Respons CS Shopee yang Berbelit-belit, Berujung Menyalahkan Penjual

Saya adalah penjual aktif di Shopee. Saya terima satu pesanan dengan nomor: 2403130T8ETMHP dan paket tersebut sudah kami kirim. Namun entah kenapa paket bisa retur ke kami, sedangkan pembeli melakukan pembayaran via Shopee SPayLater yang tagihan bulanannya sudah pembeli terima.

Karena merasa tagihan sudah diterima dan barang malah retur, pembeli WA ke kami untuk minta bantuan. Sudah kami arahkan ke CS Shopee, karena dari awal kami sudah wanti-wanti jika dikirim manual, takut ke depannya ada penyesuaian di dana penjual kami. Ini chat antara saya dan pembeli:

Karena CS Shopee berada di pihak pembeli (menyarankan refund manual), kemudian saya konfirmasi lagi ke CS Shopee di akun saya selaku penjual. Namun jawabannya sama, refund manual/bisa kirim ulang barang di luar Shopee. Saya sudah tekankan, apakah nantinya tidak ada penyesuaian jika begini? Jawaban CS Shopee, seharusnya tidak. Berikut ini bukti chat saya dengan CS Shopee tentang konfirmasi terkait pesanan tersebut.

Atas konfirmasi CS Shopee, paket kami kirim ulang manual via J&T dengan nomor resi: JD0384394302. Akan tetapi pada tanggal 18 April 2024, malah ada penyesuaian dana atas barang hilang. Setelah saya komplain panjang lebar ke CS Shopee, malah saya yang disalahkan oleh CS Shopee atas nama Harry (nomor laporan: 1781271007449423912). Malah jadi saya yang disuruh menagih manual ke pembeli, karena saya kirim manual di luar prosedur Shopee. Padahal saya sudah bertanya memastikan dulu sebelum kirim barang, apa tidak ada penyesuaian nantinya. Jawabannya malah jadi gak sopan, CS gak mencerminkan prosedur kerja seorang CS.

Sebenarnya bagaimana prosedur komplain di Shopee? Kenapa antara CS Shopee yang satu dan lainnya memberikan solusi yang tidak sama dan terkesan bertele-tele? Saat seller sudah mengikuti saran CS, kok malah jadi disalahkan gak mengikuti prosedur Shopee?

Terus bagaimana nasib dana penjualan saya yang sudah terpotong? Saya selaku penjual sudah konfirmasi juga ke pembeli, limitnya belum ada penyesuaian atas pesanan tersebut.

Ratih Destri Yani
Surabaya, Jawa Timur

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

4 komentar untuk “Respons CS Shopee yang Berbelit-belit, Berujung Menyalahkan Penjual

  • 22 April 2024 - (18:14 WIB)
    Permalink

    Alasan returnya karena apa kak ? Lalu jika memang retur seharusnya tidak ada tagihan yg masuk ke akun pembeli. Kesalahan awal pembeli sudah klik pesanan diterima terlebih dahulu padahal barang masih dlm proses pengiriman. Seharusnya setelah dia merasa klik pesanan diterima harus segera follow up paketnya dimana ? Agar tidak terjadi miss komunikasi seperti ini. Apa sudah dicek alamat lengkap dan no telp pembeli untuk memastikan alamat/no telpnya fiktif atau tidak ?

  • 22 April 2024 - (22:15 WIB)
    Permalink

    Disini seperti nya memang anda yg salah, krn terlalu baik kepada pembeli.
    Sudah Brang nya di retur, mau pula repot2 mengurusi tagihan paylater pembeli.

    Sudah resiko pembeli untuk membayar tagihannya terlebih dahulu krn data tagihan udah masuk. Pembeli memang diharuskan bayar dulu tapi nanti juga akan dikembalikan belakangan limitnya sama seperti ketika melakukan pembayaran dengan mengunakan kartu kredit.

    Hrsnya ketika pembeli selesai mengembalikan barang kepada anda. Kewajiban anda cm 1. Mengecek barang yg dibalikin bagus atau tidak.

    Tetapi krn anda terlalu baik. Anda sampai peduli pada tagihan paylater si pembeli. Sekarang moga2 aja pembeli akan menghargai kebaikan anda dengan membayar barang anda saat dana paylaternya dikembalikan

  • 23 April 2024 - (08:18 WIB)
    Permalink

    Semoga kebaikan anda berbuah manis!
    NB: Apapun kasusnya dan bagaimanapun permasalahannya, Shopee tetap diuntungkan. Dan yg dirugikan pasti pembeli/penjual.

  • 25 April 2024 - (07:49 WIB)
    Permalink

    Halo terimakasih banyak atas responnya untuk masalah ini sudah clear ya, semoga bisa menjadi pelajaran untuk kami sebagai penjual dan tim cs shopee juga,

 Apa Komentar Anda mengenai Pusat Resolusi Shopee?

Ada 4 komentar sampai saat ini..

Respons CS Shopee yang Berbelit-belit, Berujung Menyalahkan Penjual

oleh Ratih dibaca dalam: 1 menit
4