Masalah Pembelian Kartu Perdana Tri Secara Online

Terima kasih kepada Media Konsumen atas artikel saya yang dapat dimuat.

Saya membeli nomor perdana 3 karena tertarik dengan iklan di medsos, dengan kemudahan gratis ongkir dan dapat memilih nomor perdana sendiri sesuai stok yang tersedia. Kebetulan saya tertarik melihat ada 2 nomor 0898456**71 dan 0898456**17. Langsung saya melakukan pembayaran dengan metode VA BRI sebesar Rp50.000 untuk 2 nomor tersebut, dengan nomor invoice: 200055779, pada tanggal 14 Juni 2024.

Setelah proses pembayaran selesai, besoknya kartu perdana datang. Namun ketika dibuka, ternyata hanya ada 1 kartu fisik (0898456**71). Langsung saya komplain dengan menghubungi CS 132 dan dijanjikan kartu yang kurang akan dikirimkan secepatnya.

Setelah saya tunggu hampir 1 minggu lebih dari tanggal pembelian, kartu perdana yang dijanjikan tidak datang. Saya langsung menghubungi CS 132 untuk kali yang kedua dan disarankan untuk mengirimkan bukti invoice-nya ke 3Care. Dari sini saya mulai jengkel dengan pelayanan CS yang mulai mempersulit konsumen, dengan dalih harus sesuai SOP untuk komplain harus ada bukti video unboxing saat penerimaan paket (kebetulan saat saya terima paket tidak saya videokan, karena berpikir dalam kemasan plastik dalamnya ada 2 kartu).

Kejadian ini membuat saya berpikir ternyata manajemen CS 3 sangat buruk, dalam menangani masalah konsumen yang harus sesuai SOP, tanpa memikirkan masalah yang terjadi. Jika saya tanya balik ke pihak 3, sebelum minta video unboxing paket ke konsumen, apakah pihak 3 punya video packing paket saat tanggal tersebut sebelum dikirim ke konsumen?

Sebagai catatan untuk pihak manajemen 3, jangan terpaku terhadap SOP, karena SOP merupakan hasil pemikiran manusia. Tentunya manusia yang berpikir akan berusaha mencari solusi, bukan dengan berdalih dan mempersulit dengan alasan SOP. Saya berpikir kasus yang saya alami mungkin ada yang sama di luar sana dan kalikan Rp25.000 x hari x berapa konsumen, tentunya akan ketemu angka yang lumayan besar.

Semoga tulisan saya ini menjadi bahan perhatian untuk konsumen lain, supaya lebih berhati-hati dalam berbelanja perdana 3. Jangan pernah pesan 2 nomor dalam 1 order.

Kepada pihak manajemen 3 yang mengurus order dan pengiriman kartu, semoga bisa mempertanggungjawabkannya. Jangan berpikir hanya masalah kecil dan uang Rp25.000, karena ada ungkapan tersedak oleh duri kecil bukan oleh tulang yang besar. Semoga paham.

Prima Sundawa
Kab. Bogor, Jawa Barat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

Satu komentar untuk “Masalah Pembelian Kartu Perdana Tri Secara Online

  • 29 Juni 2024 - (12:20 WIB)
    Permalink

    Video unboxing bisa menjadi bukti kuat bahwa anda tidak menerima 2 kartu. Tanpa itu, argumen kuat apa lagi yang bisa anda ajukan? Anda mungkin bisa secara sistematis menuntut pihak seller mau menunjukkan video packing atas pesanan anda lewat pusat resolusi Tokopedia, asal seller tidak menyadari anda tidak punya video unboxing.

 Apa Komentar Anda?

Ada 1 komentar sampai saat ini..

Masalah Pembelian Kartu Perdana Tri Secara Online

oleh Prima dibaca dalam: 1 menit
1