Surat Pembaca

Kecewa dengan Pelayanan Shopee dan Shopee Express

Kronologi awalnya, ada pesanan masuk melalui Shopee, pada tanggal 10 Mei dengan nomer 2105109C37KUQ8 menggunakan jasa kirim Shopee Express. Kemudian pada tanggal 11 Mei 2021 barang tersebut sudah di-pick up oleh tim Shopee drop point.

Pada tanggal 19 Mei 2021 pembeli melakukan komplain serta pengajuan pengembalian dana, karena belum menerima barang. Akhirnya saya selaku penjual mengajukan mediasi ke Shopee, karena berdasarkan data tracking pesanan, barang sudah ada di DC tempat sortir Sidoarjo sejak tanggal 11 Mei 2021 (pembeli sudah melampirkan screenshot lampiran update status pengiriman barang untuk dicek oleh tim mediasi Shopee).

Pada tanggal 23 Mei 2021 tim mediasi Shopee secara sepihak tiba-tiba menyetujui pengembalian dana oleh pembeli dengan alasan “Pengajuan pengembalian dana atas klaim tidak terima pesanan telah disetujui, karena Penjual gagal mengirimkan produk ke alamat pembeli dan sesuai informasi dari tim terkait kami tidak terdapat konfirmasi dari jasa kirim hingga batas waktu berakhir.”.

Padahal secara sistem tertulis jelas bahwa penjual sudah mengirim paket melalui Shopee Express sejak tanggal 11 Mei 2021. Akhirnya dana dikembalikan ke pembeli.

Pada tanggal 23 Mei 2021, update status paket tertulis bahwa pembeli menolak menerima pesanan. Alhasil saya sebagai penjual sangat dirugikan dengan kondisi begini. Bisa jadi bakal terus berulang kasus seperti ini, dan merugikan seluruh penjual di luar sana.

Pengiriman sangat lama, dan ketika pembeli komplain, otomatis pihak Shopee menyetujui pengembalian dana dan barang yang sudah ter-packing di kembalikan lagi ke penjual. Lebih baik ditutup saja itu jasa kirim Shopee Express kalau kerjanya tidak betul serta merugikan penjual seperti ini.

Saya sudah komplain melalui email ke CS Shopee dan hanya dijawab “Paket tersebut tidak dapat dilanjutkan proses pengirimannya dan akan dikembalikan kepada pengirim.”. Lah gimana cara kerjanya? Paket dikirim dari tanggal 11 Mei 2021 dari Surabaya dengan tujuan Jember, baru tanggal 23 Mei 2021 dikirimkan? Apakah butuh waktu 12 hari hanya untuk mengirimkan paket dari Surabaya ke Jember?

Yosef Ryadi
Surabaya, Jawa Timur

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan

Belum Ada Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pihak yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Komentar

      • Hahahaha bener2 robot dan tidak menguasai permasalahan yang sedang dibicarakan... Dan pengajuan pengembalian dana bisa dibatalkan dan diajukan berkali2. Awas mulai banyak yg memanfaatkan dng alasan barang tidak diterima dan pengajuan pengembalian dana az

    • Aku kmaren ngalamin hal yang hampir sama, ini setelah lebaran ya jdi ga mungkin overload lebaran.
      Aku kirim makanan (sebutlah baso aci) yg bertahan skitar 6 -7 hari di shu ruang.
      Ternyata paketku ini mogok di DC sortir berhari2.. Konsumen Ku khawatir dong, akhir nya komplen ehh customer service nya malah bilang kalau Ada kerusakan barang silahkan ajukan pengembalian.
      aku sebagai penjual merasa dirugikan pada awalnya. Karna lama pengiriman bukan salahku dong, ko jadi aku yang rugi.
      Tapi untung nya barang nya sampai dengan selamat, Dan konsumen nya pengertian.
      Coba kalo di balikin, barang udh basi.

    • Kalau sesuai dgn estimasi waktu,,harusnya pihak shopee juga tunggu sampe estimasi habis ,baru setujui pengembalian dana,,,dlm kasus ini pihak shopee lgs setujui pengembalian dana ke pembeli,,ini kan aneh

  • apa pilihan shopee express tidak bisa dinonaktifkan?kl bisa lebih baik dinonaktifkan saja. saya juga sangat menghindari shopee express, setelah checkout saya selalu mengganti ekspedisi jika tertera shopee express

    • bisa... penjual boleh menonaktifkan kurir maan yang sekiranya tidak mendukung /tidak kondusif

    • iya kak terima kasih sarannya. sebab setelah beberapa tahun berjualan di online shop dan menggunakan jasa kirim yg lain, baru x ini kejadian yang seperti ini.

      • Sabar aja,,pembeli terlalu cepat ambil keputusan pengembalian pesanan,,,harusnya chat dulu dgn penjual,,

  • Parah parah, posisi barang sudah di kurir, dana di kembalikan.
    Yang gak becus kerja sopi dan ekspresnya,
    Ya beginilah kalo 1induk ingin ngerjain semua, serakah, dah punya marketplace pingin monopoli pembayaran, pingin monopoli kurir.

    Jadinya amburadul.
    Kesalah jelas bukan dr pihak seller.
    Sia2 waktu, parah2.

  • Sangat baik dalam persaingan perdagangan dunia, sngat bgus untuk memajukan kebutuhan kosumen

  • Ceritanya dari mantan kurir2 Shopee express, ini jasa pengirimann yg pling menyusahkan kurir juga. Bnyk yg ga betah jdi kurir d shopee express, saya dgrnya bgitu dr driver grab gojek yg mangkal d resto saya. Yg prnh nyoba jd kurir shopee.
    Terlalu sdikit kurir dan mngkin insentif kurang, bisa jadi pemicu service yg asal-asalan.. Kapitalisme yg menang, asal murah dan bikin untung perusahaan. Kepuasan pegawai dan customer urusan belakangan.

  • Itu barang biasanya dibalikin cuma lama saya sampai 1 bulan meskipun barang yang saya jual bukan makanan tetap aja saya rugi karena pakai custom nama sipembeli jadi kalau diretur ga bisa dijual lagi tapi alhamdulillh cuma sekali sampai sekarang saya aktifin shopee karena semua expedisi yang saya aktifin di shopee pernah bermasalah cuma tanggung jawab nya beda beda kalau ada masalah,toko saya kurir reguler cuma j*t sama sh**pe express yang saya pakai biar ga ribet

  • Jangan pernah mau berurusan dengan shopee express, hari hari anda akan dipenuhi oleh stress dengan paket anda yang tidak terkirim dan customer service yang tidak responsive

  • Saya juga sebagai customersngasuka pake shopee express.
    Suka nyangkut di satu DC lamaaaa bgt.
    Chat ke penjual disuruh ke shopee express.
    Ke shopee express nya cuma ditanya muter2 doang.
    Jadi gaada yg bisa kasi kepastian.
    Coba ya shopee kalo ga kompeten gausah maksa buat kita make gitu anjir
    Kesel bgt gueeeeee

  • Hal seperti itu pernah saya alami , paket kiriman toko saya tertukar dengan toko lain , hingga pembeli meminta pengembalian barang dan dana , namun secara sepihak pihak shopee mengabulkannya, seharusnya barang yg tertukar itu dikembalikan dulu kepada masing2 penjualnya baru dana dikembalikan , tapi nyatanya pihak shopee mengambil keputusan sepihak pengembalian barang dan dana dinyatakan Selesai, tapi setelah 1 Minggu lebih barang yg akan dikembalikan itu tidak juga kembali , seharusnya shopee express kalo tidak mampu melayani pengiriman jangan memaksakan diri untuk melayani pengiriman