Kemarin pada tanggal 9 November 2021, saya isi pulsa XL Rp25.000. Kemudian saya belikan paket data internet Xtra ON 2 GB seharga Rp22.000. Ternyata proses pembeliannya gagal, tetapi pulsa saya hilang.

Aplikasi MyXL, top up 25 ribu sukses dan tidak ada riwayat pemakaian pulsa.

Ketika saya komplain ke XL Care, mereka menyatakan pulsa saya habis karena digunakan untuk internet di luar paket. Setelah saya cek di history pemakaian internet, ternyata saya hanya menghabiskan internet sebesar 400 KB (terlampir foto bukti history pemakaian internet). Apakah masuk akal harga internet XL 400 KB = Rp25.000?  MAHAL SEKALI!!

Transaksi history dari operator, pemakaian data internet 400 KB.

Saya minta bukti kalau memang saya pake internet. Mohon disertakan rincian pemakaian saya. Namun pihak XL Care tetap saja menyatakan pulsa saya terpakai untuk internet, tanpa bisa memberikan bukti. Saya juga tidak habis pikir, bagaimana cara berpikirnya CS XL? Masa pulsa 25 ribu habis dalam hitungan detik?

Pemotongan pulsa sesuai dengan harga paket Xtra ON 2 GB (22 ribu). 25 ribu – 22 ribu = sisa sekitar 3 ribu.

Jelas ini adalah kesalahan program MyXL, karena saya beli paket melalui aplikasi android MyXL. Saat ada gangguan paket gagal terbeli, tetapi pulsa tidak dikembalikan. Sangat disayangkan sekali perusahaan sebesar XL ternyata berlaku curang seperti ini, mengambil kesempatan dari kesalahan programnya dia sendiri untuk “mencuri” pulsa konsumennya.

Saya sangat kecewa. Saya sudah menggunakan XL lama sekali (nomor XL saya hanya 10 angka), tapi ternyata XL sekarang jadi seperti ini. Saya sangat kecewa sekali.

Semoga surat ini dapat menjadi pelajaran bagi kita semua. Bukan semata-mata nilai rupiahnya, tetapi ketidakjelasannya yang membuat saya kecewa dengan XL.

Agung Catur Kristanto
Nganjuk, Jawa Timur


Catatan redaksi (diperbarui 11/11/2021): Penulis menyatakan masalah di atas telah diselesaikan dengan baik oleh pihak-pihak terkait.

 

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan

Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Tanggapan XL Axiata untuk keluhan Bapak Agung Catur Kristanto

Jakarta, 15 November 2021 Ref.CM/CU/E/001/1121/NT Kepada Yth. Redaksi Mediakonsumen.com Dengan Hormat, Berikut tanggapan kami atas keluhan Bapak Agung Catur Kristanto...
Baca Selengkapnya

Komentar

  • Dari aplikasi MyXL bisa dikontrol pemotongan pulsa dari layanan internet, layanan SMS premium, dan layanan SMS perbankan.
    Klik profil, lalu pilih kontrol pulsa dan aktifkan perlindungan pemotongan pulsa.
    Setelah diaktifkan maka setiap isi pulsa tidak akan terpotong kecuali untuk telepon dan pembelian paket.
    Silahkan dicoba

  • Bener, banget!
    Pengalaman saya pribadi, saya sudah menggunakan xl sejak saya smp kelas 1 sekitar tahun 2013. Awalnya baik baik aja, sampai saya menggunakan 2 provider. SIM 1 saya menggunakan XL dan SIM 2 saya menggunakan 3 (tri). Saya menggunakan kartu 3 sebagai kartu data internet saya, sedangkan kartu xl saya hanya untuk panggilan offline. Kenapa ga saya buang? Karena ada banyak kontak penting di kartu itu.
    Balik lagi ke pulsa, karena saya menggunakan kartu 3 sebagai internet, otomatis yang tersedot datanya dari kartu 3 kan? Tapi yang terjadi malah, saya terus terusan dapat sms dari kartu xl, kurang lebih seperti ini;
    "Kamu sedang menggunakan Internet tanpa data, pulsa kamu terpotong Rp.--"
    Saya bahkan ga buka internet pake kartu xl. Tapi pulsa terus terpotong. Saya ingin berhenti mengisi pulsa, tapi tenggat kartu xl itu terlalu sebentar. Ga seperti kartu 3 yang bisa sampe 5 tahun. Sekarangpun, kartu 3 saya tenggat waktunya 2025 . Sekarang saya tidak menggunalan XL lagi.
    Sekian