Kecewa dengan Pelayanan Shopee dan Shopee Express

Kronologi awalnya, ada pesanan masuk melalui Shopee, pada tanggal 10 Mei dengan nomer 2105109C37KUQ8 menggunakan jasa kirim Shopee Express. Kemudian pada tanggal 11 Mei 2021 barang tersebut sudah di-pick up oleh tim Shopee drop point.

Pada tanggal 19 Mei 2021 pembeli melakukan komplain serta pengajuan pengembalian dana, karena belum menerima barang. Akhirnya saya selaku penjual mengajukan mediasi ke Shopee, karena berdasarkan data tracking pesanan, barang sudah ada di DC tempat sortir Sidoarjo sejak tanggal 11 Mei 2021 (pembeli sudah melampirkan screenshot lampiran update status pengiriman barang untuk dicek oleh tim mediasi Shopee).

Pada tanggal 23 Mei 2021 tim mediasi Shopee secara sepihak tiba-tiba menyetujui pengembalian dana oleh pembeli dengan alasan “Pengajuan pengembalian dana atas klaim tidak terima pesanan telah disetujui, karena Penjual gagal mengirimkan produk ke alamat pembeli dan sesuai informasi dari tim terkait kami tidak terdapat konfirmasi dari jasa kirim hingga batas waktu berakhir.”.

Padahal secara sistem tertulis jelas bahwa penjual sudah mengirim paket melalui Shopee Express sejak tanggal 11 Mei 2021. Akhirnya dana dikembalikan ke pembeli.

Pada tanggal 23 Mei 2021, update status paket tertulis bahwa pembeli menolak menerima pesanan. Alhasil saya sebagai penjual sangat dirugikan dengan kondisi begini. Bisa jadi bakal terus berulang kasus seperti ini, dan merugikan seluruh penjual di luar sana.

Pengiriman sangat lama, dan ketika pembeli komplain, otomatis pihak Shopee menyetujui pengembalian dana dan barang yang sudah ter-packing di kembalikan lagi ke penjual. Lebih baik ditutup saja itu jasa kirim Shopee Express kalau kerjanya tidak betul serta merugikan penjual seperti ini.

Saya sudah komplain melalui email ke CS Shopee dan hanya dijawab “Paket tersebut tidak dapat dilanjutkan proses pengirimannya dan akan dikembalikan kepada pengirim.”. Lah gimana cara kerjanya? Paket dikirim dari tanggal 11 Mei 2021 dari Surabaya dengan tujuan Jember, baru tanggal 23 Mei 2021 dikirimkan? Apakah butuh waktu 12 hari hanya untuk mengirimkan paket dari Surabaya ke Jember?

Yosef Ryadi
Surabaya, Jawa Timur

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai Jualan online di Shopee:
[Total:34    Rata-Rata: 2.1/5]

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

19 komentar untuk “Kecewa dengan Pelayanan Shopee dan Shopee Express

      • 29 Mei 2021 - (17:04 WIB)
        Permalink

        Hahahaha bener2 robot dan tidak menguasai permasalahan yang sedang dibicarakan… Dan pengajuan pengembalian dana bisa dibatalkan dan diajukan berkali2. Awas mulai banyak yg memanfaatkan dng alasan barang tidak diterima dan pengajuan pengembalian dana az

        1
        1
    • 29 Mei 2021 - (21:28 WIB)
      Permalink

      Aku kmaren ngalamin hal yang hampir sama, ini setelah lebaran ya jdi ga mungkin overload lebaran.
      Aku kirim makanan (sebutlah baso aci) yg bertahan skitar 6 -7 hari di shu ruang.
      Ternyata paketku ini mogok di DC sortir berhari2.. Konsumen Ku khawatir dong, akhir nya komplen ehh customer service nya malah bilang kalau Ada kerusakan barang silahkan ajukan pengembalian.
      aku sebagai penjual merasa dirugikan pada awalnya. Karna lama pengiriman bukan salahku dong, ko jadi aku yang rugi.
      Tapi untung nya barang nya sampai dengan selamat, Dan konsumen nya pengertian.
      Coba kalo di balikin, barang udh basi.

    • 30 Mei 2021 - (08:08 WIB)
      Permalink

      Kalau sesuai dgn estimasi waktu,,harusnya pihak shopee juga tunggu sampe estimasi habis ,baru setujui pengembalian dana,,,dlm kasus ini pihak shopee lgs setujui pengembalian dana ke pembeli,,ini kan aneh

  • 28 Mei 2021 - (20:59 WIB)
    Permalink

    apa pilihan shopee express tidak bisa dinonaktifkan?kl bisa lebih baik dinonaktifkan saja. saya juga sangat menghindari shopee express, setelah checkout saya selalu mengganti ekspedisi jika tertera shopee express

    4
    1
    • 28 Mei 2021 - (22:49 WIB)
      Permalink

      bisa… penjual boleh menonaktifkan kurir maan yang sekiranya tidak mendukung /tidak kondusif

    • 29 Mei 2021 - (09:41 WIB)
      Permalink

      iya kak terima kasih sarannya. sebab setelah beberapa tahun berjualan di online shop dan menggunakan jasa kirim yg lain, baru x ini kejadian yang seperti ini.

      • 30 Mei 2021 - (08:12 WIB)
        Permalink

        Sabar aja,,pembeli terlalu cepat ambil keputusan pengembalian pesanan,,,harusnya chat dulu dgn penjual,,

  • 29 Mei 2021 - (04:47 WIB)
    Permalink

    Parah parah, posisi barang sudah di kurir, dana di kembalikan.
    Yang gak becus kerja sopi dan ekspresnya,
    Ya beginilah kalo 1induk ingin ngerjain semua, serakah, dah punya marketplace pingin monopoli pembayaran, pingin monopoli kurir.

    Jadinya amburadul.
    Kesalah jelas bukan dr pihak seller.
    Sia2 waktu, parah2.

    8
    1
  • 29 Mei 2021 - (14:14 WIB)
    Permalink

    Sangat baik dalam persaingan perdagangan dunia, sngat bgus untuk memajukan kebutuhan kosumen

  • 29 Mei 2021 - (15:48 WIB)
    Permalink

    Ceritanya dari mantan kurir2 Shopee express, ini jasa pengirimann yg pling menyusahkan kurir juga. Bnyk yg ga betah jdi kurir d shopee express, saya dgrnya bgitu dr driver grab gojek yg mangkal d resto saya. Yg prnh nyoba jd kurir shopee.
    Terlalu sdikit kurir dan mngkin insentif kurang, bisa jadi pemicu service yg asal-asalan.. Kapitalisme yg menang, asal murah dan bikin untung perusahaan. Kepuasan pegawai dan customer urusan belakangan.

  • 29 Mei 2021 - (23:42 WIB)
    Permalink

    Itu barang biasanya dibalikin cuma lama saya sampai 1 bulan meskipun barang yang saya jual bukan makanan tetap aja saya rugi karena pakai custom nama sipembeli jadi kalau diretur ga bisa dijual lagi tapi alhamdulillh cuma sekali sampai sekarang saya aktifin shopee karena semua expedisi yang saya aktifin di shopee pernah bermasalah cuma tanggung jawab nya beda beda kalau ada masalah,toko saya kurir reguler cuma j*t sama sh**pe express yang saya pakai biar ga ribet

 Apa Komentar Anda mengenai Jualan online di Shopee?

Ada 19 komentar sampai saat ini..

Kecewa dengan Pelayanan Shopee dan Shopee Express

oleh yosef ryadi dibaca dalam: 1 menit
19