Smartfren Memberikan Syarat dan Ketentuan Tambahan yang Tidak Tertulis

Perkenalkan, saya Muswaddi. Saya adalah salah satu pelanggan Smartfren, dengan data yang terdaftar atas nama istri saya. Nomor telepon: 088899676**, atas nama: Susilawati. Saya memilki kartu ini sebagai benefit dari pembelian smartphone Samsung, dimana pihak Smatrfren dengan Samsung sudah bekerja sama. Benefit diberikan ke pelanggan yakni terdapat perdana Smartfren dalam box setiap pembelian handphone Samsung.

Produk Smartfren tersebut tertera pada box handphone Samsung dengan informasi “GRATIS KARTU PERDANA SMARTFREN TOTAL BONUS KUOTA 408 GB SELAMA 2 TAHUN”. Wow bukan benefitnya?!

Singkat cerita, setelah saya bukan packaging kartu perdana tersebut, ternyata ada informasi di dalamnya bahwa “BONUS KUOTA 408 GB SELAMA 2 TAHUN” dibagi setiap bulannya dengan rincian “BONUS KUOTA 17 GB/BULAN”. Dengan pembagian: Kuota Utama 2 GB, Kuota CHAT GB & Kuota MALAM 10GB. Benefit yang sudah dibagi tersebut ada ketentuan lagi, dimana untuk mendapatkannya harus mengisi pulsa 50 ribu rupiah setiap bulannya dan pulsa tetap utuh. Sampai di sini S&K sudah tertera dan jelas.

Karena saya ingin memanfaatkan benefit tersebut, akhirnya saya isi pulsa 50 ribu, tapi ternyata benefit “BONUS KUOTA 17 GB /bulan” tidak ada, alias tidak masuk. Akhirnya saya menghubungi CS Live Chat Smartfren melalui aplikasi MySmartfren dan dibantu oleh agen CS bernama Agung.

Saya jelaskan kendala saya dan dengan santai dijawab oleh Agung, bahwa benefit tersebut tidak didapatkan karena tanggal registrasi pertama kali ke tanggal pengisian pulsa sudah lebih dari 3 hari.

Saya sangat kaget mendengar penjelasan tersebut, karena S&K tersebut tidak ada sama sekali tertera pada packaging, baik di dalam maupun di luarnya. TIDAK ADA SAMA SEKALI, BAGAIKAN BELI KUCING DALAM KARUNG. Hal tersebut sudah melenceng dari Undang-Undang Nomor 8 Tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen Pasal 5 ayat (1), Pasal 21 ayat (1), Pasal 27 , dan Pasal 33, di antaranya: Hak menerima kebenaran atas segala informasi pasti.

Kemudian si agen CS tersebut menginformasikan bahwa mereka sudah benar dan menyarankan saya lapor ke pihak Samsung atau tempat membeli HP (konter/penjual). Keren bukan saran agennya? Sudah jelas-jelas saya mengeluhkan kendala terkait produk mereka, malah menyarankan lapor ke Samsung atau ke tempat membeli HP.

Sudah jelas-jelas masalahnya di S&K-nya tidak ada sama sekali keterangan bahwa untuk benefit tersebut dengan syarat harus melakukan pengisian pulsa jangan melebihi 3 hari dari tanggal registrasi perdana. Saya tegaskan, tidak ada sama sekali!

Kesimpulannya:

  1. Pihak Smarfren lepas tangan atas keluhan saya, tidak mau melayani keluhan saya, karena mereka merasa sudah benar.
  2. Jelas-jelas produk mereka yang saya keluhkan, malahan disuruh lapor ke Samsung atau tempat membeli HP (konter/penjual), sedangkan di produk mereka tidak tertera S&Knya sama sekali.

Besar harapan saya pihak Smartfren menanggapi keluhan saya ini.

Terima kasih.

Muswaddi
Tangerang Selatan, Banten

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai Smartfren:
[Total:20    Rata-Rata: 2.4/5]
Tanggapan Smartfren Terhadap Surat Bapak Muswaddi

Yth. Redaksi Surat Pembaca MediaKonsumen.com Sehubungan dengan keluhan dari Bapak Muswaddi di MediaKonsumen.com pada 4 September 2021 di kolom Surat...
Baca Selengkapnya

12 komentar untuk “Smartfren Memberikan Syarat dan Ketentuan Tambahan yang Tidak Tertulis

    • 4 September 2021 - (09:42 WIB)
      Permalink

      Yg dagang siapa, yang suruh jawab komplain siapa. Makanya kalau dagang yg jelas syarat & ketentuan. Supaya clear untuk semua tipe & karakter calon konsumen.

      • 4 September 2021 - (19:05 WIB)
        Permalink

        Lucu bukan ,
        Ibarat kan kita kritis udah di runah sakit ,mqlah di suruh ke kantor camat šŸ˜„

    • 4 September 2021 - (12:58 WIB)
      Permalink

      Kalimat paling ampuh kataĀ² itu,,keluhan pelanggan dianggap hanya sepelešŸ˜„šŸ˜„

  • 4 September 2021 - (09:22 WIB)
    Permalink

    Sy sih paham2 ajaa.. Udah pernah bundling sm Redmi jg begitu.. 360G yg isinya Zonk.. Tapi akhirnya y tetap diaktifkan udah masuk2 data2 shg teraktivasi.. Sy kira sama ajaa bisnis itu masak modal 50rb kita dpt paket seharga 500rb.. Malas ngurusnya toh smartfren bukan paket no utama jg.. Logika sy kalo sy kehilangan 500rb bener2 dikejar, intinya sih gk perlu terlalu dikejar..

  • 4 September 2021 - (14:31 WIB)
    Permalink

    SEMOGA MENJADI PELAJARAN BAGI KITA SEMUA, BAHWA JANJI-JANJI MANIS OPERATOR TIDAK SESUAI DENGAN REALITAS

  • 4 September 2021 - (15:55 WIB)
    Permalink

    Wah, kalau sampai ada persyaratan harus diaktifkan 3 hari setelah pembelian sih kebangetan. Itu artinya Smartfren tidak serius dalam memberikan promosi.

    Saya juga sering mendapatkan SIM card dari pembelian HP, tapi tidak pernah saya pakai walaupun ada keterangan bonusnya, karena memang pasti ada berbagai syarat di belakangnya.

    • 4 September 2021 - (19:09 WIB)
      Permalink

      Setiap promo apapun ataupun benefitĀ² sejenisnya ratĀ² yang deberikan kepelanggan itu memang memiliki syrat dan ketentuan,itu sudah hak mereka
      tapi S&K harus tertulis ,jika ada pelanggan yang tidak mendapatlan karena tidak memenuhi S&K yang sudah tertulis,itu salah pelanggan gak baca S&K nya

      Kalau kasus ini memang S&K nya tidak ada sama sekali

    • 4 September 2021 - (22:42 WIB)
      Permalink

      Provider lain juga sama untuk produk bundling. Pastinya diiming-imingi kuota besar untuk satu tahun dibagi per bulan tiap isi pulsa dengan minimal nominal tertentu. Biasanya kalau diisi pun hasilnya zonk. Ga pernah dapet apaĀ². Cuma pemanis dus hp nya aja sih itu biar cepet laku.
      Biasakan tanya dulu ke cs provider bersangkutan sebelum di topup daripada menyesal kemudian

 Apa Komentar Anda mengenai Smartfren?

Ada 12 komentar sampai saat ini..

Smartfren Memberikan Syarat dan Ketentuan Tambahan yang Tidak Tertulisā€¦

oleh Muswaddi M dibaca dalam: 2 menit
12