Kecewa dengan Layanan Purna Jual atas Produk TV Samsung UA50TU8500KXXD

Pada tanggal 17 Desember 2020 saya membeli produk TV Samsung UA50TU8500KXXD pada salah satu Official Store di E-Commerce. Setelah produk datang dan kami pergunakan, produk beroperasi dengan baik tanpa masalah.

Pada tanggal 26 Desember 2020 saya melihat ada banyak serangga semut yang menyelinap masuk di balik layar tv dan berjalan di pinggir dalam layar TV, akhirnya saya melaporkan gangguan ini melalui live chat di website Samsung dengan nomor transaksi 4316927615. Laporan saya ditanggapi dengan baik namun dari CS belum dapat memastikan apakah dapat dilakukan klaim garansi dikarenakan diperlukan pemeriksaan oleh teknisi.

Pada tanggal 27 Desember 2020 saya melihat kumpulan serangga semut tersebut telah keluar dari tv, namun meninggalkan beberapa titik kecil seperti bekas jejak semut  di beberapa bagian pinggir televisi dan ada 1 ekor semut yang mati yang menempel di tengah layar.

semut mati
semut mati dibalik layar

Pada tanggal 29 Desember 2020 pihak Samsung Service Centre menelepon saya, namun saya tidak dapat mengangkat telepon tersebut dikarenakan sedang di kamar mandi sehingga laporan saya ditutup oleh pihak Samsung karena saya tidak dapat dihubungi.

Akhirnya pada tanggal 31 Desember 2020 saya kembali membuat laporan ulang melalui Whatsapp CS Samsung dan ditangani dengan baik serta mendapat nomor laporan transaksi 4317168030.

Pada tanggal 5 Januari 2021 pihak Samsung Service Center menghubungi saya dan memberitahukan bahwa masalah tersebut sudah sering terjadi namun tidak dapat dilakukan klaim garansi atas kendala tersebut. Pihak Service Samsung menawarkan biaya penggantian panel seharga Rp 2,7 juta atau hampir setara 38% dari harga pembelian unit televisi. Sebenarnya dalam kendala tersebut unit televisi beroperasi dengan baik namun terdapat tampilan estetika yang kurang begitu bagus ketika melihat televisi dari dekat.

Saya sebagai customer akhirnya untuk sementara menunda perbaikan tersebut. Dalam hal ini saya berharap pihak Samsung untuk kedepannya dapat mengedukasi Customer mengenai hal apa saja yang dapat diklaim oleh garansi dengan bahasa yang lebih detail dalam buku garansi, karena dalam ketentuan jaminan tidak dijelaskan secara detail bahwa garansi tidak berlaku atas kelalaian akibat gangguan serangga.  Di mana masuknya serangga ke dalam produk elektronik juga diluar kuasa kita sebagai manusia, karena dalam hal ini saya tidak meletakkan barang/benda apapun yang memancing semut tersebut untuk datang dan menurut konfirmasi dari pihak Service Center bahwa serangga tersebut dapat terpancing untuk datang karena kondisi hangat dari unit televisi.

Saya secara pribadi dalam pemakaian unit ini yang kurang dari 1 bulan ikhlas lahir batin atas kondisi ini, harapan saya agar customer lain mungkin lebih aware bahwa kasus kejadian seperti ini tidak termasuk dalam ketentuan jaminan produk tv Samsung.

Demikian disampaikan, terima kasih, salam hormat.

Arif Prasetyo Nugroho
Tangsel

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian Anda!
[Total:10    Rata-Rata: 3.1/5]

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan
Loading...

Satu komentar untuk “Kecewa dengan Layanan Purna Jual atas Produk TV Samsung UA50TU8500KXXD

  • 12 Januari 2021 - (21:16 WIB)
    Permalink

    Itu semutnya bawaan dr sononya pada saat beli atau itu semut murni dr rumah anda? Semut nakal itu

 Apa Komentar Anda?

Ada 1 komentar sampai saat ini..

Kecewa dengan Layanan Purna Jual atas Produk TV Samsung UA50TU8500KXXD…

oleh Arif dibaca dalam: 2 min
1