Customer Service JD.ID Tidak Bisa Dipercaya

Tanggal 5 Juli 2021, saya mengajukan keluhan kepada JD.ID, karena tiba-tiba kartu kredit Permata saya tidak bisa digunakan transaksi di JD.ID. Padahal saya konfirmasi dengan pihak bank, status kartu normal, tidak ada masalah.

Kerja CS JD.ID sangat lambat, yang menurut SOP akan direspon dalam waktu maksimal 2×24 jam, faktanya bisa 1 minggu baru ada respon. Itu pun berkali-kali cuma untuk minta bukti penunjang, dari screenshot, video sampai pertanyaan tipe dan model HP.

Sementara keluhan di JD.ID tidak ada kejelasan, tanggal 18 Juli 2021 ternyata kartu kredit Permata saya juga tidak bisa digunakan di Blibli. Saya mengajukan keluhan yang serupa kepada Blibli. Tidak pakai lama dan permintaan macam-macam, tanggal 19 Juli 2021 CS Blibli menginformasikan bahwa kartu saya terblokir dari pihak payment gateway, dan meminta lampiran lembar tagihan terakhir sebagai validasi untuk membuka blokir tersebut. Tanggal 21 juli 2021, keluhan saya di Blibli sudah terselesaikan dengan baik.

Tanggal 26 juli 2021, CS JD.ID bernama Ami baru telepon untuk menjelaskan bahwa kartu Permata saya terblokir oleh payment gateway Midtrans yang digunakan oleh JD.ID. Awalnya CSO Ami minta foto KTP dan kartu kredit Permata saya. Tentu saya keberatan, karena itu data sensitif yang rawan disalahgunakan.

Akhirnya disepakati VALIDASI CUKUP DENGAN MELAMPIRKAN LEMBAR TAGIHAN UNTUK MEMBUKA BLOKIR TERSEBUT (bukti rekaman pembicaraan saya simpan). Jadi saya kirimkan screenshot lembar tagihan kartu Permata saya (sama persis dengan yang saya kirim ke Blibli).

Selesai? Ternyata tidak!

Tanggal 29 juli 2021 CS JD.ID kembali kirim email dengan mengulang permintaan foto KTP dan kartu kredit Permata saya, dan disertai peringatan, “Jika tidak berkenan disarankan menggunakan metode pembayaran lainnya”.

Pertanyaan saya, apakah Ibu Ami yang menghubungi dari nomor 021-50813645 dan email customercare@jd.id itu penipu?? Konfirmasi bahwa pembukaan blokir dengan menggunakan lembar tagihan ternyata diingkari oleh JD.ID.

Kasus yang sama persis, di Blibli cukup 3 hari selesai, sedang di JD.ID sampai 26 hari hasilnya malah berkelit dan berputar-putar. Sungguh hebat kualitas SOP yang diterapkan JD.ID.

Djuwanda
Surabaya, Jawa Timur

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai JD.ID:
[Total:15    Rata-Rata: 1.3/5]

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

 Apa Komentar Anda mengenai JD.ID?

Belum ada komentar.. Jadilah yang pertama!

Customer Service JD.ID Tidak Bisa Dipercaya

oleh Djuwanda dibaca dalam: 1 menit
0