Keluhan atas Pelayanan dan Kebijakan Traveloka yang Sangat Merugikan Konsumen

Dengan hormat.

Nama saya Kristianto Silalahi, ingin menyampaikan beberapa keluhan tentang pelayanan dan kebijakan Traveloka maupun pihak maskapai yang saya anggap sangat merugikan saya.

Pada 15 Agustus 2020 saya memesan tiket penerbangan di Traveloka dengan rute Makassar-Wamena, dan sudah diberikan e-ticket pesawat Citilink Makassar-Jayapura (kode booking UEY3VW) dan pesawat Wings Air Jayapura-Wamena (kode booking FNOXHC). Kemudian pada tanggal 26 Agustus 2020, saya menerima pesan SMS dari pihak Citilink bahwa penerbangan saya dibatalkan sepihak oleh pihak maskapai.

Lalu saya mencoba menghubungi pihak Traveloka dan mencoba mengajukan pindah maskapai dengan penerbangan di tanggal yang sama. Pihak Traveloka pun menyetujui dengan memberikan tiket baru yaitu penerbangan dengan Maskapai Sriwijaya rute Makassar-Jayapura dan masih dengan penerbangan yang sama untuk rute Jayapura-Wamena, yaitu Maskapai Wings Air.

Lalu saya menerima pesan lagi dari pihak Maskapai Lion Air/Wings Air bahwa penerbangan saya dari Jayapura-Wamena ada perubahan jadwal, yang semula di tanggal 2 September 2020 menjadi tanggal 3 September 2020. Saya pun tetap menyetujui perubahan sepihak itu. Kemudian pada tanggal 30 September 2020 saya menerima pesan SMS lagi dari pihak Maskapai Sriwijaya bahwa penerbangan saya rute Makassar-Jayapura DIUBAH LAGI, dari pukul 02.30 menjadi 04.50. Saya pun tetap menyetujui.

Lalu pada tanggal 01 September 2020 (TEPAT SEHARI SEBELUM SAYA BERANGKAT), saya menerima pesan SMS lagi dari pihak Maskapai Sriwijaya Air bahwa penerbangan saya rute Makassar-Jayapura (via Timika) SJ588/02-Sep-20 mengalami pembatalan pada sektor Timika-Jayapura. Juga tidak ada konfirmasi dari pihak manapun baik dari Traveloka maupun maskapai mengenai pembatalan penerbangan pada sektor Timika-Jayapura ini, yang hanya tinggal SATU HARI LAGI sebelum keberangkatan. Seolah lepas tanggung jawab.

Saya memutuskan untuk batal berangkat karena semua rencana perjalanan saya rusak dan tiket saya HANGUS. Untuk penerbangan Jayapura-Wamena menggunakan pesawat Wings Air Masih bisa saya refund pada tanggal 26 Agustus 2020, yang pengembaliannya hanya sebesar 189 ribu rupiah saja. ITU PUN SAMPAI SAAT INI TANGGAL 6 NOVEMBER 2020, DANA PENGEMBALIAN REFUND-NYA TAK KUNJUNG DITRANSFER KE REKENING SAYA (sudah 2 bulan lebih).

Tidak ada pertanggungjawaban dari pihak manapun. Saya merasa sangat dirugikan oleh Traveloka selaku pihak penyedia jasa tiket dari maskapai. Saya akan mengajukan jalur hukum dan merasa sangat dirugikan oleh pihak Traveloka yang tidak bertanggung jawab kepada konsumennya. Saya sangat merasa kecewa. Saya menunggu itikad baik dari pihak Traveloka untuk solusi dari semua masalah ini.

Kristianto Silalahi
Kab. Jayawijaya, Papua

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai Traveloka:
[Total:13    Rata-Rata: 2.2/5]
Tanggapan Traveloka untuk Bapak Kristianto Silalahi

Kepada Yth., Bapak Kristianto Silalahi, Terima kasih telah menjadi pengguna setia Traveloka. Menanggapi surat terbuka yang Bapak Kristianto tujukan kepada...
Baca Selengkapnya

Loading...

 Apa Komentar Anda mengenai Traveloka?

Belum ada komentar.. Jadilah yang pertama!

Keluhan atas Pelayanan dan Kebijakan Traveloka yang Sangat Merugikan K…

oleh Kristianto Silalahi dibaca dalam: 1 min
0