Surat Pembaca

Saya Sudah “Finish Class” Pelatihan PraKerja tapi Tidak Dikeluarkan oleh Bukalapak Maupun Dicoding (Walau Tidak Lulus)

Selamat Malam Tim Bukalapak, Tim Dicoding dan Tim PraKerja,

  • Saya Andre Novasagita, salah satu peserta PraKerja Gelombang 2
  • Nama : Andre Novasagita
  • Email akun prakerja : anovasagita@gmail.com
  • Nomor HP : 0838-90700-****

Pada 29 April 2020 jam 07:07 WIB saya membeli voucher pelatihan di Bukalapak menggunakan akun prakerja saya dan berhasil.

Gelombang 1 Prakerja

Nama : Andre Novasagita
Provinsi Prakerja : DKI Jakarta
Mitra Prakerja : Bukalapak
Tempat/Website Pelatihan : | https://www.dicoding.com/|
Judul Pelatihan : Belajar Dasar Pemrograman Web
Tanggal Pembelian : 29 April pk. 07:07 WIB
Tanggal Penyelesaian Pelatihan : 29 Mei pk. 13:30 WIB

Saya redeem ke web pada tanggal 29 April tsb ke website https://www.dicoding.com/ dan melakukan kelas pelatihan tersebut, dan berakhir kemarin tanggal 29 Mei 2020. Saya telah menyelesaikan pelatihan kemarin, kurang lebih durasi sebulan.

Akan tetapi saya tidak bisa karena pihak Dicoding merasa tidak memiliki akses untuk memberikannya (ketidaklulusan pelatihan, walau saya telepon ke PraKerja hal tsb tidak masalah, yang penting adalah FINISH CLASS-nya, bukan masalah LULUS atau TIDAK LULUS-nya).

Jawaban WA pihak Dicoding bhwa tdk akses pihak Dicoding utk mslh Lulus atau Tdk Lulusnya

Jawaban Bukalapak:

“Silahkan untuk menghubungi pihak Lembaga (Dicoding) yang menyediakan kursus”

Nomor Pelaporan

  1. #21986773 Via Call Center (ttg syarat dan ketentuan Prakerja bahwa Voucher yang telah dibeli tidak dapat dibatalkan/refund)
  2. #21989218 Via Call Center (ttg menghubungi pihak Lembaga (Dicoding) yang menyediakan kursus)

Sedang pihak Dicoding berdalih bahwa pihaknya tidak diberikan akses tidak lulus dari Bukalapak (artinya harus LULUS dari Bukalapaknya). Seolah-olah saya di ‘ping pong” antara pihak Bukalapak dengan pihak Dicoding

Sedang di dashboard Prakerja saya status kelas masih AKTIF, sehingga sangat menunggu status LULUS atau TIDAK LULUS-nya saja dari pihak Bukalapak dan Dicoding, melainkan (persyaratan dari Prakerja) adalah FINISH CLASS atau TELAH MENYELESAIKAN KELAS.

Saya saat ini sangat membutuhkan dana insentif dari prakerja, dikarenakan saya adalah pekerja freelancer yang semenjak Pandemi COVID 19 di Indonesia dan sudah tidak memiliki penghasilan sama sekali.

Kepada Tim PraKerja, Tim Bukalapak dan Tim Dicoding, saya sungguh sangat memohon bantuannya untuk:

Pihak Dicoding dan Bukalapak tolong konfirmasi serta memberikan pelaporan ke pihak Prakerja bahwa kelas dan pelatihan saya di website Dicoding sudah selesai. Dan saya menunggu sertifikat TELAH MENYELESAIKAN KELAS ke team PraKerja.

Tolong update status kelas saya menjadi sudah selesai atau sudah dilaksanakan di website prakerja, ada kemungkinan saya mau ambil kelas pelatihan lain.

Tolong segera adanya pencairan dana insentif bulan 1 saya, karena saya sedang membutuhkan uang. Terima kasih.

Salam Hangat

Andre Novasagita
Jakarta Pusat 10240

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan

Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Tanggapan Bukalapak atas Surat Bapak Andre Novasagita

Jakarta, 02/06/2020 Kepada Yth: Pengelola Rubrik Surat Pembaca Mediakonsumen.com Perihal: Tanggapan Surat Pembaca tanggal 2 Juni 2020 yang berjudul “...
Baca Selengkapnya

Komentar

    • Sy sangat kecewa dengan prakerja.sy sudah mengikuti pelarihan dan sudah ada sertifikat nya di dashboard prakerja dan sudah beri rating serta ulasan.bahkan ovo sy juga sudah di upgred. Terjadwal dari tgl 16/05/2020.sampai detik ini belum cair.tolong info nya prakerja.sy sangat membutuhkan skali insentif ini.sy email ga pernah di respon.tolong jawab email sy sb05071979@gmail.com terima kasih

    • hay kak bukalapak,,..saya juga sangat kecewa program prakerja yang di sediakan bukalapak
      dalam hal ini course_net
      samapi saat ini tidak ada respon dan malahan kontak di no Wa sudak tidak aktif lagi
      padahal kami sudah melakukan pembelian pelatihan dan sudah menyelesaikan pelatihan,namun sertifikatnya di kirim ke email saya,bukan di uploads ke web prakerja..
      saya sangat kecewa..

  • Saya pun sama selesai pelatihan tgl 7 mei
    Sampai hari ini tgl 2 juni belum terdadtar sertifikat di akuh pra kerja.
    Sudah komplain lebih dari 4 kali ke cs BUKALAPAK tidak ada solusi dan letak dimana masalah terlambatnya sinkronisaai sertifikat
    Kode pembelian: BL2014US7X99INV
    nmr pelaporan: 21830700
    mohon bantuan nya.

    • sepertinya CS Bukalapak ini suka memperdayakan orang kecil ya? sedangkan mitra yang lain tidak sulit untuk mengeluarkan Keterangan/Sertifikat FINISH CLASS aja? yg pasti saya memiliki semua berkas baik audio percakapan ke CS Bukalapak, maupun Prakerja juga Screenshot sehingga pihak2 yg mem'ping pong' tidak bisa mencla mencle, hanya KEPASTIAN aja yg kita inginkan, itu saja...

    • saya sangat2 menyesal ambil pelatihan dibukalapak sdh 1bulan sertifikat belum didaspord ???

  • Kalau memang tidak ada tanggapan dari Kartu Prakerja.. mari kita buat pitisi untuk melaporkan prakerja ke KPK yang dimana sudah lalai dalam program pemerintah

  • Saya juga di status dashboardnya masih aktif, sudah melakukan pembaaran namun materinya tidak bisa dibuka. saya bingung berkali kali seperti ini. saya tidak mengerti kenapa ada aktif tapi materinya tidak ada lagi di platform pijar mahir. ada yg bisa beri saya informasi ?

    • Menurut saya, kemungkinan program paket dari pijar mahir sudah dihapus, tetapi tidak di nonaktifkan di marketplace

  • Wah ternyata ada juga ya kasus yang hampir sama dengan apa ya saya rasakan
    Saya juga mengalami hal yang tidak jauh beda dengan apa yang di rasakan oleh TS
    sebelumnya saya ingin menceritakan pengalaman yang saya rasakan saat ini
    Saya mengikuti program PRAKERJA dari pemerintah dan saya mengambil modul yang di jual di BUKALAPAK dengan media merchant dari DICODING dengan materi pembahasan
    " Belajar Dasar Pemrograman Web "
    nah setelah saya telah melakukan quis dan submission terakhir,saya di nyatakan tidak lulus di test submission terakhir pada saat di suruh membuat website dengan mengirimkan file ext ZIP..
    nah disitu saya bertanya ? jika saya tidak lulus apakah saya mendapatkan sertifikat atau tidak ?
    tapi dari jawaban pihak team DICODING yang saya email :

    " Dicoding Indonesia
    14.37 (3 jam yang lalu)
    kepada saya

    Hi Yovi Arian,

    Untuk Trial Langganan hanya mendapatkan kesempatan submit submission 1x saja kak sesuai informasi di sini https://help.dicoding.com/getting-started/bagaimana-cara-mendaftar-trial-langganan-kelas/

    ​Mungkin kakak tertarik upgrade ke Langganan Kelas?

    Salam,
    Support Dicoding "

    nah jika kita yang lagi belajar terus gagal,dan harus daftar upgrade ke layanan dari DICODING yang harus berbayar sama aja ini kaya JEBAKAN BETMEN dong..
    padahal dari yang saya baca " https://www.dicoding.com/academies/123/discussions/63023 "
    ada info yang memberikan kita masih bisa mengirim file ulang untuk REVISI,tapi balesan email menyatakan tidak bisa harus UPGRADE LANGGANAN ..
    sedangkan yang di butuhkan dari pihak PRAKERJA pemerintah kan hanya sertifikatnya saja,dan jika dari pihak DICODING & BUKALAPAK tidak memberikan bagaimana bisa melanjutkan modul2 yang lain ? otomatis STUCK dong..
    bagaimana nasib saya dan kawan2 yang lain,yang sangat membutuhkan DANA dari pemerintah tersebut.
    karena tau sendiri jaman lagi susah begini karena Pandemi virus COVID-19 akan tetapi dari pihak2 / oknum seperti ini orang2 yang membutuhkan jadi berbelit2..

  • Sama saya juga begitu, sampai saya mengirimkan submission sebanyak 3 kali tapi masih ditolak juga. Gabisa bisa maunya ituloh apa gapaham lagi katanya dasar tapi kok susah sekali