Surat Pembaca

Saya Dirugikan oleh Tokopedia dan Anteraja

Pada tanggal 26 April 2022, saya telah mengirim paket penjualan ke kota Bandung sesuai invoice Tokopedia, senilai Rp1.915.000. Pengiriman memakai kurir Anteraja COD, nomor resi: 10004384735042, kode booking: TKAA-MQ2K8VFB1N5. Paket telah sampai ke alamat pelanggan, sesuai info pelanggan, pada tanggal 4 Mei 2022.

Namun status di aplikasi Tokopedia tidak ter-update dari tanggal 9 Mei 2022 s.d. hari ini (30 Mei 2022). Saya telah meminta bantuan via aplikasi Tokopedia Care prioritas, dilayani oleh Kak Dinda, tapi hingga hari ini tanggal 30 Mei 2022 status paket masih belum juga ter-update.

Sesuai keterangan, pada tanggal 21 Mei 2022, transaksi akan ter-update selesai secara otomatis dalam 2×24 jam. Artinya selesai otomatis akan terjadi tanggal 23 Mei 2022. Namun informasi tersebut bohong adanya, sampai sekarang tanggal 30 Mei 2022 status masih belum ter-update selesai.

Nilai Paket
Status paket di Tokopedia
Paket diterima customer
Permintaan bantuan via WA ke CS Anteraja
Permintaan bantuan ke Tokopedia Care Prioritas
Permintaan Bantuan Tokopedia care Prioritas
Permintaan Bantuan Anteraja CS via email tgl hari ini 30 mei 2022

Saya juga telah meminta bantuan via WA, dan email Anteraja CS. Komplain WA dilayani oleh Kak Amanda, dan email dilayani Kak Jesi. Namun sampai dengan hari ini tanggal 30 Mei 2022, status paket di aplikasi Tokopedia masih belum juga ter-update.

Saya merasa benar-benar dirugikan, karena uang modal ditahan dari tanggal 9 Mei sampai dengan sekarang. Sampai kapan saya harus menunggu uang saya bisa kembali? Tokopedia dan Anteraja mohon tanggapannya!

Wawan Yulianto
Sidoarjo, Jawa Timur

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan

Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Tanggapan Anteraja atas Surat Bapak Wawan Yulianto

Dengan Hormat, Sehubungan dengan surat Bapak Wawan Yulianto yang berjudul: “Saya Dirugikan oleh Tokopedia dan Anteraja” di mediakonsumen.com pada tanggal...
Baca Selengkapnya

Komentar

  • Saya sering jualan di marketplace dan baru 2x COD itupun atas permintaan buyer. Okelah karena saya pikir murah dan barang second ini. Untungnya 2 transaksi tsb aman² aja.

    Saya kurang yakin dgn COD karena sering bgt dgr berita kalo COD tuh masih banyak buyer yg kurang paham. Sudah terima paket tapi ngotot ga mau bayar, ada juga yg suruh kurirnya nunggu, paket mau dicek dulu. Akhirnya ribut² dgn kurir.
    Kurir pun juga ada yg ga setorin, bawa lari duit dari pembayaran cod.

    Setelah itu saya ga pernah mau jual barang lewat sistem COD lg.
    Kalo ada buyer yg request COD mending suruh dia setorin dulu uangnya ke rekening. Kalo dia ga mau ya udah mending ga usah transaksi. Sabar aja kalo udah rejeki juga nanti barang jualan kita akan laku terjual

    • Itulah knp saya juga seller setiap buyer nanya COD e-commerce saya selalu tolak kecuali COD manual alias buyer dtg ke tempat saya Haha intinya org dagang ya mesti pinter2 lah..meski ga ada yg nakal sekalipun kadang kasusnya ada di buyernya yg rese.. pokoknya say no to COD lah.. better cari aman drpd ribet

  • Ternyata permasalahan dg anteraja ini banyak ya. Saya pernah belanja juga dg pengiriman sameday. Malah dianternya H+2 itupun setelah komplain sana sini. Dan tracking emang lama diupdate, diendapkan digudang berhari2.

  • AnterAja ekspedisi paling sampah di Indonesia
    Paket yang seharusnya 1 hari sampai utk sesama kota, tapi uda 1 minggu lebih belum dikirim oleh AnterAja padahal sudah paket sudah diambil