Pelayanan IndiHome Tidak Memuaskan dalam Segala Hal

Yth. Telkom Indonesia,

Pada awal bulan Juli 2020 kami sudah melakukan pendaftaran IndiHome melalui sales IndiHome, karena di dekat rumah kami tidak ada tiang Telkom. Kami mengajukan pemasangan tiang terlebih dahulu, tapi sampai pertengahan bulan Juli 2020 masih belum ada kepastian untuk dilakukan pemasangan tiang.

Dikarenakan keadaan pandemi Covid-19 yang mengharuskan WFH dan belajar daring, kami membutuhkan koneksi internet yang stabil. Akhirnya kami menghubungi kembali sales untuk dilakukan pemasangan IndiHome tanpa tiang. Kebetulan kami mempunyai tiang pribadi yang sudah digunakan juga oleh 2 customer IndiHome (tetangga kami). Adapun jawaban dari sales bahwasanya pihak teknisi belum bisa melakukan pemasangan karena masih menunggu tiang. Akhirnya kami memutuskan untuk menunggu kembali dilakukannya pemasangan tiang.

Pada bulan Agustus 2020 sales menghubungi kami kembali bahwasanya ada teknisi yang menyanggupi untuk melakukan pemasangan wifi tanpa tiang, karena ada tetangga kami yang akan pasang IndiHome juga, jadi biar bisa sekalian.

Pada tanggal 19 Agustus 2020 pihak teknisi akan melakukan pemasangan IndiHome di rumah kami. Karena saya sedang dinas pada tanggal itu saya meminta teknisi melakukan pemasangan IndiHome tetangga saya terlebih dahulu. Setelah selesai melakukan pemasangan IndiHome di rumah tetangga saya, teknisi tidak langsung melakukan pemasangan IndiHome di rumah saya dengan alasan terjadi gangguan di tempat lain dan pihak teknisi mengubah jadwal pemasangan IndiHome ke tanggal 21 Agustus 2020.

Akhirnya saya meluangkan waktu pada tanggal itu untuk menunggu teknisi datang. Sampai sore teknisi belum datang dan saya menghubungi sales melalui WA untuk menanyakan dimana keberadaan teknisi. Kenapa melalui sales? Karena sales tidak memberikan nomor teknisi kepada saya. Saya bertanya apakah jadi atau tidak. Kemudian sales menjawab bahwa teknisi sedang melakukan perbaikan di tempat lain, sedangkan saya sudah meluangkan waktu dari pagi.

Karena saya sudah meninggalkan pekerjaan saya hari ini dan masih belum ada kepastian kemudian istri saya menelepon sales untuk memastikan lagi apakah hari ini tetap dilakukan pemasangan dan apakah ada nomor antrian untuk pemasangan IndiHome. Sales menjawab bahwasanya sales tidak bisa memastikan teknisi bisa melakukan pemasangan pada hari ini, karena sales tidak bisa memastikan kepada teknisi apakah saya akan memberikan uang rokok atau tidak. Sedangkan kata sales tetangga kami memberikan uang rokok untuk teknisi.

Setelah berbagai perdebatan terkait uang rokok, sales memberikan pilihan untuk men-CANCEL permintaan pemasangan dan saya OKE-kan karena saya sudah kecewa dengan pelayanannya. Tiba-tiba di tengah pembicaraan sales mematikan telepon secara sepihak.

Kemudian sore harinya teknisi datang ke rumah kami untuk melakukan pemasangan IndiHome. Karena saya sudah menyetujui pilihan dari sales untuk CANCEL maka saya suruh pihak teknisi untuk menghubungi sales tsb. Pihak teknisi mengatakan bahwa apabila saya menyetujui untuk melakukan pemasangan maka tetap akan dipasang walaupun saya sudah bilang CANCEL kepada sales.

Beberapa menit kemudian saya menyetujui pemasangan lalu teknisi bilang bahwa berdasarkan SOP harus ada tiang, dan tidak boleh menggunakan tiang lain termasuk tiang pribadi milik saya. Padahal di tiang pribadi saya tsb sudah ada 2 customer IndiHome yang menyambung kabel IndiHome di tiang saya.

Pertanyaan saya:

  1. Apakah dari Telkom memang mewajibkan customer untuk memberikan uang rokok kepada teknisi agar dapat segera di-follow up?
  2. Apakah Telkom tidak mengedukasi tata krama sales IndiHomedan men-training bagaimana cara memberikan pelayanan yang baik dengan customer (SOP selaku sales IndiHome)?
  3. Informasi dari teknisi bahwa SOP dari Telkom melarang pemasangan IndiHome menggunakan tiang selain milik Telkom, sedangkan terdapat 2 customer IndiHome yang telah memakai tiang pribadi kami?

Saya sampaikan kepada Telkom Palembang agar memindahkan kabel IndiHome 2 customer yang memakai tiang pribadi saya secepatnya dan memasangkan tiang di daerah rumah saya mengingat sudah banyak customer IndiHome di daerah rumah saya. Demikian laporan keluhan dari saya. Mohon segera di-follow up. Terima kasih.

Chandra Irawan, ST
Palembang, Sumatera Selatan


Update: Terkait surat pembaca di atas, pada tanggal 31 Agustus 2020 penulis memberikan apresiasi atas respon cepat dari PT Telkom sbb:

 

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai Telkom IndiHome:
[Total:138    Rata-Rata: 3.1/5]
Tanggapan PT. Telkom Regional 1 atas Surat Chandra Irawan

Yth Redaksi mediakonsumen.com, Terima kasih kepada mediakonsumen.com yang telah menayangkan surat pembaca Bapak Chandra Irawan pada tanggal 24 Agustus 2020...
Baca Selengkapnya

Loading...

19 komentar untuk “Pelayanan IndiHome Tidak Memuaskan dalam Segala Hal

  • 24 Agustus 2020 - (11:09 WIB)
    Permalink

    Tebakan saya:
    1. *Mungkin* memang benar bahwa aturan resmi tidak boleh pake tiang sendiri.
    2. Nah, tetangga kok bisa? *Mungkin* karena mereka pake jalur tidak resmi, kasih amplop, punya saudara yang jadi sales/teknisi, dll.

    Jadi jalan keluarnya bagaimana?
    Yah, entah lah. Lah wong hal yang “jelas2” aja seperti misalnya: bagaimana prosedur berhenti langganan, antara VP perusahaan ngomong dikutip di koran vs kenyataan di lapangan aja gak sinkron kok…

    • 24 Agustus 2020 - (13:53 WIB)
      Permalink

      No MYIR saya MYIR-10231451870009
      Chandra Irawan,ST

      Yg bingung teknisi sudah ke rumah dan dia bilang bisa di pasang kalau Bpk mau, tp saat sdh sepakat Dipasang tiba2 teknisi bilang nunggu tiang,

    • 25 Agustus 2020 - (05:49 WIB)
      Permalink

      Memang betul sekali alias fakta klo pelayanan indihome tidak memuaskan dari segala hal, mulai teknisi, operator, customer service officer nya, semuanya deh.. Parah

  • 24 Agustus 2020 - (15:45 WIB)
    Permalink

    Selalu tidak puas,selama pake indihome banyak masalah dan servicenya ga bagus.beda dengan provider lain yang lebih baik saya sebenarnya terpaksa menggunakan indihome karena tidak adanya jaringan lain selain indihome ini.sering DC dan sering gangguan ga jelas.kalau mau pelanggan puas tolonglah perbaiki service ke pelanggannya.

  • 24 Agustus 2020 - (19:30 WIB)
    Permalink

    jiah uang roko diperdebatkan…
    kasih ja biar semngat dan rapi kinerja tknisinya bang..
    gt j ko repot..

    • 24 Agustus 2020 - (22:40 WIB)
      Permalink

      Mental minta uang rokok kaya gitu yang buat negara susah maju. KKN begitu ko di pelihara

    • 25 Agustus 2020 - (09:48 WIB)
      Permalink

      kalau masalah uang rokok kn kebijakan dr customer, cs aja bilang gak usah d kasih uang rokok.. cuman kita manusia pasti tidak tega, teknisi sdh capek panjat2 tiang.. tp kalau belum bekerja aja sudah ngomongin duit, itu yg saya permasalahkan

  • 25 Agustus 2020 - (08:02 WIB)
    Permalink

    Saya pasang baru indihome, ternyata pwrangjat yang digunakan barang bekas cabutan, pada hal dikontrak tertera sewa, harusnya kan barangnya baru,

  • 25 Agustus 2020 - (08:44 WIB)
    Permalink

    Rewel nih orang.. ketahuan pelitnya wkkwk….
    Intinya konek internet sesuai tagihan .udh beres… Hidup kok ruwet

    • 25 Agustus 2020 - (09:47 WIB)
      Permalink

      Pelit dr mana bos, kalau masalah uang rokok kn kebijakan dr customer, cs aja bilang gak usah d kasih uang rokok.. cuman kita manusia pasti tidak tega, teknisi sdh capek panjat2 tiang.. tp kalau belum bekerja aja sudah ngomongin duit, itu yg saya permasalahkan

    • 25 Agustus 2020 - (14:30 WIB)
      Permalink

      “Telkom melarang pemasangan IndiHome menggunakan tiang selain milik Telkom, sedangkan terdapat 2 customer IndiHome yang telah memakai tiang pribadi kami?”

      Terus yg salah diikutin? Yg gak sesuai SOP diikutin? Mau naro ditiang itu juga?

      Tiang pribadi. harusnya pas progres penarikan kabel distop atau putus aja kabelnya gak jadi masalah biar timbul gangguan berkali kali dan pindah jalurnya

  • 25 Agustus 2020 - (14:59 WIB)
    Permalink

    “Kami mengajukan pemasangan tiang terlebih dahulu, tapi sampai pertengahan bulan Juli 2020 masih belum ada kepastian untuk dilakukan pemasangan tiang.”

    Kami sudah berupaya mengajukan tiang terlebih dahulu agar sesuai SOP,

  • 26 Agustus 2020 - (06:17 WIB)
    Permalink

    ❌Hanya #manfaat tetapi tidak ada #layanan🤯

    ❌Harganya sangat mahal sekali ❌

    (((Sangat berbahaya dan darurat)))😱

    Hai #IndiHome (tidak kerja WiFi)

    Teknisi mengatakan saya tidak dapat melakukan apa pun untuk memperbaikinya dan berkata dalam literatur yang buruk jika Anda tidak ingin mematikan internet dan Berhenti melaporkan lagi crash internet jika tidak, saya akan memutuskan Anda jika Anda melaporkan lagi.😨

    Tidak ada yang berbeda

    Saya mematikan 20 menit.

    masih (lebih tinggi _rx 19)

    Rxp normal adalah -10 atau -12

    Begitu banyak kebisingan dan kecepatan lambat

    Teknisi memberi tahu saya masalah dalam sistem
    Bandwidth sangat lemah dan rendah
    #Server memiliki lebih dari klien itu sendiri. Number Jumlah server rendah dan pelanggannya tinggi
    Perusahaan hanya dapat memikirkan uang tetapi tidak menyediakan layanan

    Network😱🤒 sangat buruk? Cukup membayar uang tetapi tidak menggunakan internet ???? Mengapa?
    #Modem_fiber_home memiliki kualitas yang sangat buruk dan lemah dan banyak kesalahan, saya ingin modem merek lain @IndiHome #Makassar
    Speed Download and UPLoad Error?😱😳😰😵

  • 28 Agustus 2020 - (11:12 WIB)
    Permalink

    Saya tinggal di Kab Bogor Kec Tenjolaya, Desa Gunung Malang Kampung Sukamulya, kami pelanggan Indihome dan sering mengalami gangguan jaringan internet, pada saat gangguan kami laporkan selalu perbaikan membutuhkan waktu 2-3 hari atau lebih dari 48 jam sejak dilaporkan baru tehnisi datang. Apakah ini normal ? karena customer service sering menjanjikan waktu satu hari atau 24 jam tehnisi bisa datang, nyatanya lebih dari 48 jam . Pernah CS mengatakan sudah dijadwalkan siang hari datang tapi nyatanya sampai keesokan hari juga belum datang , itu saja masalahnya semoga bisa diperhatikan oleh pihak Indihome

 Apa Komentar Anda mengenai Telkom IndiHome?

Ada 19 komentar sampai saat ini..

Pelayanan IndiHome Tidak Memuaskan dalam Segala Hal

oleh Chandra Irawan dibaca dalam: 2 min
19