Baru Tuntas Dua Masalah Muncul Masalah Lain. Ada Apa dengan Pelayanan Indihome?

Kepada Yth. Direktur Teknologi Informasi PT. Telkom Indonesia

Dengan hormat,

Saya pelanggan Telkom dengan no. layanan 111726371251. Saya sangat tidak nyaman dengan kronologis “gangguan” yang menurut saya dramatis sekali. Masalah demi masalah terjadi dalam kurun waktu tidak sampai 10 hari. Mulai dari “error system/dissolved di My Indihome mengenai perbedaan/salah alamat yang masih on status di aplikasi atau tetap belum selesai/belum ada perubahan pada aplikasi my Indihome. Meski di sistem depan layar petugas 147/Plasa Telkom atau siapalah di tempat melaporkan dinyatakan alamat sudah berubah/berganti (entah 8/6/5/4/3/2 bulan bahkan seminggu yang lalu disampaikan problemnya).

Sebagai konsumen kami tidak paham, apakah ini bagian ketidakcakapan pelayanan atau aplikasinya yang tidak sempurna. Kemudian sempat miskomunikasi, miskoordinasi di dalam Telkom sendiri terkait “nilai tagihan gantung” yang sebenarnya sudah selesai dan memang sudah selesai saat pembayaran menjadi “telat” dari kebiasaan tanggal pelunasan di bulan-bulan sebelumnya saat LUNAS dibayarkan pada tanggal 15 September yang lalu.

Hal ini kemudian berimplikasi pada reward/loyalty free minipack (yang ini pun ada dua istilah atau istilah lain termasuk syarat dan ketentuan antara yang tercantum di website di alamat https://indihome.co.id/promo-minipack-tagihan dengan penjelasan yang disampaikan oleh 147/customer care medsos Indihome) ikut-ikutan “telat/trouble”. Bahkan sempat ada episode telepon mati 2 hari sehingga tidak bisa “progress” menghubungi 147. Sampai akhirnya telepon dan loyalty program dapat diselesaikan pada hari yang sama.

Daaaan … Baru saja 2 hari menikmati paket loyalty, eh .. useeTv selama 2 hari belakangan ini “setia dengan status” STB UseeTV gagal mendapatkan IP (kode error:1302), meski 2 hari ini lapor 2 kali ke 147 (satu layanan berbahasa Indonesia bahkan satu layanan berbahasa Inggris malah. Pastinya untung masih bisa pakai telpon untuk menghubungi 147 😎🤓).

Selesaikah ??? 🤔 Terakhir hanya dapat telepon menjelang tengah malam dan WA message yang hanya konfirmasi “Laporan gangguan sudah terbit nomornya …” dengan solusi akhir layanan useeTV tetap tidak bisa dinikmati menjelang hari ketiga.

Kesimpulan loyalty paketnya, gratisnya seharusnya 5 hari, errornya bisa 3 hari ini (mohon maaf) dibilang “prank” nanti salah. Namun setidaknya sebagai pelanggan yang belajar memahami Indihome tetap berterima kasih atas upaya Telkom belajar dalam memberikan apresiasi dan menanggapi layanan terhadap pelanggan sejauh ini.

Dengan kata lain pesan kami sebagai pelanggan,” jika belum mampu memperbaiki layanan/optimalisasi layanan, nantilah beranjak memberikan apresiasi atau cukuplah yang biasa saja/sesuai kemampuan atau mempertahankan standar layanan (capability), sehingga tidak perlu menambah keluhan/kekecewaan pelanggan yang rentan berujung pada kesan dikelabui/main-main/prank di mata konsumen atas bentuk/program/inovasi baru yang ditawarkan.

Sehingga kesimpulannya hal ini dapat disesuaikan penyesuaian/kewajaran tarif, korelasinya tarif mahal layanan buruk sama saja dengan dapat bonus/loyalty malah tidak dapat menikmati sama sekali layanan reguler”

Terakhir, Saya berterima kasih kepada media konsumen yang menjadi bagian instrumen komunikasi bagi konsumen. Melalui media konsumen, Telkom/Indihome menjadi selangkah lebih cepat/tanggap dalam melayani pelanggan dan ke depannya kami berharap seharusnya Telkom juga dapat lebih cepat/tanggap melayani pelanggan tanpa harus pelanggan sendiri yang kemudian menyampaikan/melaporkan keluhan ke media konsumen.

Atas perhatian dan layanan yang baik diucapkan terima kasih.

Solihin
Pelanggan Indihome – 111726371251
Bengkulu

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai Telkom Indihome:
[Total:20    Rata-Rata: 1.6/5]

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

5 komentar untuk “Baru Tuntas Dua Masalah Muncul Masalah Lain. Ada Apa dengan Pelayanan Indihome?

  • 29 September 2021 - (11:57 WIB)
    Permalink

    Permasalahan sudah clear untuk gangguan indihome tv, setelah dikunjungi oleh teknisi pada Sabtu, 25 September 2021 yang lalu (dua hari setelah tanggal pelaporan 23 September 2021).

  • 1 Oktober 2021 - (10:16 WIB)
    Permalink

    Kalau bisa memajukan BUMN kenapa tidak?
    Terkadang kritikan/masukan dari konsumen/pelanggan setidaknya dapat menjadi salah satu unsur untuk membangun/memperbaiki kinerja/kualitas layanan, termasuk persaingan sehat (saat ini PT.PLN punya jualan yg sama berupa stroomnet/iconnet) dan evaluasi bagi stakeholder dlm hal ini pihak PT.Telkom Indonesia.
    Demikian menurut pandangan Saya 🙏🏻

 Apa Komentar Anda mengenai Telkom Indihome?

Ada 5 komentar sampai saat ini..

Baru Tuntas Dua Masalah Muncul Masalah Lain. Ada Apa dengan Pelayanan …

oleh Sholihin dibaca dalam: 2 menit
5