Tidak Pernah Menjadi Nasabah CIMB Niaga, tapi di SLIK OJK Muncul Tagihan Kartu Kredit dan KTA CIMB Niaga

Saya ingin mengajukan komplain, karena nama saya tercatat di SLIK OJK (dulu BI Checking) atas pemakaian kartu kredit senilai Rp2.800.34 dan KTA Rp84.643.759. Hal ini saya ketahui saat ingin mengajukan KPR di bank lain. Pertamanya saya tidak percaya, tapi setelah 3 kali saya cek di SLIK OJK,  tetap muncul nama saya.

Saya ingin klarifikasi dari Bank CIMB Niaga, karena saya bukan nasabah CIMB Niaga. Kartu kredit CIMB dan buku tabungan CIMB Niaga pun tidak ada. Saya sama sekali tidak pernah mengajukan dan tidak pernah merasa mengajukan pinjaman dan pinjaman KTA.

Saya sudah mendatangi cabang terdekat. Kemudian dicek KTP saya,  tidak terkait atas pinjaman dan kartu kredit CIMB Niaga. Namun katanya kasus ini akan di-follow up, tapi tidak ada jawaban sampai saat ini. Saya ingin nama saya dibersihkan dan dapat klarifikasi dari Bank CIMB Niaga, karena saya merasa dirugikan.

Jujur saya jadi tidak enak makan dan tidur karena kepikiran terus.

Harry Widjaya
Depok, Jawa Barat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai Data SLIK OJK:
[Total:155    Rata-Rata: 4.2/5]
Tanggapan CIMB Niaga atas Surat Bapak Harry Widjaya

Dengan hormat, Sehubungan dengan surat Bapak Harry Widjaya yang berjudul “Tidak Pernah Menjadi Nasabah CIMB Niaga, tapi di SLIK OJK...
Baca Selengkapnya

25 komentar untuk “Tidak Pernah Menjadi Nasabah CIMB Niaga, tapi di SLIK OJK Muncul Tagihan Kartu Kredit dan KTA CIMB Niaga

  • 4 April 2022 - (10:02 WIB)
    Permalink

    Waduh, kalau benar kacau sekali CIMB Niaga.

    Akibat kelalaian, jadi Sangat merugikan kredibilitas orang lain untuk mengurus kredit dan lainnnya

    7
    2
  • 4 April 2022 - (10:14 WIB)
    Permalink

    Ngerii bgt yah tiba” muncul tagihan, coba tanya kluarga brg kali ada yg make ktp bapak kan :”) Terus mending ke cabang lgi deh biar bisa fu lebih cepet gitu

    2
    1
    • 4 April 2022 - (10:24 WIB)
      Permalink

      masalah nya sudah di cek d cabang untuk KTP nya, tidak ada kartu kredit/utang atas KTP tersebut..

      2
      1
  • 4 April 2022 - (11:34 WIB)
    Permalink

    Masalah sudah clear . saya sudah mendapatkan. surat keterangan dari bank cimb . terimakasih cimb terimakasih mediakonsumen

    4
    1
    • 4 April 2022 - (14:58 WIB)
      Permalink

      Kalau bisa, tolong dijelaskan bagaimana kok bisa seperti itu dan penyelesaiannya bagaimana, biar bisa jadi referensi kalau ada orang lain yg kena masalah serupa.

      Dan pastikan cek ulang ke SLIK/BI Checking, karena meski bank sudah kasih surat clear, tapi status SLIK kadang belum diperbarui hingga berbulan-bulan.

      • 4 April 2022 - (15:55 WIB)
        Permalink

        kronologi : saya mengajukan KPR rumah di bank lain kemudian di bi checking kan itu ,, nah keluar ada nominal senilai yg saya jelaskan di postingan ,, bukan hanya sekali saya cek sudah 3x . pertama saya pikir marketing rumah nya ngada2 . dan saya cek dengan refrensi lain hasilnya pun sama .

        penyelesaiannya : saya berkali-kali telpon ke Call center CIMB . namun karena jaringan tidak stabil akhirnya saya putuskan ke cabang terdekat . di cabang saya mengisi aduan SLIK tanggal 30 dan disuru menunggu . tanggal 1 saya ditelpon pukul 12.10 bertepatan sholat jumat saya tidak angkat baru tanggal 4 ini tadi jam 11 di respon oleh cimb pusat .

        saya mendapatkan bukti tertulis surat via email dan surat fisik yg akan dikirimkan ke rumah saya..

        bagi saya itu sudah cukup untuk pegangan saya . sebenernya yg lebih saya khawatirkan bukan karena KPR nya , namun Jika itu cicilan beneran waduh bisa stress saya

      • 4 April 2022 - (20:31 WIB)
        Permalink

        Kasus ini mirip sama saya. Namun yang terjadi di saya adalah, salah satu bank penerbit kartu kredit saya salah menginput data nik saya. Hal ini saya ketahui ketika saya mendapatkan ideb saya dari ojk. Akibat kesalahan data dari salah satu kreditur saya, maka Hal ini mengakibatkan ketika bank tersebut mengupdate data debitur ke slik ojk, ideb (informasi debitur) saya di ojk tercampur dengan data hutang dari debitur lain. Untuk itu mungkin anda bisa meminta ideb ojk anda melalui layanan antrian slik di website ojk.

        Salam

    • 4 April 2022 - (15:58 WIB)
      Permalink

      wahh saya rasa siapapun akan kepikiran kaya saya .. pasti tidak enak makan dan tidur hehehe..

      • 4 April 2022 - (20:39 WIB)
        Permalink

        Ada baiknya anda meminta informasi debitur anda ke ojk. Nanti anda bisa mentrace seluruh pinjaman anda di kreditur yang lain. Berkaca pada kasus saya sebelumnya, saya menemukan salah satu bank salah menginput komor ktp saya dan saya datangi CS bank tersebut untuk mengupdate data nomor ktp untuk kemudian bank tersebut mengupdate nik saya yang seharusnya ke ojk. Karena bila ada kesalahan informasi yang ada di ideb ojk, maka yang bisa mengupdate adalah kreditur yang melaporkan data tersebut. Akibat dari kesalahan tersebut sangat fatal bila kita akan memgajukan ktedit kembali, kesalahan tersebut akan mengakibatkan data debitur kita tercampur dengan data orang lain berikut seluruh hutang dan kolektibilitas kredit dari orang lain.

        • 5 April 2022 - (15:29 WIB)
          Permalink

          Kasus ini mirip dengan saya pak.

          Pihak Bank Cimb Niaga salah menyampaikan informasik NIK saya kedalam SLIK OJK, sehingga tercampur dengan data debitur orang lain yang memiliki 4 pinjaman pada bank yg berbeda2 , padahal saya tidak ada hubungan apapun dengan ke empat 4 bank itu.

          Untuk bapak sendiri bagaimana cara penyelesaian masalah ini ?

          Saya sudah datangin pihak cimb niaga dan saat ini masih dalam proses.

          Apakah saya harus datangi ke 4 bank tersebut, namun tidak ada hubungannya dengan saya, karena dari informasi debitur yg tercatat nama orang lain, NIK orang lain (sama dengan NIK yg keliru saya yg dilaporkan oleh Bank Cimb Niaga)

          Mohon berbagi pengalamannya pak, terima kasih🙏

          • 5 April 2022 - (17:38 WIB)
            Permalink

            Kalau saya datangi bank yang salah melaporkan. Dalam kasus saya adalah bank BCA, saya datang ke cs bank BCA terdekat untuk menginformasikan bahwa Bank BCA salah mengentri data NIK saya sehingga debitur nasabah dengan nik yang salah tersebut masuk ke ideb ojk saya. Saya tidak mendatangi bank mandiri dan commomwealth ( dalam kasus saya debitur tersebut ada hutang di bank tersebut) karena debitur tersebut memang ada pinjaman di sana. Nanti pihak bank BCA yang mengupdate kesalahan data tersebut dan otomatis nanti ketika di update ke ojk sudah dgn nik yang sebenarnya, sehingga data debitur yang salah tersebut seharusnya sudah tidak muncul lagi

  • 4 April 2022 - (16:02 WIB)
    Permalink

    BETUL CIMB NIAGA MEMANG BANYAK DISALAHGUNAKAN OLEH ORANG TDK TANGGUNG JAWAB, TERMASUK ISTRI SY TH 2018 – 2019 DATANYA DIPAKAI OLEH ORG TRCATAT DI CIMB NIAGA FALETEHAN KTA PADAHAL SM SKALI BKN NASABAH CIMB NIAGA, DIKETAHUI DARI SLIK OJK KTA 1 TH, SEPERTINYA ADA INDIKASI ORG DALAM DGN SALES SALES LUAR NYA, KRN SY PERNAH TERIMA TELPN DAN ALASAN KARTU TAMBAHAN KARTU KREDIT SAYA, TUHH CIMB NIAGA BNYK MAVIA SPRTINYA ANALIS NYA KLU NASABAH PELIT LIMIT KE PENIPUAN GAMPANGIN DALIH JD NASABAH BARU PADAHAL FIKTIP. SETUJU CIMB NIAGA BERBENAH

    1
    1
  • 4 April 2022 - (16:26 WIB)
    Permalink

    CIMB? Udah ga heran. dulu kartu kredit ibu sy jg mengalami demikian. manis2 di awal suruh bikin kartu kredit, okelah. ehh pas kartu datang di rumah, tau2 dpt sms otp. berarti ada yg mengetahui nomor kartu, tanggal, cvv. Saat itu juga sy arahin ke cimb call centre 14041 (kalo ga salah) buat langsung nutup kartu. Bagi sy, ga beres ini. daripada kejadian kebobolan beneran, mending saat itu juga langsung ditutup.

  • 4 April 2022 - (18:24 WIB)
    Permalink

    Nah ini mirip dengan kasus saya akhir februari bulan kemarin.
    Jadi saya mau mengajukan KPR, lalu sama marketingnya dibantu check BI Checking. Hasilnya pada Jumat sore saya ditelepon sama marketingnya bahwa ada hutang sebesar 200 jt, ketika saya minta print datanya biar tahu itu pinjaman di bank apa saya dijanjikan hari seninnya.
    Selama 3 hari gak bisa tidur nyenyak, karena gak merasa punya hutang di Bank manapun atau lembaga keuangan lainnya, lalu konsultasi dengan teman yang pernah kerja di Bank.
    Ternyata cara ngecheck BI Checking itu ada beberapa Tahap. Mulai dari Nama, Lalu NIK dan alamat. Kemungkinan yang terjadi adalah nama yang sama, karena di Indonesia sendiri cukup banyak nama yang sama.
    Dan benar saja itu yang terjadi pada saya, yang mungkin juga terjadi pada orang lain termasuk penulis ini. Hari senin pagi saya dikabari kalau ternyata hanya nama saya saja yang sama dengan penghutang itu.
    Disini yang salah bukan Banknya ya teman-teman, tapi yang salah adalah orang yang ngecheck, karena hanya dicheck berdasarkan nama, tidak sampai double check ke NIK dan alamat serta pendukung lainnya.

    • 4 April 2022 - (21:04 WIB)
      Permalink

      pada kasus yg saya alami sudah didouble cek pak .. saya juga sudah konsultasi dengan saudara yang bekerja di perbankan tetap muncul nominal pinjaman atas nama saya dan nik ktp .

      overall yg saya alami saya anggap selesai . karena pihak cimb niaga pun sangat tanggap membantu saya . saya juga tidak meyalahkan pihak bank . saya cuma minta klarifikasi ..

      setelah mendapatkan statmen tertulis dan di tanda tangani pihak pejabat cimb . hati saya tenang . memang tidak ada sangkutan kredit atau pinjaman lainnya di bank tsb .

  • 5 April 2022 - (05:46 WIB)
    Permalink

    1. Klo anda merasa di rugikan anda bisa menuntut secara hukum dan hal ini bisa anda laporkan ke OJK.
    2. anda bisa menuntut agar hasil SLIK di CIMB agar di cleansing. Karena dengan kesalahan tersebut CIMB bisa kena denda oleh OJK.
    3. Anda dapat meminta surat pernyataan dari bank CIMB bahwa benar anda tidak memiliki kredit apapun di bank tersebut.

  • 5 April 2022 - (22:01 WIB)
    Permalink

    Sama juga dengan saya, buka rekening buat pendaftaran gojek, tau2 ada tagihan kartu kredit senilai 90jt++ dengan KTA juga sebesar 80jt++. Sampai didatangi dan di telf DC. Ngotot suruh bayar karena itu nama saya, no telf saya, dan alamat saya. Sampai saya tantang suruh keluarkan surat pengajuan dengan data dan tanda tangan saya, mereka gak mau. Tetap saya suruh bayar,,bagaimana caranya bisa mengeluarkan kartu kredit dan kta tanpa ada permintaan dari nasabah, orang atas kipas2 target tercapai, orang bawah kaya kita kentut kentut bayar nya…

  • 6 April 2022 - (17:48 WIB)
    Permalink

    Saya juga memgalami hal yg sama sampai sekarang dri bni saya dinyatakan ada hutang kartu kredit bolak balik debt colector nyari saya tapi saya tidak respond dan akhirnya slick ojk saya dinyatakan kol5…gimana tuh caranya menyelesaikannya

  • 7 April 2022 - (07:34 WIB)
    Permalink

    jangakan itu..cimb niaga menagih utang seperti pinjol ilegal dan memaksa minta uang dan uang diberikan kepada debt colektor yg dtng ke rumah tanpa tanda terima atau apapun.. untung sy gk kash.. dan skrg cimb niaga bintaro dan sudirman mencoba melakukan jual beli data nasabah kepada bank dbs,yayasan yatim piatu atapun slot judi.. berkali kali komplaint tetap gk diproses.. saya anggap itu benar terjadi atas jual beli data nasabah.. menurut sy masalah pak herry itu. bank niaga brani melakukan jual beli data pak hery. bgt jg yg saya alami . sy jg dhblapor ke ojk plus bi.. tp malah ojk dan bi disuruh selesaikan secara internal dgn cimb niaga.. jd konsumen harus hati hati dan extra hati hati

  • 7 April 2022 - (09:59 WIB)
    Permalink

    Duh.. Koq jd agak ngeri ya.. Soalnya dlm bbrp bulan ini jg aq berkali2 dpt tlp dr nmr yg sama ngakunya dr CIMB Niaga nawarin obligasi/reksadana atw apalah itu aq g ngerti,, entah dy tau tlp aq dr mana,, udh aq tolak tp sebulan kemudian tlp lg menawarkan hal yg sama,, kesannya ngotot skali.. Akhirnya aq blokir aja nmr tu org.. G tau bneran dr CIMB Niaga g tau cm niat nipu tp bkin image CIMb auto buruk aja d mata aq..

 Apa Komentar Anda mengenai Data SLIK OJK?

Ada 25 komentar sampai saat ini..

Tidak Pernah Menjadi Nasabah CIMB Niaga, tapi di SLIK OJK Muncul Tagih…

oleh Harry dibaca dalam: 1 menit
25