Surat Pembaca

Shopee Menerima Pengajuan Pengembalian Dana/Barang, Tanpa Ada Bukti Video Unboxing dari Pembeli

Saya selaku penjual di Shopee merasa kecewa, karena ada pembeli yang mengajukan pengembalian barang/dana, karena barang yang diterima tidak bersegel. Padahal sebelum kirim, saya sudah chat ke customer kalau saya hanya ada stok 1 pcs dan saya kirimkan real picture-nya.

Barang dalam keadaan mulus dan bersegel. Untuk packing pun sudah saya packing lapis 2 bubble wrap dan distikerin lakban fragile. Pengiriman pun tak jauh (Depok – Bandung). Namun customer hanya memberi foto paket dan kardus susu yang ada goresan seperti gunting/pisau dan kardus dalam kondisi tidak bersegel.

Saya sebagai seller menanyakan bagaimana unboxing paketnya karena ada goresan, tapi malah customer yang tersinggung saya menuduh dia tidak hati-hati. Saat diminta video unboxing, dia tidak mau memberi.

Saya pun follow up ke CS Shopee, kalau ada customer yang pengajuan pengembalian barang tanpa disertai bukti yang kuat. Maksud saya agar tim Shopee pay attention lebih pada kasus saya. Alangkah terkejutnya saya, ternyata malam harinya saat saya cek, Shopee menyetujui pengajuan pengembalian, dengan alasan ada bukti. Padahal tidak ada sama sekali bukti kuat.

Ketika saya jadi pembeli saya mengajukan pengembalian barang pun, tim Shopee meminta bukti unboxing untuk di-upload, kenapa tidak memperlakukan hal yang sama kepada customer saya? Apa karena saya seller biasa yang hanya menyumbang 1.6% dari penjualan? Berbeda dengan star seller?
Apa saya tidak boleh suudzon kalau customer kasar dalam membuka paket? Tidak boleh suudzon itu akun bodong? Karena saya lihat akun tidak ada penilaian sebelumnya.

Nominalnya sangat kecil, hanya Rp90.000, tapi yang saya bela adalah reputasi toko. Rating toko saya 5 dan tidak ada riwayat pengembalian barang sebelumnya. Mohon Shopee menanggapi dan memberikan moderator yang berkompeten, jeli dan cerdas, agar tidak ada celah penipuan.

Zelika Aprilia
Depok, Jawa Barat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan

Belum Ada Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pihak yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Komentar

  • Ya ampun ka, sama banget dengan saya yang baru mengalami hal seperti kaka diatas, rasanya sedih banget, langsung lemes karna pembeli tidak menghubungi saya (penjual) dulu saat barang yang diterimakan nya tidak sesuai, uang 140rb itu ya besar 😭