Surat Pembaca

Lazada Tempat Penipuan Berkedok Elektronik Murah?

Hati-hati belanja barang elektronik di Lazada dengan harga yang miring, sudah banyak yang tertipu, uangnya hilang! Konsumen tidak bisa melakukan komplain apapun ke Lazada karena perusahaan besar tapi tidak jelas kantornya di mana. Telepon ke CS Lazada/Live Chat juga tidak bisa menyelesaikan masalah, hanya formalitas mereka saja.

Tujuan Lazada harusnya sebagai perantara yang dapat dipercaya, sebagai media pembeli dan penjual. Namun menurut saya sistem di Lazada seperti bekerja sama dengan penjual yang berkedok Elektronik (nilai uangnya lebih besar), untuk bersama-sama menipu pembeli.

Saya tidak habis pikir kenapa uang bisa diberikan ke pihak penipu? Apabila pengembalian dana butuh proses 2-5 hari kerja (apalagi nama penipu penerima uang jelas sudah tidak sama), kenapa tidak dikembalikan ke data pemilik rekening asli yang sudah tertulis jelas di Lazada? Ini yang belum saya pahami, apakah Lazada juga terlibat menipu kita sebagai pembeli dengan alasan kesalahan ada di pembeli? Karena saya jumlahkan di surat pembaca ini nilainya sudah sangat besar untuk kas Lazada.
Mohon jawaban dan tanggapan dari Lazada andai saya salah atas tulisan ini.

Saya pribadi dengan nomor pembelian: 396429444795288 sampai saat ini uang juga belum dikembalikan. Telepon CS Lazada tidak dapat menyelesaikan masalah, karena alasan sudah by sistem. Uang ditransferkan ke penjual karena data kita sudah dibajak.

Kesimpulan saya: Beli barang Online di Sistem yang bisa dipercaya saja, jangan di tempat yang mudah dibobol sistem data konsumennya. Saya juga akan suarakan kepada semua media, supaya tidak ada lagi yang tertipu! Ramai-ramai kita suarakan ke semua medsos, supaya mengurangi penipuan dari penjual Lazada.

Herman Au
Tangerang, Banten

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan

Belum Ada Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pihak yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Komentar

  • Belanja di Lazada itu ngeri2 sedap emang. ? Merchants yg mencurigakan (jual barang ekektronik dengan harga murah) justru sering ditampilkan di homepage n rekomendasi.? Kalo konsumen yg jarang belanja online pasti kena jebakan tuh.☹️

    • Gudang lazada yg d jln raya bogor gede banget... tp klo msih bnyak korban yg kena tipu percuma jg yaa ...

  • lazada emang salah tp otak kau pake juga lah. harga tidak wajar gitu masih disikat tp jadi pelajaran setidaknya

      • Mohon Petunjuk dan Bantuan Orang Bijak tentang Perlindungan Hukum bagi Konsumen dalam Pelaksanaannya.

        Aku senang juga Oprek Oprek apalagi Barang dengan harga PROGO. .
        UUUUIIIIIHHHHH Senegal Banget.

    • Saya boleh di anggap Bodoh,: Bila Uang saya transferkan ke Penjual.
      Ini dana langsung di transferkan ke Lazada, barulah pesanan bisa di proses.!?
      Tapi setelah barang kita Batalkan, Uang bisa di transfer ke Penjual ; (Bukannya di kembalikan ke Yang berhak yaitu: Pembeli).

      Bila anda bisa berpikir dan punya Otak yg berpikir seperti Nalar manusia: PASTILAH KESIMPULANNYA UANG SUDAH DI GELAPKAN OLEH LAZADA (Kerena Lazada tidak mungkin bodoh untuk transfer uang ke rekening yang Tidak jelas)
      Note :
      Semua yang Namanya Manusia pasti ada ke inginan untuk mencari barang yg murah atau discount banyak, (kecuali Otak Hewan/ Binatang/ Tidak punya Otak atau Penipu yg membeli barang lebih suka yang mahal karena dapat hasil dari uang HARAM)
      Semoga tulisan saya ini bermanfaat bagi Pak Jojo yang mudahan bukan bagian dari sindikat PENIPU Di LAZADA.

      • Kumpulin nomor tlp konsumen yg sudah tertipu, kita kompak tuntut dan laporkan ke pihak yg berwajib.

        • Di lazada memang sistemnya komputer/robot,jadi walau kita chat by sistem yang menjawab,jd hrs berhati² dalam transaksi di lazada.
          Bila ada promo di lazada dengan harga murah dan sama sekali tidak ada ranting ulasan bisa di pastikan seller penipu.
          Apabila bertransaksi di lazada dan melakukan pembayaran,tiba² di chat maupun di telepon yang mengaku pihak lazada,bisa di pastikan seller penipu,karena pihak lazada tidak akan pernah chat maupun telepon kepada pembeli.apalagi minta kode otp dg berbagai alasan,.nah di sini lah bila pembeli yg awam pasti akan memberikan kode otp,jadi seller penipu bisa masuk ke akun pembeli dan merubah norek dan membatalkan pesanan.
          Maka pihak lazada/toko sebelah pun bila terjadi transaksi di luar market pasti tidak bertanggung jawab,karena udah ad perjanjian seperti itu.
          Yang kurang dari lazada adalah sistem di lazada adalah robot yang menjawab..jd seller penipu kurang terdektesi.
          Maka jangan sekali kali memberikan kode otp..tp kenyataannya masih banyak pembeli yang memberikan kode otp,karena kurangnya pengetahuan di jual beli online.

      • Saya juga hampir kena itu,, saya di hubungi oleh pihak penjual barang akan segera di kirimkan dan mendapatkan cashabck saya diminta menyebutkan otp, tapi alhamdulilah saya tanggap dan segera membatalkan transaksi dan saya segera lapor kr lazada, dan 3 hari kerja uang saya di kembalikan ke rekening saya

      • Saya termasuk konsumen awam yang juga tertipu di lazada, Ayo penulis, saya dukung perjuangan anda menuntut hak anda, kalau penulis mau kita bisa perjuangkan sama sama.
        Maju Terus jangan diam..

      • Saya punya pengalaman yang serupa:
        Nomor pesanan: 736942481919600
        Nama produk: Lenovo Ideapad Duet 3i 2in1 Pentium N5030 Quadcore 8GB 256GB W10"Touch

        Kode pembayaran 980521274845.

        Referensi 271778781207

        Bayar RP 2,675,057

        Nama toko LA ODE ASIS

  • Sekarang kesimpulan pasti dari saya adalah : LAZADA JUGA IKUT DAN TERLIBAT DI DALAM PENIPUAN !!!

    BERAPA JUMLAH RUPIAH DALAM SATU HARI YANG DI AMBIL DARI PENIPUAN INI ??? (TRANSAKSI SE INDONESIA)

    MOHON BANTUAN PEMERINTAH REPUBLIK INDONESIA UNTUK MELAKUKAN PENYELIDIKAN UNTUK MASALAH INI.

    KHASIAN RAKYAT KECIL INDONESIA YANG JADI KORBAN DARI LAZADA

    SAMPAI KAPAN INI HARUS TERJADI???
    INI SUDAH PENIPUAN/PENGELAPAN PERAMPOKKAN BERDASI YANG TERENCANA.

    RAKYAT SUDAH DI KORBANKAN---

    MOHON BANTUAN JUGA KEPADA KEPOLISIAN BESAR RI,,, UNTUK MELAKUKAN PENYELIDIKAN TERHADAP INTERNAL LAZADA

    BUKTI DAN SAKSI SUDAH SANGAT BANYAK.

  • Kalo contoh di atas dana langsung di kembalikan itu yg pakai tranfervia kartu kredit coba kalo yg bayar tranfer pake via bank dana nya di kembalikan jelas gak berapa hari kalo yg via kartu kredit itu hitungan jam

    • Minggu kmrn sy hampir sj tertipu. Br pertama transaksu dgn lazada. Tergiur laptop dgn diskon 50%, meskipun curiga tp tetap sy lanjutkan transaksi dgn mentarsper uang. Stngah jam kemudian ada telp yg mengaku seller lazada.. Saya ikutin eh ujung2nya minta kode OTP, dah disini sy langsung curiga dan bertanya klo si seller ini mencoba mo nipu saya... Tiba2 dia putus telpnya. Kemudian sy telusuri, ternyata byk sekali seller yg memberikan diskon yg gede2 antara 40-50%. Dan semuanya tdk punya rating penilaian.
      Seharusnya lazada sdh bisa prediksi ini. Klo ngga pasti marketplace ini ditinggalkan konsumen

  • Iya sy jg kena nih belanja dilazada, kita sdh laporkan ke lazada beberapa saat saja kl kita sdh kena tipu seharusnya pihak lazada sdh memblok dong nomor rekening jgn sampe ditransfer ke rek. Penipu kan katanya makan waktu beberapa hari pengembalian dana dan sy sdh melaporkan hanya beberapa menit setelah mereka menipu tetapi malahan pihak lazada lepas tangan saja jadinya kita mikir kl pihak lazada jg ada dibelakang ini semua

  • Yap permasalahan sama persis dengan yg saya alami. Wkwkw pihak lazada gak profesional mudah di bohongi oleh seller abal abal. Kapong belanja di lazada

    • Kalo mau beli produk mahal khususnya elektronik seperti smartphone di Lazada, usahakan untuk membeli dari official store, seperti official store Lazada atau Samsung official store dll. Jgn membeli dari store abal abal, apalagi ga ada bintang nya atau review, itumah sudah dipastikan seller ga jelas. Aku beli produk smartphone, kulkas, alhamdulilah semua aman aja. Emang byk bgt seller ga jelas yang jual produk smartphone dgn harga ga masuk akal, itumah lebih baik di hindari dan jgn kejebak.

  • LAZADA Perusahaan Besar dengan KOMUNITAS Market ASIA TENGGARA.
    Mungkin Perlahan namun pasti akan ada REKRUITMEN sebagai Costumer Servis di setiap valuable Wilayah nya.

  • Yupz benar justru seller2 penipu tertampil di urutan ter atas..sudah saya pernah komplain ke pihak lazada,kenapa seller yg ada indikasi penipuan ko bisa lolos dan yg lbh parah nya lg....tampil di atas sendiri,tp g ada tanggapan sma se x dr pihak lazada.