Bank BNI Tidak Menepati Janji atas Munculnya Biaya Bunga yang Bukan Kesalahan Saya

Dear Media Konsumen dan Bank BNI yang saya hormati,

Terima kasih saya ucapkan kepada Media Konsumen yang bersedia menayangkan surat ini. Juga tidak lupa kepada Bank BNI, yang sejak dari tahun 2015, saya sudah menjadi nasabah dari tiga kartu kredit yang saya miliki. Sejauh ini saya tidak mengalami kendala yang cukup signifikan.

Sampai suatu ketika pada tanggal 9 Mei 2022, saya mendapatkan panggilan dari Bank BNI dan pemberitahuan via pesan singkat WhatsApp, bahwa saya masih memiliki tunggakan tagihan yang belum terbayarkan pada salah satu kartu yang saya miliki. Tentunya saya cukup kaget, dan meminta waktu untuk melakukan pengecekan.

Setelah saya melihat satu per satu email yang masuk, termasuk melihat pada kolom junk or spam, saya tidak menemukan adanya email tagihan atas kartu tersebut (Platinum Pertamina). Saat itu juga saya langsung mengkonfirmasi kepada Petugas BNI yang bernama Ibu Novi D***.

Singkatnya saya membayarkan waktu itu juga dan dijanjikan bahwa karena hal ini termasuk kategori liburan panjang pada hari raya Idul Fitri, maka tanggal jatuh temponya terakhir di tanggal 9 Mei 2022, tepat dengan pembayaran yang juga saya lakukan di channel mobile banking BNI. Maka harusnya biaya-biaya yang muncul akibat terlambatnya pembayaran tidak akan muncul, seperti biaya keterlambatan dan tentunya biaya bunga, atau lebih tepatnya akan dikoreksi.

Namun pada kenyataannya pada tanggal 12 Mei 2022, tagihan atas Kartu Pertamina Platinum masih mencatatkan adanya transaksi biaya bunga. Kembali saya melakukan sanggahan dan diterima oleh Allan (Call Center BNI) saat itu. Dia memperkuat lagi untuk mengabaikan saja tagihan tersebut, karena akan terkoreksi bulan depan dan sarannya agar dibayarkan saja dahulu.

Tidak berapa lama kemudian Allan menelepon kembali untuk merevisi pernyataannya, bahwa sifatnya adalah pengajuan. Sampai di sini kepala saya langsung pening oleh ribetnya birokrasi bank plat merah yang katanya terbesar kedua setelah si biru.

Tidak lama kemudian saya kembali melakukan pengajuan dan diterima oleh Gandaria dengan nomor laporan atas pengajuan yaitu: 20007204618.

Dari curhatan hati saya ini, satu catatan kecil buat Bank BNI, kalau tidak bisa menepati, jangan berjanji. Nilai bunganya tidak terlalu besar, tapi tolong kami nasabah jangan dibuat bingung oleh sistem atau program yang kalian buat.

Maaf kata ternyata nilai pulsa yang saya keluarkan lebih besar dari nilai bunga yang ada. Mumpung masih di momen yang suci ini saya mengucapkan kepada semua pembaca budiman termasuk crew Media Konsumen “Selamat hari raya Idul Fitri, Mohon maaf lahir dan batin”.

Sekian surat ini saya buat dengan sebenar-benarnya dan dapat dipertanggungjawabkan. Jika membutuhkan data-data penunjang bisa kontak langsung. Atas perhatian serta kerja samanya, sekali lagi saya mengucapkan terima kasih.

Salam hormat,

Tan Jenny Kurniawati
Sidoarjo, Jawa Timur

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai Kartu Kredit Bank BNI:
[Total:29    Rata-Rata: 2/5]

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

11 komentar untuk “Bank BNI Tidak Menepati Janji atas Munculnya Biaya Bunga yang Bukan Kesalahan Saya

  • 15 Mei 2022 - (01:30 WIB)
    Permalink

    Jelaslah anda tdk ingat transaksi apa itu, CC ada 3. Jd pas ada tagihan, bingung tagihannya yg mana.

    1
    5
  • 15 Mei 2022 - (02:36 WIB)
    Permalink

    Begini Pak/Ibu Mulya, semua kartu yang saya punya tagihannya di kirim via email setiap bulannya. (including 3 kartu BNI) khususnya BNI dalam hal ini, yang 2 berhasil terbayar karena tagihan masuk atau saya terima. Nah. Dalam hal case saya di atas. Yang 1 itu knp bisa terlewatkan, ternyata karena memang tagihannya tidak masuk. Termasuk di spam juga tidak ada. Semoga sampai sini paham ya?

    • 16 Mei 2022 - (01:14 WIB)
      Permalink

      👍Close story HAPPY ending, sukses selalu Ms. Tan jenny Kurniawati dan buat Bu Grace dari BNI good job 🙏

  • 15 Mei 2022 - (09:56 WIB)
    Permalink

    Apa di mobile banking gk bs dicek tagihan per bulannya y Bu, kalo isi detail tagihannya mungkin gk bs tapi nilai tagihannya mungkin bs..

    2
    1
    • 15 Mei 2022 - (12:30 WIB)
      Permalink

      Pada prinsipnya memang bisa Pak Heru, tetapi bagaimana dg BNI yang memang seharusnya juga tetap mengirim tagihan yang dalam hal ini sudah di sepakati via email. fyi, maaf sblmnya total kartu saya kira-kira ada 20 dari berbagai bank. Dan nurut hemat saya sangat sulit harus mengingat-ingat. Semoga sampai sini bisa ikut memahami.

    • 15 Mei 2022 - (12:45 WIB)
      Permalink

      Selamat Pagi
      Yang saya hormati, Redaksi Media Konsumen dan juga Bank BNI yang sudah melayani sejak tahun 1946. Melalui komentar ini ijinkan saya memberikan Apresiasi kepada Bank BNI lewat ibu Grace yang walaupun di hari libur yaitu hari Minggu sudah menghubungi saya dan menyelesaikan masalah ini dengan di sepakatinya penghapusan biaya bunga yang muncul dengan langsung mengurangi dari Total Tagihan pada bulan Mei 2022.
      Sekali lagi saya katakan Case di closed. Terimakasih Media Konsumen dan BNI.

      1
      1
      • 15 Mei 2022 - (12:54 WIB)
        Permalink

        Sekarang masanya mobile banking, yang bisa diandalkan untuk mengecek rekening, transaksi kartu & tagihan2. Jadi kalau anda memiliki 3 kartu dan hanya 2 tagihan yang dikirim, seharusnya bisa dicek di mobile banking & tidak mengandalkan email.
        Kalau saya pribadi malah gak pernah buka email tagihan kartu kredit, ribet harus download file lembar tagihan. Lebih simpel & handal via mobile banking.

        2
        4
        • 15 Mei 2022 - (15:00 WIB)
          Permalink

          Belio kan old skool, senang yg ribet2 donlot file2 tagihan pun ngga masalah, kalo yg kekinian lewat mbanking bukan style belio, semoga sampai sini paham ya.. wkwkwkwk…

          2
          5
        • 15 Mei 2022 - (16:06 WIB)
          Permalink

          Setiap orang saya percaya punya kebiasaan masing-masing, jika Ibu Yun lebih happy dg Mobile Banking untuk sekedar cek tagihan. silahkan. cuma beda dengan saya yang katanya old school yg lebih senang dg via email. Karena pilihan dari tiap Bank hanya 2 (dua) saat ini. Mau Hard Copy (15rb/tagihan) or Soft Copy by email, maaf ga ada pilihan untuk mobile banking. Koreksi jika saya salah.

  • 15 Mei 2022 - (16:11 WIB)
    Permalink

    Ananda Effraldo dari namanya sudah menunjukan anda kaum kekinian, tp apakah anda mengerti maksud tagihan yg tiap bulan di kirim via email? atau yang sudah di sepakati di awal oleh nasabah dan Bank.

 Apa Komentar Anda mengenai Kartu Kredit Bank BNI?

Ada 11 komentar sampai saat ini..

Bank BNI Tidak Menepati Janji atas Munculnya Biaya Bunga yang Bukan Ke…

oleh TanFeiYen9 dibaca dalam: 2 menit
11