Paket SPX Tidak Ada Kejelasan

Terima kasih kepada Media Konsumen yang telah membantu saya menyampaikan keluhan terhadap pelayanan Customer Service Shopee.

Saya adalah penjual di Shopee nomor pesanan 240331HC1WQVC8 di mana saya mengirimkan paket dengan nomor resi SPXID049634826824 tanggal 01 April 2024. Namun, paket tersebut gagal diantar pada tanggal 05 April 2024 tidak ada alasan yang jelas namun tiba-tiba retur dan tanggal 09 April 2024 pesanan dikembalikan ke agen/pengirim namun hingga saat ini saya tidak mengetahui keberadaan paket saya.

Saya sudah komplain berkali-kali ke Shopee namun laporan ditutup sepihak yang terakhir tanggal 17 April 2024 namun hasilnya juga nihil dengan nomor laporan 1781559757538467876 dijanjikan 4 hari namun laporan hanya dieskalasi saja, tidak terdapat kejelasan.

Tanggal 17 April saya mendatangi agen namun informasi juga nihil tidak ada retur barang. Karena tidak ada kejelasan saya mencoba ke SPX Hub Wates namun juga nihil dilempar ke SPX Hub Kediri namun dari SPX Kediri juga nihil.

Di sini yang sangat disayangkan pihak SPX memanipulasi keterangan di sitem sudah dikebalikan ke penjual padahal saya belum menerima lalu kemana paketan dengan resi SPXID049634826824 yang retur?

Tidak hanya ini saja banyak perilaku dari pihak SPX yang sangat saya kecewakan pertama saya memiliki beberapa akun di Shopee namun hanya untuk akun dengan nomor pesanan 240331HC1WQVC8 yang tidak bisa request pickup padahal user id saya yang lain bisa. Saya mengklarifikasi ke Shopee namun Shopee berdalih tidak mencapai target bulanan guna fitur pickup agar tidak terjadi seperti ini alias barang tidak jelas pengirimannya.

Tidak hanya itu pihak SPX pernah menyampaikan teguran ke saya melalui agen Drop Off SPX Wates agar paket tidak di-pickup di drop point saja. Kenapa tidak konfirmasi ke saya secara langsung secara pihak SPX memiliki nomor saya dan bisa dihubungi.

Padahal belakang tempat usaha saya juga pengguna Shopee penjual namun mereka mendapatkan fasilitas pickup hanya toko-toko saya yang tidak mendapatkan fasilitas pickup dari pihak SPX. Nanti jika ada barang retur selalu tidak ada kejelasan makanya guna fitur pickup sangat membantu sekali untuk membatu memudahkan jika barang belum sampai.

Hal ini sudah saya keluhkan berkali-kali ke Shopee namun Shopee tutup mata. Saya pun kecewa sekali secara SPX adalah milik Shopee kenapa proses investigasinya berbelit-belit.

Saya menonaktifkan jasa kirim SPX saja Shopee justru mengancam menonaktifkan layanan Ongkos Gratis Kirim dengan alasan wajib mengaktifkan J&T dan SPX agar free ongkir dan jasa ekspedisi SPX akan mempermudah Shopee untuk investigasi. Namun yang saya rasakan tidak dipermudah terkesan lama dan berbelit-belit.

Padahal sistem SPX sudah online kan bisa di-track siapa kurir yang mengirimkan diinvestigasi dari situ selesai terakhir di gudang mana atau HUB mana, jadi pelanggan tidak menunggu-nunggu. Ini juga tidak fair menurut saya padahal saya selaku penjual di Shopee Shopee banyak sekali jenis-jenis potongan.

Berikut saya lampirkan contoh kasus.

Namun jika saya ada kendala investigasinya lama sekali. Mohon untuk Shopee agar segera menyelesaikan keluhan saya dan memperbaiki kinerja SPX terutama di SPX Hub Wates agar tidak sering terjadi.

Ida Jayati
Jakarta Selatan

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

3 komentar untuk “Paket SPX Tidak Ada Kejelasan

  • 22 April 2024 - (20:19 WIB)
    Permalink

    Kadang saya baca keluhan disini malah bingung sendiri, jadi ini paket dikirim dr wates, kediri-jatim, tp yg nulis ada di jakarta. Dropshipper mungkin ya.

    • 22 April 2024 - (21:58 WIB)
      Permalink

      syarat kirim surat di MK harus upload foto identitas diri
      mungkin orang jakarta yg berdomisili di kediri jatim

      • 23 April 2024 - (09:04 WIB)
        Permalink

        @putra iya betul pak saya domisili skrng di jakarta ada usaha dikediri jatim. solusinya bgmn ya menangani SPX ?

 Apa Komentar Anda?

Ada 3 komentar sampai saat ini..

Paket SPX Tidak Ada Kejelasan

oleh IDA JAYATI dibaca dalam: 2 menit
3