Permalink

    saya bingung ada aplikasi yang terpercaya macam , traveloka, Tiket, agoda dll kok masih aja ada yang percaya transfer direct gitu yaa, kalo sudah terjadi repot sendiri, gak ada cs ataupun pihak yang bisa dihubungi. apa karena murah atau bagaimana sih saya sendiri kurang paham karena blm pernah sekalipun pesen diluar aplikasi

    • 25 April 2024 - (09:53 WIB)
      Permalink

      terima kasih untuk saran nya bro

      ini sebagai pembelajaran buat mereka yang mau coba2 atau mencari referensi.
      agar tidak tertipu, menjadi pengalaman dan bermanfaat untuk orang lain.

 Apa Komentar Anda mengenai pengalaman ini?

Ada 15 komentar sampai saat ini..

Modus Penipuan Pembelian Tiket Pesawat di Akun Instagram @piknik_tiket…

oleh gerrit purba dibaca dalam: 1 menit
15