Penipuan dengan Modus Phishing oleh Seller di JD.ID

Pada tanggal 04 Oktober 2020 saya melakukan pemesanan 1 buah laptop Asus X441MA melalui aplikasi JD.id pada toko Laptop Shop dengan order ID 1032867382. Pada tanggal 05 Oktober saya di whatsapps langsung oleh seller agar saya mengisi link konfirmasi pesanan yang dikirim oleh seller ke whatsapps saya. Awalnya saya tidak mau isi karena saya harus memasukkan kode OTP yang dikirim ke SMS, sementara kode OTP-nya sangat lama tidak muncul.

Kemudian seller mendesak saya untuk saya tetap isi link tersebut. Info seller kalau saya tidak isi link tersebut untuk pesanan saya tidak akan dikirim. Setelah saya isi link tersebut dan berhasil terkonfirmasi, tiba-tiba seller memblokir no whatsapps saya. Saya tahu nomor saya diblokir dari pesan saya yang hanya ceklis 1 dan foto profil Whatsapp seller yang menghilang.

Sayapun inisiatif dengan mengirim pesan ke nomor seller tersebut menggunakan nomor whatsapps saya yang lain, dan pesan tersebut berhasil terkirim. Namun seller tidak merespon. Kemudian saya menghubungi CS whatsapps JD.id. Saya jelaskan perihal seller yang tidak sopan memblokir nomor saya dan perihal seller yang menyuruh saya isi link konfirmasi pesanan. Info dari CS akan dilakukan pengecekan dengan estimasi 2×24 jam. Dan CS juga menginformasikan bahwa pesanan saya dalam pengemasan, serta CS menginformasikan bahwa tidak ada link konfirmasi pesanan, sementara saya sudah terlanjur mengisi link tersebut.

Sampai tanggal 06 tidak ada info apapun dari JD.id, status pesanan saya pun masih dalam proses menunggu pengiriman. Kemudian saya chat lagi ke no whatsapps seller dan seller merespon dengan info pesanan masih diproses. Setelah itu seller langsung memblokir nomor whatsapps saya lagi, 2 nomor whatsapps saya diblokir seller.

Saya pun menghubungi kembali ke CS whatsapps JD.id dan lagi lagi saya disuruh menunggu 2×24 jam. Karena saya merasakan keanehan seller maka saya hard complaint ke pihak JD.id untuk segera mengirim pesanan saya. Namun bukannya dikirim tetapi pesanan saya dibatalkan sepihak oleh JD.id. Saya pun makin komplain karena saya sudah lama menunggu kenapa pesanan saya dibatalkan dan tidak ada permintaan maaf dari seller karena sudah tidak sopan memblokir nomor saya.

Saya terkejut karena info dari CS bahwa seller tersebut fraud dan dalam proses pengecekan. Saya semakin hard complaint karena dari team terkait JD.id tidak menghubungi saya memberikan penjelasan yang sebenarnya terjadi. Lagi-lagi saya yang harus menghubungi kembali ke layanan whatsapps JD.id, saya semakin komplain karena saya sudah rugi waktu, rugi materil dan rugi non materil.

Saya rugi waktu karena saya sudah menunggu pesanan saya, tapi malah dibatalkan sepihak oleh JD.id. Saya rugi materil karena untuk harga laptop tersebut sudah naik. Saya rugi non materil karena seller tidak sopan memblokir nomor saya dan CS whatsapps JD.id mengakhiri chat saya ketika saya belum selesai komplain.

Saya menuntut JD.id untuk mengirim produk sesuai dengan yang saya pesan apapun caranya dan menuntut permintaan maaf dari seller. Sampai saya tidak mendapatkan itikad baik dari JD.id maupun seller saya akan datang langsung ke kantor JD.id.

Mohamad Santoso
Bogor, Jawa Barat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai JD.ID:
[Total:14    Rata-Rata: 2.9/5]
Tanggapan JD.ID atas Surat Pembaca Mohamad Santoso

Menanggapi surat keluhan yang ditujukan kepada kami oleh konsumen atas nama Mohamad Santoso pada hari Kamis, 8 Oktober 2020 lalu...
Baca Selengkapnya

Loading...

37 komentar untuk “Penipuan dengan Modus Phishing oleh Seller di JD.ID

  • 8 Oktober 2020 - (11:36 WIB)
    Permalink

    Jangan berharap permintaan maaf dari seller tsb gan, udah jelas2 dia penipu yg mencoba membobol akun agan dengan modus phishing. Untung aja agan gak sempet ngasih OTP-nya ke dia, jadi dana agan masih selamat. Btw coba posting link yg dia kasih di sini biar yg lain waspada.

    Tindakan JD.ID udah tepat dengan membatalkan pesanan agan. Tinggal pastikan dana agan dibalikin penuh sama JD.ID.

    • 9 Oktober 2020 - (13:59 WIB)
      Permalink

      Menurut saya memang yang harus tanggung jawab adalah JD.id karena JD.id sebagai wadah dari seller tersebut yang seharusnya JD.id bisa memfilter seller2 yg penipu, agan ga salah gan klo menuntut seperti itu karena sebagai customer wajar kalau mencari harga promo atau murah, setiap customer mencari atau membeli produk di online shop itu di samping hemat waktu juga hemat biaya karena online shop lebih murah dari toko offline, sebagai customer juga saya merasakan yg agan rasakan karena sudah senang dapat harga promo apalagi sudah di bayar tapi malah dana dikembalikan, memangnya belanja online mau transfer2an dana kan engga, sebagai customer yg kita butuhkan adalah barang yg kita beli, seharusnya JD.id bisa memberikan solusi dengan melakukan order ulang produk yang sejenis, apabila harga naik seharusnya JD.id lah yang menanggung, hal kayak gini lumrah klo agan semakin hard komplain ketika CS yg seharusnya membantu dengan baik tapi malah mengakhiri chat gtu aja, apalagi klo team terkait JD tidak ada yg konfirmasi dan meminta maaf, saya jadi kawatir klo belanja di JD.id kok bisa perusahaan sebesar JD sampai ada seller yg penipu. abaikan netizen yg omongannya tidak sopan gan karena biasanya omongan itu mencerminkan perilaku.

      3
      6
      • 14 Oktober 2020 - (21:21 WIB)
        Permalink

        Terima kasih Mas, alhamdulilah dana saya tidak sempat hilang, cuma kecewa saja krna saya sudah lebih dari 3 tahun jadi customer JD.id tidak pernah ada penipuan seperti ini, saya percaya aja dengan JD karena sebelum2nya setiap saya pesan elektronik selalu memuaskan, dari saya tidak pernah ada itikad untuk mencari keuntungan, sebagai customer saya butuhnya ya barang yg sy pesan.

        • 14 Oktober 2020 - (21:42 WIB)
          Permalink

          Anda harusnya bersyukur di batalin .. krn tidak jd korban penipuan .. yg lain sdh bnyk korban pishing..

    • 20 Oktober 2020 - (22:33 WIB)
      Permalink

      mang gak boleh beli yg harga murah?
      mang kalau mau nipu boleh?
      mang anda tanggung jawab barang mahal pasti bagus dan sesuai?
      jawaban terbodoh
      suka2 orang mau beli dimana, intinya penipu ya penipu

  • 8 Oktober 2020 - (13:18 WIB)
    Permalink

    Banyak2in bersyukur gan uang agan masih aman. Tapi lucu juga ya agan kan dah dapet info dari CS bahwa seller tersebut fraud, tapi kenapa masih ngeyel nuntut JD.ID buat ngirim pesanan agan

  • 8 Oktober 2020 - (13:47 WIB)
    Permalink

    dilihat lah, emang laptop asus yang tipe itu seharga segitu? yakin?

    rasanya kamu cari-cari aja deh emang untuk mendapatkan suatu keuntungan

    4
    1
  • 8 Oktober 2020 - (15:01 WIB)
    Permalink

    1.627.000 sudah bisa dapet laptop asus? Too good to be true
    Usahakan belanja di marketplace manapun pilih seller yg official store aja. Asus kan ya ada official storenya di jd.id. dan saya yakin gx ada laptop dengan harga segitu

    4
    1
    • 24 Oktober 2020 - (12:30 WIB)
      Permalink

      Apabila belanja online dalam jumlah besar sebaiknya carilah seller terpercaya atau official store, saya juga sering cari harga murah tapi liat dulu tokonya. Kalau belanja jumlah besar dan kita punya CC lebih aman belanjanya pake CC, karena kalau di cancel dana yg dikembalikan langsung kembali ke limit kartu dan tidak bisa di ambil tunai (transfer)

  • 8 Oktober 2020 - (20:00 WIB)
    Permalink

    Nanggung amat cuma datang ke kantor JD.ID nya gan. Kenapa nggak skalian di demo atau tuntut ke pengadilan, kan agan udah rugi kuota juga buat Whatsapp.

  • 8 Oktober 2020 - (20:06 WIB)
    Permalink

    agan eank cuma hard complaint, lha saya jadi ngakak so hard baca curcol agan. lagian bukannya bersyukur dan makasih duitnya udah diselamatin JD.id malah ngebacot wkwkwkwkwkwk

    3
    1
  • 9 Oktober 2020 - (06:24 WIB)
    Permalink

    pembeli pikir lagi ada flash sale mungkin dari jd langsung. padahal jd sekarang2 sudah disusupin sama seller abal2, mungkin kedepan jd mesti rutin cek seller yang mencurigakan. perketat aj pendaftaran seller.

  • 9 Oktober 2020 - (08:57 WIB)
    Permalink

    Saya kira duitnya gak balik. Yang penting duitnya gak ilang ya pak. Kerugian imateri biar ntar siapa tau diganti ama yg lain.

  • 9 Oktober 2020 - (13:20 WIB)
    Permalink

    Beberapa Netizen pasti ketawa lihat postingan anda ini. Sudah jelas-jelas seller fraud alias penipu. Mestinya anda bersyukur tidak jadi ketipu, malah masih maksa minta dikirimkan pesanannya. Seharusnya anda berterimakasih pada JD.id, karena cepat menanggapi keluhan anda. Andai pesanan anda tidak segera dibatalkan, maka anda akan kehilahan uang anda. Lain kali hati-hati kalau berbelanja online. Jangan tergiur dg harga yg terlalu murah. JANGAN SEKALI-KALI MEMBERIKAN KODE OTP KEPADA SIAPAPUN. TAK ADA PENJUAL DIMANAPUN YG BUTUH KODE OTP. YG BUTUH KODE OTP HANYALAH PARA PENIPU!!! Dan semoga ini bisa jadi pelajaran buat kita semua.

    2
    2
  • 14 Oktober 2020 - (14:30 WIB)
    Permalink

    Yes, kemarin 13 Oktober 2020 saya juga ketipu gan! Damn it, dana yg masuk di JD Balance secepat kilat ludes karna di transfer ke rek seller. Jadi mereka mendesak saya mengkonfimasi pesanan dgn mengklik Link yg dia share (mengunakan aplikasi JOTform untuk men collect data yaitu berupa OTP. Karna OTP saya tidak share, akan tetapi saya input sendiri ). Setelah mendapat OTP kita mereka bobol masuk ke akun kita dan mengubah no telp.

    Saya masih sempat liat dana masuk, dgn cepat saya ingin transfer balik ke rek saya, namun ketika daftar rek, pihak jd.id akan mengirimakan kode verifikasi, ternyata akun saya sudah di ganti no. HP nya. di kirimkan ke no seller/penipu itu.

    Selang 1 menit, tidak ada saldo di akun saya lagi.

    Nama toko di JD.ID ANEKA STORE.
    Disini sya mengalami kerugian Rp 6.150.000

    Saya meminta jd.id untuk non-aktifkan akun saya dan blokir seller. Tapi mereka tidak bisa melakukannya.

    Dan sekarang urusan saya belum kelar dengan JD.ID, terkait laporan saya. Dan juga pihak perbankan maupun pihak kepolisian untuk melaporkan kejadian ni.

    Hati hati guys.

    Pihak Merchan TIDAK PERNAH SECARA LANGSUNG MENGHUBUNGI CUSTOMER VIA TELEPON,SMS MAUPUN WA.

    Jika ada dihubungi seller. Jangan ragu untuk batalkan pemesannan kalian, dan lakukan perubahan password semua aplikasi anda. Dari email, mbanking maupun id di jd.id, shopee, dan semua nya. Untuk menghindari mereka bobol ke aplikasi kita.

    • 14 Oktober 2020 - (21:26 WIB)
      Permalink

      Ganti semua pasword aplikasi di HP ya Mba, kawatir penipunya bisa buka aplikasi yg lain, terus komunikasi dengan JD juga tiap hari supaya dari JD bisa memprioritaskan case nya, kemarin case saya di bantu oleh Mba Ami dan benar2 membantu saya, karena saya kesal dengan CS nya yg selalu mengakhiri chat pdhal saya masih komplain, akhirnya saya langsung telp minta di tangani langsung oleh leader, pada saat itu di bantu oleh leader atas nama Yola, dan leadernya cukup membantu juga.

      • 14 Oktober 2020 - (21:36 WIB)
        Permalink

        Ada /bisa ya chat at telp ke jd.id? Sy cm ada chat dg seller malah minta sy utk angkat telp. Barusan sy email custcare jd.id blm dijwb.

        • 14 Oktober 2020 - (21:58 WIB)
          Permalink

          Di aplikasi JD.id masuk ke menu akun saya, nanti ada pilihan live chat atau whatsapps, pakai yg Whatsapps aja lebih cepat ditangani, klo kurang puas dengan layanan whatsapps nya langsung telp aja no JD ada di aplikasi juga.

      • 14 Oktober 2020 - (23:29 WIB)
        Permalink

        Iya kakk… saya teror terus JD.ID nya.. mksd nya minta mereka take action. Karna pasti akan makan byk korban. Tgl 13 saya kena aja, baru org ke 10 yg like toko nya. Hari ini sudah 15. Berarti ada 5 akun yg sudah dia ambil alih lagi…

        Kemarin saya minta di non aktifkan akun saya, mereka blg gak bisa.. sama minta mereka blok seller nya. Blg nya gk bisa juga. sy teror terus, by email/telepon.

        Alhasil siang td. Akun sy kyknya ntah kah sudah di non aktifkan. Atau penipu logout dri aplikasi ku. Jd ak gk bisa pantau penipu nya.

        Dan malam ini, iseng liat toko aneka store yg nipu aku.. udah gk bisa di searching. Ada sih toko nya, tpi produknya uda gak ada. Mungkin sudah di blok.

  • 14 Oktober 2020 - (20:39 WIB)
    Permalink

    Sy br pertama kali 14 okt 2020 sore td, blj di jd.id . Pastinya nyari discount yg paling besar dong. Krn mmg lg butuh dan tergiur dg discount besar sy beli bbrp elektonik. Stlh pembayaran tiba2 ada org ktnya seller dj id maksa2 minta kode verivikasis. Kl gk mau ngasih ktnya brg gk akan dikirim dan dana akan dipending. Smp sy tulis ini msh telp2 sy gk angkat. Apkh mgk ini penipu jg? Proses pengembalian dana dr dj.id susah gk ya?

    • 14 Oktober 2020 - (23:24 WIB)
      Permalink

      Penipuan itu kakk… sekarang sudah marak penipuan begitu.. jd.id sudah menghimbau, bawah JD.Id tidak pernah menghubungi customer secara langsung via telp, sms maupun WA. Dia ngakunya seller. Minta verifikasi. Jangan mau.. pas kmu klik isi kode OTP. Itu kamu kasi dia lewat buat masuk ke akun mu. Dan ganti no hp akun mu. Itu yg terjadi di saya kmrn. Haduhhh….. batalkan pembeliann… cepatt

    • 15 Oktober 2020 - (12:33 WIB)
      Permalink

      Itu penipu. Sebenarnya kalau setiap transaksi harus ada konfirmasi macam macam lagi, ya kerajinan amat Jd. Id nya

  • 14 Oktober 2020 - (23:43 WIB)
    Permalink

    Iya ka. Ini sy lg chat sm cust care jd id. Mrk td smp sumpah2 kl dia nipu nanti celaka n mati di jln
    Hadeeuuh…

  • 15 Oktober 2020 - (06:23 WIB)
    Permalink

    Alhamdulillah…. akhirnya semalam pesanan sy batalkan. Dan pg ini uang sdh kembali masuk ke rek sy. Trmksh smua atas sharingnya. Yg udh tlanjur kena tipu mudah2an segera dpt ganti rezeki yg lbh baik.

  • 15 Oktober 2020 - (10:21 WIB)
    Permalink

    Syukurlah, masih aman.. jangan mau kalo di hubungi pembeli melalui WA. Terus ada kirim link gk jelas dan minta isi kode OTP. Desak2 kita suruh verifikasi. Gak ada istilah begitu kalo di jd.id. saya juga pelanggan setia JD.ID sejak jd.id hadir di Indonesia. Dan sangat mempercayai marketplace ini tidak akan ada penipuan. Kyk disambar petir disiang hari. Tgl 13 kmrn saldo saya habis di kuras penipu dalam hitungan menit.

  • 25 Oktober 2020 - (00:19 WIB)
    Permalink

    saya juga hampir kena tipu belanja di jd id. setelah melakukan pembayaran, besoknya seller telp dan wa saya untuk login di link yg mereka kirim. link: http://cekpesanan-jdid.000webhostapp.com tp saya tau ini pasti gak bener… kemudian saya chat dengan cs jd id melaporkan hal tsb, dan saya langsung membatalkan pesanan saya. Alhamdulillah uang saya bisa kembali.
    masalahnya: saya sudah laporkan seller tsb (An. GUNAWAN_OLSHOP) dan dibilang akan ditindaklanjuti. tp sampai saat ini, seller tsb masih ada. TIDAK ADA TINDAKAN APA2 dari jd id thd seller tsb. langsung AUTO uninstall saya, say goodbye sama jd.id
    ini link nya: https://www.jd.id/product/realme-5-pro-4-128gb-crystal-green-garansi-resmi_618789624/618790329.html?from=product-recommend-search

  • 25 Oktober 2020 - (09:57 WIB)
    Permalink

    Sy pesan ke jd.id pesanan hp oppo reno 4 f….ee tanggal 25 oktober 2020 ditelpon whats app oleh pihak yanh mengaku dari jd.id. Mengaku H.Yuliyanto…meminta kode verifikasi pesanan barang…telpon berkali kali…hingga tidak sy angkat telponnya…+62 831-3054-3195..ini nomer WA…dia menyuruh sy untuk buka link seperti di bawah ini:
    Untuk proses komfirmasi pesanan anda di JD ID. silahkan klik link dibawa ini dan ikuti petunjuk selanjutnya

    https://bit.ly/Verifikasihargapromo

    Akan tetapi sy tidak isi…krn setiap sy belanja di jd.id sy tidak pernah disuruh untuk sellernya membagikan kode otp atau kode verifikasi pesanan..mohon sarannya bapak ibu karyawan jd.id

    • 25 Oktober 2020 - (11:21 WIB)
      Permalink

      Sudah bener apa yang Anda lakukan. Biarin aja.
      & lebih baik segera batalkan saja pesanan Anda, karena besar kemungkinan penjualnya cuma sekedar cari mangsa & bukan bener2 jualan reno tersebut.

      Marketplace2 ini kalau *demi dirinya sendiri* pake gaya2 auto2 blokir, auto2 menuduh pelanggaran, auto2 mengambil duit/saldo, tapi begitu konsumen yang lapor (disertai bukti2) geraknya lelet sekali.
      Terlihat nyata & jelas apa yang jadi prioritas di pikiran mereka, & apa yang bukan prioritas.

  • 8 November 2020 - (12:10 WIB)
    Permalink

    Saya tgl 1 november kena tipu juga..kira” apakah setelah buat laporan polisi apakah benar” di proses dan uang bisa kembali??

 Apa Komentar Anda mengenai JD.ID?

Ada 37 komentar sampai saat ini..

Penipuan dengan Modus Phishing oleh Seller di JD.ID

oleh malik dibaca dalam: 2 min
37