Biaya Transaksi ATM LINK Tak Lagi Gratis!

Bagi Anda, para pengguna ATM Bank Himbara (BNI, Mandiri, BRI dan BTN) atau ATM dengan tampilan ATM LINK, harap bersiap-siap, karena terhitung mulai tanggal 1 Juni 2021 akan dikenakan biaya transaksi sebagai berikut:

Jenis Transaksi Biaya Transaksi Biaya Transaksi Keterangan
(Sebelum) (Menjadi)
Cek Saldo Rp0 Rp2.500 Berubah
Tarik Tunai Rp0 Rp5.000 Berubah
Transfer Rp4.000 Rp4.000 Tetap

Biaya administrasi ini berlaku terhitung mulai 01 Juni 2021 dan seterusnya, sampai dengan adanya perubahan di kemudian hari. Para anggota Himpunan Bank-bank Milik Negara (Himbara) itu berdalih, bahwa pengenaan biaya tersebut adalah untuk mendukung kenyamanan nasabah ke depan. Padahal sebelumnya, penggunaan ATM Link atau ATM Himbara (yang berciri khas warna merah) gratis untuk semua pengguna kartu debit semua bank BUMN.

ATM Link merupakan mesin tarik tunai gabungan dari empat bank BUMN. ATM ini lahir pada tahun 2015 sebagai produk konsolidasi operasional antar-bank Bank Himbara. Mesin ATM yang sebelumnya hanya diperuntukkan untuk nasabah masing-masing Bank Himbara, mulai digantikan dengan mesin ATM Link yang bisa dipakai gratis untuk semua pengguna kartu debit Bank Himbara. Tujuannya adalah untuk penghematan biaya operasional bagi pihak perbankan dan penghematan biaya transaksi bagi masyarakat pengguna ATM.

Bagaimana menurut Anda? Apakah akan ada peningkatan layanan dengan pengenaan biaya transaksi di ATM Link tsb?

19 komentar untuk “Biaya Transaksi ATM LINK Tak Lagi Gratis!

  • 21 Mei 2021 - (09:10 WIB)
    Permalink

    Yang paling penting pengawasan mesin ATM-nya harus lebih ditingkatkan lagi. Kebanyakan yg kena skimming, ya nasabah bank-bank BUMN ini. ?

  • 21 Mei 2021 - (15:52 WIB)
    Permalink

    Efek kalah saingan dengan ewallet dan fintech semua profit bank pasti turun, dan itu terus membesar semakin tahun, jadi cari sumber pemasukan lain karena dana mengendap dah banyak yg pindah ke e wallet, kredit pada pindah ke pinjol, deposito pindah ke danareksa online.

    Tapi gak gini bos, harusnya atm itu jadi benefit jadi nilai lebih dari ewallet dan fintech lain, kalo main sapu rata aja, malah besar2an orang ogak nanem duit di bank langsung top up ke ewallet.

    Mau cari untung, harus berpikir lebih, ikutin ewallet dan fintech yang ada, mereka buat bank digital setengah2, buka rekening di iklan hanya lewat aplikasi tetep harus ke kantor juga, nah ginian, yang move on bos.

    Percaya aja, duit nasabah yang kecil2 (tapi jumlahnya banyak) bakalan gak masuk ke bank tapi simpen ke ewallet kalo kaya gini.

  • 1 Juni 2021 - (16:45 WIB)
    Permalink

    Sepertinya per-1 Juni 2021 adanya biaya transaksi via ATM Link / Himbara di tangguhkan. Berikut link saya dapat dari bank BNI :

    BNI Hi-Movers, Himbara tunda penyesuaian biaya di ATM Link, informasi selengkapnya klik link : tinyurl.com/tundabyatmlink

  • 18 Juni 2021 - (14:42 WIB)
    Permalink

    Alhamdulillah masih di tangguhkan,
    Tapi waspadalah Bank Bank Himbara,
    Kebangkitan Bank swasta cukup masif, bukan hal yg mustahil banyak nasabah akan berbondong bondong pindah ke Bank swasta

    • 17 Juni 2023 - (21:30 WIB)
      Permalink

      saya kemarin tanggal 15 Juni 2023 tarik tunai Kartu ATM saya Bank Mandiri, di ATM Bank BTN, tapi yang secara fisiknya modelnya Merah Putih. Masih Gratis.
      Jadi musti pilah pilah dan untung2an kayaknya. Ada ATM Merah Putih yang kayaknya masih gratis, ada ATM Link Himbara yang sudah berbayar.

  • 6 Maret 2022 - (13:37 WIB)
    Permalink

    Kalo di kota saya, ATM nya Link tapi ada stiker salah satu bank Himbara di mesinnya. Di luar ruang ATM juga pakai plang bank tsb.

  • 16 Maret 2022 - (08:20 WIB)
    Permalink

    Semuanya sekarang serba uang ,,, nasib² mana udah di potong biaya admin tiap bulan udah itu kena potong lagi ambil duit di ATM

 Apa Komentar Anda mengenai ATM Link?

Ada 19 komentar sampai saat ini..

Biaya Transaksi ATM LINK Tak Lagi Gratis!

oleh Redaksi dibaca dalam: 1 menit
19