BRI Syariah Mempersulit Pengambilan Jaminan Agunan BPKB

Saya nasabah mikro BRI Syariah yang mempunyai pinjaman dengan jaminan BPKB. Karena sedang ada uang lebih, saya ingin melunasi pinjaman tersebut.

1. Pada tanggal 22 Juli saya datang ke BRI Syariah capem Ciledug, dan staf pada bagian pinjaman tersebut memberikan info kalau ingin melunasi bisa dilakukan dengan mengisi saldo di rekening mikro sejumlah sisa pinjaman dan akan segera diproses pelunasannya. Hari itu juga saya sudah isi saldo dengan jumlah total yang telah diinfokan oleh staf tersebut (Bapak Lutfi).

2. Tanggal 24 Juli, karena saldo di rekening mikro tidak juga dilakukan pendebetan untuk pelunasan, saya menanyakan hal tersebut kepada Bapak Lutfi, dan dikatakan sedang on-proses.

3. Sampai dengan tanggal 28 Juli, saldo di rekening mikro tidak juga dilakukan pendebetan. Kembali saya menanyakan ke Bapak Lutfi, dikatakan pelunasan sudah dijalankan hanya tinggal ambil BPKB di cabang, dan beliau juga mengatakan kesulitan cari nomor BPKB dan minta fotokopi BPKB tersebut. Saat itu juga langsung saya berikan copy jaminan BPKB tersebut.

4. Tanggal 29 Juli, saya kembali menanyakan progress pelunasan. Namun pada saat itu, Bpk Lutfi BARU memberikan info bahwa proses pelunasan di atas tanggal 20 baru akan dilakukan pada awal bulan berikutnya. Sedangkan pada saat saya datang ke cabang pada tanggal 22 Juli, beliau hanya memberikan info bahwa untuk pelunasan hanya tinggal mengisi saldo di rekening mikro sejumlah sisa pinjaman.

5. Awal bulan Agustus, tanggal 3, saya menanyakan proses pelunasan kepada Bapak Yadi, pimpinan dari Bapak Lutfi, dikatakan nota dinas sudah dikirim ke cabang (on proses pelunasan dan pengambilan jaminan).

6. Pada tanggal 5 Agustus, uang yang sudah saya setorkan untuk pelunasan di tanggal 22 Juli, baru dilakukan pendebetan.

7. Pada tanggal 6 Agustus, saya menanyakan kepada Bapak Yadi kapan jaminan BPKB bisa diambil. Dan dikatakan secepatkan akan diberikan info.

8. Pada tanggal 7 Agustus, kembali saya tanyakan kapan jaminan BPKB bisa diambil, dan Bapak Yadi menjawab akan konfirmasi ke cabang terlebih dahulu.

9. Pada tanggal 10 Agustus, karena tidak ada kabar baik dari BRI Syariah, kembali saya tanyakan ke Bapak Yadi, beliau menyampaikan bahwa pengambilan jaminan baru dikeluarkan dari cabang setiap hari Kamis.

Mohon BRI Syariah jangan mempersulit nasabahnya yang sudah melunasi pinjaman untuk pengambilan jaminannya. Apakah pegawai bagian kredit adalah pegawai baru? Karena tanggapan yang diberikan memberikan kesan pegawai tersebut tidak mengetahui bahwa untuk pelunasan baru bisa dilakukan setiap awal bulan. Pada saat saya menanyakan pengambilan jaminan, baru diberikan info bahwa jaminan dikeluarkan setiap hari Kamis. Mohon saya dibantu, agar jaminan BPKB segera dapat saya ambil.

Pegawai bagian kredit BRI sangat tidak professional, sangat bertele-tele memberikan keterangan dan tidak informatif kepada nasabahnya. Hati-hati kepada yang lainnya apabila hendak mengajukan pinjaman kepada BRI Syariah.

Terima kasih.

Endang Rusmiati
Tangerang, Banten

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai BRI Syariah:
[Total:16    Rata-Rata: 3.4/5]

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan
Loading...

3 komentar untuk “BRI Syariah Mempersulit Pengambilan Jaminan Agunan BPKB

  • 17 Agustus 2020 - (13:29 WIB)
    Permalink

    Alhamdulillah, jaminan BPKB telah bisa saya ambil pada hari Jum’at tgl. 14 Agustus 2020 pada jam 10 pagi. (Surat di media ini baru turun pada tgl. 15 Agustus 2020).

    Dan, hari ini Senin 17 Agustus 2020, Bpk. Adrian selaku pemimpin capem dan Bpk Yadi telah datang ke rumah untuk klarifikasi masalah tersebut.

    Hanya sebagai catatan saja, dari kronologi yang saya tulis, kepada BRI Syariah dalam memberikan informasi tidak berbelit-belit yang membuat bingung nasabah.

    Oleh karenanya, masalah ini sudah terselesaikan dengan baik. Terimakasih.

 Apa Komentar Anda mengenai BRI Syariah?

Ada 3 komentar sampai saat ini..

BRI Syariah Mempersulit Pengambilan Jaminan Agunan BPKB

oleh Endang R dibaca dalam: 2 min
3