Komplain Cartridge Bermasalah ke HP Service Center Kota Kasablanca Disuruh Ambil Sendiri atau Kirim dengan Ongkir Tidak Wajar

Saya membeli cartridge HP dari e-commerce shopee dengan penjual tokocartridge1, ternyata cartridge tidak terbaca di printer saya. Saya tidak bisa komplain ke penjual karena tidak langsung dipakai. Sudah dipastikan ke toko yang bersangkutan kalau cartridge yang dijualnya original HP & bisa dikomplain.

Setelah gogling saya mendapatkan nomor admin W.A. HP service center yaitu 0811-970 666, admin menyuruh saya datang langsung ke HP Service center yg ada di Kota Kasablanca Jakarta. Saya jelaskan bahwa saya berdomisili di luar Jakarta tidak bisa melakukan hal tersebut apalagi di masa pandemi seperti saat ini. Karena tidak ada solusi dari admin tersebut, saya meminta nomor teknisi yang bisa berkonsultasi yang mana kemudian saya diarahkan ke HP Digital Support Internasional.

Setelah menghubungi mereka saya disarankan kontak keHP Service center Indonesia, Saya menanyakan alamat HP Service Center lalu si adminnya memberikan sebuah link website.

Tanggal 30 April 2021, saya mengirimkan cartridge saya diterima di HP S.C. Kota Kasablanka pada tanggal 4 Mei 2021 dengan nomor 5040086585.

Tanggal 18 Mei 2021, saya menghubungi nomor Admin 0811-970 666 menanyakan kelanjutan komplain saya, yang mana Admin tsb. menyatakan bahwa penggantian akan tersedia minggu depan.

Tanggal 21 Mei 2021, Admin menyatakan bahwa komplain saya sudah selesai dan saya disuruh datang langsung untuk pengambilan, Saya mengatakan bahwa saya diluar Jakarta tidak bisa kesana untuk mengambilnya, mengapa tidak menggunakan ekspedisi saja. Saya kaget karena Admin ybs. meminta saya mentransfer Rp.50.000,- atas nama rekening PT.Java Abadi Gemilang kalau mau dikirim. Saya protes karena dari Bogor ke Jakarta atau sebaliknya paling mahal hanya Rp.10.000,-, dengan angkuh Admin ybs. mengatakan jika tidak mau dikenakan biaya silahkan datang langsung karena mereka tidak melayani pengiriman diluar Jakarta.

Masalahnya dari apa yang saya dengar dari konsumen lain ternyata cartridge HP memang kadang sering tidak terbaca di printer, kebanyakan toko yang menjualnya juga menyuruh kita komplain langsung ke Pusat HP dengan nomor seri Printer.

Kita sudah kehabisan waktu & biaya karena printer tidak bisa mencetak, sekarang kita dipaksa harus datang sendiri mengambil cartridge yang beratnya tidak lebih dari 150 gram atau bayar Rp. 50.000,- untuk ekspedisi yg normalnya cuma 10.000, apakah ini disebut layanan konsumen oleh perusahaan IT sebesar HP?, kemana tanggung jawab terhadap konsumen atas kegagalan produk yang didistribusikan ke seluruh Indonesia ?

Muk Men
Bogor, Jawa Barat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian Anda!
[Total:5    Rata-Rata: 2.6/5]

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

26 komentar untuk “Komplain Cartridge Bermasalah ke HP Service Center Kota Kasablanca Disuruh Ambil Sendiri atau Kirim dengan Ongkir Tidak Wajar

  • 1 Juni 2021 - (14:49 WIB)
    Permalink

    @Muk Men

    Saya yakin, anda termasuk orang yang sering nonton film di Netflix, atau anda termasuk generasi Tiktok.

    Kalau ternyata benar, saya memakluminya,

    2
    8
      • 2 Juni 2021 - (06:47 WIB)
        Permalink

        Masa iya sih cartridge baru dan bnr2 original HP ga bs terbaca?? Klo menurut saya sih itu bkn cartridge nya yg bermasalah melainkan printernya yg bermasalah. Biasanya sih itu karena konektor yg ada dirmh cartridge pd printer kotor kena tinta sehingga cartridge nya tdk bs terbaca. Saran saya lain kali coba cek dlu konektor pd rmh cartridge di printernya, bila emang kotor bersihkan dlu dgn tisu, bs diksh sedikit air bila tintanya sulit dihilangkan. Itu dr pengalaman saya sendiri loh, saya punya 2 printer merk HP dan emang kadang suka ga kebaca cartridge nya tp setelah konektornya dibersihkan sdh bs terbaca lg. Jgn langsung menjudge cartridge bermasalah apalagi yg msh baru dan jg original.

        4
        1
        • 2 Juni 2021 - (22:52 WIB)
          Permalink

          Sebelum saya melakukan klaim garansi atas suatu produk saya sudah pastikan bahwa printer saya dalam kondisi baik, saya menggunakan printer ini sudah lebih dari tiga tahun, sebagai penjual eceran produk IT saya sudah sering mengalami keluhan konsumen atas masalah serupa, dua kali saya pernah mengurus komplain ke HP service Mangga Dua Mall untuk konsumen saya beberapa tahun lalu, & beberapa konsumen lainnya saya suruh mereka kirim langsung HP Service center, saya tidak tau mereka lakukan apa tidak karena memang ribet harus kesana ditambah lagi waktu hampir satu bulan penggantian cartridge baru dikirimkan.

          • 3 Juni 2021 - (13:36 WIB)
            Permalink

            Jawab pertanyaan saya dong?

            1. Apakah anda hobi nonton film di netflix?

            2. Apakah anda punya akun Tiktok?
            3. Apakah dua duanya adalah anda?

    • 3 Juni 2021 - (10:19 WIB)
      Permalink

      Apa salahnya atau hubungan nya dengan suka nonton film Netflix atau Generasi Tiktok. Sirik loe ama dua perusahaan besar ini? Platform apa yang loe punya atau startup apa yang loe punya atau minimal loe rintis?

  • 1 Juni 2021 - (15:17 WIB)
    Permalink

    Waduh, parah juga nih admin HP Service Center. Setahu saya pakai J&T, ongkir nya bisa bayar ditempat loh.

  • 1 Juni 2021 - (20:05 WIB)
    Permalink

    Dih apasih HP Service Center, untung barang saya gada yang merk HP๐Ÿ˜€๐Ÿ˜€๐Ÿ™๐Ÿ™

    3
    1
    • 2 Juni 2021 - (23:09 WIB)
      Permalink

      Kamu beruntung, sebaiknya sebelum kita membeli suatu produk IT, kita banyak-banyak cari tau dulu semisal Printer, berapa harga cartridgenya, printer yang murah biasanya harga cartidgenya mahal, sudah begitu stocknya dipasaran sering kosong, harganya juga naik terus tiap tahun kamu bisa bandingkan dengan harga tinta dari perusahaan besar lain yang hampir sepuluh tahun harganya tidak berubah & jumlah cetakannya 10 X lebih banyak walaupun memang harga printernya dua kali lebih mahal atau dengan satu Perusahaan besar lainnya yang cartridgenya buatan Jepang asli malah harganya tidak banyak berubah dari sepuluh taun lalu dan bisa dibikin infus lagi dengan harga Printer yang juga murah.

  • 1 Juni 2021 - (20:43 WIB)
    Permalink

    Ribet nya beli by online ya gitu itu…
    Nikmati saja prosesnya…
    Maaf kalo saya, selagi msh ada di toko offline ogah beli by online…
    Beli brg di online cukup brg remeh temeh.

    4
    1
    • 2 Juni 2021 - (23:15 WIB)
      Permalink

      Barang Online kalo kita tau dijual oleh toko terpercaya yang memang menjual produk original lebih menguntungkan dan lebih murah karena ada bantuan voucher , kalo kita beli barang ditoko Offline pun kalo ada masalah terhadap produk, kita disuruh langsung keService resminya untuk klaim garansi, salah satunya seperti kasus ini.

  • 1 Juni 2021 - (22:11 WIB)
    Permalink

    Cukup sudah menyesal beli printer merk HP. tinta mahal kadang sering error, kalo ga asli ga bisa dipake. Mending beli merk lain aja kalo beli printer

      • 2 Juni 2021 - (23:44 WIB)
        Permalink

        makanya itu segera beralih dari segala printer ber merk HP, banyak printer diluaran sana yg mutu dan kualitasnya bagus.

  • 1 Juni 2021 - (22:50 WIB)
    Permalink

    menurut opini saya, 50000 masih tergolong wajar ya . karena pengiriman paket butuh pengemasan, pengiriman ke kurir juga butuh waktu dan upaya. dan jika dibandingkan biaya ambil sendiri kan tentu jauh lebih mahal. kalo bagi saya 50000 itu sangat mending daripada harus ambil sendiri habis waktu dan capeknya.
    beda kalo misalnya 500ribu itu baru kemahalan.

    sekali lagi ini opini saya. mungkin TS tidak ikhlas jadi fine aja

    6
    2
    • 2 Juni 2021 - (08:20 WIB)
      Permalink

      betul, bukan berarti kalau jasa kurir nya 10rb ya akan dikenakan 10rb, kalau dilihat ini kan semacam extra service ya memang, dimana seharusnya tidak dilayani untuk pengiriman keluar jakarta, sehingga ada kebijakan khusus dimana kasus-kasus seperti ini yang akan menyita waktu dan usaha akan dikenakan biaya pengiriman yang lebih besar.

      2
      2
    • 2 Juni 2021 - (23:31 WIB)
      Permalink

      Bagi orang tertentu harga lima puluh ribu itu murah berbanding harga pasaran yang sembilan sampai sepuluh ribu, itu sama sekali tidak bijak sekalipun anda orang kaya.
      Untuk mengemasi produk yang beratnya tidak mencapai 150 gram tidak membutuhkan waktu lima belas menit, hampir semua ekspedisi punya outlet dimall, kantor & jalanan yang mudah ditemukan, itulah yang disebut “LAYANAN”, anda menrima banyak profit dari produk yang dijual, sudah seharus & sewajarnya bertanggung jawab atas produk yang bermasalah, itulah gunanya Service Center resmi, ada garansi atas produk yang dijual, ada call center. Perusahaan seperti HP juga menjual produknya secara online & bekerjasama dengan ekspedisi untuk mengirimkan produk yang dijualnya kepada konsumen seluruh Indonesia, tidakkah aneh kalo ada klaim garansi mereka malah mengatakan tidak melayani konsumen luar Jakarta ?

  • 2 Juni 2021 - (13:00 WIB)
    Permalink

    intinya mau yg rusak katrid atau prnternya, ongkirnya mau 10rb atau 50rb, klo semua dikomunikasikan dgn baik oleh pihak HP ke konsumen, ga bakal ada komplain seprti ini.

    Klo printernya yg rusak toh pihak HP sdh menghub dan bilang masalah sdh selesai, dan katrid penggantinya bs diambil, walo tuk waktu terlalu lama, karna ini cuma ngecek katrid, dan sy yakin katrid stok pasti banyak.

    Ongkir 50rb itu kesannya nembak, karna tdk ada perinciannya, klo benar 50rb yah kemahalan, tuk sekelas HP itung2an di pembungkus paket sama jasa kurir anter ke agen yah termasuk keterlaluan, itu spertinya HP tdk ada SOP mengenai pengiriman berkaitan dgn masalah sperti ini.

    Dari awal HP terlalu ribet tuk klaim garansi, sy jd mengerti begini prosedur sebenarnya, padahal hanya klain katrid, klo yg rusak printer mungkin malah jauh lebih ribet.

    2
    4
    • 2 Juni 2021 - (23:35 WIB)
      Permalink

      Mereka juga menjual produknya secara Online dan bekerjasama dengan ekspedisi untuk mengirimkannya keseluruh Indonesia, apa yang dilakukan Admin Servicenya adalah menyulitkan user supaya tidak melakukan komplain.

  • 2 Juni 2021 - (20:04 WIB)
    Permalink

    Kalau saya biasanya beli lagi kartrid baru / cadangan yg masih layak pakai ke toko komputer daripada ribet musti diservis, jatuhnya harga kartridnya jadi lebih mahal kalo musti diservis.
    Kartrid ga kebaca kemungkinan karena konektor warna emasnya itu terkotori tinta

    • 2 Juni 2021 - (23:40 WIB)
      Permalink

      Cartridge seperti yang digunakan HP deskjet tidak bisa diservis sebab itu biasanya diganti baru.
      Kita sudah melakukan pembersihan terhadap pin & semuanya pada printer begitu melihat reaksi printer tidak dapat membaca cartridge baru dan itu juga sudah kita edukasikan kepada user lain yang mengeluhkan hal serupa.

  • 2 Juni 2021 - (22:34 WIB)
    Permalink

    Terimakasih atas tanggapan Pembaca, perlu saya tambahkan disini, Cartridge yang kita kirimkan keHP sudah pasti dicek sama mereka apakah yang bermasalah cartridge atau printer, Printer saya tidak bermasalah memakai cartridge lain, dan kejadian seperti ini sering terjadi juga sama user HP lain, bukan karena printer kita yang kotor atau tidak tidak dibersihkan nyatanya memang cartridge barupun sering bermasalah, hal ini justru jarang sekali terjadi pada dua merk besar lain yang menjadi saingan HP.
    Untuk anda yang menganggap lima puluh ribu termasuk murah untuk ongkir yang semestinya hanya sepuluh ribu, sepertinya anda kurang cerdas, karena mau membayar lima kali lebih mahal dari harga normal.
    Apa yang dilakukan Admin HP tersebut adalah salah satu bentuk intimidasi terhadap konsumen, supaya kita tidak mudah menggunakan hak kita untuk menuntut klaim garansi kepada mereka, sebagai konsumen IT kita mestinya tidak diam saja sehingga perusahaan besar bisa berlaku semena-mena terhadap konsumen.

    2
    1
    • 3 Juni 2021 - (21:13 WIB)
      Permalink

      “Untuk anda yang menganggap lima puluh ribu termasuk murah untuk ongkir yang semestinya hanya sepuluh ribu, sepertinya anda kurang cerdas, karena mau membayar lima kali lebih mahal dari harga normal.”

      saya tidak menyebut itu murah, tapi “wajar”.
      kecerdasan bagi seseorang tidak diukur dari 1 poin yaitu harga saja. bisa juga dari segi keruwetan, kerepotan, kenyamanan dll.

      semoga masalahnya beres dan bisa membayar ongkir 10 ribu saja….

  • 4 Juni 2021 - (05:01 WIB)
    Permalink

    wajar? produk keluaran lo bermasalah .costumer klaim garansi.masih cari untung di ongkir di bilang wajar? wkwkwwkkw rip otak

    • 4 Juni 2021 - (13:57 WIB)
      Permalink

      kan dibilang dari awal mereka menekankan untuk diambil sendiri. tdk mau melayani penigirman tapi karena TS mnta nya begitu. coba dibaca dulu biar ngga RIP otaknya…

      dan PT. JAVA ABADI GEMILANG itu bukan produsen produk HP, cuma penyedia jasa yang disewa.

 Apa Komentar Anda?

Ada 26 komentar sampai saat ini..

Komplain Cartridge Bermasalah ke HP Service Center Kota Kasablanca Disโ€ฆ

oleh Muk Men dibaca dalam: 1 menit
26