Tertipu Beli Harddisk Eksternal Seagate “Aspal” dari Pelapak di Bukalapak

Bismillah,

Saya ingin berbagi pengalaman buruk, yang jujur saja tidak pernah saya alami sebelumnya saat berbelanja daring di Bukalapak. Sejak pertama saya membuat akun dan berbelanja di BL, selalu baik-baik saja, barang selalu sampai dan bekerja dengan baik. Walaupun memang sebelumnya saya tidak pernah membeli peralatan elektronik/komputer secara online.

Ceritanya, pada Jumat 02 Juli 2021 (nomor transaksi: 213158735345) saya membeli sebuah harddisk eksternal 1 TB merk SEAGATE dari lapak Going Going di Bogor, seharga Rp499.000. Dua hari kemudian, tanggal 4 Juli 2021, saya terima HDE tsb dan langsung unboxing. Saya coba untuk mengkopi beberapa file berukuran cukup besar dan lumayan sukses, walaupun kecepatannya agak mengecewakan, lemot tidak seperti USB 3.0 seperti di iklan.

Masalah yang lebih besar terjadi, saat saya mencoba mempartisi HDE tersebut menjadi beberapa partisi, selalu gagal dan hanya terbaca 1 partisi saja. Keadaan ini bertahan selama beberapa waktu, saya berkali-kali mencoba dengan aplikasi yang berbeda-beda, tapi hasilnya sama saja. Hingga akhirnya saya menyerah dan tidak memakai HDE saya tersebut selama beberapa hari.

Setelah saya istirahatkan HD tersebut sekitar 2-3 hari, kemudian saat saya hubungkan kembali ke laptop, malah menjadi tidak terbaca sama sekali. Kemudian terpikir walaupun telat sekali, “jangan-jangan HD saya ini palsu”, begitu pikir saya.

Setelah saya browsing di internet, ternyata bukan saya saja yang pernah tertipu HD bodong dari toko daring, banyak juga. Saya lihat ada yang sudah mencoba membongkar HD bodong tersebut ternyata isinya cuma flashdisk dengan pemberat. Kebetulan merk dan tipenya sama dengan punya saya. Ternyata benar adanya, HD saya pun begitu isinya, flashdisk terhubung kabel dengan pelat besi sebagai pemberat agar meyakinkan.

barbuk
HD isinya flashdisk terhubung kabel dengan pelat besi sebagai pemberat agar meyakinkan

Saya hanya berharap pihak Bukalapak dapat menertibkan akun/pelapak penipu seperti ini agar tidak ada lagi korban-korban pembeli seperti saya. Yang lebih penting agar nama/brand Bukalapak tidak tercoreng dengan terindikasi memelihara (pembiaran) pelapak-pelapak nakal seperti itu. Terus terang saya jadi trauma untuk membeli peralatan elektronik dan komputer di BL sejak peristiwa ini.

Sebagai info, sebelum membeli saya tentu saja melihat review/ulasan pembeli sebelumnya yang ternyata baik semua, enggak ada masalah. Namun setelah kejadian ini saya curiga itu cuma tipu-tipu pelapak saja, bikin ulasan sendiri pake akun-akun lain.

Reza M Taufiq
Bandung Barat, Jawa Barat


Catatan redaksi (diperbarui 11/8/2021): Penulis menyatakan masalah di atas telah diselesaikan dengan baik oleh pihak-pihak terkait.

 

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai pengalaman ini:
[Total:36    Rata-Rata: 4.1/5]
Tanggapan Bukalapak Perihal Tertipu Beli Harddisk Eksternal Seagate “Aspal” dari Pelapak di Bukalapak

Dengan hormat, Terima kasih atas masukan yang diberikan kepada kami melalui kanal Media Konsumen. Bersama surat ini kami informasikan bahwa...
Baca Selengkapnya

25 komentar untuk “Tertipu Beli Harddisk Eksternal Seagate “Aspal” dari Pelapak di Bukalapak

  • 9 Agustus 2021 - (08:43 WIB)
    Permalink

    Entah apa yang ada di pikiran teman kita satu ini. HDE 1TB 400k.
    Its too good to be true.
    Jadi apa yang kamu harapkan?
    Pengalaman saya beli elektronik di OL shop itu gampang banget dan sampai saat ini Alhamdulillah belum pernah tertipu.
    Caranya adalah:
    1. Baca review
    2. Official Store
    3. Harga harus masuk akal.
    Sesimpel itu.
    Selamat anda telah menjadi pahlawan bagi yang lain. Supaya yang lain tidak terjerumus kedalam lubang yang sama seperti anda.
    Terimakasih

    18
    2
  • 9 Agustus 2021 - (09:28 WIB)
    Permalink

    Anda tergiur dg harga yg murah! Padahal di official store harganya 700k. Emang sih selisih 200rb cukup besar bagi sebagian orang, tapi anda terlalu berani mengambil resiko. Semoga bisa jadi pelajaran yg berharga bagi kita semua. Sebagai catatan, mungkin saja sellernya juga tidak tahu tentang kondisi sebenarnya dari Harddisk tsb. Tapi jika sellernya tahu dan sengaja menjual barang palsu, harus segera ditindak tegas.

  • 9 Agustus 2021 - (10:13 WIB)
    Permalink

    Saya juga pernah mengalami hal yang sama dengan penulis, terlepas dari bagaimana langkah selanjutnya, apakah diganti atau tidak dari seller, ada beberapa pelajaran yang bisa diambil :
    1.Jangan terbuai harga miring dan testi konsumen yang ada
    2.Setelah terima barang,jangan langsung proses barang diterima sebelum dicek detail
    3.JIka ada garansi coba cek garansi yang ada apakah benar benar valid
    4.Untuk urusan penipuan seperti ini, yang bisa dilakukan hanyalah ikhlas. Pengalaman saya kalau lapor ke Polisi agak rumit.

    Semoga ada hasil akhir yang terbaik untuk penulis.

  • 9 Agustus 2021 - (10:41 WIB)
    Permalink

    Tanggal 19 Juni sudah ada yg review barang palsu tapi Anda malah beli di bulan Juli. Kalau saya lihat review selalu lihat bintang 1 dan 2 nya dulu. Sewaktu barang dicoba pertama kali apakah tidak dicek kapasitas hardisk yg terbaca di laptop/pc?

    10
    • 9 Agustus 2021 - (11:45 WIB)
      Permalink

      setau ane tetep terbaca 1TB gan, tp itu Fake kapasitasnya.. paling 64Gb doang
      soalnya diformat pake recovery2 biar kapasitas yg muncul seolah2 1TB

      • 9 Agustus 2021 - (15:22 WIB)
        Permalink

        Harga nggak mungkin bohong. Kalau ada laporan seperti ini, BL pasti langsung bertindak. Nah yang belum ada laporan bagaimana? Sebagai buyer ya harus lebih berhati-hati aja. Lihat rating, ulasan, bahkan dari produk lain yang pelapak itu jual. Semoga ke depannya BL bisa jauh lebih baik lagi.

  • 9 Agustus 2021 - (16:42 WIB)
    Permalink

    Cuma saya heran… toko itu jual produk ga bener tapi kok review untuk produk tsb bisa banyak ya ulasan yg positifnya…
    Sebaiknya pihak toko Going-Going bogor nanggapin ini…

    krn saya liat ulasan yg *1 nya sama ketipunya…

    • 9 Agustus 2021 - (16:49 WIB)
      Permalink

      Belum tahu ya kalau review sekarang dibeli? Atau jelasnya ada yang menjual jasa review/testimoni atau ulasan. Malah sudah ada aplikasinya di Google Play.
      Cekidot…

  • 9 Agustus 2021 - (17:52 WIB)
    Permalink

    Wahh kacau juga yaa BL, ya lapor saja ke pihak BL nya Gan agar yg lain tidak kena tipu lagi seperti Anda

  • 9 Agustus 2021 - (17:56 WIB)
    Permalink

    Emang sengaja niat nipu ni toko sudah banyak korba, lucunya yg rivew bintang 5 akunnya itu itu saja tapi ni toko masih bebas berjualan ria 🤦‍♂️ kacau bukapalak

  • 9 Agustus 2021 - (18:26 WIB)
    Permalink

    barusan saya cek produknya terjual 53 bintang 1 ada 5 harusnya jgn dibeli udah jelas seller bodong entah apakah pembeli ga liat ulasannya kalo saya jelas skip…

  • 9 Agustus 2021 - (19:27 WIB)
    Permalink

    Penjual itu jelas sekali menipu. Karena di deskripsi produk (berdasarkan screenshot dari penulis) tercantum produk merk Toshiba dengan kapasitas 1 TB dan ada original dalam lingkaran. Seller seperti itu harusnya di bekukan akunnya, karena dia menjual produk palsu dengan merk Toshiba. Itu jelas pelanggaran besar!

    Disisi pembeli, seharusnya tidak tergiur dengan harga murah, apalagi sellernya gak jelas. Kebanyakan seller yang jual dengan harga murah adalah produk abal-abal, tidak mungkin ORI. Barang ORI sudah punya standard harga. Dan, sebaiknya kalau mau beli barang elektronik di official store, lebih aman.

    • 10 Agustus 2021 - (00:11 WIB)
      Permalink

      Yg jual kyk gini banyak bulan hanya di di Bukalapak, Shopee tokopedia, lazada, ini barang impor dr cina..

  • 9 Agustus 2021 - (20:02 WIB)
    Permalink

    Wah nambah ilmu nih. Ternyata sekarang ada HD external palsu. Biasa taunya flashdisk palsu. Kalau isinya HD refurbish masih mending

  • 10 Agustus 2021 - (00:44 WIB)
    Permalink

    Beli elektronik di official store lah.
    Cek pasaran harga. Seagate 1tb harganya 650-750.
    Ikhlasin sajalah.

  • 10 Agustus 2021 - (10:00 WIB)
    Permalink

    3-4 bulan yg lalu di shopee banyak sekali produk spt itu, hdd, hp, flashdisk. Tp sekarang sepertinya sudah mulai menghilang. Dan biasanya yg memberikan rating bintang 4-5 itu pembeli awam. Ketika di test bener 1tb kasih review bagus. Dan skrng yg masih banyak dan ada di semua marketplace itu flashdisk dan hdd external. Flashdisk 1tb 200rban, dan banyak yg beri rating bintang 5, entah saking awamnya atau gimana.

  • 10 Agustus 2021 - (13:29 WIB)
    Permalink

    Ada harga ada rupa. Zaman sekarang harus hati-hati ketika beli barang yang harganya luar biasa murah. Memang sekarang gampang banget bandingin harga barang antara satu toko dengan toko yang lain. Tinggal sortir dengan harga termurah pasti langsung dapet. Tapi harus hati-hati barangnya palsu.

    Saya sendiri pernah mengalami beli memori card dengan harga super murah. Saya masukkan HP dan pindahkan semua foto ke memori tesebut. Dalam hitungan jam, memori cardnya tidak bisa dibuka, otomatis foto-foto saya hilang semua. Memang duit saya bisa kembali setelah complain ke marketplacenya. Tapi, foto kenangan yang saya sudah ambil dari dulu pada akhirnya hilang semuanya.

  • 10 Agustus 2021 - (15:59 WIB)
    Permalink

    Ini dari jaman masih kuliah tahun 2008 udah ada modus seperti ini.. yang pasti beli di seller terpercaya, dan dengan harga yg masuk akal juga

  • 11 Agustus 2021 - (00:12 WIB)
    Permalink

    Kalau saya sih cukup 1x belanja di bukalapak,,langsung kapok..beli 3m doble tape yg lembaran ukuran 40cmx40cm (gbr seller) eh yg nyampe double tape roll ukuran 5mm.. Harga mah murah,,cuma ngenesnya…daripada bukalapak mending yg sebelah (yg warna ijo)..cm saran buat yg kasus di atas,,klo beli part PC or laptop,,termasuk HP lebih baik offline,,harga memang lbh mahal..tp barangnya langsung real dilihat sama mata. Kecuali beli perkakas elektronik or alat pertukangan or industri ga masalah online,.saya sering dan ga pernah ada masalah.

  • 11 Agustus 2021 - (15:24 WIB)
    Permalink

    ALHAMDULILLAH DAN TERIMAKASIH ATAS PERHATIAN DAN KEBIJAKAN PIHAK BUKALAPAK…
    Apresiasi saya berikan kepada pihak bukalapak, yang telah menindaklanjuti keluhan saya dan mengembalikan uang saya walaupun sebenarnya kesalahan lebih besar di saya…saya acungkan jempol untuk itu..
    Apresiasi dan rasa terimakasih yang sangat tinggi juga saya haturkan kepada mediakonsumen.com atas dimuatnya keluhan saya sehingga akhirnya ditanggapi dengan cukup baik oleh pihak Bukalapak, jujur saja mungkin kalau tidak dimuat disini belum tentu keluhan saya akan ditanggapi dengan serius oleh pihak BL.
    Sebagai rasa terimakasih saya, saya akan membeberkan apa yang sebenarnya terjadi, tak lama setelah dimuatnya keluhan saya di mediakonsumen.com..
    Tanggal 9 Agustus surat pembaca saya yg berjudul “Tertipu Beli Harddisk Eksternal Seagate “Aspal” dari Pelapak di Bukalapak dimuat di mediakonsumen.com
    besoknya, tgl 10 di tengah kesibukan saya dengan pekerjaan, sebuah panggilan masuk dari nomor yg tdk dikenal, awalnya karena kesibukan saya beberapa kali sempat menolak panggilan tersebut, saya pikir nanti saja kalo sy sudah agak santai saya akan terima..itu pun kalau panggilan tsb datang lagi..dan benar saja saat kesibukan menurun dan ada jeda, akhirnya panggilan dari nomor tak dikenal itu pun masuk dan saya terima..saya tidak menduga sebelumnya kalau panggilan itu berasal dari pihak BL. Inti dari pembicaraan di telpon itu adalah pihak BL meminta saya menghapus surat pembaca yang saya tulis karena pihak BL merasa mereka tidak bisa disalahkan dan uang sudah diteruskan ke pelapak karena transaksi sudah selesai (lewat 2×24 jam), namun saya menolak menghapus tulisan saya karena 2 hal:
    1. Saya tidak berharap uang saya kembali,niat saya menulis hanyalah memperingatkan orang lain agar tidak bernasib seperti saya dan mudah2an pihak BL dapat bertindak tegas dan tidak terkesan melakukan pembiaran terhadap pelapak nakal seperti akun Going going ini
    2. Saya jujur tidak tahu bagaimana caranya menghapus surat pembaca yg sudah dimuat..hehe
    AKHIRNYA stelah saya utarakan unek2 saya, entah kenapa pembicaraan kami terputus…pikir saya mungkin sengaja diputus tapi ngga apa2 toh saya sudah cukup tegas menjelaskan pendirian saya.
    Esoknya, yaitu hari ini, nomor telpon pihak BL masuk lagi, saya pikir mau apa lagi nih BL, belom kapok saya marahin apa?..satu kali dua kali saya reject krn msh sibuk, cukup lama berselang, panggilan itu masuk lagi dan saya terima..Yang isinya pihak BL berencana mengembalikan uang saya penuh, tentu saja itu diluar ekspektasi saya ya, karena saya yang salah juga kurang teliti saat membeli, saya waktu itu cuma berharap BL menertibkan pelapak nakal yang telah menipu saya dan orang lain, agar tidak bertambah korban lain lagi.
    Tentu saja dangan ini saya sebagai pelanggan BL merasa beerterimakasih karena ternyata pihak BL bersikap BIJAK dalam hal ini, tidak kaku dengan peraturan yang dibuatnya, berpihak kepada konsumen yang terdzalimi..dan sebagai tambahan ternyata lapak GOING GOING yang telah menipu saya dan yang lain, sudah tidak bisa diakses halamannya dan tertulis disana lapak tutup. mudah2an bukan cuma akal2an saja..
    SS SALDO DANA SETELAH UANG DIKEMBALIKAN

  • 12 Agustus 2021 - (18:18 WIB)
    Permalink

    Belakangan ini Bukalapak emang lagi sering bantai akun2 ngaco,.. ditambah lagi laporan dari customer sendiri… berhubung persaingan semakin ketat,.. Servis mesti ditingkatkan..good job lah

 Apa Komentar Anda mengenai pengalaman ini?

Ada 25 komentar sampai saat ini..

Tertipu Beli Harddisk Eksternal Seagate “Aspal” dari Pelap…

oleh Reza dibaca dalam: 2 menit
25