Selalu Gagal Saat Transaksi Pembelian, Tim Shopee Mengatakan Transaksi Sudah Melebihi Limit

Tanggal 10 Oktober 2021, saya rencananya hendak melakukan pembelian pulsa di aplikasi Shopee. Kebetulan juga pulsa saya sudah hampir habis saat itu. Saat mencoba melakukan pembelian, saya mendapatkan notifikasi bahwa promo tidak bisa diklaim karena adanya aktivitas janggal di akunmu.

Saya heran saat itu, karena saya tidak menggunakan kode voucher apapun atau sejenisnya. Saya mencoba beberapa kali tapi tetap mendapatkan notifikasi yang sama. Saya lalu memutuskan menghubungi CS Shopee via email.

Setelah memberikan data screenshot kendala yang saya alami, tim Shopee mengatakan akan memeriksanya ke tim terkait dan akan menginfokan pada saya kembali jika sudah ada hasilnya. Selang beberapa hari, mereka memberitahu via email bahwa saya telah melebihi batas penggunaan voucher yaitu 1x per hari dan saya diminta mencoba melakukan pembelian di hari yang lain.

Terus terang saya merasa heran, lho saya tidak memakai kode voucher apapun untuk melakukan pembelian pulsa, tapi malah dijawab seperti itu. Saya pun lalu memberikan bukti screenshot transaksi pembelian terakhir saya di Shopee, yaitu pada tanggal 25 September 2021. Dengan screenshot tersebut saya ingin menginfokan bahwa sudah cukup lama saya belum melakukan pembelian lagi di Shopee, sehingga aneh jika oleh pihak CS dikatakan saya sudah melebihi batas transaksi.

Meskipun saya sudah menjelaskan begitu, tapi pihak Shopee tetap bersikeras mengatakan bahwa saya sudah melebihi limit penggunaan voucher. Penjelasan saya sepertinya tidak berguna bagi mereka. Yang lebih mengecewakannya lagi, kendala saya ini ditutup sepihak oleh Shopee dan saya diminta memberikan penilaian atas cara mereka meng-handle masalah konsumennya.

Hingga saat ini saya belum bisa bertransaksi di Shopee. Lalu apa gunanya saya mengisi saldo Shopee yang hanya bisa dilihat tanpa bisa digunakan? Saya jelas kecewa dengan cara Shopee meng-handle masalah konsumennya. Perusahaan sebesar ini dan sering beriklan di TV, tapi CSnya tidak berkompeten dalam menyelesaikan masalah konsumennya dengan tuntas. Kekecewaan ini yang membuat saya membuat surat di Media Konsumen ini.

Hary Gimulya
Bandung, Jawa Barat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai Shopee:
[Total:20    Rata-Rata: 1.8/5]

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

10 komentar untuk “Selalu Gagal Saat Transaksi Pembelian, Tim Shopee Mengatakan Transaksi Sudah Melebihi Limit

  • 15 Oktober 2021 - (21:47 WIB)
    Permalink

    Gan, sy juga pernah alami masalah tsb. Setelah saya telusuri masalahnya ternyata, masalah tsb timbul karena beberapa jam sebelum saya melakukan transaksi teman saya ada meminjam hp saya utk melakukan transaksi dengan memakai voucher promo dan dengan account milik teman saya dan ketika saya melakukan transaksi ditolak dengan account saya. Jadi intinya shopee mendeteksi pemakaian voucher berdasarkan device id. Kita bisa saja membuka beberapa account didalam 1 hp yaitu bisa dengan cara cloning, logout-login account baru atau double space tapi pihak shopee tetap akan tahu karena device id hp tidak berubah. Mungkin masalah agan sama dengan yg saya alami.

    • 16 Oktober 2021 - (08:13 WIB)
      Permalink

      Masalahnya ini saya baru sekedar masuk ke menu pulsa dan memilih nominalnya mas, langsung muncul warning begitu. Seharusnya kalau melihat kendala mas Herry diatas, kegagalan baru akan terjadi saat menginput kode voucher atau promo kan?

  • 15 Oktober 2021 - (23:34 WIB)
    Permalink

    Apakah voucher sudah pernah pakai di akun shopee yang lain dalam satu hp yg sama? Atau ada cloningan/aplikasi ganda shopee dan menggunakan voucher yg sama? Karna shopee bisa mengetahui device hp yg sama jika sdh pernah menggunakan vocher, maka voucher tidak bisa dipakai. Cara nya biar bisa, login akun shopee nya di hp yg lain yg belum pernah menggunakan voucher yg sama. Semoga membantu.

    • 16 Oktober 2021 - (08:16 WIB)
      Permalink

      Statusnya saya baru memasukkan nomor ponsel untuk mengisi pulsa dan memilih nominal yang hendak diisi, langsung muncul warning seperti diatas mas. Jadi belum menginput kode voucher apapun. Saya coba sarannya untuk mencoba di ponsel lain, namun tetap sama masalahnya.

    • 16 Oktober 2021 - (11:19 WIB)
      Permalink

      untuk beli pulsa di shopee klo anda pakai saldo spay, mendingan pakai aplikasi mitra shopee saja. harga sama dengan di aplikasi shopee malah kadang lebih murah dan bisa dipakai untuk jualan.

      • 16 Oktober 2021 - (17:23 WIB)
        Permalink

        Di apk mitra shopee emang lbh murah untuk transaksi pulsa/paket data.. namun untuk pemakaian nya, sy pribadi ingin mengingatkan untuk lbh berhati2.. soalnya ditakutkan muncul kecurigaan dari pihak shopee ke kita klo penggunaan apk tersebut hanya untuk pencairan saldo saja.. ada beberapa penulis jg yg menceritakan masalah ini di MK.. kecuali klo emang niat jualan pulsa/paket data/tagihan listrik dll..
        Dlm artian, klo beli cuma buat pribadi yg bisa dikatakan hanya 1-2x per bulan (rata2), mungkin ga masalah.. tp klo berulang (terlalu sering), takutnya logaritma sistem shopee mengganggap hal itu merupakan tindak kecurangan.. klo beneran niat jualan kan nomor tujuan nya pasti beda2 terus tuh, jd lbh kecil kemungkinan dicurigai nya..

  • 16 Oktober 2021 - (05:30 WIB)
    Permalink

    Klo untuk provider axis, ane ga bs komen bnyk.. tp untuk provider lain, semisal telkomsel atau Smartfren yg kebetulan ane pake, udah kerjasama ama shopee biar bisa bayar tagihan pascabayar atau isi pulsa melalui aplikasi mysmartfren/mytelkomsel yg tagihan/metode pembayaran nya bisa di-direct ke shopee..

    • 16 Oktober 2021 - (08:17 WIB)
      Permalink

      terima kasih masukannya mas. Sepertinya enak kl bisa bayar di aplikasi providernya langsung.

  • 16 Oktober 2021 - (14:32 WIB)
    Permalink

    Saya juga pernah ngalami hampir seminggu , karna keterangan ada aktivitas jangal di akun ,

    Pas saya coba pikir lagi , saya hanya pakai satu HP , kalau ada masalah pasti hanya di HP yg saya pakai

    Reset ulang HP ke settingan pabrik , jangan lupa data2 penting di galeri di back up dulu

    Udah slesai reset ulang HP , login ke Shopee, bisa transaksi normal lagi

  • 17 Oktober 2021 - (15:57 WIB)
    Permalink

    Terima kasih saran dan masukannya dari teman2 di Media Konsumen. Sebagai update atas kendala saya ini, pihak Shopee telah menghubungi saya dan saya diminta menunggu 3-5 hari kerja dan saya diminta mengecek secara berkala. Saya apresiasi tim Shopee dan semoga kendala saya ini bisa normal kembali dalam waktu yang dijanjikan.

 Apa Komentar Anda mengenai Shopee?

Ada 10 komentar sampai saat ini..

Selalu Gagal Saat Transaksi Pembelian, Tim Shopee Mengatakan Transaksi…

oleh Hary Gimulya dibaca dalam: 1 menit
10