Surat Pembaca

Uang Refund di Lazada Tidak Juga Dikembalikan

Pada tanggal 26 Maret 2020 saya memesan masker di Lazada dengan jumlah Rp640.700 dan Rp126.100. Kemudian pada tanggal 27 Maret 2020 saya memesan masker lagi di Lazada dengan jumlah Rp120.100 dan Rp173.100, sehingga total semuanya Rp1.060.000.

Setelah itu saya chat dengan seller-nya, tapi tidak ditanggapi dan barang juga tidak dikirim. Kemudian pada tanggal 31 Maret 2020 saya batalkan pesanan saya semua dan saya disuruh isi form, karena uang refund saya masuk ke dalam voucher. Setelah form diisi, katanya uang akan dikembalikan maksimal 5 hari kerja.

Namun sampai sekarang sudah tanggal 12 April 2020 tidak ada kejelasan sama sekali dari perusahaan LAZADA. Telepon call center pun percuma karena yang jawab hanya suara mesin dan live chat di aplikasi pun yang balas hanya robot. Tidak ada respon atau kejelasan sama sekali dan email pun yang balas hanya mesin penjawab. Ketika saya buka sosial media Lazada di Instagram dan Facebook, isi komentarnya semua ternyata banyak yang ditipu dan uang refund mereka tidak dikembalikan.

Kalau memang perusahaan Anda bangkrut dan tidak sanggup membayar karyawan Anda, lebih baik Anda PHK saja karyawan Anda daripada Anda mengambil dan merampok uang customer. Setelah komentar di Instagram, banyak bermunculan fake account Lazada yang DM dan berpura-pura sebagai customer service yang ingin menanyakan permasalahan, dan malah meminta foto ATM dan kartu kredit. Saya bukan orang bodoh yang percaya, kasihan jika ada orang yang tidak mengerti malah kena tipu jadi 2 kali. Bisa jadi yang fake account di IG itu adalah karyawan Lazada sendiri. Nomor case saya: 2050000013761799.

Fina Andini
Tangerang Selatan, Banten

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan

Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Tanggapan Lazada Indonesia atas Surat Pembaca Bu Fina

Menanggapi keluhan pelanggan kami (Fina) yang dimuat di surat pembaca Media Konsumen tanggal 13 April 2020 berjudul ‘Uang Refund di...
Baca Selengkapnya

Komentar

  • Saya juga mengalami hal yang sama saya ada pesan barang dilazada ga dikirimin dan saya minta pengembalian dana tapi sampai sekarang uang saya juga tidak dikembalikan dan sudah isi form refund.... LAZADA memang penipu kapok saya beli di LAZADA lagi. barang ga dikirim uang juga ga dibalikin sama aja ini perampokan secara online shop.
    Saran saya untuk yang nilai uangnya cukup besar mending lapor polisi aja biar LAZADA ditutup sekalian Selalu menipu pembelinya.
    ini saya masih tunggu proses refund uang saya dan sudah 1 bulan tidak dikembalikan juga. Ini saya lagi memikirkan untuk proses hukum nih pihak lazada karena sudah menipu dan merampok uang pembeli kalo begini caranya. LAZADA PENIPU ULUNG, BARANG PESENANAN TIDAK DIKIRIM UANG PUN TIDAK DIKEMBALIKAN.

  • saya juga mengalami masalah yang sama, beli hape advandi lazada lewat official store advan, barang sudah dibayar, katanya sudah dikirim dengan kurir ninja express, ditunggu sampai batas waktu bahkan sampai di trace sudah menunjukkan informasi error karena terlewat dari batas pengiriman, sudah sounding ke ninja express tapi muter2 aja katanya masih transit katanya sudah di gudang pekanbaru, tapi dak ada juga nyampe, email mereka seperti email bot, komplain ke lazada sama juga, mereka beri harapan aja lewat email2 yg serupa, saya padahal hanya ingin supaya dikirim hape itu kalau tidak dikembalikan mau pake voucher atau rekening juga tidak apa apa, tapi sampai sekarang cuma disuruh tunggu-tunggu saja, yang jadi masalah saat ini saya sedang butuh butuh nya hape mendesak,dan uang saya untuk beli hape sudah saya alokasi kan ke lazada tersebut....jadi mohon di blow up aja masalah lazada ini biar ada penanganan hukum terhadap lazada, kalau perlu ditutup dan mengganti rugi semua konsumen nya yang tertipu

  • Saya juga mengalami dana refund tidak kunjung masuk ke rekening..
    Kronologi saya mengajukan refund dana sebesar 163.000 tanggal 9 September 2020 & Tanggal 10 diproses refundnya...
    Saya tanya ke customer service nya, butuh waktu 2-5 hari kerja untuk dana masuk ke rekening. Tapi setelah menunggu hampir 7 hari, dana tidak kunjung masuk ke rekening & sudah berkali-kali saya cek mutasi rekeningnya.
    Saya kembali mencoba bertanya ke customer service nya, eh malah jawabnya belibet & seakan - akan customer nya gak tau apapun tentang proses refund.
    Gara2 masalah ini, saya akan coba mengajukan laporan ke Badan Perlindungan Konsumen Nasional (BPKN) & Ombudsman.

    • Bila masih d biarkan maka akan lebih banyak korban² refund yg tak ada hasilnya dan hanya isapan jempol belaka.

  • Sama saya juga begitu sampai sekarang belum ada kejelasan,beruntung uang nya kecil,janjinya vocher refund, tapi vochernya ngak bisa di gunakan, saya alihkan ke rekening tetap ajah ngak bisa ,bilangnya ini itulah, modus telpon plan plin