Shopee Menerima Pengajuan Pengembalian Dana/Barang, Tanpa Ada Bukti Video Unboxing dari Pembeli

Saya selaku penjual di Shopee merasa kecewa, karena ada pembeli yang mengajukan pengembalian barang/dana, karena barang yang diterima tidak bersegel. Padahal sebelum kirim, saya sudah chat ke customer kalau saya hanya ada stok 1 pcs dan saya kirimkan real picture-nya.

Barang dalam keadaan mulus dan bersegel. Untuk packing pun sudah saya packing lapis 2 bubble wrap dan distikerin lakban fragile. Pengiriman pun tak jauh (Depok – Bandung). Namun customer hanya memberi foto paket dan kardus susu yang ada goresan seperti gunting/pisau dan kardus dalam kondisi tidak bersegel.

Saya sebagai seller menanyakan bagaimana unboxing paketnya karena ada goresan, tapi malah customer yang tersinggung saya menuduh dia tidak hati-hati. Saat diminta video unboxing, dia tidak mau memberi.

Saya pun follow up ke CS Shopee, kalau ada customer yang pengajuan pengembalian barang tanpa disertai bukti yang kuat. Maksud saya agar tim Shopee pay attention lebih pada kasus saya. Alangkah terkejutnya saya, ternyata malam harinya saat saya cek, Shopee menyetujui pengajuan pengembalian, dengan alasan ada bukti. Padahal tidak ada sama sekali bukti kuat.

Ketika saya jadi pembeli saya mengajukan pengembalian barang pun, tim Shopee meminta bukti unboxing untuk di-upload, kenapa tidak memperlakukan hal yang sama kepada customer saya? Apa karena saya seller biasa yang hanya menyumbang 1.6% dari penjualan? Berbeda dengan star seller?
Apa saya tidak boleh suudzon kalau customer kasar dalam membuka paket? Tidak boleh suudzon itu akun bodong? Karena saya lihat akun tidak ada penilaian sebelumnya.

Nominalnya sangat kecil, hanya Rp90.000, tapi yang saya bela adalah reputasi toko. Rating toko saya 5 dan tidak ada riwayat pengembalian barang sebelumnya. Mohon Shopee menanggapi dan memberikan moderator yang berkompeten, jeli dan cerdas, agar tidak ada celah penipuan.

Zelika Aprilia
Depok, Jawa Barat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai Pusat Resolusi Shopee:
[Total:100    Rata-Rata: 2.1/5]

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

19 komentar untuk “Shopee Menerima Pengajuan Pengembalian Dana/Barang, Tanpa Ada Bukti Video Unboxing dari Pembeli

  • 18 September 2021 - (14:17 WIB)
    Permalink

    Segel kemasan susu seperti itu terkadang memang gampang jeboL. Karena tertekan. Mungkin jeboLnya tidak sampai terbuka semua seperti itu, namun agar bisa mengajukan pengembalian, pembeli sengaja membuat Jebolan seluruh segel.

    Semoga Penjual mendapat pengganti rejeki yang lebih baik.

    4
    2
    • 18 September 2021 - (21:57 WIB)
      Permalink

      kemarin tim associate dari shopee menghubungi saya, dia bilang bahwa tidak salah dalam pengemasan / ekspedisi karena kardus bagian lain mulus, yang rusak hanya segel (yang terlihat rusaknya memang sengaja dibuka) lalu pihak shopee awalnya menawarkan kompensasi yang katanya “win win solution” berupa saldo iklan 50 ribu, lalu saya tolak dengan tegas, win win solution dari mana, saya sudah kirim barang mulus, bersegel, kembali barang rusak ga bisa dijual kembali, sedihnya shopee tidak mempertimbangkan bukti dari pembeli, padahal saya punya bukti jelas sebelum kirim sudah ada foto ke customer sedangkan pembeli tidak ada bukti jelas berupa video unboxing. Makanya saya heran kenapa shopee sudah paham itu segel terbuka halus disengaja bukan rusak di pengiriman tapi tidak berpihak pada seller yang sudah ada bukti kirim barang mulus bersegel. Dari tim shopee juga tidak melihat reputasi toko saya, saya dari 71 pesanan semua rating bintang 5, tidak ada riwayat pengembalian dana/barang sebelumnya, apa mungkin saya menjual barang yg rusak seharga 90000 lalu mengorbankan reputasi toko saya. Sedangkan customer saya cek akunnya tidak ada penilaian dari pembeli, padahal cust bilang sudah sering melakukan pembelian online.

      • 19 September 2021 - (23:54 WIB)
        Permalink

        kayaknya seller juga harus biki video boxing deh. nggak fair juga rasanya kalau seller minta video unboxing sementara dia cm ngirimn foto. dan itu juga bisa jadi bukti kuat juga buat seller ketika ada komplenan.

        • 20 September 2021 - (03:27 WIB)
          Permalink

          iya kak ini kedepan memang saya akan buat, ya tapi menurut saya memang harusnya unboxing dari pembeli yg paling penting, di surat pembaca lainnya yang termuat di media konsumen jg ada penjual yg sudah menyertakan video pengemasan tetap saja tidak di menangkan oleh shopee, dan menurut saya kalau seller kecil seperti saya, oke lah pesanan tidak banyak jadi bisa membuat video pengemasan,tapi apabila penjual star seller atau seller yang pesanan sampe ratusan atau ribuan perharinya apa sempat membuat video pengemasan satu2 ? sepertinya mereka akan tidak sempat karena memerlukan waktu lebih lama lagi, nanti pengemasan mundur sedikit akan di complain customer. Untuk kasus saya saja, customer tsb CO jam 22.00 malam sudah “ribut” untuk segera barang dikirim, pagi harinya pun di chat kembali untuk segera kirim. Dan perlu berapa memori hp/kamera untuk menyimpan video pengemasan untuk tiap pesanan? . Ya sebenarnya tetap bukti yg paling valid ya bukti penerimaan dari customer, karena seller jikapun ada videopun pasti customer tetap berkelit “buat apa saya merusak barang” dan lagi2 penjual tidak akan menang.

  • 18 September 2021 - (16:04 WIB)
    Permalink

    Cs shopee pada harus diganti, banyak yg gak mau repot dan ambil keputusan seenaknya..

    9
    1
    • 18 September 2021 - (21:58 WIB)
      Permalink

      iya kak seharusnya tim moderator harus jeli dan pintar karena pengembalian dana/barang sangat rawan kecurangan entah dari seller/buyer.

  • 18 September 2021 - (17:43 WIB)
    Permalink

    Shopee dulu ga gini amat pak. Berubah beberapa bulan terakhir. Entah perekrutan tim validasi komplain nya jadi turun standar kualifikasi nya atau bgmn. Kalau skr emang parah betul.

    Kalau sekarang Input / concern / bukti dari seller ga pernah dilihat. Jadi ngapain ada tombol “ajukan banding”. Mending di hapus aja.

    • 18 September 2021 - (20:35 WIB)
      Permalink

      cuma cerita aja. beberapa minggu lalu membeli sepasang earphone dari salah satu toko official yang berembel-embel shopee mall. Pengemasan sampai 4 hari, alasan ppkm. walau sempat mengajukan pembatalan, namun ditolak, tapi akhirnya tetap dikirim. saat produk tiba, produknya cacat, Suara mati sebelah, kabel meleleh , Jack audio 3.5mmhnya jamuran (kesel ga?, ya kesel dong). pada saat itu juga, aku Langsung hubungi toko via chat dan langsung mengajukan pembatalan. beberapa hari kemudian aku menerima telpon dari call center shopee, bertanya apakah ada video unboxingnya ga, kubilang ga kepikiran mau buat video unboxing segala(gitu doang terus sambil ada suara perempuan ketawa ketawa dibelakang, ga jelas banget call centernya, kaya bocah SMA). karena kupikir toko official sudah semestinya mengecek produknya dahulu sebelum dikirim makanya aku ga bikin video unboxing. pengemasan lebih dari 3 hari tanpa konfirmasi, ketika sampai barang rusak, haduh. dan sampai sekarang proses pengembalian dana masih aku tunggu.

      • 19 September 2021 - (09:46 WIB)
        Permalink

        nah kan, kakak yg ajukan pengembalian ke lapak shopee mall saja di minta bukti unboxing oleh tim, sedangkan saya seller kecil malah customer saya tidak dimintai video unboxing. semoga segera di proses ya kak pengembalian dananya

    • 18 September 2021 - (22:05 WIB)
      Permalink

      iya betul kak, saya baca2 di surat media konsumen mulai awal 2021 mulai kacau seperti ini. Dulu di tengah tahun 2020, saya sebagai pembeli saat mengajukan pengembalian barang pun mediator shopee suruh saya upload bukti unboxing, itupun banyak aturannya seperti video harus jelas terlihat label pengirimannya, video harus memperlihatkan semua sisi sebelum dibuka, video juga harus jelas saat membuka barang, tapi saat saya jadi penjual malah pembeli yang mengajukan pengembalian tidak perlu menyertakan bukti unboxing. entah kenapa perlakuan beda seperti itu, apa saya hanya seller kecil, sedangkan dulu saat saya jadi pembeli, saya mengajukan pengembalian barang ke star seller

  • 18 September 2021 - (19:43 WIB)
    Permalink

    CS Shopee ilmunya tingkat dewa , kita manusia gak bakalan paham ….. Saya sdh lama unistall shopee, dulu saya seller shopee dan sangat kecewa dengan keputusan resolusi shopee sama seperti anda. Jadi Seller, untung gak seberapa kena klaim malah rugi …. Ujungnya cuma kerja bakti atau malah rugi jualan di shopee….
    Saran saya lebih baik jualan di ecom buatan anak negeri sendiri ….

    5
    1
    • 18 September 2021 - (22:16 WIB)
      Permalink

      iya betul kak, shopee sekarang hanya melihat pembeli, ya kalau pembeli ada bukti yg kuat saya jg ga masalah, si pembeli hanya bermodal kata2 “buat apa saya merusak barang”, tapi tidak bisa menunjukan bukti sama sekali.
      betul kak. saya jg lebih suka di toko ijo, CS nya respon cepat, melihat bukti dari kedua belah pihak dan jelas kedua belah pihak harus kasih video unboxing.
      shopee mulai meresahkan sudah biaya admin
      tinggi, tapi saat ada masalah begini tidak melihat seller.

  • 18 September 2021 - (20:18 WIB)
    Permalink

    Susu itu produk umum yang bisa dibeli di minimarket terdekat. Jadi kalo ada yg mau repot beli online, patut dicurigai. Siapa tau kotak susunya bekas punya dia, tinggal nuduh kotak susu dari seller yg rusak

    • 18 September 2021 - (22:10 WIB)
      Permalink

      iya kak, saya awal2 beli susu untuk anak saya juga anti online, tapi kadang langka susu anak saya jadi terkadang beli online, saya sadar apabila beli di online pasti ada resiko, seperti kemasan rusak, penyok dll, asal tidak expired, nomer batch antara kemasan kardus dan yg di kemasan susu sama, kalau mau beli mulus ya beli di supermarket, tentu harganya jauh lebih mahal.

  • 19 September 2021 - (08:18 WIB)
    Permalink

    Saya sarankan sudah jangan jualan di Shopee, tim bagian penyelesaian masalahnya seperti bukan orang berpendidikan, tidak ada pedoman penggunaan akal sehat, mungkin mereka asal rekrut saja.

  • 21 September 2021 - (21:21 WIB)
    Permalink

    update : tanggal 21 september tim shopee telah mengembalikan dana seharga produk sebagai kompensasi penjual. Sebelumnya ditawarkan penganggantian dana berupa saldo iklan 50000 tapi saya menolak karena saya tidak salah disini, lalu baru ditawarkan win2 solution tim
    shopee mengganti sebesar harga produk.
    Terima kasih untuk teman2 yang merespon surat saya, untuk teman2 yang mengalami kasus serupa, bisa terus ya hubungi cs berkali2 agar mereka jg terus follow up. Untuk tim shopee semoga menjadikan pembelajaran untuk merekrut tim moderator yang berkompeten dan kedepannya bisa menengahi masalah dengan baik.

    • 25 September 2021 - (08:04 WIB)
      Permalink

      bisa ajukan banding ya kak saat diskusi pengembalian barang, trs hubungi CS kak, kemarin saya juga ngotot2an dengan CS kak, kalau sekarang untuk antisipasi ya saya buat video packingnya.

 Apa Komentar Anda mengenai Pusat Resolusi Shopee?

Ada 19 komentar sampai saat ini..

Shopee Menerima Pengajuan Pengembalian Dana/Barang, Tanpa Ada Bukti Vi…

oleh zea prili dibaca dalam: 1 menit
19