Kehilangan 2 Buah Helm KYT di Vivo Mall Sentul, Total Kerugian Bernilai 2,5 Juta

Tanggal 27 Maret 2022 sekitar pukul 18:45 WIB, saya parkir di tempat parkir motor di VIVO Mall Sentul. Motor saya Ninja 250 SL hijau. Pada saat itu saya membawa 2 helm (1. KYT TT COURSE TYPE JAUME MESIA , 1 KYT KYOTO HITAM) yang jika dirupiahkan nilainya sekitar Rp2,5 jutaan.

 

Jika ada tempat penitipan helm, biasanya saya menitipkan helm tersebut ke tempat penitipan helm. Namun dikarenakan di parkiran ini tidak ada penitipan helm motor, maka saya menaruh helm saya di atas motor.

Setelah menyelesaikan urusan saya, saya kembali ke motor kira-kira pukul 21.00. Saya mendapatkan helm KYT saya 2 buah sudah tidak ada, padahal di belakang motor saya ada petugas security yang jaga lagi duduk.

Atas kejadian itu saya mengadukan hal tersebut ke petugas security yang berjaga di belakang motor saya itu. Namun saya malah langsung diarahkan ke pos penjagaan security bertemu komandan security-nya. Kemudian pihak security langsung menyuruh saya mengadu ke pihak parking di loket pembayaran.

Mereka hanya menunjukkan rekaman kamera parking saat pembayaran di loket, bukan CCTV berjalan yang bisa di-tracking.

Setelah obrolan panjang antara saya, pihak parking dan security, pihak security dan parking tidak bertanggung jawab sama sekali dan malah saling melempar tanggung jawab antara 2 divisi tersebut. Saya cuma diarahkan supaya bikin surat berita acara saja dan sampai sekarang belum ada kepastian penyelesaian atas kejadian tersebut.

Saya sebagai customer merasa sangat dirugikan atas kejadian tersebut.

Eka Suryana
Bogor, Jawa Barat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai Vivo Mall Sentul:
[Total:96    Rata-Rata: 1.9/5]

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

41 komentar untuk “Kehilangan 2 Buah Helm KYT di Vivo Mall Sentul, Total Kerugian Bernilai 2,5 Juta

  • 29 Maret 2022 - (20:59 WIB)
    Permalink

    Helm motor memang rawan pencurian. Jangankan yang harganya jutaan, yang ratusan ribu saja sudah banyak yang kehilangan. Saya juga pernah mengalaminya.

    Makanya saya beli gembok fleksibel yang bisa digunakan untuk mengunci helm di motor saya. Jika tidak ada tempat penitipan helm, saya bisa menguncinya di motor tanpa khawatir ada yang mencurinya.

    10
    • 30 Maret 2022 - (20:46 WIB)
      Permalink

      Diprankiran ada CCTV minta lah rekamanya, buat bikin laporan, tapi klo lapor kantor polisi ya paling dikasih Piagam doang wkwkk alias surat buat bukti laporan buat apa jga klo ngda tindakan, klo lapornya bisa masuk 86 bisa diusut dicari orangnya

  • 30 Maret 2022 - (00:53 WIB)
    Permalink

    parkir bukan untuk menjaga kendaraan atau barang2 yg ada di kendaraan. parkir hanyalah tempat untuk memarkir motor, bukan jaga. mereka hanya menyewakan lahan untukmenaruh saja

    7
    7
    • 30 Maret 2022 - (12:54 WIB)
      Permalink

      Berdasarkan Pasal 1694 Kitab Undang-Undang Hukum Perdata (KUHPerdata), sebuah tempat jasa penitipan adalah terjadi apabila seseorang menerima suatu barang dari orang lain. Tetapi dengan syarat bahwa ia akan menyimpannya dan mengembalikannya dalam wujud asalnya. Maka, lanjut berdasarkan pada Pasal 1706 KUHPerdata. Penyedia layanan jasa penitipan parkir harus mengembalikan barang-barang yang dititipkan dalam wujud asalnya atau seperti sedia kala.

      Berdasarkan peraturan perundangan yang disebutkan di atas, maka pengelola tempat parkir, merupakan pihak yang bertanggung jawab terhadap titipan kendaraan bermotor, beserta bawaannya.

      • 30 Maret 2022 - (13:00 WIB)
        Permalink

        tapi biasanya ada tulisan ketentuan umum di parkiran, misal begini, krn tidak bs upload gambar sy ketik aja tulisan yg ada di parkir mall :

        KETENTUAN UMUM :
        1. segala kehilangan dan kerusakan menjadi tanggung jawab pemilik kendaraan, todak ada penggantian dalam bentuk apapun
        2. pastikan tidak meninggalkan barang berharga dan helm anda
        dst

        sudah ada peringatan begitu di mall yg saya tau. berarti kan keteledoran sendiri.
        yah tapi semangat pak ts, semoga diganti oleh pihak mall, walau ada tulisan peringatan jangan meninggalkan helm begitu.
        semoga cepat selesai

        1
        3
          • 30 Maret 2022 - (14:27 WIB)
            Permalink

            pencuri senang dengan jalan pikiran anda

        • 30 Maret 2022 - (14:03 WIB)
          Permalink

          itu kan tulisan yang dibuat oleh pihak pengelola pak, apakah menang lawan undang2? jelas tidak

          itu tulisan yang dipakai untuk menghindari kita meminta pertanggung jawaban mereka

          “Pencantuman klausula baku oleh pelaku usaha yang menyatakan pengalihan tanggung jawab pelaku usaha adalah dilarang,”.

          itu dari undang-undang konsumen

          https://yuridis.id/bagaimana-pertanggungjawaban-pengelola-parkir-terhadap-helm-yang-hilang-di-parkiran-motor/

          coba baca link ini

          1
          1
          • 30 Maret 2022 - (14:06 WIB)
            Permalink

            memang iya dibuat pengelola, buat menghindari. bayangkan kalau 100 org helm hilang krn keteledoran sendiri, rugi lah. ya gk rugi sih. tp liat aja, kecil kemungkinan akan diganti soalnya mereka ada cara menghindari dan udh buat peringatan begotu agar jgn naruh di motor

          • 30 Maret 2022 - (14:08 WIB)
            Permalink

            iya saya sudah baca emg ada undang2 gt, pengelola jg gk mau rugi kan, makanya sudah ditulis jangan naruh di kendaraan, tp ngeyel masih naruh di situ.
            memang iya dibuat pengelola, buat menghindari. bayangkan kalau 100 org helm hilang krn keteledoran sendiri, rugi lah mall nya. ya gk rugi sih. tp liat aja, kecil kemungkinan akan diganti soalnya mereka ada cara menghindari dan udh buat peringatan gitu agar jgn naruh di motor. tp kalau diganti ya alhamdulillah ikut senang.

          • 30 Maret 2022 - (17:48 WIB)
            Permalink

            Kalo udah ngerasa siap punya helm mahal + limited edition pula n bawa kemana2, harusnya sih udah siap utk bawa helmet bag ato peralatan pengunci helm di motor. Daripada ujung2nya kehilangan begitu.
            Udah tau sekarang harga helm lagi di goreng2nya. Belinya helm gorengan pula. Siap resiko di colong kalo sampe di taro di motor lah. Mikir yg benerlah..

          • 6 April 2022 - (11:39 WIB)
            Permalink

            Masih berlaku om UUD di negara ini? Jangankan helm yg harga jutaan, yg ratusan ribu sj gada penggantian kalo hilang. Dan sy rasa di mall ada tempat penitipan helm.

        • 30 Maret 2022 - (15:09 WIB)
          Permalink

          Iya kalau kendaraan yg hilang bisa menang lewat pengadilan asal punya waktu. Kalau karcis hilang kita kena denda ya

    • 30 Maret 2022 - (12:27 WIB)
      Permalink

      Bang2,itu helm mahal bang.misalkn punya lo helm yg murah 60rb hilg di parkiran gimn rasanya

      • 6 April 2022 - (11:53 WIB)
        Permalink

        Sy pernah hilang helm yg harga 200rb an, tp emg pihak pengelola ga mau ganti rugi karena hrs di akui sy yg asal naroh helm di motor. Masa iya sy hrs ngamuk2 ke mereka.

      • 30 Maret 2022 - (14:10 WIB)
        Permalink

        loh kok bisa abang yg paling pintar? kan mungkin saja dia gk punya helm 60rb krn memang tidak naik motor. maap ya kalau saya bodoh abang yg pintar 😘.
        pasti anak cucu emak bapaknya gitu ya nyontohin ke abang yg pintar 😢😢

        2
        1
          • 6 April 2022 - (11:48 WIB)
            Permalink

            Knpa emg bodoh? Bnr kan kata saya bisa beli 2 dan hilang di tempat umum mau ga mau hrs beli lagi karena ga mgkn di ganti apalagi harga jutaan. Jd yg bodoh siapa.

        • 30 Maret 2022 - (14:29 WIB)
          Permalink

          Liat dong garis bagian kiri reply nya utk komentar siapa, kan ga rata. bisa keliatan komentarnya utk komen yg mana. liat lg bener2. kalo jeli, bisa keliatan gw reply buat komentar siapa

  • 30 Maret 2022 - (17:49 WIB)
    Permalink

    Kalo udah ngerasa siap punya helm mahal + limited edition pula n bawa kemana2, harusnya sih udah siap utk bawa helmet bag ato peralatan pengunci helm di motor. Daripada ujung2nya kehilangan begitu.
    Udah tau sekarang harga helm lagi di goreng2nya. Belinya helm gorengan pula. Siap resiko di colong kalo sampe di taro di motor lah. Mikir yg benerlah..

    2
    1
  • 31 Maret 2022 - (08:30 WIB)
    Permalink

    Jgnkan yg jutaan helm Bmc aja pernah hilang diparkiran lebih baik dibawa masuk aja mungkin maling dah tau kalo kasus ky gini jarang diusut pelakunya

  • 1 April 2022 - (11:05 WIB)
    Permalink

    kadang disediakan jasa penitipan helm tapi pada ga mau naro disono karena bayar maunya gratisan tapi helm aman ya susah
    helm sekarang lagi jadi incaran karena dijual lagi masih ada harganya,dipake ama malingnya juga ga bakal kena masalah

  • 6 April 2022 - (10:39 WIB)
    Permalink

    Mewakili management Vivo Mall dan menjawab pertanyaan yang dikirimkan oleh Bpk Eka Suryana yang dikirimkan ke mediakonsumen.com, tentunya pihak Manajemen Vivo Mall turut merasa prihatin dengan apa yang telah dialami oleh bpk Eka Suryana, kami memohon maaf atas ketidaknyamanannya. Namun demikian bahwa yang bersangkutan seyogyanya tidak meninggalkan barang berharga berupa 2 (dua) buah helm yang diklaim bernilai Rp. 2.5juta begitu saja tanpa pengamanan di kendaraan yang diparkir. Sesuai penuturan Bpk Eka, bahwa Bpk Eka telah meninggalkan helm begitu saja di atas motor (tanpa pengamanan).

    Hingga saat ini kami belum menyediakan penitipan helm di lokasi parkir kami, oleh karenanya bila dirasa helm motor cukup berharga sebaiknya dapat dibawa atau bila akan tetap ditinggalkan di kendaraan (motor) harap ditinggalkan dengan pengamanan (dikunci di motor agar tidak mudah diambil).

    Kami harapkan kejadian serupa tidak akan terjadi lagi dan tentunya para petugas di area parkir akan selalu mengingatkan para pengunjung yang memarkirkan kendaraannya untuk tidak meninggalkan barang berharga di kendaraannya selama parkir.

    Bila ada yang ingin ditanyakan lebih lanjut, Bpk Eka dapat menghubungi kami di Building Manajemen Vivo Mall.

    Terimakasih

    • 8 April 2022 - (02:21 WIB)
      Permalink

      Entah itu kelalaian konsumen atau bukan tetap saja pihak vivo mall harus bertanggung jawab atas kejadian tersebut.

      Adanya tempat parkir kendaraan di vivo mall menandakan adanya sebuah tempat jasa penitipan kendaraan dan tempat jasa penitipan adalah terjadi apabila seseorang menerima suatu barang dari orang lain dengan syarat bahwa ia akan menyimpannya dan mengembalikannya dalam wujud asalnya. Maka, penyedia penitipan parkir harus mengembalikan barang-barang yang dititipkan dalam wujud asalnya atau seperti sedia kala.
      dan seharusnya pengelola tempat parkir, merupakan pihak yang bertanggung jawab terhadap titipan kendaraan bermotor, BESERTA BAWAAN NYA. Maka helm yang hilang merupakan tanggung jawab dari pengelola jasa parkir vivo mall.

 Apa Komentar Anda mengenai Vivo Mall Sentul?

Ada 41 komentar sampai saat ini..

Kehilangan 2 Buah Helm KYT di Vivo Mall Sentul, Total Kerugian Bernila…

oleh eka dibaca dalam: 1 menit
41