IndiHome Menaikkan Tagihan Pelanggan Secara Sepihak

Berikut kronologi kejadian yang saya alami:

Tanggal 18 juli 2021, saya menerima pesan Whatsapp dari akun resmi IndiHome yang menyatakan, bahwa saya mendapatkan program loyalty berupa tambahan kecepatan internet hingga 20 Mbps TANPA BIAYA TAMBAHAN. Sebagai bentuk apresiasi atas kesetiaan saya berlangganan IndiHome.

Saat saya menerima pesan tersebut, saya baca dengan teliti. Karena saya sudah pernah ada pengalaman buruk, dimana tagihan saya naik karena ada add on siluman yang tiba-tiba aktif. Karena jelas-jelas ditulis TANPA BIAYA TAMBAHAN, saya pun mengabaikan pesan tersebut.

Hari ini tanggal 23 Juli 2021, saya kembali menerima pesan Whatsapp dari akun resmi IndiHome yang menyatakan, bahwa tagihan saya mulai bulan depan akan dinaikkan senilai 20.000 rupiah, karena saya telah bertransaksi layanan internet kecepatan 20 Mbps.

  1. Saya tidak pernah bertransaksi meminta kenaikan kecepatan internet.
  2. Saya tidak pernah menyetujui kenaikan kecepatan internet yang mengakibatkan kenaikan tagihan bulanan saya.
  3. Saya sebagai customer yang sudah berlangganan selama 5 tahun lebih (dari sejak nama layanan masih Telkom Speedy) merasa dipalak dan dipermainkan oleh IndiHome.
  4. Kepada IndiHome, jika Anda tidak rela memberikan program loyalty kepada saya, tidak apa-apa, kembalikan saja kecepatannya ke 10 Mbps, wong saya juga tidak pernah meminta program loyalty dari anda.

Jangan menaikkan tagihan customer secara sepihak tanpa meminta ijin kepada customer. Terutama di tengah tengah situasi pandemi seperti ini, sangat tidak etis untuk Anda semena-mena menaikkan tagihan saya.

Terima kasih Media Konsumen atas dimuatnya surat ini.

Merliana
Bandung, Jawa Barat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai Telkom IndiHome:
[Total:239    Rata-Rata: 2/5]
Tanggapan PT Telkom Regional III atas surat Ibu Merliana

Terimakasih kepada mediakonsumen yang telah menayangkan surat keluhan pembaca Ibu Merliana pada tanggal 24 Juli 2021 dengan Judul “IndiHome Menaikkan...
Baca Selengkapnya

13 komentar untuk “IndiHome Menaikkan Tagihan Pelanggan Secara Sepihak

  • 24 Juli 2021 - (16:51 WIB)
    Permalink

    Pernah mengalami saya, dinaikkan pemberitahuan by phone, bilang gak ada biaya. Setelah tagihan muncul naik hampir 50ribu.
    Saya samparin gerai, mereka malah nyalahin jangan percaya marketing pak.
    Saya minta diturunkan ke kecepatan asal

    • 24 Juli 2021 - (17:57 WIB)
      Permalink

      tagihan langganan sy jg ada tambahan 15rb selama hampir 1thn tanpa sy ketahui yg ternyata adalah ad on yg jg tanpa ada persetujuan dr sy ,,, jd hati2 dg indihome, banyak bikin jebakan batman, rajin2lah cek billing statement

      9
      1
      • 25 Juli 2021 - (20:05 WIB)
        Permalink

        Teman saya, dan om saya juga seperti itu…..Upgrade kecepatan tanpa adanya pemberitahuan DAN PERSETUJUAN…..

        Saya komplain ke Telkom Majalengka….
        Tapi, Respond CS n lelaki kurang mengenakan……
        Padahal disitu SAYA KOMPLAIN…..bukan mau mengemis…..

        Dan beberapa hari lalu sy mendapatkan WA seperti itu….
        Otomatis saya langsung telpom ke CS telkom Kadipaten…..
        Dan cek, apakah kecepatannya naik atau tdk….dan ternyata masih tetap…..

        Kalau sampai naik tanpa sepertujuan saya, tdnya saya mau Bikin surat terbuka di Media Konsumen….tetapi sudah ada yg mewakilkan…..

        UNTUK TELKOM, JANGAN SEENAKNYA JIDAT KALIAN MENAIKAN KECEPATAN TANPA PEMBERITAHUAN DAN PERSETUJUAN YG BERSANGKUTAN……

        Kecepatan 10MBPS itu sudah sangat cpt…..
        Skrg 20MBPS buat apa????

  • 24 Juli 2021 - (20:46 WIB)
    Permalink

    Waduh saya juga dapat notif seperti itu juga …klo memang pd kenyataannya ada kenaikan pd pembayaran nanti…berarti saya terjebak juga nih…ehhmm..apa seperti ini agar mengejar laba tahunan pd saat pandemi …

    1
    1
      • 25 Juli 2021 - (12:05 WIB)
        Permalink

        Biasanya bln berikutnya tagihan naik.
        Kalo pengalaman saya bln agustus s/dnopember 2020.sampe sy ancam main bacok kalo gak turun tagihan.

  • 24 Juli 2021 - (21:02 WIB)
    Permalink

    Biasa BUMN plat merah ini suka begitu. Harus datang ke Plaza Telkom. Jelaskan secara baik-baik tapi tegas, kalau tidak direfund/dikembalikan ke asal, minta ketemu manager on duty, suara agak digalakkan kalau sudah sampai tahap itu.
    Wong kantor tempat saya kerja saja pakai paketan yg mahal khusus bisnis bisa tiba-tiba diganti ke paketan umum yg jauh lebih murah, tapi biayanya masih harga paket bisnis. Direktur kantor sampai datang ke Plaza Telkom sendiri, marahin manager Telkomnya. Akhirnya dikembalikan sesuai yg seharusnya.

    Biasa mah Telkom. Merasa bisa monopoli fixed line telepon ya begitu, apalagi di daerah-daerah yg hampir tidak ada saingannya.

    4
    1
    • 24 Juli 2021 - (23:05 WIB)
      Permalink

      Wah ini sama masih jaman nya pakai speedy, tanpa ada konfirmasi dari pelanggan paket speedy berubah ke indihome. Yang notabene harga tinggi tapi speed underated. Akhirnya saya datang ke gerai nya telkom, minta di balikin ke awal (speedy) dan tagihan sebelumnya saya tidak mau bayar karena tidak ada konfirmasi perubahan paket.

      1
      1
    • 25 Juli 2021 - (07:59 WIB)
      Permalink

      Sharing sedikit pengalaman buruk yang saya dapat dari BUMN satu ini, yang memang Arogansi dan tidak bersahabat walaupun terhadap pelanggan lamanya, singkatnya bergini : pada saat pademi seperti ini, pemerintah lagi sibuk-sibuknya mencari solusi dengan PPKM, PPSB dan sebagiannya, dengan artinya sebaiknya berkerja dari rumah (WFH) dan tidak keluar dari rumah demi keselamatan kita sendiri, dalam situasi seperti ini di banyak perusahan agar bisa karyawan bisa kerja dari rumah tanpa terputus dari kantor, maka di buat VPN (virtual private network) agar karyawan walaupun di rumah tetap bisa koneksi ke database kantor dan bisa berkerja dengan nyaman, Namun BUMN satu ini sepertinya tidak berniat membantu program PPKM/PPSB pemerintah, karena sangat rajin mematikan koneksi VPN client ( pengalaman saya hampir tiap minggu di matikan (bergitu kita lapor ke 147, bisa coneted VPN, kita tutup tiket, minggu depan mati lagi, dstnya), dan hebatnya lagi kita di minta untuk migrasi ke Astinet dengan alasan koneksi VPN membutuhkan IP Pubic dan seribu alasan, VPN butuh IP public betul sih, namun itu hanya berlaku pada VPN server yang berada di kantor tempat kita kerja, dan setiap perusahan yang membuka VPN untuk karyawannya sudah pasti memiliki IP Public (misalnya : 20x.18x.x.x) , dan kita yang WFH di rumah hanya sebagai VPN client , dan VPN client tidak membutuhkan IP public, cukup mengunakan ip private (192.168 .x.x) ,sebagai bukti jika koneksi di blok oleh BUMN satu ini, saya mengunakan telp seluler seperti Indosat, Smartfren dan provider lainnya aman-aman saya koneksi VPNnya, tidak pernah bermasalah, kecuali produk dari BUMN satu ini, saya rasa teman-teman juga memiliki pengalam seperti yang saya alami ini, perlu di ketahui produk Astinet adalah produk buat bisnis artinya hanya si pakai oleh kantor-kantor, terus kita-kita yang home user (regular) hanya karena untuk WFH harus berganti menjadi busnis user dengan biaya yang jauh lebih mahal.
      Demikian sharing pengalaman saya semoga bermanfaat buat teman-teman, Terima kasih.

      6
      1
  • 24 Juli 2021 - (21:08 WIB)
    Permalink

    beberapa waktu yg lalu, kira2 1 bulan lebih, saya ditelpon dari indiehome dengan materi yg sama persis. ada tawaran kecepatan naik jadi 20mbps
    Saya bilang “maaf mb saya ndak mau”
    Mbaknya tanya “kenapa pak?
    sata jawab “saya gak punya uang”

    kemaren saya bayar sambil deg2an apakah naik/tidak. alhamdulillah tidak.

    2
    1
  • 24 Juli 2021 - (21:24 WIB)
    Permalink

    Wah saya juga dapat notif via WA yang menyatakan bahwa saya TELAH melakukan transaksi add on Indijowo yang saya sama sekali tidak pernah melakukan transaksi tersebut! Gini amat ya BUMN ini nyari duitnya!!!

    5
    1
  • 25 Juli 2021 - (20:20 WIB)
    Permalink

    Kl saya kok tidak ya. Saya di telp langsung dr telkom kecepatan mau dinaikkan cukup tambah 20rb. Lha saya tanya, biaya langganan kecepatan 20mbps + tv itu berapa saat ini? Ternyata lebih rendah dr biaya langganan yg saat ini saya bayarkan. Terus saya katakan, saya mau dinaikkan tp tidak ada tambahan biaya, krn biaya yg bayarkan saat ini sudah lebih mahal dr biaya langganan baru dgn kecepatan yg sama. Dan saya katakan juga saya pelanggan lama, sejak speedy masih hitungan megabyte atau hitungan jam/menit hingga saat ini indihome. Dan akhirnya benar, kecepatan dinaikkan tanpa ada biaya tambahan sedikitpun.

    Dan sejak jaman speedy sampai skrng belum pernah ada tawaran hanya menggunakan sms atau wa, pasti lewat telepon.

 Apa Komentar Anda mengenai Telkom IndiHome?

Ada 13 komentar sampai saat ini..

IndiHome Menaikkan Tagihan Pelanggan Secara Sepihak

oleh Merliana Merliana dibaca dalam: 1 menit
13