Terjadi Lagi Pembatalan Sepihak Flash Sale yang Dilakukan Akulaku

Hebat ya, perusahaan sekelas Akulaku bisa mempermainkan event Flash Sale di bulan Ramadhan yang suci dan berkah ini.

Ini terjadi ke 2 kalinya saya mengalami penipuan seperti ini dari pihak Akulaku. Kejadian pertama sudah saya tulis di Media Konsumen dengan link: https://mediakonsumen.com/2021/02/04/surat-pembaca/wow-dapat-super-flash-sale-akulaku-malah-ditipu

Pada kejadian pertama pihak Akulaku memberi tanggapan:

“Pembelian produk yang dilakukan oleh Bapak Septian merupakan event promo ‘flash sale’, sehingga untuk kuota produk terbatas dan jika kuota pemesanan sudah habis maka produk yang sudah terpesan akan terbatalkan secara otomatis”

Dari tanggapan tersebut dapat dinyatakan karena saya kalah cepat dengan pengguna lainnya karena stoknya terbatas, sehingga saya tidak dapat barang tersebut.

Yang benar aja nih masa tanggapan dari pihak Akulaku seperti itu? Itu mah bukan tanggapan tapi hal tersebut namanya alasan agar barang tidak dikirim dan hal tersebut dikategorikan penipuan!!!

Kenapa saya bisa bilang penipuan? Karena pada aplikasi Akulaku apabila stok barang Flash Sale sudah habis, pasti barang tersebut kembali ke harga normal dan gambar produk di event tersebut nantinya akan “SOLD OUT” dan tidak dapat dipesan dengan harga Flash Sale melainkan dapat dipesan dengan harga normal.

Dan untuk terbatalkan secara otomatis, ini juga saya katakan penipuan. Karena yang namanya batal otomatis itu apabila setelah pesan barang pasti langsung otomatis batal pada saat itu juga. Tapi ini batal pada keesokan harinya, seolah-olah dibatalkan secara manual dan ada permainan di dalamnya.

Dan wooww, hal tersebut terjadi lagi dan kali ini masih terjadi seperti kejadian pertama dan seperti ini kronologinya:

Pada tanggal 13 April 2021 pihak Akulaku mengadakan event Flash Sale yaitu “Super Flash Sale Ramadhan” pada aplikasi Akulaku. Pada event tersebut diadakan Super Flash Sale dengan harga barang Rp7.000,- yang diisi dengan 3 barang. Barang pertama pada pukul 13:00 (kasur), barang kedua pada pukul 19:00 (TV), dan yang terakhir pada pukul 20:00 (setrika). Barang tersebut dijual dengan sistem flash sale, siapa cepat dia dapat dan apabila barang dengan harga flash sale tersebut habis nantinya barang tersebut akan kembali ke harga normal.

Karena saya selalu mengikuti program flash sale yang diadakan pihak Akulaku, tentu saja saya mengikuti program tersebut yang diadakan pada tanggal 13 April 2021. Dengan berharap mendapat barang yang diinginkan, dan ternyata pada flash sale barang kedua di jam 19:00 (TV) saya mendapatkan barang flash sale tersebut dengan harga 7 ribu rupiah.

Tapi apa yang saya dapat??? Yang saya dapatkan yaitu barang flash sale yang sudah susah payah didapat malah –DIBATALKAN–

Saya sangat kecewa sekali, karena sudah berusaha mendapatkan barang tersebut malah DIBATALKAN sepihak pada keesokan harinya yaitu pada tanggal 14 April 2021 pukul 10:59. Padahal status sudah Menunggu Pengiriman.

Menurut saya ini adalah MURNI PENIPUAN dan pihak Akulaku dapat dituntut karena semua bukti nyata dan benar adanya!!!

Karena pihak Akulaku lah yang sudah mengadakan event tersebut serta sudah mengatur seluruh stok dan waktu flash sale, tapi pihak Akulaku juga yang sudah membatalkannya. Padahal status pemesanan sudah berubah menjadi menunggu pengiriman dan konfirmasi dari merchant.

BUKTI

Rincian Pesanan:

Barang : Weyon Sakura TV LED 24 Inch HD (TCLG-S24BWIDE)
Nomor Pemesanan pada Saat flash sale : 1618315242781208335359
Harga flash sale : Rp7.000,-
Tanggal Pemesanan : 13 April 2021 19:00
Tanggal Pembatalan : 14 April 2021 10:59

Status Barang: Sudah berhasil dipesan dan berubah menjadi Menunggu Pengiriman

Tanggal Pembatalan:

Event Flash Sale Akulaku, Stok Ready & Sold Out:

Stok Ready:

Stok Sold Out :

Apabila pihak Akulaku membaca surat pembaca ini, mohon diproses kembali ke 2 pesanan Flash Sale tersebut. Karena pesanan tersebut sudah berhasil saya dapatkan dengan begitu banyak saingan yang memperebutkan barang flash sale tersebut. Sudah hak saya mendapatkan barang tersebut dan kewajiban Akulaku untuk mengirimnya.

Kejadian ini sudah 2x saya alami, bukti-bukti nyata dan akan selalu saya simpan. Hal ini dapat viral loh karena sudah 2x, kenapa saya ga UP ke medsos? Karena saya masih menjaga nama baik Akulaku agar tidak tercoreng, namun apa yang di dapat? Masih hal mengecewakan yang saya dapat seperti kejadian pertama.

Apabila pihak Akulaku masih ada kesadarannya, mohon proses kembali pesanan pada kejadian pertama:
https://mediakonsumen.com/2021/02/04/surat-pembaca/wow-dapat-super-flash-sale-akulaku-malah-ditipu

dan proses juga pesanan pada laporan ke 2 ini.

Catatan:

  • Saya mengikuti flash sale ini murni dengan kecepatan tangan dan koneksi internet yang saya miliki.
  • Barang flash sale pada akulaku apabila stok sudah habis maka akan kembali ke Harga Normal dan Status event akan Sold Out (Harga Flash Sale tidak akan bisa di pesan) bukan terbatalkan otomatis, jadi stok benar2 sudah di atur oleh pihak akulaku dan pastinya tidak ada namanya kelebihan kuota pemesanan.
  • Apabila 2 pesanan tersebut tidak diproses, saya akan melakukan UP ke medsos dengan bukti yang sudah ada. Gunanya agar dapat membuat manajemen Akulaku buka mata dan lebih baik lagi dengan adanya UP di medsos.

Demikian surat ini saya buat.

Septian
Bekasi, Jawa Barat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.

Belum Ada Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pihak yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Komentar

  • Aduh, udah pengalaman "ditipu" sekali, harusnya sudah tahu permainan nya. Melihat promo flash sale nya juga saya nggak yakin. Mustahil banget. Ini online shop. Kecuali terpajang di toko fisik, bayar langsung bawa pulang.

  • Semoga cepat terselesaikan masalahnya. Btw, speed internet nya berapa Mbps yah ? Saya coba ikut flash sale, gagal terus, kalah cepat.