Kenapa Setelah Diblokir Tagihan IndiHome Tetap Berjalan?

Kepada Yth. Pt. Telkom Indonesia Tbk

Saya pelanggan IndiHome wilayah provinsi Sumatera Utara, dengan identitas pelanggan sebagai berikut:

Nama: Malinda Hanafi
ID pelanggan: 111224124887

Saya ingin menyampaikan beberapa hal sebagai berikut:

  1. Mengenai pembayaran IndiHome  periode November 2021 telah saya lunasi, dengan nomor tagihan 111-013702519289 tanggal bayar 27 November 2021.
    BIAYA INDIHOME: Rp280.000
    DENDA: Rp14.000
    PPN: Rp28.000
    TOTAL TAGIHAN BULAN INI: Rp322.000
  2. Pada bulan Desember 2021 saya sudah jarang berada di rumah, hingga akhirnya saya telat membayar.
  3. Pada tanggal 21 Desember 2021 layanan IndiHome di rumah saya diblokir, akibatnya saya tidak dapat menikmati layanan IndiHome hingga sampai saat surat ini saya buat.
  4. Dengan mempertimbangkan keberadaan saya yang jarang di rumah, saya mengambil keputusan untuk berhenti layanan IndiHome dan bersedia untuk membayar tagihan yang saya nikmati pada tanggal 1 sampai 20 Desember 2021. Akan tetapi tagihan saya hari ini tanggal 14 Januari 2022 sudah bertambah. Padahal saya sama sekali tidak menikmati layanan wifi IndiHome di rumah, karena sejak tanggal 21 Desember 2021 sudah diblokir.
  5. Mohon kepada pihak PT Telkom untuk MENCABUT dan memperbaiki tagihan saya di sistem tagihan saya, agar saya dapat membayar tagihan pada periode tanggal 1-20 Desember 2021.
  6. Bahwa tagihan saya sampai saat ini mencapai Rp616.000 (belum termasuk denda dan PPN).

Pertanyaan saya:

  1. Apakah saya harus membayar tagihan dari tanggal 21 Desember 2021 sampai tanggal 14 Januari 2022? Karena pada kenyataannya, saya SAMA SEKALI TIDAK MENIKMATI LAYANAN WIFI INDIHOME. Yang berarti hak saya tidak saya dapatkan.
  2. Jika benar istilah pakai dulu baru bayar, kenapa di kuitansi pembayaran yang saya punya tertera bulan tagihan November 2021 dan tanggal bayar 27 November 2021? Seharusnya jika benar istilah pakai dulu baru bayar, tertera bulan tagihan Oktober 2021 tanggal bayar 27 November 2021. Untuk apa dibuat ribet istilah itu? Istilah itu sangat membingungkan.

Mohon kebijaksanaannya dengan segera, jika tidak tunggakan saya akan semakin membesar atau buncit. Sekian dan terima kasih.

Malinda Hanafi
Medan, Sumatera Utara

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai Sistem Tagihan IndiHome:
[Total:94    Rata-Rata: 2.3/5]

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

56 komentar untuk “Kenapa Setelah Diblokir Tagihan IndiHome Tetap Berjalan?

  • 14 Januari 2022 - (19:32 WIB)
    Permalink

    Billing indihome adalah pascabayar (pakai dulu baru bayar) dengan periode tgl 1 sampai akhir bulan, tagihan november yang anda bayar adalah untuk pemakaian oktober, tagihan desember yang tidak anda bayar untuk pemakaian november.
    Tgl 21 diblokir tapi anda tidak minta putus maka tagihan dan denda kan jalan terus meski tidak bisa dipakai.
    Tagihan januari adalah untuk tgl 1-31 desember, jika anda minta putus besok maka anda harus membayar tagihan desember, januari dan pemakaian (meski diblokir) tgl 1-15 januari.
    Saran saya segera ke plasa telkom minta putus dan bayar semua tunggakan, karena kesalahan ada pada anda, anda sudah tidak mau memakai layanan indihome tapi anda tidak minta putus hanya berasumsi tagihan tidak jalan.
    Saya pelanggan telkom dari jaman tahun 80an tidak pernah bingung dengan istilah bulan tagihan.

    14
    8
    • 14 Januari 2022 - (20:02 WIB)
      Permalink

      Jika benar pakai dlu baru bayar, seharusnya karena saya membayar tgl 27-november-2021 dikwintansi pembayaran tertera periode oktober 2021 bukannya malah november 2021. Begitu juga untk pembayaran setiap bulannya.

      Kesalahan saya terkait pada telat membayar, bukan tidak membayar. Jangan dijadikan alasan mencari kesalahan. Kewajiban saya membayar dan kewajiban pihak telkom sebagai penyedia layanan.

      Apakah pantas dibayar jika saya sebagai penikmat layanan yg menjadi hak saya tetapi tidak saya nikmati/dapatkan sampai saat ini karena diblokir pihak telkom harus saya bayar?????

      5
      12
      • 15 Januari 2022 - (02:47 WIB)
        Permalink

        Saya bantu luruskan..
        Mungkin yang komentar disini paham pascabayar, tapi tidak tau posisi sistem yang ada di setiap STO.

        Untuk Mbaknya, masalah ini bisa diluruskan, dengan cara dateng ke STO atau Plaza yang ada CSnya.. nanti GA atau managemen Indihome yang memberi kebijakan terkait masalah ini.
        Tagihan 2 bulan ( sudah tidak dipakai ) akan dicek pemakaian bandwith melalui sistem. Akan ada kebijakan jika tidak ada pemakaian bandwithnya pada bulan setelah blokir inetnya.

        10
        1
      • 20 Januari 2022 - (03:36 WIB)
        Permalink

        Mbak Malinda yang baik. Saya mengalami yang mbak alami dengan asumsi awal saya berlangganan pra bayar karena kesalah pahaman kami sendiri. Anak saya berlangganan Indihome di kost nya di kota berbeda dengan kota tempat tinggal saya. Setelah dia selesai kuliah dia pulang kerumah dan berhenti pakai indihome dan berasumsi akan putus sendirinya. Ternyata kami salah karena ternyata layanan indihome itu pasca bayar. Syarat pemutusan Indihome itu adalah mengajukan permohonan pemutusan ke plaza telkom tempat awal berlangganan, menyelesaikan tagihan dan mengembalikan alat yg dipinjamkan pt telkom. Dua bulan kemudian anak saya masih mendapatkan tagihan 2 bulan + denda. Setelah itu kami mendatangi plaza telkom ditempat saya tinggal (bukan tempat anak saya berlangganan). Disana kami dibantu untuk penyelesaian dimana plaza telkom setempat menjadi penghubung dengan plaza telkom tempat berlangganan. Kami buat permohonan pemutusan, mengembalikan alat dan juga permohonan keringanan karena layanan sudah tidak dipakai lagi selama hampir 2 bulan kebelakang. Pada hari yg sama kita dihubungi perwakilan plaza telkom tempat berlangganan melalui WhatsApp dan memberitahukan bahwa proses permohonan sudah diterima. Dan pada hari yg sama kami mendapat kabar bahwa permohonan dikabulkan sekaligus jumlah yg harus dibayarkan setelah dipotong keringanannya. Pada akhirnya kami hanya membayar biaya pemakaian yg masih belum terbayarkan saja. Sebagai informasi Telkom hanya akan menagihkan pemakaian maksimal 2 bulan saja mungkin hanya dendanya saja yg akan bertambah kalau tidak melakukan pembayaran. Jadi menurut saya untuk mbak saya sarankan untuk datangi saja Plaza telkom toh mbaknya juga harus mengembalikan alat yg dipinjamkan telkom sekalian minta keringanan pembayaran. Insya Allah mbak mereka ga neko-neko. Atau ngga usah dibayarkan sama sekali saja karena tagihan tidak akan bertambah hanya mbaknya kedepannya mungkin agak sulit kalau ada urusan dengan telkom lagi. Mudah2an cerita saya bisa membantu dan ada penyelesaian yg baik…. Wassalam

    • 14 Januari 2022 - (20:03 WIB)
      Permalink

      Kesalahan saya terkait pada telat membayar, bukan tidak membayar. Jangan dijadikan alasan mencari kesalahan. Kewajiban saya membayar dan kewajiban pihak telkom sebagai penyedia layanan.

      Apakah pantas dibayar jika saya sebagai penikmat layanan yg menjadi hak saya tetapi tidak saya nikmati/dapatkan sampai saat ini karena diblokir pihak telkom harus saya bayar?????

      1
      12
    • 14 Januari 2022 - (20:04 WIB)
      Permalink

      Kesalahan saya terkait pada telat membayar, bukan tidak membayar. Jangan dijadikan alasan mencari kesalahan. Kewajiban saya membayar dan kewajiban pihak telkom sebagai penyedia layanan. Apakah harue dibayar jika hak saya ada yg tidak daya dapatkan.

      12
    • 14 Januari 2022 - (20:04 WIB)
      Permalink

      Kesalahan saya terkait pada telat membayar, bukan tidak membayar. Jangan dijadikan alasan mencari kesalahan. Kewajiban saya membayar dan kewajiban pihak telkom sebagai penyedia layanan. Apakah harus dibayar jika hak saya ada yg tidak daya dapatkan.

    • 14 Januari 2022 - (20:05 WIB)
      Permalink

      Kesalahan saya terkait pada telat membayar, bukan tidak membayar. Jangan dijadikan alasan mencari kesalahan. Kewajiban saya membayar dan kewajiban pihak telkom sebagai penyedia layanan. Apakah harus dibayar jika hak saya ada yg tidak saya dapatkan.

      • 15 Januari 2022 - (02:22 WIB)
        Permalink

        Ngakak ga sih,,,ngakak lah masa enggak,,,ngeyel terus mba,,jgn kasih kendor,,, semangat

        12
        4
        • 15 Januari 2022 - (02:51 WIB)
          Permalink

          Mas, nulis komanya jangan banyak2.
          Kan malu mas, udah lulus sekolah tapi cara ketiknya kayak gak lulus baca tulis😀.

          3
          6
          • 15 Januari 2022 - (03:06 WIB)
            Permalink

            Yang pada komen juga tanda bacanya ga bner tp biasa aja mas asal ngerti bacanya aja, dan juga ini komen bukan surat resmi.
            Mas aja yg ribet🤣

            10
            1
          • 15 Januari 2022 - (08:30 WIB)
            Permalink

            Seharusnya anda yang malu, tidak mengerti gaya penulisan.
            Wawasan anda hanya sebatas yang di ajarkan di sekolah, sempit sekali pemikiran anda.
            Saran saya perluas wawasan anda jangan hanya apa yang didapat di sekolah.

            4
            3
        • 15 Januari 2022 - (12:49 WIB)
          Permalink

          Ini kan Media untuk keluhan Konsumen terhadap Layanan.
          Sebisa mungkin jangan mengejek penulis. Kalau masnya mengerti dengan kebijakan Layanan, mas harusnya bisa membantu memberi solusi dan memberi pengertian sebaik2nya. Jangan out of the topik dong..

          2
          1
    • 14 Januari 2022 - (20:05 WIB)
      Permalink

      Kesalahan saya terkait pada telat membayar, bukan tidak membayar. Jangan dijadikan alasan mencari kesalahan. Kewajiban saya membayar dan kewajiban pihak telkom sebagai penyedia layanan.

      2
      6
    • 14 Januari 2022 - (20:06 WIB)
      Permalink

      Kesalahan saya terkait pada telat membayar, bukan tidak membayar.

      Jangan dijadikan alasan mencari kesalahan. Kewajiban saya membayar dan kewajiban pihak telkom sebagai penyedia layanan.

      • 15 Januari 2022 - (10:35 WIB)
        Permalink

        dengan tidak mengurangi rasa hormat.

        gini aja mbak solusinya,
        dulu pada waktu pasang baru disuruh baca dan setuju syarat dan ketentuan kan?
        jangan debat sama orang gak pinter, orang yang gak pinter susah soalnya kalo dikasih tau, kayak ngomong sama batu

    • 15 Januari 2022 - (02:44 WIB)
      Permalink

      Saya bantu luruskan..
      Mungkin yang komentar disini paham pascabayar, tapi tidak tau posisi sistem yang ada di setiap STO.

      Untuk Mbaknya, masalah ini bisa diluruskan mbak. Dengan cara dateng ke STO atau Plaza yang ada CSnya.. nanti GA atau managemen Indihome yang memberi kebijakan terkait masalah mbak.
      Jadi, mbak tinggal dateng untuk konfirmasi terakhir pemakaianya. Tagihan 2 bulan ( sudah tidak dipakai ) akan dicek pemakaian bandwith melalui sistem. Akan ada kebijakan jika tidak ada pemakaian bandwithnya pada bulan setelah blokir inetnya.

      2
      1
    • 15 Januari 2022 - (02:46 WIB)
      Permalink

      Saya bantu luruskan..
      Mungkin yang komentar disini paham pascabayar, tapi tidak tau posisi sistem yang ada di setiap STO.

      Untuk Mbaknya, masalah ini bisa diluruskan, dengan cara dateng ke STO atau Plaza yang ada CSnya.. nanti GA atau managemen Indihome yang memberi kebijakan terkait masalah ini.
      Tagihan 2 bulan ( sudah tidak dipakai ) akan dicek pemakaian bandwith melalui sistem. Akan ada kebijakan jika tidak ada pemakaian bandwithnya pada bulan setelah blokir inetnya.

      • 16 Januari 2022 - (11:45 WIB)
        Permalink

        Kalo menurut aq sech simple saja…kita khan ada dana deposit awal.,pas pertama pasang wifi,yg mana dana deposit tsbt kalo blm disetor blm aktiv wifi nya…naaah semisal mbak nya tadi blm atau telat bayar?kenapa pihak indihome tidak memotong langsung dari dana deposit tersebut??slesei khan??

    • 14 Januari 2022 - (20:22 WIB)
      Permalink

      Bukan tidak paham. Tapi denda dan tagihan akan terus betjalan.. sama seperti pembayaran tagihan kartu kredit yg telat/macet. Meskipun sudah diblokir dan tidak dipakai tagihan dan dendanya terus berjalan..Kecuali dtutup permanen. Itupun harus ttp bayar tagihan/denda yg ada.

  • 14 Januari 2022 - (20:16 WIB)
    Permalink

    Kalau keberatan bayar ga usah dibayar, cuma resiko KTP diblacklist ya. Ga bisa ajuin pasang baru lagi. Nagih juga cm sms wa dan email kalau Telkom, ga sampai datengin DC.

  • 14 Januari 2022 - (20:28 WIB)
    Permalink

    mungkin ada salah persepsi bahwa begitu diblokir semua tagihan berhenti, sebenarnya tetap berjalan. makanya jika memang tidak ingin menggunakan lagi langsung konfirm ke telkom saat diblokir itu agar cut-off tagihannya dan dilunasi. selama tidak ada pemberitahuan untuk berhenti ya selama itu tagihan akan berjalan dan penyedia layanan tidak peduli apakah digunakan atau tidak,

    tapi semoga dengan adanya SP ini barangkali telkom mau menghapus tagihannya….

  • 15 Januari 2022 - (05:26 WIB)
    Permalink

    Ikut prihatin akan masalah yg di hadapi ibu ini.. beberapa komentar di atas udah menjelaskan system pembayaran Indihome.. menurut sya di situ masallahnya. Terkesan indihome pasang jebakan batman buat pelangga nya. mereka bisa memblokir jaringan, pelanggan yg tidak dapat hak nya tetap di wajibkan membayar. Itu ketidak adilan yang nyata. Itu haram lae. Indihome sengaja membuat peluang pemasukan uang haram dr sistem pembayaran yg mereka buat. Untuk komsumen yg lain ( yg komen diatas dan yg baca) yg sudah mengerti sistem itu berjalan, berdoa saja masalah ini g terjadi sama kalian. Awak yakin kali si ibu bukannya g bisa/ mampu bayar tapi dongkol aja.. Ingat ya lae, sakit hati nya kalo kita harus bayar sesuatu yg g kita pakai itu parah kali. Jgn sampe kalian kena juga..

    10
    6
    • 15 Januari 2022 - (09:16 WIB)
      Permalink

      itu bukan jebakan namun memang pakai dulu baru bayar, kalau anda sewaktu waktu berhenti bayar, sementara anda sudah pakai, itu yang haram namanya

      4
      1
  • 15 Januari 2022 - (07:45 WIB)
    Permalink

    Intinya datang aja ke telkom,nanti di sana penjelasannya lebih detail,ribet amat hidup loh🤭🤭🤭🤭

  • 15 Januari 2022 - (08:09 WIB)
    Permalink

    itu modem di sewa perbulan (harus di kembalikan saat pemutusan).
    pembayaran sudah di kasih tempo dari tgl 1 – 20, sebenarnya harus bayar mulai tgl 2.
    denda keterlambatan 5% perhari

    indihome pascabayar, pakai dulu baru bayar itupun di mulai dari sejak awal pemasangan,dan pastinya kita menyadari akan hal itu.😅
    tapi jika bersikeras dengan argumen sendiri ya sudah gak usah di bayar..🤭🤭

    • 15 Januari 2022 - (10:24 WIB)
      Permalink

      Setuju!!!! Kabar dari teman2 yang pakai kalau pas loss bisa berhari2….untung di tempat saya ada pilihan selain plat merah…dan syukur lah selain murah juga lancar…kalau loss paling hitungan jam itupun jarang….

  • 15 Januari 2022 - (09:14 WIB)
    Permalink

    a.Apabila PELANGGAN tidak melakukan pembayaran sampai dengan akhir masa pembayaran bulan N (tanggal 20 setiap bulan), maka pembayaran mulai tanggal 21 sampai akhir bulan N kepada PELANGGAN Layanan IndiHome dikenakan Denda Keterlambatan sebesar 5% dari total tagihan Biaya Layanan IndiHome terutang atau minimum Rp.5.000,- (lima ribu Rupiah), mana yang lebih besar nilainya;
    b.Selain dikenakan Denda Keterlambatan sebagaimana disebutkan dalam butir a di atas, PELANGGAN yang belum melakukan pembayaran sampai dengan bulan N (tanggal 20 setiap bulan), sambungan Layanan IndiHome (Telepon, Internet, dan/atau IndiHomeTV) akan di-Isolir mulai tanggal 21 bulan N;
    c.PELANGGAN sebagaimana dimaksud dalam butir a dan b di atas, apabila melakukan pembayaran Biaya Layanan IndiHome mulai tanggal 1 bulan N+1 sampai dengan akhir bulan N+1, maka PELANGGAN tetap dikenakan Biaya Layanan IndiHome ditambah dengan Denda Keterlambatan 10% (sepuluh persen) dari total tagihan Biaya Layanan IndiHome terutang atau minimal Rp10.000,- (sepuluh ribu Rupiah), mana yang lebih besar nilai Denda Keterlambatan-nya;

    1.Dalam hal PELANGGAN bermaksud berhenti berlangganan Layanan IndiHome, maka PELANGGAN wajib melunasi tagihan Biaya Layanan IndiHome (yang telah jatuh tempo dan/atau tunggakan Biaya Layanan IndiHome), serta membayarkan Uang Titipan kepada TELKOM sebesar pemakaian Layanan IndiHomePELANGGAN pada bulan berjalan secara proporsional (pro rata). Dalam hal tagihan Biaya Layanan IndiHome pada bulan berjalan (yang terbit di awal bulan berikutnya) lebih besar dari Uang Titipan yang telah dibayarkan, maka PELANGGAN diharuskan melunasi sisa tagihan Biaya Layanan IndiHome tersebut.

    2. PELANGGAN dapat mengakhiri Kontrak Berlangganan secara sepihak dengan memberitahukan kepada TELKOM terlebih dahulu selambat-lambatnya 14 (empat belas) hari kerja sebelumnya, namun PELANGGAN (Eks PELANGGAN) tetap bertanggung jawab untuk melunasi seluruh tagihan, tunggakan Biaya Layanan IndiHome, Denda Keterlambatan, dan Denda Pengakhiran (jika ada) kepada TELKOM.

    poin poin dari syarat dan ketentuan indihome, mungkin bisa dibaca sebelum berhenti, dan juga malah seharusnya anda baca sebelum berlangganan, sehingga tidak asal ngmg seperti ini, anda yang tidak tahu dan tidak paham soalnya, tolong dipahami sebelum anda memakai sebuah layanan atau produk

    dari syarat ketentuan ini, jelas tertulis bulan berjalan itu tagihan nya terbit di bulan berikutnya memang

    dalam arti tagihan anda november itu memang untuk oktober, desember untuk nov, jan untuk des. hak anda sudah anda nikmati, silahkan dibayarkan kewajiban anda!

    • 15 Januari 2022 - (11:59 WIB)
      Permalink

      Cakap doang emnk enak sihh, cobak perhatikan kwintansi pembayaran yg saya lampirkan, JIKALU MEMANG BENAR PAKAI DLU BARU BAYAR, khusus november 2021 pembayarannya desember 2021. Nah jika benar pembayaran november 2021 untuk oktober 2021 seharusnya dkwintansi tertera periode bulan oktober 2021, kenapa.saya bilang gitu karena TANGGAL BAYARnya 27-11-2021.
      Semacam ada indikasi apa gitu, beda dimulut tp beda tinta. Paham tak???

      • 15 Januari 2022 - (12:11 WIB)
        Permalink

        mba, anda membingungkan antara tagihan, dan bukti pembayaran

        itu bukti pembayaran anda, untuk bulan tagihan november(bukan periode layanan, periode layanan bulan tagihan november adalah oktober)

        sama hal nya tagihan untuk periode layanan januari, bulan tagihan nya adalah februari

      • 20 Januari 2022 - (07:09 WIB)
        Permalink

        Kalau udah lewat tgl 20 belum di bayar internet di putus sementara. Nanti bakal di idupin lagi kalau sudah bayar. Kalau ga di bayar bayar ya ga di idupin lagi lah mba. Saran saya mba nya datang ke plaza Telkom / telpon kalau ada pulsa banyak 100ribu bakal kurang dah, nanti ke customer service ajukan pemberhentian jaringan, sekalian komplain masalah tagihan.mba udah baca semua belum kontrak nya?

  • 15 Januari 2022 - (10:42 WIB)
    Permalink

    Saya suka dengan analogi warung makan diatas: makan gak makan harus bayar. Begitu sudah tanda tangan kontrak pasang, maka dianggap sudah tahu segala aturan dan semua tetek-bengeknya, termasuk ketentuan kapan bayar, berapa yg didapat, apa konsekwensinya kalau telat dsb. Diblokir bukan berarti diputus, itu hanya sebagai punishment karena telat bayar, jadi tetap saja wajib bayar walau tidak memakai layanannya. Kalau sepengetahuan saya begitu

  • 15 Januari 2022 - (11:23 WIB)
    Permalink

    Kita ini sebagai konsumen sebenarnya dari awal udah ‘kalah’ posisi, karena kita cuma bisa menyetujui S&K untuk bisa dapet produk/layanan. Krn itu, kalau ada problem dan ingin mengeluh ya pertama2 harus lihat ke S&K dulu.

    Walaupun sebenarnya kalau ditarik ke prinsip dasar jual-beli, menurut saya, tagihan untuk sesuatu yang gk digunakan ya rada2 keterlaluan. Kalau denda dlm batas tertentu si ya wajar, kan biar pada cpet bayar.

    Inget, namanya juga bisnis, harus gaji banyak karyawan, ya harus memanfaatkan celah untuk dapet keuntungan, semaksimal dan se-durabel mungkin.

    Contoh biar konsumen ttep gunain layanan ya dg adanya cs untuk membantu masalah, adanya kompensasi, trus yg rada ekstrim adanya biaya tambahan kalau mau berhenti berlangganan.. Wkwk

    • 15 Januari 2022 - (11:47 WIB)
      Permalink

      Kaki dikepala, kepala di kaki.
      keren yaa komentarr lu pada kayak rel sambung menyambung. menjadi satu itu laahh indonesia. Boleh gabung donk d grup nyaa…kwkwkwkwkwk
      Boleh tau gak ni tugas nya apa? Revolusi mental apa revolusi MENTAL???

      • 17 Januari 2022 - (20:05 WIB)
        Permalink

        Mbak malinda, dah gini aja solusinya gak ada cara lain.
        Mbak datang ke plasa telkom tempat registrasi pertama. Kemudian perlihatkan invoice digital ke bagian CS, minta banding/keberatan pembayaran akibat tidak dipakai layanan indi selama periode tersebut.
        Pasti dikasi keringanan dan hanya bayar yg mbak pakai.
        Tapi emang harus datang sih, kalau lewat CS indi di instagram/faceboook/twiter gak bakal dpt potongan. Lha mereka pegawai outsourcing, mbak. Bukan pegawai permanen telkom. Makanya yang punya wewenang ya orang yg di plasa telkom itu.
        Ok semoga terselesaikan dengan baik dan lancar.

      • 19 Januari 2022 - (07:18 WIB)
        Permalink

        Eh mba,mending situ Dateng langsung aja deh ke plaza biar kelar.Mending gausah nulis sekalian biar gaada yang respon.Hadeh.

        • 19 Januari 2022 - (08:23 WIB)
          Permalink

          Pihak telkom ada menjawab aja belum. Kok kelen kelen pada yg keter kwkkwkwkwkw.
          Yg pnting makasih atas ingo nya kalian kalian semua.

          • 20 Januari 2022 - (07:11 WIB)
            Permalink

            Kalau udah lewat tgl 20 belum di bayar internet di putus sementara. Nanti bakal di idupin lagi kalau sudah bayar. Kalau ga di bayar bayar ya ga di idupin lagi lah mba. Saran saya mba nya datang ke plaza Telkom / telpon kalau ada pulsa banyak 100ribu bakal kurang dah, nanti ke customer service ajukan pemberhentian jaringan, sekalian komplain masalah tagihan.mba udah baca semua belum kontrak nya?

  • 15 Januari 2022 - (12:20 WIB)
    Permalink

    ada salah persepsi:
    di blokir
    di isolir

    kalo telat bayar = itu bukan diblokir tapi diisolir, tapi tagihan tetep jalan. ​

    saya juga pernah gitu. jadi prosedur berhenti berlangganan di indihome bukan seperti itu. kalau ingin berhenti langganan harus telpon dulu ke CS indihome. trs nanti isi form berhenti langganan + bayar sisa tagihan berjalan + kirim fotokopi ktp + tanda tangan.

    nanti baru dapet keterangan resmi pemberhentian layanan.

    setelah  smua lapor + smua administrasi diberesi baru  tagihannnya gak muncul lagi. kalo gk dibayar, sisa tagihannya bakal terus menumpuk tiap bulannya. misal ada collector datang minta pelunasan anda tetep salah, bukan soal pakai/gak pakai tapi prosedur pemberhentian layanan ini  uda tertulis di surat perjanjian saat ptama kali langganan lengkap  dengan tanda tangan juga.

  • 15 Januari 2022 - (12:21 WIB)
    Permalink

    Kasian kakak yg nulis SP, dari balasan2 komentarnya macam orang stress banget. Mungkin Hayati lelah, atau lagi M.

    Ini adalah contoh komentar yg ga ngebantu banget, jadi abaikan saja demi kesehatan mental.

    6
    2
  • 15 Januari 2022 - (12:29 WIB)
    Permalink

    Yang komen ga ada yang kasar ya, malah mengedukasi. Tapi TS nya kasar banget balasannya. Cuekin aja deh kalau gitu, biar tenang jiwa raganya. Sing waras ngalah 🤭

    • 15 Januari 2022 - (14:51 WIB)
      Permalink

      mbanya ketus mungkin karena dia maunya kita bilang iyahhh indihomenya salah… gak usah bayar dll…. tapi seperti dijelaskan di atas diblock sama customer minta matikan beda dalam arti tagihannya…

  • 15 Januari 2022 - (19:55 WIB)
    Permalink

    gak usah di bayar, gak apa2. bibi gw ada yg langganan indihome, terus dia gak bayar, di cabut, sisa tagihan gak dia bayar sama sekali sampai detik ini, gak jadi masalah.

    1
    4

 Apa Komentar Anda mengenai Sistem Tagihan IndiHome?

Ada 56 komentar sampai saat ini..

Kenapa Setelah Diblokir Tagihan IndiHome Tetap Berjalan?

oleh Malinda dibaca dalam: 1 menit
56