Surat Pembaca

Tokopedia dan Anteraja Melakukan Kelicikan?

Tokopedia melakukan kelicikan, karena dana pengembalian dari hasil klaim asuransi tidak dikembalikan ke saldo refund saya. Begitu juga kurir Anteraja melakukan kelicikan, dengan tidak mau menyelesaikan permasalahan paket saya yang tidak terkirim sampai tujuan. Dari update tracking, paket ngendon di Jakarta Timur. Kedua-duanya baik Tokopedia maupun Anteraja melakukan kelicikan dengan tidak menyelesaikan permasalahan dengan semestinya alias doyan duit kerja ogah.

Bertahun-tahun saya melakukan transaksi pembelian online via beberapa marketplace, baru kali ini saya kena getahnya, gara-gara kurir Anteraja. Masalah ini berawal ketika pada tanggal 5 April 2022, saya melakukan pembelian 100 pcs breket gorden di lapak Gorden AG via Tokopedia, dengan kurir pilihan Anteraja nomor resi: 10004162973288. Karena dari sekian pilihan kurir, Anteraja kasih diskon ongkir Rp50.000, estimasi tiba 9 April 2022 tujuan Toili, Banggai, Sulteng.

Tanggal 6 April paket ter-update sudah di Jakarta Timur. Namun sampai tanggal 14 April 2022, paket masih ngendon di Jakarta Timur. Hari itu juga saya mencoba menghubungi Tokopedia via chat. Jawabannya bahwa pihak Tokopedia akan menginvestigasi kendala ini, dimohon menunggu 5 hari ke depan. Begitu juga saat saya mencoba menghubungi pihak Anteraja, dijawab sama bahwa tim Anteraja sedang menginvestigasi keberadaan paket dan saya disuruh bersabar menunggu 3 hari ke depan.

Tanggal 16 April 2022, pihak Tokopedia menelepon saya menyarankan agar saya mengajukan komplain, karena sampai tanggal tersebut tidak ada kelanjutan update paket dari pihak kurir Anteraja. Akhirnya hari itu juga saya mengajukan komplain dan disuruh menunggu prosesnya sampai berakhir tanggal 27 April 2022.

Tanggal 24 April 2022, di status pihak Tokopedia menyarankan penjual melengkapi berkas klaim agar dana dari pembeli sebesar Rp550.000 bisa diteruskan ke penjual dan diberi batas waktu sampai tanggal 27 April. Jika penjual tidak melengkapi berkas klaim, maka dana dikembalikan ke pihak pembeli.

Namun anehnya tanggal 25 April sekitar ba’da Maghrib, saya melihat di status bahwa Tokopedia secara sepihak telah meneruskan dana Rp550.000 ke saldo penjual. Sedangkan saya sebagai pembeli disuruh menunggu dana pengembalian dari hasil klaim asuransi selama 3 hari kerja.

Saya mencoba menghubungi call center Tokopedia tapi tidak bisa dihubungi. Akhirnya saya coba bersabar dan menunggu keputusan tersebut, tapi ternyata meleset. Karena tanggal 26 April 2022, pemberitahuan di status, pihak Tokopedia telah meneruskan dana dari hasil klaim asuransi ke saldo refund Tokopedia, bukan ke saldo refund saya sebagai pembeli. Saya mencoba cek di Saldo Refund saya ternyata NIHIL.

Kesimpulan yang saya dapat:

  1. Tokopedia telah melakukan kecurangan dan berbuat licik dengan tidak mengembalikan dana pembelian saya, padahal itu hak saya. Harusnya bila barang dengan adanya bukti tidak diterima pembeli, uang pembeli segera dikembalikan ke dana refund pembeli untuk selanjutnya pembeli dapat menarik kapan pun dana tersebut, karena itu hak pembeli. Dengan ini saya meminta Tokopedia untuk bertanggungjawab mengembalikan dana pembelian saya.
  2. Kelicikan Tokopedia yang kedua adalah meneruskan dana pembeli kepada penjual. Padahal jika pembeli belum/tidak menerima barang yang dibeli, harusnya dana tersebut dikembalikan kepada pembeli. Sedangkan penjual harus menunggu dana pengembalian dari klaim barang, karena barang penjual telah dianggap hilang.
  3. Anteraja sebagai penyedia layanan kurir juga telah berbuat licik dengan tidak adanya kesungguhan dalam mengecek keberadaan paket dan tidak komunikatif. Karena beberapa kali saya mencoba menghubungi call center-nya tidak bisa dihubungi.
  4. Harusnya pihak Anteraja bersikap tegas dengan segera memecat oknum karyawannya yang bekerja tidak professional yang terbukti mengakibatkan paket hilang tidak sampai tujuan.

Himbauan kepada para konsumen transaksi online, harap berhati-hati melakukan transaksi pembelian online di Tokopedia serta jangan memilih menggunakan jasa kurir Anteraja.

Moh. Nasron
Luwuk-Banggai, Sulteng

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan

Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Tanggapan Anteraja atas Surat Bapak Mohammad Nasron

Dengan Hormat, Sehubungan dengan surat Bapak Mohammad Nasron yang berjudul: “Tokopedia dan Anteraja Melakukan Kelicikan?” di mediakonsumen.com pada tanggal 29...
Baca Selengkapnya

Komentar

  • Pengguna jaminan asuransi adalah pihak pembeli, jadi wajar jika pihak pembeli yg menunggu dana hasil klaim, tidak ada pihak yg mencoba licik di sini, tunggu saja prosesnya, Saldo refund bisa digunakan kembali kok.

    • Yang sabar, ditunggu aja dana klaim asuransinya diteruskan dari tokopedia ke pembeli. Kan klaim baru cair tgl 26, masuk dulu ke tokopedia, setelahnya akan diteruskan ke pembeli. Meskipun pembeli yang bayar premi asuransi, perjanjian kerjasama asuransinya kan dengan tokopedia. Semua butuh proses. Orang sabar disayang Tuhan.
      Tgl 24 April kemarin aku 2x transakasi pembelian di tokopedia senilai 1,3 juta, dua2nya dibatalkan. Proses refund nya ke kartu kredit selesai hari ini tgl 30 April.

  • Belakangan ini anteraja memang tidak secepat dulu dalam pengiriman, karena itu saya pilih yg lain.

  • Terima kasih sebelumnya atas inisiatif baik dari Tim Tokopedia yg telah menghubungi saya atas penyelesaian kendala pengembalian dana refund ini.
    Untuk itu melalui Media Konsumen ini penulis ucapkan terima kasih kepada tim Tokopedia yg telah memberikan solusi atas permasalahan ini, juga penulis memohon maaf pada pihak-pihak yg terkait atas permasalahan ini.
    Dengan adanya pernyataan saya ini, maka permasalahan ini saya anggap telah selesai,
    Terimakasih pada semua dan juga pada Media Konsumen, karena dengan Media Konsumen inilah permasalahan bisa segera direspon oleh pihak terkait dan diselesaikan dengan baik.
    Trims.

  • Sampai saat ini saya masih nyaman dengan semua marketplace...Mau ijo,biru,orange,merah mereka masih bertanggung jawab sama konsumen dan sellernya...
    Untuk anteraja memang sih suka ada kendala...paket stuck di gudang.Tapi untuk problem pengiriman Seller tidak salah jika paket sudah di ambil oleh pihak kurir berarti seller sudah melakukan tugasnya...

  • Ini kasusnya sama persis seperti yang saya alami pak... Hamya saja saya berada di posisi penjual.
    Transaksi yg bermasalahnya sama2 terjadi di tokopedia, & tokopedia bersikap licik (seakan2 mengorbankan pembeli & penjual utk tetap diminta utk menunggu tnp adanya kepastian) dana claim asuransi tdk dicairkan, sedangkan anteraja jg cuma memberikan janji2 palsu utk investigasi 3x24 jam (sdh 2x). Kirim barang dari tangerang ke papua tgl 20/04/2022 dgn nmr resi 10004344616228 (estimasi waktu pengiriman 5-9 hari) sampai skrg statusnya itu barang masih berada di hub tangsel. Saya pun jg sdh posting ke media konsumen https://mediakonsumen.com/2022/04/27/surat-pembaca/status-kiriman-seller-tokopedia-dengan-layanan-kurir-anteraja-tidak-jelas

    Sampai skrg pihak tokopedia masih belum mencairkan dana hasil penjualan atas barang yg sdh saya kirimkan namun di hilangkan atau diduga digelapkan oleh perusahaan anteraja yang notabene sebagai rekanan tokopedia (apalagi transaksi ini di proteksi oleh asuransi tokopedia)