Galbay Pinjol

Saya mau minta masukannya dong, ini baru pertama kali saya galbay (gagal bayar) di pinjol. Bermula dari pinjol Rupiah Merdeka, setelah input data dll saya mendapatkan limit 15 juta dengan tenor 91 hari (tujuan pinjam untuk modal usaha). Mau pinjam ke bank tidak bisa karena beberapa syarat yang tidak bisa saya berikan.

Tergiur dengan limit yang besar dan tenor yang panjang, alhasil saya klik setuju meminjam. Tapi begitu saya klik setuju (Tidak bisa dibatalkan) ternyata pinjaman saya otomatis dibagi ke beberapa Pinjol yang bergabung di Rupiah Merdeka tersebut. Setidaknya ada 20 APK lebih, dan dana yang cair pun tidak sesuai (bayar 4 juta, cair hanya 2.4 juta tenor 7 hari, bayar 1.6 juta cair 1.050.000 tenor 7 hari). Tenor 7 hari tapi di hari ke 5 sudah ditagih. Dari November 2020, baru sekarang Januari 2021 saya galbay karna bunga yang semakin hari semakin mencekik.

Ada 1 APK Smart Credit yang sudah mulai mengancam akan menyebarkan data saya dan akan meminta uang ke keluarga saya untuk membayar hutang saya (keluarga, teman, bahkan suami tidak tahu kalau saya pinjam), tapi anehnya no telepon mereka +91 bukan dari +62.

Minta pencerahannya, apa yang akan terjadi jika saya galbay di pinjol-pinjol ilegal ini.

Neng Rosi Mulyani
Purbalingga

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian Anda!
[Total:21    Rata-Rata: 2.2/5]

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan
Loading...

41 komentar untuk “Galbay Pinjol

  • 30 Januari 2021 - (08:38 WIB)
    Permalink

    Kalau sekali ini…
    Sering baca berita terutama media konsumen mbak
    Ikut bacanya saja dah puyeng
    Gimana menjalani nya nanti
    Stop jangn berhubungan dengn renterin online jika tak ingin hidup Banda berantakan

      • 31 Januari 2021 - (02:37 WIB)
        Permalink

        @Quinny

        PinjoL iLegaL adalah Jebakan Penipuan. Keberadaan mereka memang berniat menipu dengan modus memberi pinjaman.

        100% orang yang terjebak PinjoL iLegaL pasti GaLbay.

        Perlu anda ketahui,

        1. ILegaL adalah Melanggar Hukum.

        Statement Pemerintah, Pinjamlah uang sebanyak banyaknya pada PinjoL iLegaL tapi jangan bayar sepeserpun.

        Arti dari statement itu.

        Bagi PinjoL iLegaL yang masih nekat beroperasi, maka terima saja Resiko Bangkrut karena tidak ada nasabah yang mau bayar sepeserpun.

        Bagi nasabah yang masih nekat meminjam di PinjoL iLegaL, maka rasakan saja susahnya membayar hutang, rasakan saja hutang berlipat yang tak ada habisnya.

        Dari situ, Jelas,

        Jika sudah terjadi seperti kasus anda ini, artinya PinjoL iLegaL telah melanggar Hukum dan nasabah juga sudah melanggar Hukum. Kalian berdua sama sama melanggar Hukum.

        2. Jika salah satu diantara kalian Melapor pihak berwajib tentang Hutang itu, maka laporan kalian tidak diterima.

        DC yang melapor karena Nasabah Lari dari hutang, laporannya jelas tidak diterima dan malah pihak berwajib akan menyalahkan DC. Kenapa iLegaL masih beroperasi.?

        Nasabah yang melapor tentang Teror dan Ancaman DC PinjoL iLegaL, laporannya juga tidak diterima, malah pihak berwajib juga menyalahkan nasabah, sudah tahu iLegaL kenapa pinjam.?

        3. Pihak berwajib hanya akan menanggapi jika salah satu diantara kalian melakukan tindak kekerasan yang sudah keluar jalur dari penagihan hutang. Seperti baku hantam dan kekerasan fisik lainnya.

        PinjoL iLegaL berisi para Penipu. Penipu berniat membodohi anda. Memeras kantong anda. Jangan biarkan itu terjadi. Anda harus lebih cerdas dari penipu.

        Langkah Langkah yang Perlu anda lakukan:
        1. Hitung semua dana yang sudah anda terima dari PinjoL iLegaL itu. Misalkan 6 Juta.

        2. Hitung semua dana yang sudah anda bayarkan. Misalkan 4 Juta.

        3. Maka sisa Hutang anda hanya 2 Juta Lagi.

        4. Jangan lanjutkan membayar lewat Aplikasi. Aplikasi PinjoL iLegal sudah mereka seting sehingga jumlah hutang anda tidak akan ada habisnya. Mereka seting itu demi memeras anda. Maka Acuhkan saja Aplikasi.

        5. Tunggu saja sampai banyak DC yang meneror anda. Anda harus menawarkan mereka agar datang langsung kerumah anda.

        Bilang pada DC, jika mau uangnya, datang langsung kerumah. Tapi sebelum itu catat nama nama DC yang pernah menghubungi anda. Dan bicarakan pada mereka semua bahwa anda akan melunasi hutang pada salah satu diantara mereka. Misalkan nama DC itu, ALeX. Bicarakan pada semua DC bahwa anda akan membayar hutang anda pada ALex.

        Misalkan DC AleX bertanya, memang ibu mau bayar Lunas Berapa.?

        Jangan jawab pertanyaan itu, bilang saja uangnya ada dirumah.

        6. Ketika DC ALeX datang. Kumpulkan banyak orang disekeliling anda/keluarga dan teman anda, siapkan alat untuk mendokumentasikan aktifitas pembayaran hutang anda itu. Membayar 2 Juta (sisa hutang anda). Foto dan Videokan aktifitas itu, fokuskan pada wajah DC ALex. Dan minta Fotokopi KTP ALex itu.

        Pasti DC ALex tidak terima dengan itu. Paksa dia untuk menerimanya dan paksa dia untuk menandatangani Surat Lunas yang anda ketik sendiri. Diatas Materai.

        Simpan bukti bukti itu dengan aman. Selama lamanya.

        7. Keesokan harinya, pasti DC tetap akan meneror anda. Dan tetap akan mempermalukan anda dengan kontak kontak di hp anda. Itu memang tidak bisa diubah dan tidak bisa dihindari. Itu sudah resiko anda yang sudah tertipu oleh PinjoL iLegaL. Data anda sudah ditangan mereka, tak bisa diselamatkan lagi.

        8. Jelaskan pada DC yang meneror anda bahwa anda sudah mengembalikan hutang yang sudah anda terima. Kirimkan foto/screenshot perhitungan uang yang sudah anda setor pada aplikasi, dan berikan foto/screenshot bukti setor terakhir sisa hutang yang sudah anda bayarkan pada DC ALeX itu.

        9. Anda sudah aman dimata Hukum karena anda sudah tidak ada lagi kewajiban terutang dengan PinjoL iLegaL itu.

        Dan anda juga sudah memperhatikan hukum hutang piutang dalam Agama. Sudah mengembalikan Hutang.

        Untuk bunga memang tidak wajib anda bayar karena PinjoL iLegaL perhitungan bunga atas dasar tipu tipu. Sama sekali tidak mengacu pada perhitungan bunga pada sistem Perbankan.

        Jika DC tetap berbuat semena mena. Berikan Ancaman bahwa anda akan melapor pada pihak berwajib.

        10. Itu hanya sedikit langkah yang kemungkinan bisa anda lakukan. Mungkin anda punya cara lain yang lebih bagus.

        Intinya jangan membayar Lewat Aplikasi. Aplikasi PinjoL iLegaL hanya diseting untuk memeras anda.

        20
        • 31 Januari 2021 - (03:08 WIB)
          Permalink

          Lanjutan……

          Jika tidak ada satupun DC yang mau menerima uang dari Anda. Atau sudah berkali kali anda menawarkan cara Pelunasan yang seperti itu. Tapi DC tetap tidak mau.

          Tetap simpan uang 2 Juta itu. Jadikan senjata untuk menjawab teror mereka.

          Bilang, Kalau tidak mau yasudah, tidak akan saya bayar.!!!!

          Tapi, dalam hati anda harus selalu niatkan untuk membayarnya.

          Begitulah cara menghadapi Penipu. Penipu sangat Licik. Anda pun harus lebih Licik. Licik dengan niat menghindari kezaliman.

          Ingat..!!!!
          Dipermalukan dan di Teror DC sudah menjadi Resiko anda karena Data Pribadi anda sudah ditangan mereka.

          PinjoL iLegaL tidak akan pernah puas dengan Jumlah Pembayaran yang akan anda berikan, mereka takkan pernah merasa kenyang memeras anda. Malah semakin menikmati.

          Jadi, anda harus membayar dengan cara anda sendiri.

          Banyak Nasabah yang tidak mau membayar sepeserpun karena memang statement Pemerintah menganjurkan seperti itu. Tapi Hutang tetaplah Hutang. Wajib dikembalikan. Utamakan menghindari Dosa.

        • 31 Januari 2021 - (16:24 WIB)
          Permalink

          pengalaman yg sama terjerat di Rupiah Merdeka.Puji Syukur tepat 2hari kemarin masalah selesai.itu pinjaman benar2 parah tempo 7hari tetapi hari ke 5 sudah meminta dengan ancaman.pinjam 2juta terima cuma 1,3.gilaa banget jangan sampai pinjam lagi.buat yang lg butuh uang diusahakan jangan pinjol.cukupp saya yg merasakan resahnya pinjol.

          • 1 Februari 2021 - (05:19 WIB)
            Permalink

            bisa selesainya bagaimana kak? dilunasi semuanya atau bagaimana? sy sudah mencoba negosiasi dng mereka tp ttp mereka tdk mau.

          • 1 Februari 2021 - (22:12 WIB)
            Permalink

            iya kak saya melunasi tagihan dengan cara cari pinjaman lunak yg bisa dicicil tiap bulan dengan jangka waktu lama.tetapi semampu saya..yg paling penting jujur terhadap suami dan keluarga.setelah itu kita ga merasakan beban sendiri dengan ancaman DC..

        • 31 Januari 2021 - (22:31 WIB)
          Permalink

          Hii ka kita senasib 🙁 gimana saya bisa hubungi kaka secara pribadi supaya kita sharing2 soal pinjol yg mau gagal bayar

      • 31 Januari 2021 - (13:46 WIB)
        Permalink

        Klo galbay di pinjol elagal..yg terjadi adalah,semua kontak di hp anda,tmn kerja,kantor tmpt anda krja akan di hubungi,teror DC bisa stiap saat,jgn hiraukan kata2 DC yg kasar,DC juga bisa buat group wa yg nanti nya isi nya tmn2/saudara yg ada di kontak hp anda..tujuan nya minta sumbangan untuk bayar hutang anda,rubah setelan wa,hanya kontak anda yg bisa mengajak gabung ke group wa,berurusan sama Pinjol ilegal memang bikin sportjantung,klo memang blm bisa bayar,ga usah bayar pinjol ilegal..inti nya siap mental dan malu.

      • 31 Januari 2021 - (20:49 WIB)
        Permalink

        Tenang gan semua ada jalan hanya butuh waktu untuk menikmati kesalahan kita.ucapkan alhamdulilah dengan semua yang diterima,jangan sampai 1masalah melalaikan aktifitas sehari-hari,tetap jalankan kasih sayang keluarga sebagaimana biasanya.untuk urusan hutang jangan pernah dibayar dengan hutang.kecuali memang hutang dari keluarga dan mungkin agan pasti tidak berani jujur,ya sudahlah kalau mau tenang ganti nomer hape tapi jangan dibuang.karna whatsaap harus tetap aktif untuk merespon penagihan agar tidak dibilang maling kita gagal bayar karna sedang tidak ada dan tetap balas respon ingin mencicil tiap bulan.100rb lah 200rb lah semampu agan.yang penting agan ada niat bayar dan agan tidak mengurangi jatah untuk keluarga.dan yang paling penting jangan dibikin pusing karna akan berdampak negatif terus-terusan.allah tidak akan mengabulkan orang yang tidak yakin pada doa-doa yang dipanjatkannya.dan allah tidak akan mengabulkan doa orang-orang yang masih bergantung pada riba.harus optimis untuk berhenti.cukup kali ini.cukup solusi penyelesaian saja bukan menambah beban dengan berhutang lagi.lama-lama bengkak parah

        • 31 Januari 2021 - (20:50 WIB)
          Permalink

          Pasti tidak akan ngasih untuk mencicil namun tetap kita balas itu.karna itu yang kita sanggupi

      • 31 Januari 2021 - (22:34 WIB)
        Permalink

        Hii ka kita senasib 🙁 gimana caranya saya bisa hubungi kaka. Supaya kita bisa sharing2 soal pinjol yg mau gagal bayar

      • 20 Maret 2021 - (10:35 WIB)
        Permalink

        mba kalo pinjem nya di pinjol ilegal gak usah taku , dan gak usah di bayar ..

        mereka gak bakalan berani datang kerumah kok

      • 20 Maret 2021 - (10:37 WIB)
        Permalink

        soalnya saya malah sengaja pinjem ke yang ilegal dan gak pernah saya bayar ..

        buat mereka bangkrut

  • 30 Januari 2021 - (09:01 WIB)
    Permalink

    klo mau hidup anda tenang, ya jual aset.
    selama belum di bayar akan terus di teror

    • 31 Januari 2021 - (10:31 WIB)
      Permalink

      Baik, saya kasih cara yang benar, yaitu
      1. Jangan bayar, kenapa karna saya yakin aplikaai tempat anda meminjam ilegal
      Aplikasi yang kasih anda pinjama dibawah 14 hari (10/7/5) 99% ilegal, anda bisa cek satu per satu, jika di legal anda galbay anda cuma kena perdata, kalo ilegal, malah mereka (pinjol/dc) yang bisa kena pasal pidana/perdata.
      2. Karna mereka ilegal, 99% ngak akan nagih ke rumah, cuma wa aja, kalo pas kena 1% yang nekat, tangkep aja bawa ke polisi
      3. Beri pengertian kepada orang sekitar tentang keadaan anda, ceritakan kalo anda di jebak
      4. Anda boleh lapor polisi, tapi mungkin kurang berpengaruh karna mereka kan ilegal, ngak bakal ketauan kantornya di mana.
      5. Jika anda takut dosa, saya sarankan uang yang anda kumpulkan buat bayar di dermakan saja ke Rumah Ibadah/ panti asuhan, dari pada anda membuat subur pinjaman ilegal

      Itu aja, tks

      12
      1
  • 30 Januari 2021 - (09:25 WIB)
    Permalink

    Wkwkwk ngakak, minjem 4 juta cairnya cuman 2,4 juta dan harus bayar dalam waktu 7 hari.
    Tips aja ni ya, kalo mau minjem online itu pake HP yg gak ada data apa2, terutama kontak, kosongin semua, pake nomor baru, trus pake KTP palsu wkwkwk
    Itu cara ngadepin pinjol yg kyak maling

  • 30 Januari 2021 - (11:27 WIB)
    Permalink

    Jangan galbay total mbak.
    Usahakan bayar meski dengan menjual aset yang tidak seberapa.
    Atau pinjam dari sodara,
    Kalo sodara gak mau minjemin mungkin bisa dengan membawa aset.

    Soalnya siapapun bakal lebih percaya sama orang yang ngejaminin barang2 nya daripada cuma modal “nanti kalo ada uang saya bayar”.

    Dan kalo mbak posisi nya hanya suami yg kerja, suami juga harus dikasih tau.

    Mending sekarang dikasih tau dari mulut mbak sendiri dari pada tau nya nanti dari mulut DC.

    • 30 Januari 2021 - (14:34 WIB)
      Permalink

      Bismillah sy coba bicarakan dng suami, sedikit takut tp semoga dia mengerti wlpn pastinya akan kecewa.

  • 30 Januari 2021 - (13:47 WIB)
    Permalink

    bayar sesuai yang cair saja, biaya admin bunga dll tidak usah dibayar. yang penting anda sudah bayar kewajiban anda sesuai uang yang cair, karena bunganya tidak masuk akal tidak usah dibayar. blokir semua nomor DC, ganti nomer telepon.

  • 30 Januari 2021 - (14:22 WIB)
    Permalink

    Sedikit saran saja, infokan kepada semua kontak yg ada di Hp anda…sebelum mereka menyebar data anda dg segala hal negatifnya…!! Yg kedua Bayar dg jumlah yang anda terima saja…!! Jika ada asset jual aset jika memang tidak ada karena kondisi atau apapun…anda hitung saja berapa uang yg sudah anda bayarkan..di total dulu, kumpulkan buktinya…kurangin dg uang yg anda terima…sisa berapa itu yg anda bayar…karena Bunga yg sangat tidak wajar dan menyalahi aturan..!! Jika sudah clear anda simpan semua bukti transaksi dan percakapan yg ber nada ancaman dll jika anda mau lanjut dg laporan anda…, Kemudian jika anda ingin hidup normal….kembali,, anda ganti kartu, semua akun medsos anda off, dan akun Google Anda ganti…karena Contak kita bisa di pulihkan jika akun google gak ganti,,, kemudian mulailah hidup Baru…dg keberkahan, seadanya, nikmat, tetapi kaya akan syukur. Purbalinggane Endi…bisa Maring ngumah tak ajari carane ngelawan DC,,

    4
    1
  • 30 Januari 2021 - (14:23 WIB)
    Permalink

    Ini termasuk ilegal,mba. Jika memang terpaksa pinjam,lebih baik pinjam ke tempat yang legalitasnya tercatat di OJK dan AFPI. Kalau ilegal memang begitu mba. Saya pengalaman,namun sekarang udah gak urusan lagi. Memang akan disebar data dll. Saran saya kalau mba gak mau “dipermalukan” di medsos online, dibayar saja atau mereka akan semakin parah.Semoga cepat selesai masalahnya mba.

    • 31 Januari 2021 - (10:38 WIB)
      Permalink

      Itu ketauan bohongnya pak, auto gagal, masukkan data 200/300 orang, nomer belakangnya ubah 1/2 angka, masukin aja nomer anda, mereka paling ngubungin ke nomer anda0

  • 30 Januari 2021 - (19:18 WIB)
    Permalink

    Lebih baik Seller menonaktifkan fitur bebas ongkir karena biaya bebas ongkir lebih dibebankan ke seller. Jika paket customer beratnya 1kg dan memilih bebas ongkir,maka biaya pengiriman paket 1kg tersebut ditanggung ke seller. Saya juga mengalami hal sama dan rugi di awal

    1
    3
    • 31 Januari 2021 - (15:02 WIB)
      Permalink

      Ia pak non aktifkan saja fitur bebas ongkir pinjol 😂, anda salah kamar pak dhe 🤦‍♂️

      1
      1
  • 31 Januari 2021 - (13:45 WIB)
    Permalink

    surat dr anda sangat bagus, krana menjelaskan cara kerja pinjol yg “menipu , dengan cara seperti itu …
    awal , limit besar , waktu 91 hari.
    click setuju , ternyata ga sesuai kenyataan ….

    oh, ternyata mereka menipu !

    masalah nya , saya ikut prihatin atas kasus ini … terutama pada anda sebagai korban nya 🙁

    binggung juga, ga bayar ya di tagih, dan bunga makin banyak.
    bayar, enak sekali mereka !

    inailahi

    3
    1
  • 31 Januari 2021 - (19:26 WIB)
    Permalink

    yg mau gabung d grup pinjol bsa add wa aku, d grup ni kita share pengalaman galbay, dll silakan add 0856933881**

  • 2 Februari 2021 - (15:43 WIB)
    Permalink

    Siapkan mental baja mbak, hadapi dgn keberanian tinggi sementara tebalkan muka anda buat mnghadapi celaan org2 klw ada dan jgn lupa berdoa mohon kekuatan pd Sang Pencipta…..sy doakan smoga lekas berlalu

 Apa Komentar Anda?

Ada 41 komentar sampai saat ini..

Galbay Pinjol

oleh Quinny dibaca dalam: 1 min
41