Lambatnya Layanan Pendaftaran Merchant Shopee Food

Kami adalah calon pendaftar merchant Shopee Food dengan nama merchant: Gardu Sate Rembiga. Awalnya kami memutuskan untuk mendaftar menjadi merchant di Shopee Food, karena kami berpikir bahwa Shopee adalah salah satu marketplace besar dengan jumlah pengguna yang tidak sedikit dan berharap penjualan warung makan kami akan meningkat dengan menjadi mitra Shopee Food.

Pendaftaran pertama kali kami lakukan sejak Mei 2021 dengan kronologi sbb:

Saya melakukan pendaftaran online di bulan Mei 2021 dan mendapatkan email balasan dari staf Shopee a.n Siti Aminah tertanggal 26 Mei 2021, yang berisi mengenai ketentuan menjadi merchant Shopee Food dan meminta kami untuk melanjutkan proses pendaftaran dengan cara mengisi form berikut:

-Form Registrasi.
-Form PKS (Perjanjian Kerja Sama).
-Merchant Registration Info (info outlet, list menu, harga produk dan dikirim dalam format Excel).
-Form produk/menu minimal 3.
-Foto KTP.
-Foto halaman depan buku tabungan yang namanya sesuai KTP.

Setelah kami mengisi form-form tsb, kami diminta mengirim semua soft copy-nya by email dan semua hard copy-nya dikirim ke Shopee Indonesia UP Siti Aminah di Gedung Sopo Del Tower Lt. 15 daerah Kuningan (alamat lengkap saya simpan).

Tanggal 29 Juli 2021, kami mendapatkan email balasan dari Siti Aminah yang menyebutkan bahwa semua dokumen telah diterima dan sudah diteruskan ke tim sales untuk proses registrasi ke sistem.
Infonya. Sales yang akan membantu kami adalah Bapak Stevenson dan di dalam email tersebut juga ditulis nomor HP Bapak Stevenson guna keperluan komunikasi antara calon merchant dengan sales terkait.

Karena tidak ada kabar, pada tanggal 4 Agustus 2021, kami berinisiatif untuk menghubungi bapak Stevenson ke nomor HP yang tercantum guna menanyakan progress pendaftaran kami dan dijawab oleh ybs bahwa emailnya ternyata masuk ke spam sehingga tidak terbaca.

Singkat kata, beliau meminta kami untuk mengisi dan mengirim ulang via WA Form Pendaftaran Merchant dan Form Menu untuk diproses ulang. Infonya, kami harus menunggu selama 2 mingguan untuk review data.

Setelah menunggu selama 2 mingguan dan tetap tidak ada kabar, tanggal 19 Agustus 2021, kami WA pak Stevenson lagi menanyakan progress-nya dan hanya dijawab bahwa saat ini sedang dikerjakan oleh tim sales yang pegang kecamatan tempat warung makan saya berada. Kami menayakan lagi bagaimana cara kami tahu bahwa warung makan kami sudah terdaftar tapi tetap beliau tidak merespon.

Tiba-tiba, tanggal 25 Agustus 2021, kami terima email dari Merchant Self Registration Shopee Food yang berisi mengenai ketentuan menjadi merchant Shopeefood dan meminta kami untuk melanjutkan proses pendaftaran dengan cara mengulang dari awal mengisi form berikut:

-Form Registrasi.
-Form PKS (Perjanjian Kerja Sama).
-Merchant Registration Info (info outlet, list menu, harga produk dan dikirim dalam format Excel).
-Form produk/menu minimal 3.
-Foto KTP.
-Foto halaman depan buku tabungan yang namanya sesuai KTP.

Kami menolak dengan alasan sudah pernah mengisi dan mengirim hard copy-nya ke Sopo Del Tower, dan akhirnya kami hanya diminta untuk mengirim soft copy foto KTP, Foto Menu dan Data buku tabungan halaman depan via email.

Karena kami merasa tidak nyaman diminta data pribadi berkali-kali, kami memutuskan untuk menelpon Call Center Shopee di 1500702 tertanggal 1 September 2021 jam 19.32 WIB dan diterima oleh Sofi. Kami hanya dikonfirmasi bahwa data sudah diterima dan akan diproses. Lagi, kami diminta menunggu 5 hari kerja dan akan dihubungi oleh pihak Shopee secepatnya, dimana lagi-lagi sampai dengan saat ini tetap tidak ada kabar.

Sungguh mengherankan, bagaimana bisa hanya mendaftar merchant Shopee Food saja membutuhkan waktu berbulan-bulan dan selalu diminta mengisi form dan mengirim data pribadi berulang kali? Apakah staf Shopee terbiasa menyepelekan data calon merchant dan tidak menjaga kerahasiaan data pribadi calon merchant? Tim sales-nya pun terkesan lepas tangan, tidak profesional dan tidak memberi update info apa-apa.

Sungguh jauh berbeda dengan pendaftaran merchant di marketplace lain yang cepat, profesional dan tidak meminta untuk isi data berulang kali seperti ini. Atau apakah kami hanya membuka warung makan kecil sehingga tidak perlu ditangani secara profesional??

Erika Kusuma
Tangerang Selatan, Banten

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai Shopee Food:
[Total:12    Rata-Rata: 2.4/5]

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

12 komentar untuk “Lambatnya Layanan Pendaftaran Merchant Shopee Food

  • 17 September 2021 - (16:24 WIB)
    Permalink

    Iya bener sekali memang apa yg diungkapkan… bahkan saya jg melakukan pendaftaran merchant baru shopeefood dr bln april 2021 sampai skrg blm aktif jg. Kronologinya sama persis dgn ini. Pendaftaran merchant Traveloka eats pun sama lama nya

  • 17 September 2021 - (17:08 WIB)
    Permalink

    sebetulnya kalau mengikuti alur yang tepat pendaftaran merchant untuk beberapa aplikator bisa dilakukan dengan mudah . alur yang umum biasanya pendaftaran melalui link resmi apabila tidak ada sales , setelah melakukan pendaftaran melalui link resmi biasanya tidak lama akan langsung ada email balasan dari aplikator untuk melakukan proses selanjutnya seperti mengirimkan data usaha, nomor rek dll setelah itu tidak lama langsung aktif .
    Pendaftaran Gofood, Grabfood, Shopee , Maxim Food rata rata 1-2 hari langsung aktif tergantung kouta resto yang .
    nah apabila dapat kendala saat pendaftaran disarankan untuk menggunakan nomor dan email baru yang belum pernah terdaftar di aplikator untuk pendaftaran agar langsung diproses.
    opsi terakhir bila masih tidak hoki dalam proses pendaftaran secara online bisa langsung datang ke kantor terdekat dengan membawa persyaratan yang sudah disiapkan biar tidak bolak balik, prosesnya juga tidak seharian dan malah langsung aktif ditempat.

    *alasan aplikator sukar untuk acc karena banyaknya resto yang bodong alias palsu sehingga aplikator pun harus mempertimbangkan dalam penerimaan mitra baru

    • 17 September 2021 - (17:36 WIB)
      Permalink

      @sandi Koq mau daftar merchant aza pakai ada unsur hoki segala mas? Emangnya lg main togel?

      2
      1
  • 17 September 2021 - (17:14 WIB)
    Permalink

    Di kota saya juga, beberapa warung langgananku pernah saya tanyai, kok blm ada di shopee food ya, katanya sih sudh daftar lama tp belum disetujui. Tp anehnya warung yg cuma jualan dirumah, tidak ada yg tau malah sudah disetujui. Bahkan warung yg hanya jual es teh dan es jeruk tok malah di setujui. Aneh. Tp warung sudah lama jualan, sudah terkenal, malah sulit disetujui. Mungkin perlu verifikasi lapangan yg lama kali ya.

  • 17 September 2021 - (18:21 WIB)
    Permalink

    Saya kasusnya sama saya, saya 2 resto dalam 1 alamat. 1 sukses 1 belum

    Saya daftar juga waktu bulan mei, resto 1 nya kmrn saya followup lagi ternyata ada kekurangan menu

    Seles shopeee tiap kota itu hanya membantu pengajuan ke kantor pusat, nanti untuk acc nya tetap karyawan di kantor pusat. Menurut pengalaman antar resto di kota saya biasanya per tiap bulan pengajuan tetap followup ke pihak seles jadi seles ini bisa langsung memantau perkembangannya biasanya 1-2 HK. Tapi kalau via online lebih lama

  • 17 September 2021 - (23:18 WIB)
    Permalink

    Pengalaman saya sih didatengin sales sebelum launching Shopeefood di SBY, kira2 sebulan sebelum launching. Sebelumnya dia wa, dia dapat nomer hp saya juga tidak tahu dari mana. Dan salesnya cuma minta foto KTP dan buku tabungan, untuk menu mereka copy paste dari GoFood.
    Sepertinya mereka liat dari aplikasi GoFood resto mana aja yang laku, trus itu yang diutamakan. Masih baru aplikasi ShopeeFood mungkin mereka belum bisa handle semua request,mereka prioritaskan yang resto rame dulu.
    Aplikasi ShopeePartner juga masih basic banget dibanding yang lain, tidak bisa rubah menu dan harga, tidak bisa batalkan pesanan dll. Bisa dilihat dari situ kalau mereka sebenarnya belum siap untuk terjun ke bisnis food delivery. Begitu pengalaman saya.

    • 18 September 2021 - (12:11 WIB)
      Permalink

      Bayar ke siapa gan ? Iya cuma seminggu normalnya..
      Kalau saya dulu malah dapat insentif dari GoFood, 250rb. Itu ditransfer pas dengan aktifnya akun resto saya di ShopeeFood. Jadi saya pikir itu bentuk kerjasama ShopeeFood dan GoFood.

          • 18 September 2021 - (12:55 WIB)
            Permalink

            Buktinya masih seperti itu.
            Kita daftar langsung via sales,
            Ya gitu2 aja disuruh sabar data banyak yang antri , sampe berbulan2.
            Ketika kita mas nanti tak kasih 300 kalau sudah jadi.
            Eh gak sampe seminggu jadi

    • 23 September 2021 - (20:59 WIB)
      Permalink

      Gan, bisa saya japri kemana gan? Soalnya tempat saya sejak Mei 2021 gak ada kelanjutan.
      Mau tanya bayarnya ke siapa? Saya Surabaya juga.

 Apa Komentar Anda mengenai Shopee Food?

Ada 12 komentar sampai saat ini..

Lambatnya Layanan Pendaftaran Merchant Shopee Food

oleh Erika Kusuma dibaca dalam: 2 menit
12