Surat Pembaca

Barang Hilang dalam Pengiriman SiCepat, Penggantian Sesuai SOP Merugikan Konsumen

Istri saya membeli barang dagangan, yang rencananya akan dijual di bulan puasa ini, melalui IG. Oleh penjual di Bandung, barang dikirim melalui SiCepat Gokil dengan nomor resi: 001467005902. Perdebatan, pembuktian dan kekecewaan dengan SiCepat dimulai ketika paket tidak juga sampai setelah 3 hari dikirimkan.

Pada tanggal 22 April 2022, pencarian pun dimulai, dari menghubungi customer care SiCepat sampai dengan SiCepat Cargo Tangsel 2 (selaku cabang pengirim). Lucunya, kurir SiCepat Cargo Tangsel 2 atas nama Riz** sebegitu yakinnya bahwa paket telah dikirimkan. Namun keterangannya berubah-ubah: dikirim sianglah, dikirim malamlah, paket diserahkan ke saya langsunglah, paket dilempar ke dalamlah, bahkan ybs sempat video call dengan saya. Terakhir meminta CCTV rumah, dikarenakan begitu yakinnya kurir ybs, bahwa paket telah dikirimkan. Belakangan setelah dicek, paket yang diantar adalah paket lain yang saya beli melalui Tokopedia (bukan paket istri saya).

Akhirnya pada tanggal 24 April 2022, paket dinyatakan hilang dan pada tanggal 25 April 2022 malam, 4 orang perwakilan SiCepat Cargo Tangsel 2 (1 kurir dan 3 lainnya saya tidak kenal) telah datang ke rumah. Mereka menjelaskan bahwa paket hilang dan meminta maaf atas hilangnya paket dan ketidakjujuran kurir atas nama Riz**.

Satu orang perwakilan bahkan meminta supaya saya tidak menuntut dan permasalahan bisa diselesaikan secara kekeluargaan. Saya setuju, dengan syarat SiCepat Cargo Tangsel 2 harus aktif menyelesaikan masalah dan jangan susah untuk dihubungi. Selanjutnya saya tanyakan juga perihal penggantian. Mereka menjelaskan bahwa penggantian secara full, waktu penggantian 14 hari dan saya akan dihubungi ketika proses penggantian.

Nyatanya, tanpa pemberitahuan terlebih dahulu dari pihak SiCepat, dana sebesar Rp704.000 masuk ke rekening istri saya. Padahal kerugian istri saya lebih dari Rp1,2 juta, belum lagi kehilangan potensi keuntungan. Ditambah kerugian waktu dan pikiran untuk berbicara dengan orang-orang SiCepat yang tidak paham apa itu artinya kepercayaan. Bahkan petugas SiCepat Cargo Tangsel 2 dengan entengnya bilang, bahwa mereka sudah dipotong gaji dan penggantian sudah sesuai SOP (SOP-nya menguntungkan SiCepat dan merugikan konsumen).

Dengan ini saya peringatkan SiCepat untuk:

  1. Segera kembalikan sisa kerugian saya.
  2. Perbaiki standar customer service SiCepat dalam menangani komplain konsumen. Hotline SiCepat 021-50200050 (tidak membantu penyelesaian masalah), WhatsApp 0812-9966-6088 (yang jawab seringnya mesin dan kasih jawaban tidak nyambung).

Deddy Tisna Harahap
Karang Tengah, Tangerang, Banten

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan

Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Tanggapan SiCepat Ekspres atas Surat Bapak Deddy Tisna Harahap

Dengan Hormat, Sehubungan dengan surat Bapak Deddy Tisna Harahap dengan judul “Barang Hilang dalam Pengiriman SiCepat, Penggantian Sesuai SOP Merugikan...
Baca Selengkapnya

Komentar

  • Pada tanggal 7 Okt 23 saya melakukan pembelian iphone 13 Pro 1TB senilai 17jt.
    Paket sampai di gerai tujuan tgl 9 Okt dan saya datangi langsung ke gerai. Saya minta bantuan untuk unboxing di gerai karena menggunakan packing kayu dan sekalian di minta di buka kan bubblewrap dan busa pelindung. Ternyata dus hp saya sudah dibongkar dan isi hp nya hilang.
    Proses investigasi pun stuck di sicepat, sudah hampir sebulan belum ada kejelasan sehingga proses claim asuransi belum bisa berjalan.

  • Akhirnya saya ngalamin juga, 2hr lalu barang seharga 580rb dinyatakan hilang oleh sicepat. Dan dapat penggatian hanya 180rb.