Kecewa dengan Pelayanan Kartu Kredit OCBC NISP

Salam sejahtera,

Saya ucapkan terima kasih kepada Media Konsumen apabila surat ini bisa ditayangkan. Saya adalah konsumen Bank OCBC NISP dan pengguna aktif kartu kredit Bank OCBC NISP. Pada bulan November 2021, saya baru menyadari bahwa ada beberapa transaksi tagihan dari transaksi yang tidak saya lakukan.

Segera saya melakukan konfirmasi untuk penutupan kartu kredit, serta sanggahan atas transaksi-transaksi tersebut. Setelah dilakukan konfirmasi, atas saran dari petugas call center, akhirnya saya mengajukan kartu kredit diganti saja. Dijanjikan penggantian kartu adalah 14 hari kerja dan sanggahan transaksi maksimal 120 hari kerja.

Dua minggu pertama, kartu pengganti tidak datang. Saya lakukan konfirmasi call center, ternyata kartu pengganti maksimal 30 hari kerja dikirim ke rumah. 30 hari tidak ada kabar. Saya lakukan kembali konfirmasi call center, yang ternyata katanya kartu retur karena rumah kosong. Dijanjikan untuk segera dikirim kembali.

Dua hari kemudian ada petugas bernama Rahmat mengaku petugas call center yang menanyakan apakah kartu sudah diterima atau belum, tentu saja saya jawab belum. Petugas ini menjanjikan untuk konfirmasi ke cabang (entah cabang mana) atas kartu saya yang belum sampai.

Namun setelah 44 hari kartu belum sampai juga. Padahal sanggahan transaksi yang saya lakukan dinyatakan berhasil, terbukti bahwa transaksi-transaksi tersebut bukan transaksi saya (nah loh kartu saya bisa kebobolan dong) dan dana sudah dikembalikan ke rekening kartu kredit pengganti yang kartunya belum juga saya terima.

Saya konfirmasi kembali ke call center mengenai kartu saya yang tidak kunjung datang. Ternyata jawaban call center kartu tersebut retur kembali karena rumah kosong, ya Allah. Padahal gara-gara menunggu kartu, saya sekeluarga jadi ragu mau bepergian.

Sehari berikutnya petugas yang mengaku bernama Rahmat dari call center kembali menelepon menanyakan kartu sudah diterima atau belum, yang pasti saya jawab belum. Dia kembali menyampaikan akan konfirmasi ke cabang dan akan segera menghubungi kembali pada hari yang sama.

Saya berinisiatif untuk menanyakan langsung ke CS cabang Antapani Bandung tentang kartu saya dan di cabang ini pun kartu saya tidak datang. Sampai sore hari dan besoknya bahkan sampai hari ini petugas call center Rahmat tidak ada menghubungi saya kembali.

Akhirnya kemarin saya kembali lakukan konfirmasi call center, karena jawabannya kartu masih dalam proses karena retur lalu saya mintak untuk ditutup saja dan sisa saldo supaya dikembalikan ke rekening tabungan saya.

Saya kecewa dan menyayangkan atas pelayan dari keluhan saya yang terjadi. Padahal kurir dari ekspedisi belanja online saja selalu sampai dan ada konfirmasi bila rumah kosong atau alamat tidak jelas. Namun dari OCBC NISP tidak ada sama sekali pemberitahuan kalau kiriman retur atau apa pun, harus kita yang terus-terusan konfirmasi call center. Ke mana saja Pak Rahmat??

Mohon maaf bila ada pihak yang tidak berkenan atas surat ini, saya hanya kecewa karena menunggu adalah kegiatan yang buat kesal. Terima kasih kembali saya sampaikan kepada Media Konsumen.

Dadan Herdiana
Bandung, Jawa Barat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai Kartu Kredit Bank OCBC NISP:
[Total:32    Rata-Rata: 2.3/5]
Tanggapan Bank OCBC NISP Atas Surat Pembaca Bapak Dadan Herdiana

Dengan hormat, Terima kasih kepada redaksi Mediakonsumen.com yang telah menayangkan surat pembaca dari Bapak Dadan Herdiana pada Kamis, 20 Januari...
Baca Selengkapnya

5 komentar untuk “Kecewa dengan Pelayanan Kartu Kredit OCBC NISP

  • 20 Januari 2022 - (19:52 WIB)
    Permalink

    Seumur umur yang saya tahu bank apalagi dari call center mau hubungi pemegang kartu cuma untuk menayangkan kartu sudah diterima atau belum itu pasti sudah indikasi ada Threshold. Pak ngapain bank buang uang pulsa untuk hubungi pemegang kartu nanya kartu sudah diterima apa belum, berulang juga duh pak makanya kalo pake kartu kredit jangan suka asal masukan data kartu di internet. Syukur proses dispute penyangahan transaksi dapat pengembalian dana kredit kembali. Untuk pengiriman kartu ya harus ada orang pak dirumah kalo ga ada orang ga bakalan dilempar diteras rumah karena ini kartu kredit bukan kiriman barang pembelian di situs online 😁

    1
    1
    • 23 Januari 2022 - (05:35 WIB)
      Permalink

      Memang begitu kok kalau OCBC NISP, kakak saya aja pemegang OCBC NISP jika kartu belum di terima2 petugas selalu konfirmasi..

    • 23 Januari 2022 - (05:36 WIB)
      Permalink

      Menurut surat yg diatas, bapak ini ragu untuk bepergian keluar rumah, yg artinya kan berarti bpk itu mau keluar rumah gajadi2 karna nunggu kartu dtg..

    • 26 Januari 2022 - (02:46 WIB)
      Permalink

      Berarti anda masih ijo alias belum banyak pengalaman. Ada beberapa bank yang memang menghubungi nasabah untuk memastikan kartu diterima atau belum. Dan satu lagi Bank itu gak pelit kayak anda. Wkwkwk. Perhitungan pake pulsa. KOCAK

  • 20 Januari 2022 - (22:44 WIB)
    Permalink

    Berarti seumur Bapa belum pernah menjadi nasabah bank yang saya punya Pa, pelit sekali bank yang Bapa gunakan sampai tidak pernah mau memakai pulsa untuk menghubungi nasabahnya Pa. Dulu palayanan bank yang saya maksud ini sangat bagus, menganut prinsip “customer first” makanya saya gunakan selama 20 tahun ini. Dalam pelayanan pasti ada puas dan tidak puas. Masalah pengantaran kartu juga sudah diselesaikan sesuai kebutuhan saya dengan tidak sampai dilempar juga tapi ada kordinasi dan komunikasi dari kurirnya. Begitu Pa Toy. Btw, terima kasih atas tanggapannya Pa.

 Apa Komentar Anda mengenai Kartu Kredit Bank OCBC NISP?

Ada 5 komentar sampai saat ini..

Kecewa dengan Pelayanan Kartu Kredit OCBC NISP

oleh Dadan Herdiana dibaca dalam: 2 menit
5