Pulsa Dicuri XL?

Kemarin pada tanggal 9 November 2021, saya isi pulsa XL Rp25.000. Kemudian saya belikan paket data internet Xtra ON 2 GB seharga Rp22.000. Ternyata proses pembeliannya gagal, tetapi pulsa saya hilang.

Aplikasi MyXL, top up 25 ribu sukses dan tidak ada riwayat pemakaian pulsa.

Ketika saya komplain ke XL Care, mereka menyatakan pulsa saya habis karena digunakan untuk internet di luar paket. Setelah saya cek di history pemakaian internet, ternyata saya hanya menghabiskan internet sebesar 400 KB (terlampir foto bukti history pemakaian internet). Apakah masuk akal harga internet XL 400 KB = Rp25.000?  MAHAL SEKALI!!

Transaksi history dari operator, pemakaian data internet 400 KB.

Saya minta bukti kalau memang saya pake internet. Mohon disertakan rincian pemakaian saya. Namun pihak XL Care tetap saja menyatakan pulsa saya terpakai untuk internet, tanpa bisa memberikan bukti. Saya juga tidak habis pikir, bagaimana cara berpikirnya CS XL? Masa pulsa 25 ribu habis dalam hitungan detik?

Pemotongan pulsa sesuai dengan harga paket Xtra ON 2 GB (22 ribu). 25 ribu – 22 ribu = sisa sekitar 3 ribu.

Jelas ini adalah kesalahan program MyXL, karena saya beli paket melalui aplikasi android MyXL. Saat ada gangguan paket gagal terbeli, tetapi pulsa tidak dikembalikan. Sangat disayangkan sekali perusahaan sebesar XL ternyata berlaku curang seperti ini, mengambil kesempatan dari kesalahan programnya dia sendiri untuk “mencuri” pulsa konsumennya.

Saya sangat kecewa. Saya sudah menggunakan XL lama sekali (nomor XL saya hanya 10 angka), tapi ternyata XL sekarang jadi seperti ini. Saya sangat kecewa sekali.

Semoga surat ini dapat menjadi pelajaran bagi kita semua. Bukan semata-mata nilai rupiahnya, tetapi ketidakjelasannya yang membuat saya kecewa dengan XL.

Agung Catur Kristanto
Nganjuk, Jawa Timur


Catatan redaksi (diperbarui 11/11/2021): Penulis menyatakan masalah di atas telah diselesaikan dengan baik oleh pihak-pihak terkait.

 

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai XL Axiata:
[Total:37    Rata-Rata: 2.8/5]
Tanggapan XL Axiata untuk keluhan Bapak Agung Catur Kristanto

Jakarta, 15 November 2021 Ref.CM/CU/E/001/1121/NT Kepada Yth. Redaksi Mediakonsumen.com Dengan Hormat, Berikut tanggapan kami atas keluhan Bapak Agung Catur Kristanto...
Baca Selengkapnya

29 komentar untuk “Pulsa Dicuri XL?

  • 10 November 2021 - (09:55 WIB)
    Permalink

    Betul saya sering mengalaminya, sampai harus isi pulsa Rp 25000 sebanyak 3x.
    Entah kenapa Saldo yang tampil di MyXL itu tidak realtime data server.
    Saya tahu karena terpotong Layanan Data, Hanya saja memang seperti jebakan Layanan data per KB dijaman Smartphone ini, memang memberikan keuntungan besar buat Provider.
    Salut untuk Provider yang menutup akses Data ketika Quota Data sudah habis.

    1
    2
    • 10 November 2021 - (10:05 WIB)
      Permalink

      nah itu provider licik, data habis pulsa kepotong per KB mahal lagi, kayak gini blokir aja porvider nya gak usah pakai lagi, indosat juga sama

      4
      2
        • 10 November 2021 - (15:45 WIB)
          Permalink

          iya ada pulsa safe, ada kejadian bukan saya paket internet habis tetap aja pulsa diambil, terus sms masuk anta telah memakai bla bla bla

    • 10 November 2021 - (15:06 WIB)
      Permalink

      tapi seharusnya kalau cuman untuk beli paketan, ya gak sampai habis banyak data internetnya. kalau sampai isi pulsa 25k 3x ya harusnya dI tinjau ulang managemen providernya.

      1
      1
    • 10 November 2021 - (15:07 WIB)
      Permalink

      tapi seharusnya kalau cuman untuk beli paketan, ya gak sampai habis banyak data internetnya. kalau sampai isi pulsa 25k 3x ya harusnya dI tinjau ulang managemen providernya. sudah waktunya di revisi

      1
      1
  • 10 November 2021 - (11:32 WIB)
    Permalink

    Bukannya ini berlaku untuk semua provider ya. Kalau mau mengaktifkan paket data via aplikasi mau tidak mau aplikasi tsb harus terhubung ke internet. Kalau tidak ada paket internet aktif ya mau tidak mau pasti pulsa reguler yang disedot.
    Seharusnya mengakfitkan paket data via sms atau menumpang data internet ke teman menggunakan WIFI, hanya untuk mengaktifkan paket data tsb.

    • 10 November 2021 - (14:55 WIB)
      Permalink

      tapi seharusnya kalau cuman untuk beli paketan, ya gak sampai habis banyak data internetnya. masa sampai ada yang isi pulsa 25k 3x kan ya ngaco kalau seperti itu.

      • 11 November 2021 - (07:05 WIB)
        Permalink

        Saya juga bolak balik ngalamin bro, sdh berlangsung sekitar 5-6 th yl. Jadi ini sdh lama. Saya ngakalinnya: beli paket lngsng jd tdk beli pulsa. Pulsa biasa sy sisa’in sekitar 1-2rb saja.

    • 10 November 2021 - (15:09 WIB)
      Permalink

      akses datanya kan ke server internal providernya ya harusnya gak perlu bayar.

      1
      1
  • 10 November 2021 - (13:49 WIB)
    Permalink

    Saya pengguna XL, bagi saya hal itu sudah tidak aneh, tiap saya beli paket kuota unlimited (15GB kuota utama + 30GB youtube + gratis telpon 40 menit kesemua operator + sms ke sesama XL gratis + bonus pulsa 15rb) tapi kadang itu pulsa cepet banget ngilangnya, abis entah kemana, notabene saya ngga punya aplikasi berbayar, kalau saya pikir kan saya masih punya kuota tapi kenapa pulsanya bisa ilang, itu berlaku untuk pulsa non bonus juga loh, makanya saya ngga mau lagi nyetok pulsa dan lebih milih beli paket kuota saja, soalnya pulsa sering ilang ngga jelas kemananya/dipake apanya

    • 10 November 2021 - (15:00 WIB)
      Permalink

      niatnya isi pulsa 25K untuk beli paketan seharga 22K. paketan gagal masuk. pulsanya amblas duluan. sedih… jadi bingung gimana caranya beli paketan. baru beli langsung hilang. percumah ada aplikasi MyXL klo buat akses programnya sendiri harus di kenakan biaya internet. jalur data internetnya kan internal di dalam servernya XL sendiri. kenapa harus bayar ??

      • 10 November 2021 - (15:47 WIB)
        Permalink

        nih tujuan perusahaan apa sih, tentu cari untung kan, ya gitu cara licik provider, coba KITA SEMUA bisa buat provider sendiri, jadi GK KENA MONOPOLI oleh provider licik

  • 10 November 2021 - (15:24 WIB)
    Permalink

    Saya juga serupa juga sebagai pengguna xl Sudah lama,tpi yg saya alami sungguh TDK habits pikir,begini,data selular di pengaturan HP saya matikan,saya menggunakan modem mifi Dari smartfren,pulsa saya waktu sebelumnya masih ada 8000,tapi tiba2 ada notif SMS operator xl memberitahukan bahwa ‘anda sedang mengunakan data xl’loh says bingung Wong says lake modem mifi smartfren,akhirnya says cek pulsa Dan ygterjadi pulsa saya tinggal 3000 yg semula 8000,darimana ngambilnya Wong saya TDK langganan apapun,data seluler juga says matikan,gimana xl axiata?

    • 23 November 2021 - (04:25 WIB)
      Permalink

      pakai fitur kontrol pulsa bang biar pulsa gak terpotong oleh akses internet dan sms konten, itu ada di aplikais myxl. kalau tak berfungsi, silahkan protes ke cs

  • 10 November 2021 - (15:29 WIB)
    Permalink

    XL juga ada pulsa safe koq ada di aplikasi nya… tp aku ga pernah pake..ga isi pulsa juga . yg parah sekarang itu yg plat merah blm ada pulsa safe..

    1
    1
  • 10 November 2021 - (15:41 WIB)
    Permalink

    kalau saya sudah tinggalkan sibiru sejak 2008, kalau ada pulsa cepat hilang ,katanya langganan ini itu,padahal tidak pernah langganan,pakai aja 3

    • 23 November 2021 - (04:26 WIB)
      Permalink

      pakai fitur kontrol pulsa bang biar pulsa gak terpotong oleh akses internet dan sms konten, itu ada di aplikasi myxl. kalau tak berfungsi, silahkan protes ke cs

  • 10 November 2021 - (19:22 WIB)
    Permalink

    Nggak aneh sih ini, saya pengguna XL lebih dari 10 tahun, dulu sering mengalami kerugian macam ini.Setiap kuota habis maka sisa pulsa tersedot habis meskipun data dinonaktifkan.Lalu apa yang membuat aku bertahan dengan XL?
    Tarif nelpon paling murah sejagat,iya nelpon ke semua operator cuma Rp 15/detik.Paket data pakai operator lainnya, akhirnya pulsa XL saya aman.Sebaiknya belilah paketan data langsung dari konter atau aplikasi seperti ewallet dan jangan sisakan pulsa seperakpun karena kalau kuota data habis otomatis pulsa habis tanpa permisi.

  • 10 November 2021 - (19:47 WIB)
    Permalink

    Dari aplikasi MyXL bisa dikontrol pemotongan pulsa dari layanan internet, layanan SMS premium, dan layanan SMS perbankan.
    Klik profil, lalu pilih kontrol pulsa dan aktifkan perlindungan pemotongan pulsa.
    Setelah diaktifkan maka setiap isi pulsa tidak akan terpotong kecuali untuk telepon dan pembelian paket.
    Silahkan dicoba

  • 11 November 2021 - (18:28 WIB)
    Permalink

    Bener, banget!
    Pengalaman saya pribadi, saya sudah menggunakan xl sejak saya smp kelas 1 sekitar tahun 2013. Awalnya baik baik aja, sampai saya menggunakan 2 provider. SIM 1 saya menggunakan XL dan SIM 2 saya menggunakan 3 (tri). Saya menggunakan kartu 3 sebagai kartu data internet saya, sedangkan kartu xl saya hanya untuk panggilan offline. Kenapa ga saya buang? Karena ada banyak kontak penting di kartu itu.
    Balik lagi ke pulsa, karena saya menggunakan kartu 3 sebagai internet, otomatis yang tersedot datanya dari kartu 3 kan? Tapi yang terjadi malah, saya terus terusan dapat sms dari kartu xl, kurang lebih seperti ini;
    “Kamu sedang menggunakan Internet tanpa data, pulsa kamu terpotong Rp.–”
    Saya bahkan ga buka internet pake kartu xl. Tapi pulsa terus terpotong. Saya ingin berhenti mengisi pulsa, tapi tenggat kartu xl itu terlalu sebentar. Ga seperti kartu 3 yang bisa sampe 5 tahun. Sekarangpun, kartu 3 saya tenggat waktunya 2025 . Sekarang saya tidak menggunalan XL lagi.
    Sekian

 Apa Komentar Anda mengenai XL Axiata?

Ada 29 komentar sampai saat ini..

Pulsa Dicuri XL?

oleh Agung dibaca dalam: 1 menit
29