Barang Hilang dalam Pengiriman SiCepat, Penggantian Sesuai SOP Merugikan Konsumen

Istri saya membeli barang dagangan, yang rencananya akan dijual di bulan puasa ini, melalui IG. Oleh penjual di Bandung, barang dikirim melalui SiCepat Gokil dengan nomor resi: 001467005902. Perdebatan, pembuktian dan kekecewaan dengan SiCepat dimulai ketika paket tidak juga sampai setelah 3 hari dikirimkan.

Pada tanggal 22 April 2022, pencarian pun dimulai, dari menghubungi customer care SiCepat sampai dengan SiCepat Cargo Tangsel 2 (selaku cabang pengirim). Lucunya, kurir SiCepat Cargo Tangsel 2 atas nama Riz** sebegitu yakinnya bahwa paket telah dikirimkan. Namun keterangannya berubah-ubah: dikirim sianglah, dikirim malamlah, paket diserahkan ke saya langsunglah, paket dilempar ke dalamlah, bahkan ybs sempat video call dengan saya. Terakhir meminta CCTV rumah, dikarenakan begitu yakinnya kurir ybs, bahwa paket telah dikirimkan. Belakangan setelah dicek, paket yang diantar adalah paket lain yang saya beli melalui Tokopedia (bukan paket istri saya).

Akhirnya pada tanggal 24 April 2022, paket dinyatakan hilang dan pada tanggal 25 April 2022 malam, 4 orang perwakilan SiCepat Cargo Tangsel 2 (1 kurir dan 3 lainnya saya tidak kenal) telah datang ke rumah. Mereka menjelaskan bahwa paket hilang dan meminta maaf atas hilangnya paket dan ketidakjujuran kurir atas nama Riz**.

Satu orang perwakilan bahkan meminta supaya saya tidak menuntut dan permasalahan bisa diselesaikan secara kekeluargaan. Saya setuju, dengan syarat SiCepat Cargo Tangsel 2 harus aktif menyelesaikan masalah dan jangan susah untuk dihubungi. Selanjutnya saya tanyakan juga perihal penggantian. Mereka menjelaskan bahwa penggantian secara full, waktu penggantian 14 hari dan saya akan dihubungi ketika proses penggantian.

Nyatanya, tanpa pemberitahuan terlebih dahulu dari pihak SiCepat, dana sebesar Rp704.000 masuk ke rekening istri saya. Padahal kerugian istri saya lebih dari Rp1,2 juta, belum lagi kehilangan potensi keuntungan. Ditambah kerugian waktu dan pikiran untuk berbicara dengan orang-orang SiCepat yang tidak paham apa itu artinya kepercayaan. Bahkan petugas SiCepat Cargo Tangsel 2 dengan entengnya bilang, bahwa mereka sudah dipotong gaji dan penggantian sudah sesuai SOP (SOP-nya menguntungkan SiCepat dan merugikan konsumen).

Dengan ini saya peringatkan SiCepat untuk:

  1. Segera kembalikan sisa kerugian saya.
  2. Perbaiki standar customer service SiCepat dalam menangani komplain konsumen. Hotline SiCepat 021-50200050 (tidak membantu penyelesaian masalah), WhatsApp 0812-9966-6088 (yang jawab seringnya mesin dan kasih jawaban tidak nyambung).

Deddy Tisna Harahap
Karang Tengah, Tangerang, Banten

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Tanggapan SiCepat Ekspres atas Surat Bapak Deddy Tisna Harahap

Dengan Hormat, Sehubungan dengan surat Bapak Deddy Tisna Harahap dengan judul “Barang Hilang dalam Pengiriman SiCepat, Penggantian Sesuai SOP Merugikan...
Baca Selengkapnya

30 komentar untuk “Barang Hilang dalam Pengiriman SiCepat, Penggantian Sesuai SOP Merugikan Konsumen

  • 25 April 2022 - (21:07 WIB)
    Permalink

    Lebih baik blacklist aja SiCepat, udah mau bangkrut itu ekspedisi gegara kurirnya nggak bener.

    15
    6
  • 26 April 2022 - (01:52 WIB)
    Permalink

    2 bulan yg lalu paket saya senilai 3jt’an dinyatakan hilang dan uang dikembalikan ke rek. Saya. Tapi sesudah seminggu ternyata barang ttap sampai. Jadinya saya dpt barang gratis ?

    8
    33
    • 26 April 2022 - (05:32 WIB)
      Permalink

      Nah klo kejadian kyk gini pasti ga komplain dan konfirmasi lg ya kan? padahal dr ketidak komplainan dan konfirmasinya lg bahwa barangnya akhirnya sampai dan diterima itu ada pihak yg dirugikan seperti contoh dikasus TS nya ini, dimana sikurir lah yg hrs menanggung dgn dipotong gajinya utk mengganti rugi.

      18
      2
      • 8 September 2022 - (07:57 WIB)
        Permalink

        Sekarang masalahnya bukan diganti gratisnya tp kenapa pihak sicepat dengan beraninya berkoar2 barang hilang dulu sebelum dicari? Apakah ada permainan dr internalnya sendiri atau memang bener2 hilang tidak mau mencari??

    • 26 April 2022 - (16:58 WIB)
      Permalink

      Anda tidak punya etika. Seharusnya anda balikan uang yang bukan hak anda.Minta diprioritaskan keluhannya tanpa nunggu.Tapi giliran double begini gamau ganti.Rezeki anda gaberkah bung.Anda gatau kalo dibalik itu siapa tau kurirnya juga dipotong gajinya.Seenak jidatnya nikmatin duit yang bukan haknya.

    • 26 April 2022 - (17:23 WIB)
      Permalink

      Murni kesalahan SOP pengiriman, masa konsumen yg harus ribet ngurusin. Niatnya beli>bayar>barang datang. Ya awalnya saya mikir gimana karyawan nya, tapi dunia bisnis/kerja semakin ketat sudah sewajarnya ada tanggung jawab dan respon cepat dari perusahaan.

      4
      6
  • 26 April 2022 - (05:38 WIB)
    Permalink

    Kebanyakan ngindar nya banding beri jawaban langsung… Jengkel nya si kurir nya pake cerita cerita juga kalo dia dipotong gaji… Salah tapi minta empati.. Kejadian yang sama pernah terjadi juga.. Semenjak itu ga pernah menggunakan nya lagi..

    4
    2
  • 26 April 2022 - (06:50 WIB)
    Permalink

    Asuransi gak?klo gak asuransi ya jangan harap diganti sesuai nilai barang

    Klo asuransi ya misal gak diganti sesuai nilai barang tuntut aja

    Gak usah dibuat ribet

    10
    2
  • 26 April 2022 - (08:29 WIB)
    Permalink

    Alhamdulillah saya pake kurir si cepat selalu cepat dan amanah, pake anter aja juga gitu walau ada problem bisa solve dengan baik.
    Bapak yang paketnya tetap datang walu sudah diganti rugi harus konfirm lagi ke si cepat kasian kurirnya nominal 3 juta tidak sedikit

    4
    1
  • 26 April 2022 - (08:59 WIB)
    Permalink

    Saya juga lagi bermasalah sama sicepat. Pesanan kopi pas sampe ke rumah uda digigit tikus. Trus pengaduan ke toped super duper lama proses investigasinya ke kurir. Sicepat kalo uda ga sanggup jalanin bisnis ekspedisi, rekrut org dong jgn barang2 paket konsumen jd rusak krn byk yg ga ke handle cepet. Jdnya ngendon di gudang yg banyak tikusnya. Mana prosesnya gatau kapan kelarnya!!

    4
    1
  • 26 April 2022 - (09:15 WIB)
    Permalink

    Baru aja kemaren kena crisscross, eh besokannya kiriman dari Jakarta – Bekasi butuh 2 hari. BANGKRUT?

    2
    2
  • 26 April 2022 - (10:27 WIB)
    Permalink

    tiap hari saya kirim gadget via sicepat dengan nilai jutaan rupiah sepaketnya selalu aman dan cepat. biar aman jangan lupa pakai asuransi, tanpa asuransi kehilangan tidak akan tertanggung penuh, maksimal 10x nilai ongkir saja, hampir semua kurir SOP nya seperti itu.

    2
    3
  • 26 April 2022 - (18:54 WIB)
    Permalink

    Mungkin SICEPAT sudah tidak layak lagi digunakan untuk jasa pengiriman barang kali gunakan pengiriman barang yang lain saja

    1
    1
    • 27 April 2022 - (07:16 WIB)
      Permalink

      Masih lebih baik nasibnya dibandingkan saya. Sudah 75 hari paket saya (retur cod) belum kembali ke tangan saya. Tapi ekspedisi satunya yang sama-sama merah.

  • 26 April 2022 - (20:28 WIB)
    Permalink

    Untuk paket yg nilai nya di atas 10x ongkir lebih baik di asuransikan.
    Kalo tidak ya jangan berharap di ganti full. Penggantian tanpa asuransi maximal cuman 10x ongkos kirim. SOP nya seperti itu. Dengan di terimanya paket di oleh pihak expedisi itu tanda nya anda menyetujui syarat dan ketentuan pengiriman. Dan kalo kalo belum lewat estimasi walau barang ngendep berhari hari di gudang jangan berisik. Banyak paket yg perlu di Anter. Paket anda nggak spesial. Semua bayar ongkir nya sama. Tq.

    1
    3
  • 27 April 2022 - (04:25 WIB)
    Permalink

    Sicepat sudah jadi blacklist dalam bisnis saya, setiap akan order baik langsung maupun lewat MP selalu saya konfirm dulu seller nya untuk tidak pakai ekspedisi ini, begitupun kalau saya yang kirim barang, tidak pernah lagi saya gunakan sicepat selama manajemen belum diperbaiki…

    1
    1
  • 5 Mei 2022 - (17:11 WIB)
    Permalink

    Kirim paket dengan sicepat dari tanggal 15 April 2022 sampai hari ini tanggal 05 Mei 2022 paket belom diterima,
    Sudah setiap hari telepon cs pusat ga dapet jawaban pasti, sudah kirim email ga dpet jawaban, WhatsApp juga diread doang
    Bingung mau komplain dimana lagi..

  • 7 Mei 2022 - (14:15 WIB)
    Permalink

    Paket saya kemarin hampir satu bulan gak datang. Setelah datang barangnya udh hancur penyok2 parah. Jd saya trauma pakek kurir ini

  • 31 Mei 2022 - (05:42 WIB)
    Permalink

    Sicepat juga pernah ngilangin isi barang saya, paketnya sih nyampe cuma dalamnya kosong.
    Alhamdulilah barang diganti, cuma Saya rugi diribetnya klaim kehilangan barang dan waktu pengiriman yang lama.
    Setelah kejadian itu saya kapok kirim pakai jasa sicepat, saya juga non aktifin sicepat di toko saya.

  • 11 Oktober 2022 - (16:10 WIB)
    Permalink

    Saya apalagi rugi puluhan juta cuma d ganti 200 rb dan motif nya hilang aneh nya hilang nya sering kalau mau asuransi gak bisa kalau dari Shopee belum menerima asuransi tapi sering hilang d ganti sesuai SOP yang merugikan konsumen harga 4 jt d ganti 160 rb padahal kan ekspedisi itu ada yang namanya cek resi sampe mana ke tangan siapa kenapa bisa d nyatakan hilang apakah ini adalah bisnis lumayan barang 4 jt d ganti cuma 160 rb

  • 19 Oktober 2022 - (19:20 WIB)
    Permalink

    sekarang ga cuman hilang saja. kmaren paket kiriman jualan saya tiba2 diaku rusak, dan ga ada kompensasinya sama sekali. pembeli request pengembalian barang ke shopee pun diterima. akhirnya saya rugi senilai hampir sejuta.

    klo emang rusak harusnya ada evidence nya kan. bukan sekedar bilang rusak.
    blacklist sicepat!!

  • 29 Oktober 2022 - (19:29 WIB)
    Permalink

    Inilah yang tidak saya sukai dengan SOP expedisi yang ada, penggantian barang yg hilang dengan penggantian 10 x ongkir kalau paketnya gk di asuransikan bisa rugi para seller dan pembeli, seharusnya gk gitu dong, SOP macam apa itu, ganti sip model begitu, setiap paket yg di terima oleh expedisi kurir itu seharusnya tanggung jawab anda kalau paket sampai hilang pihak expedisi harus mengganti full seharga paket yang hilang enak saja membuat SOP yang aneh seperti itu hanya ganti 10x ongkir. Kalau seperti ini bisa bisa akan jadi permainan oleh pihak expedisi dengan mengklaim barang hilang dan cukup ganti 10 x ongkir saja ke selulernya , seharusnya SOP 10x ongkir di hapus saja untuk menghindari permainanan dari pihak expedisi. Tolong di rubah SOP aneh tersebut. Kalau seperti itu SOP nya cuma ganti 10 x ongkir maka saya besok akan membuat expedisi juga dan siapa yang mengirimkan paketnya melalui expedisi saya maka akan saya klaim saja barang hilang lalu saya ganti 10x ongkir saja wah enaknya hidup ini

  • 20 Agustus 2023 - (10:51 WIB)
    Permalink

    ada yang tahu cara bawa perusahaan ini ke jalur hukum secara kolektif?

    kita total n kumpul yuk

  • 28 Oktober 2023 - (17:05 WIB)
    Permalink

    Pada tanggal 7 Okt 23 saya melakukan pembelian iphone 13 Pro 1TB senilai 17jt.
    Paket sampai di gerai tujuan tgl 9 Okt dan saya datangi langsung ke gerai. Saya minta bantuan untuk unboxing di gerai karena menggunakan packing kayu dan sekalian di minta di buka kan bubblewrap dan busa pelindung. Ternyata dus hp saya sudah dibongkar dan isi hp nya hilang.
    Proses investigasi pun stuck di sicepat, sudah hampir sebulan belum ada kejelasan sehingga proses claim asuransi belum bisa berjalan.

  • 20 Desember 2023 - (21:12 WIB)
    Permalink

    Akhirnya saya ngalamin juga, 2hr lalu barang seharga 580rb dinyatakan hilang oleh sicepat. Dan dapat penggatian hanya 180rb.

 Apa Komentar Anda mengenai SiCepat Ekspres?

Ada 30 komentar sampai saat ini..

Barang Hilang dalam Pengiriman SiCepat, Penggantian Sesuai SOP Merugik…

oleh Deddy Tisna dibaca dalam: 1 menit
30