Kenapa Setelah Diblokir Tagihan IndiHome Tetap Berjalan?

Kepada Yth. Pt. Telkom Indonesia Tbk

Saya pelanggan IndiHome wilayah provinsi Sumatera Utara, dengan identitas pelanggan sebagai berikut:

Nama: Malinda Hanafi
ID pelanggan: 111224124887

Saya ingin menyampaikan beberapa hal sebagai berikut:

  1. Mengenai pembayaran IndiHome  periode November 2021 telah saya lunasi, dengan nomor tagihan 111-013702519289 tanggal bayar 27 November 2021.
    BIAYA INDIHOME: Rp280.000
    DENDA: Rp14.000
    PPN: Rp28.000
    TOTAL TAGIHAN BULAN INI: Rp322.000
  2. Pada bulan Desember 2021 saya sudah jarang berada di rumah, hingga akhirnya saya telat membayar.
  3. Pada tanggal 21 Desember 2021 layanan IndiHome di rumah saya diblokir, akibatnya saya tidak dapat menikmati layanan IndiHome hingga sampai saat surat ini saya buat.
  4. Dengan mempertimbangkan keberadaan saya yang jarang di rumah, saya mengambil keputusan untuk berhenti layanan IndiHome dan bersedia untuk membayar tagihan yang saya nikmati pada tanggal 1 sampai 20 Desember 2021. Akan tetapi tagihan saya hari ini tanggal 14 Januari 2022 sudah bertambah. Padahal saya sama sekali tidak menikmati layanan wifi IndiHome di rumah, karena sejak tanggal 21 Desember 2021 sudah diblokir.
  5. Mohon kepada pihak PT Telkom untuk MENCABUT dan memperbaiki tagihan saya di sistem tagihan saya, agar saya dapat membayar tagihan pada periode tanggal 1-20 Desember 2021.
  6. Bahwa tagihan saya sampai saat ini mencapai Rp616.000 (belum termasuk denda dan PPN).

Pertanyaan saya:

  1. Apakah saya harus membayar tagihan dari tanggal 21 Desember 2021 sampai tanggal 14 Januari 2022? Karena pada kenyataannya, saya SAMA SEKALI TIDAK MENIKMATI LAYANAN WIFI INDIHOME. Yang berarti hak saya tidak saya dapatkan.
  2. Jika benar istilah pakai dulu baru bayar, kenapa di kuitansi pembayaran yang saya punya tertera bulan tagihan November 2021 dan tanggal bayar 27 November 2021? Seharusnya jika benar istilah pakai dulu baru bayar, tertera bulan tagihan Oktober 2021 tanggal bayar 27 November 2021. Untuk apa dibuat ribet istilah itu? Istilah itu sangat membingungkan.

Mohon kebijaksanaannya dengan segera, jika tidak tunggakan saya akan semakin membesar atau buncit. Sekian dan terima kasih.

Malinda Hanafi
Medan, Sumatera Utara

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan

Belum Ada Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pihak yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Komentar

  • Billing indihome adalah pascabayar (pakai dulu baru bayar) dengan periode tgl 1 sampai akhir bulan, tagihan november yang anda bayar adalah untuk pemakaian oktober, tagihan desember yang tidak anda bayar untuk pemakaian november.
    Tgl 21 diblokir tapi anda tidak minta putus maka tagihan dan denda kan jalan terus meski tidak bisa dipakai.
    Tagihan januari adalah untuk tgl 1-31 desember, jika anda minta putus besok maka anda harus membayar tagihan desember, januari dan pemakaian (meski diblokir) tgl 1-15 januari.
    Saran saya segera ke plasa telkom minta putus dan bayar semua tunggakan, karena kesalahan ada pada anda, anda sudah tidak mau memakai layanan indihome tapi anda tidak minta putus hanya berasumsi tagihan tidak jalan.
    Saya pelanggan telkom dari jaman tahun 80an tidak pernah bingung dengan istilah bulan tagihan.

    • Jika benar pakai dlu baru bayar, seharusnya karena saya membayar tgl 27-november-2021 dikwintansi pembayaran tertera periode oktober 2021 bukannya malah november 2021. Begitu juga untk pembayaran setiap bulannya.

      Kesalahan saya terkait pada telat membayar, bukan tidak membayar. Jangan dijadikan alasan mencari kesalahan. Kewajiban saya membayar dan kewajiban pihak telkom sebagai penyedia layanan.

      Apakah pantas dibayar jika saya sebagai penikmat layanan yg menjadi hak saya tetapi tidak saya nikmati/dapatkan sampai saat ini karena diblokir pihak telkom harus saya bayar?????

      • Saya bantu luruskan..
        Mungkin yang komentar disini paham pascabayar, tapi tidak tau posisi sistem yang ada di setiap STO.

        Untuk Mbaknya, masalah ini bisa diluruskan, dengan cara dateng ke STO atau Plaza yang ada CSnya.. nanti GA atau managemen Indihome yang memberi kebijakan terkait masalah ini.
        Tagihan 2 bulan ( sudah tidak dipakai ) akan dicek pemakaian bandwith melalui sistem. Akan ada kebijakan jika tidak ada pemakaian bandwithnya pada bulan setelah blokir inetnya.

      • Mbak Malinda yang baik. Saya mengalami yang mbak alami dengan asumsi awal saya berlangganan pra bayar karena kesalah pahaman kami sendiri. Anak saya berlangganan Indihome di kost nya di kota berbeda dengan kota tempat tinggal saya. Setelah dia selesai kuliah dia pulang kerumah dan berhenti pakai indihome dan berasumsi akan putus sendirinya. Ternyata kami salah karena ternyata layanan indihome itu pasca bayar. Syarat pemutusan Indihome itu adalah mengajukan permohonan pemutusan ke plaza telkom tempat awal berlangganan, menyelesaikan tagihan dan mengembalikan alat yg dipinjamkan pt telkom. Dua bulan kemudian anak saya masih mendapatkan tagihan 2 bulan + denda. Setelah itu kami mendatangi plaza telkom ditempat saya tinggal (bukan tempat anak saya berlangganan). Disana kami dibantu untuk penyelesaian dimana plaza telkom setempat menjadi penghubung dengan plaza telkom tempat berlangganan. Kami buat permohonan pemutusan, mengembalikan alat dan juga permohonan keringanan karena layanan sudah tidak dipakai lagi selama hampir 2 bulan kebelakang. Pada hari yg sama kita dihubungi perwakilan plaza telkom tempat berlangganan melalui WhatsApp dan memberitahukan bahwa proses permohonan sudah diterima. Dan pada hari yg sama kami mendapat kabar bahwa permohonan dikabulkan sekaligus jumlah yg harus dibayarkan setelah dipotong keringanannya. Pada akhirnya kami hanya membayar biaya pemakaian yg masih belum terbayarkan saja. Sebagai informasi Telkom hanya akan menagihkan pemakaian maksimal 2 bulan saja mungkin hanya dendanya saja yg akan bertambah kalau tidak melakukan pembayaran. Jadi menurut saya untuk mbak saya sarankan untuk datangi saja Plaza telkom toh mbaknya juga harus mengembalikan alat yg dipinjamkan telkom sekalian minta keringanan pembayaran. Insya Allah mbak mereka ga neko-neko. Atau ngga usah dibayarkan sama sekali saja karena tagihan tidak akan bertambah hanya mbaknya kedepannya mungkin agak sulit kalau ada urusan dengan telkom lagi. Mudah2an cerita saya bisa membantu dan ada penyelesaian yg baik.... Wassalam

    • Kesalahan saya terkait pada telat membayar, bukan tidak membayar. Jangan dijadikan alasan mencari kesalahan. Kewajiban saya membayar dan kewajiban pihak telkom sebagai penyedia layanan.

      Apakah pantas dibayar jika saya sebagai penikmat layanan yg menjadi hak saya tetapi tidak saya nikmati/dapatkan sampai saat ini karena diblokir pihak telkom harus saya bayar?????

    • Kesalahan saya terkait pada telat membayar, bukan tidak membayar. Jangan dijadikan alasan mencari kesalahan. Kewajiban saya membayar dan kewajiban pihak telkom sebagai penyedia layanan. Apakah harue dibayar jika hak saya ada yg tidak daya dapatkan.

    • Kesalahan saya terkait pada telat membayar, bukan tidak membayar. Jangan dijadikan alasan mencari kesalahan. Kewajiban saya membayar dan kewajiban pihak telkom sebagai penyedia layanan. Apakah harus dibayar jika hak saya ada yg tidak daya dapatkan.

    • Kesalahan saya terkait pada telat membayar, bukan tidak membayar. Jangan dijadikan alasan mencari kesalahan. Kewajiban saya membayar dan kewajiban pihak telkom sebagai penyedia layanan. Apakah harus dibayar jika hak saya ada yg tidak saya dapatkan.

        • Mas, nulis komanya jangan banyak2.
          Kan malu mas, udah lulus sekolah tapi cara ketiknya kayak gak lulus baca tulis😀.

          • Yang pada komen juga tanda bacanya ga bner tp biasa aja mas asal ngerti bacanya aja, dan juga ini komen bukan surat resmi.
            Mas aja yg ribet🤣

          • Seharusnya anda yang malu, tidak mengerti gaya penulisan.
            Wawasan anda hanya sebatas yang di ajarkan di sekolah, sempit sekali pemikiran anda.
            Saran saya perluas wawasan anda jangan hanya apa yang didapat di sekolah.

        • Ini kan Media untuk keluhan Konsumen terhadap Layanan.
          Sebisa mungkin jangan mengejek penulis. Kalau masnya mengerti dengan kebijakan Layanan, mas harusnya bisa membantu memberi solusi dan memberi pengertian sebaik2nya. Jangan out of the topik dong..

    • Kesalahan saya terkait pada telat membayar, bukan tidak membayar. Jangan dijadikan alasan mencari kesalahan. Kewajiban saya membayar dan kewajiban pihak telkom sebagai penyedia layanan.

    • Kesalahan saya terkait pada telat membayar, bukan tidak membayar.

      Jangan dijadikan alasan mencari kesalahan. Kewajiban saya membayar dan kewajiban pihak telkom sebagai penyedia layanan.

      • dengan tidak mengurangi rasa hormat.

        gini aja mbak solusinya,
        dulu pada waktu pasang baru disuruh baca dan setuju syarat dan ketentuan kan?
        jangan debat sama orang gak pinter, orang yang gak pinter susah soalnya kalo dikasih tau, kayak ngomong sama batu

    • Saya bantu luruskan..
      Mungkin yang komentar disini paham pascabayar, tapi tidak tau posisi sistem yang ada di setiap STO.

      Untuk Mbaknya, masalah ini bisa diluruskan mbak. Dengan cara dateng ke STO atau Plaza yang ada CSnya.. nanti GA atau managemen Indihome yang memberi kebijakan terkait masalah mbak.
      Jadi, mbak tinggal dateng untuk konfirmasi terakhir pemakaianya. Tagihan 2 bulan ( sudah tidak dipakai ) akan dicek pemakaian bandwith melalui sistem. Akan ada kebijakan jika tidak ada pemakaian bandwithnya pada bulan setelah blokir inetnya.

    • Saya bantu luruskan..
      Mungkin yang komentar disini paham pascabayar, tapi tidak tau posisi sistem yang ada di setiap STO.

      Untuk Mbaknya, masalah ini bisa diluruskan, dengan cara dateng ke STO atau Plaza yang ada CSnya.. nanti GA atau managemen Indihome yang memberi kebijakan terkait masalah ini.
      Tagihan 2 bulan ( sudah tidak dipakai ) akan dicek pemakaian bandwith melalui sistem. Akan ada kebijakan jika tidak ada pemakaian bandwithnya pada bulan setelah blokir inetnya.

      • Kalo menurut aq sech simple saja...kita khan ada dana deposit awal.,pas pertama pasang wifi,yg mana dana deposit tsbt kalo blm disetor blm aktiv wifi nya...naaah semisal mbak nya tadi blm atau telat bayar?kenapa pihak indihome tidak memotong langsung dari dana deposit tersebut??slesei khan??

    • Bukan tidak paham. Tapi denda dan tagihan akan terus betjalan.. sama seperti pembayaran tagihan kartu kredit yg telat/macet. Meskipun sudah diblokir dan tidak dipakai tagihan dan dendanya terus berjalan..Kecuali dtutup permanen. Itupun harus ttp bayar tagihan/denda yg ada.

  • Kalau keberatan bayar ga usah dibayar, cuma resiko KTP diblacklist ya. Ga bisa ajuin pasang baru lagi. Nagih juga cm sms wa dan email kalau Telkom, ga sampai datengin DC.

  • mungkin ada salah persepsi bahwa begitu diblokir semua tagihan berhenti, sebenarnya tetap berjalan. makanya jika memang tidak ingin menggunakan lagi langsung konfirm ke telkom saat diblokir itu agar cut-off tagihannya dan dilunasi. selama tidak ada pemberitahuan untuk berhenti ya selama itu tagihan akan berjalan dan penyedia layanan tidak peduli apakah digunakan atau tidak,

    tapi semoga dengan adanya SP ini barangkali telkom mau menghapus tagihannya....

  • Ikut prihatin akan masalah yg di hadapi ibu ini.. beberapa komentar di atas udah menjelaskan system pembayaran Indihome.. menurut sya di situ masallahnya. Terkesan indihome pasang jebakan batman buat pelangga nya. mereka bisa memblokir jaringan, pelanggan yg tidak dapat hak nya tetap di wajibkan membayar. Itu ketidak adilan yang nyata. Itu haram lae. Indihome sengaja membuat peluang pemasukan uang haram dr sistem pembayaran yg mereka buat. Untuk komsumen yg lain ( yg komen diatas dan yg baca) yg sudah mengerti sistem itu berjalan, berdoa saja masalah ini g terjadi sama kalian. Awak yakin kali si ibu bukannya g bisa/ mampu bayar tapi dongkol aja.. Ingat ya lae, sakit hati nya kalo kita harus bayar sesuatu yg g kita pakai itu parah kali. Jgn sampe kalian kena juga..

    • itu bukan jebakan namun memang pakai dulu baru bayar, kalau anda sewaktu waktu berhenti bayar, sementara anda sudah pakai, itu yang haram namanya

  • Intinya datang aja ke telkom,nanti di sana penjelasannya lebih detail,ribet amat hidup loh🤭🤭🤭🤭

  • itu modem di sewa perbulan (harus di kembalikan saat pemutusan).
    pembayaran sudah di kasih tempo dari tgl 1 - 20, sebenarnya harus bayar mulai tgl 2.
    denda keterlambatan 5% perhari

    indihome pascabayar, pakai dulu baru bayar itupun di mulai dari sejak awal pemasangan,dan pastinya kita menyadari akan hal itu.😅
    tapi jika bersikeras dengan argumen sendiri ya sudah gak usah di bayar..🤭🤭