Kapok Menggunakan Jasa Kirim J&T Cargo

Halo pembaca Media Konsumen, saya ingin membagikan keluh kesah saya terkait pelayanan jasa ekspedisi kirim paket Bernama J&T Cargo yang berada di bawah naungan J&T Group. Kronologinya berawal pada saat saya memilih untuk menggunakan jasa pengiriman J&T Cargo, pada saat saya berbelanja di Shopee. Barang yang saya beli adalah Monitor PC, dikirimkan dari Jakarta menuju ke Yogyakarta dengan nomor resi pengiriman: 200037856967.

Pada awalnya saya sama sekali tidak tahu dan tidak melakukan riset tentang kredibilitas jasa kirim ini. Saya hanya sempat browsing di website resmi J&T Cargo (J&T Cargo – HOME (jtcargo.id)). Di sana tertulis layanan SLA (Service Level Agreement), dengan deskripsi pengiriman paket yang tepat waktu dan efisien, dengan berbasis teknologi dan diestimasikan paket akan sampai dalam jangka waktu kurang dari 3 hari. Namun, rupanya saya salah karena terlalu percaya dengan tulisan yang tertera di website.

Hari demi hari saya menunggu. Dari yang awalnya saya tenang-tenang saya, sampai jadi gelisah, karena proses pengirimannya berjalan sangat lambat. Tanggal 1 Juni 2022 adalah puncak kesabaran saya. Akhirnya saya memutuskan untuk menghubungi Customer Service J&T Cargo.

Awalnya saya menghubungi via telepon (021-80661666). Namun setelah saya menunggu selama 5 menit tidak mendapatkan jawaban, daripada pulsa saya habis, akhirnya saya berpindah ke Customer Service WhatsApp (wa.me/628118106166) dan email (jntcare@jtcargo.id). Hingga akhirnya saya bisa terhubung dengan CS yang bertugas.

Setelah meminta nomor resi saya, mereka menjelaskan bahwa paket saya sedang dalam pengiriman ke Gudang Jakarta dan dikatakan paket saya masih dalam estimasi waktu pengiriman. Padahal sudah jelas itu melewat batas waktu yang mereka janjikan di website. Sejak saat itu saya mulai melakukan pelaporan rutin ke CS via WhatsApp setiap hari.

Saya pernah sekali mencoba untuk menelepon CS via call dan diangkat. CS via call pun tidak memberikan jawaban yang memuaskan dan jawabannya hanya jawaban template seperti “Baik, kami akan maksimalkan” dan “Baik akan kami segerakan agar paket Anda dapat segera diproses”. Sungguh, saya tidak butuh jawaban yang retoris, saya butuh jawaban yang konkret dan penuh tanggung jawab, serta itikad baik untuk menyelesaikan masalah.

Akhirnya pada tanggal 4 Juni 2022, saya memutuskan untuk membuat laporan ke Shopee, karena status pembelian saya habis masa garansi Shopee-nya pada tanggal 5 Juni 2022. Saya takut kalau saya diam saja, uang saya otomatis akan dilepaskan kepada penjual, padahal saya belum menerima paket saya.

Saya menghubungi Customer Service Shopee via call (0800 1500702). Jawaban CS Shopee katanya akan membentuk tim investigasi untuk menyelidiki masalah ini. Pihak CS Shopee menjamin uang saya tidak akan langsung dilepaskan kepada penjual, karena status pengirimannya masih bermasalah dengan J&T Cargo.

Keesokan harinya pada tanggal 5 Juni 2022 karena saya gelisah, saya memutuskan untuk mendatangi kantor cabang J&T Cargo Yogyakarta yang berada di dekat rumah saya. Di sana saya dibantu oleh pegawainya untuk menyampaikan keluhan saya langsung ke pusat di Jakarta dan menanyakan perihal status paket saya. Hingga hari itu saya masih rutin menghubungi CS setiap hari untuk menanyakan status paket saya. Namun tidak pernah mendapatkan jawaban yang jelas.

Keesokan harinya pada tanggal 6 Juni 2022, saya dikabari oleh pegawai dari kantor cabang J&T Cargo yang kemarin saya datangi, bahwa ada seorang pegawai pusat daerah Yogyakarta yang datang ke kantor cabang dan saya meminta waktu untuk bertemu dengan beliau. Setelah mendengarkan cerita saya, pegawai pusat daerah Yogyakarta langsung membantu saya untuk melakukan follow up dan mencari tahu status paket saya yang masih terjebak di Gateway Jakarta.

Hingga artikel ini saya buat, tanggal 6 Juni 2022, saya belum mendapatkan paket saya dan saya belum mendapatkan kejelasan terkait alasan kenapa paket saya tertahan lama di Jakarta. Padahal saya sudah memastikan ke CS dan pegawai dari J&T Cargo bahwa pengiriman dari Jakarta ke Yogyakarta seharusnya hanya membutuhkan waktu paling lama 5 hari. Namun faktanya, hingga sekarang sudah hari ke-10 saya belum mendapatkan kejelasan apa pun dari pihak J&T Cargo.

Tujuan saya menuliskan artikel ini adalah sebagai bahan evaluasi untuk pihak J&T Cargo. Karena setelah saya browsing, ternyata memang banyak sekali keluhan-keluhan dari pelanggan yang menggunakan jasa dari J&T Group. Selain itu saya juga tidak ingin ada pelanggan lain yang harus kecewa karena pengirimannya bermasalah dan harus menunggu terlalu lama. Padahal paket tersebut sangat penting apalagi jika digunakan untuk keperluan yang mendesak seperti saya sekarang.

Pengalaman saya menggunakan jasa ekspedisi kirim Cargo lain seperti Dakota Cargo dan JNE Cargo sejauh ini cukup baik dan memuaskan, berbanding terbalik dengan J&T Cargo. Menurut saya selain pelayanan pengirimannya buruk, pelayanan Customer Service-nya juga buruk. Beberapa kali chat saya ditutup secara sepihak tanpa memberikan jawaban dan menurut saya itu sangat tidak sopan.

Ini pengalaman pertama saya dengan J&T Cargo dan saya langsung kapok menggunakan jasa ini. Semoga perusahaan bisa segera berbenah, karena semakin banyak customer kecewa, itu justru akan jadi bumerang yang merugikan perusahaan.

Untuk saat ini saya pribadi merasa kecewa, kapok dan sebisa mungkin menghindari untuk menggunakan jasa ekspedisi pengiriman dari J&T Group, khususnya J&T Cargo. Saya tetap berharap agar masalah saya dengan J&T Cargo yang sekarang ini, menjadi masalah saya yang pertama dan terakhir dengan J&T Cargo, serta dapat segera diselesaikan dengan solusi yang baik.

Pandu Dian Wicaksono
Kota Yogyakarta, Provinsi DIY

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai J&T Cargo:
[Total:93    Rata-Rata: 1.7/5]

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

29 komentar untuk “Kapok Menggunakan Jasa Kirim J&T Cargo

    • 8 Juni 2022 - (12:06 WIB)
      Permalink

      Untuk kargo dan hemat, jnt memang lebih lama dari yg lain. Dalam hal ini sicepat lebih baik dr jnt

      • 9 Juni 2022 - (12:19 WIB)
        Permalink

        Kata siapa ah,? Saya pake sicepat dari tanggal 28 Mei, sampai hari ini belum juga sampe, sby – NTT. Estimasi cs call 7-9 hari, cs whatsapp estimasi 7-7-2022? Gila gak tuh? Masa sebulan lebih 9 hari????

  • 8 Juni 2022 - (13:02 WIB)
    Permalink

    JNT untuk tahun ini emang lagi parah , pengiriman bisa sampai 1 2minggu pdahal Deket ,pengemasan paket rusak(dirobek) sampe rumah, pengirimannya yg muter muter Tangerang ke Jakarta balik lagi Tangerang , yg lebih parah paket hilang , lebih baik pakai ekspedisi lain aja kalau shopee lebih baik pake eks shopee aja paling cepat 1 hari paling lama 3hari, mau bangkrut kali JNT

    • 8 Juni 2022 - (13:12 WIB)
      Permalink

      Waktu beberapa bulan lalu pernah Tangerang – Bekasi semingguan. Trus Jakarta – Bekasi 5 harian. J&T emang parah bgt sih sekarang, ga kaya dulu lagi.

      • 10 Juni 2022 - (16:31 WIB)
        Permalink

        Halo Bapak,

        Mohon maaf atas ketidaknyamanan yang dirasakan. Apakah terdapat kendala atau keluhan yang mungkin bisa kami bantu, sehingga mungkin kedepannya akan kami jadikan bahan evaluasi?

        Silakan menghubungi team Customer Service kami di nomor 021-80661666 atau WhatsApp Business di nomor +62 811-8106-166, atau melalui email di jntcare@jtcargo.id.

        Terima kasih

    • 8 Juni 2022 - (14:24 WIB)
      Permalink

      Saya sempet mikir sebenernya permasalahan ini bisa aja dibawa ke ranah hukum karena pihak J&T Cargo telah melakukan wanprestasi terhadap pelanggan, tapi prosesnya juga bakal menguras macem macem sih… he he he

  • 8 Juni 2022 - (13:09 WIB)
    Permalink

    J&T mah emang gitu. Kadang cepet, kadang lemot bgt sampe emosi. Kalo sekarang ga disarankan pake J&T, lemot nyeee nauzubillah. Pernah Tangerang – Bekasi aja sampe semingguan. Sampe bolak balik ke gudang J&T gaaa dateng2. Paling cepet sih ekspedisi “Si Cepat” , “Anteraja”. Sehari nyampe👍🏻

    3
    1
  • 8 Juni 2022 - (13:13 WIB)
    Permalink

    (UPDATE, 8 Juni 2022) Setelah masuk hari ke-13 masih belum ada kejelasan dari pihak J&T Cargo, status pengiriman tidak update dan saya sudah mulai capek menghubungi CS karena jawabannya template, “sedang kami maksimalkan”, “akan kami segerakan” tanpa memberikan estimasi waktu yang jelas. Bahkan pihak J&T Cargo cabang Yogyakarta yang saya minta tolong untuk menghubungi pusat pun juga kebingungan dan tidak bisa membantu banyak. Menurut saya memang J&T Cargo pusat bermasalah, dasar dari opini saya adalah karena saya dibiarkan menunggu tanpa kepastian dan pelayanan CS sangat buruk yang hanya menjawab dengan jawaban yang tidak tegas kesana kemari yang bisanya cuman bikin customer makin gelisah dan gusar. kalau customer nggak ada yang percaya lagi, perusahaan juga pasti bakal rugi.

    • 8 Juni 2022 - (14:21 WIB)
      Permalink

      (UPDATE, 8 Juni 2022) Saya akhirnya memutuskan untuk mengajukan permintaan refund kepada shopee dan pihak penjual. keputusan ini saya buat karena saya merasa sudah nggak bisa lagi digantungin tanpa kejelasan gini, sedangkan saya juga butuh komputer untuk mengerjakan pekerjaan saya. saya sudah memberitahu pihak shopee untuk mengubah status pelaporan saya agar barang dari J&T Cargo dikembalikan kepada pihak penjual dan shopee mengembalikan uang saya. sampai tulisan ini saya buat masih belum ada kejelasan dari pihak J&T Cargo terkait paket tersebut.

      • 10 Juni 2022 - (16:21 WIB)
        Permalink

        Halo Bapak,

        Mohon maaf atas ketidaknyamanan yang dirasakan. Terkait dengan kendala yang Bapak alami, kami sudah melakukan proses sesuai dengan permintaan pelanggan. Mohon kesediaannya untuk menunggu proses lebih lanjut ya, Pak.

        Kami selalu berusaha untuk melayani pelanggan kami semaksimal mungkin, apabila masih belum berkenan di hati Bapak, sekali lagi kami memohon maaf atas ketidaknyamanannya. Kritik dan saran akan kami jadikan bahan evaluasi.

        Apabila ada kendala dan keluhan lainnya silakan langsung menghubungi team Customer Service kami di nomor 021-80661666 atau WhatsApp Business di nomor +62 811-8106-166, atau melalui email di jntcare@jtcargo.id.

        Terima kasih

        1
        2
  • 8 Juni 2022 - (13:46 WIB)
    Permalink

    Sebenarnya kalo kargo itu estimasinya paling lambat 1 minggu (untuk pulau jawa), tp bs lbh cpt bahkan bs 2-3 hari sampai. Tp menurut sy j&t tdk mempunyai tagline spti itu tuk kiriman cargo.

    • 8 Juni 2022 - (14:13 WIB)
      Permalink

      dalam hal ini saya sudah membaca di website mereka mencantumkan ada yang namanya SLA (Service Level Agreement) saya baca mereka menuliskan kalimat “pengiriman tepat waktu” dan setelah saya tanyakan ke CS bahkan saya juga menanyakan ke kantor J&T Cargo cabang jogja bahwa estimasi pengiriman dari J&T Cargo untuk paket di area pulau jawa adalah 2-5 hari. memang mereka nggak menuliskan jaminannya secara ekstrinsik di websitenya dan bahkan di kantornya juga nggak ada tulisannya. entah ini sebagai upaya buat mengelak ato emang perusahaan ini nggak punya visi dan misi yang jelas terkait pelayanan kepada pelanggan. yang jelas saya kapok.

    • 10 Juni 2022 - (16:30 WIB)
      Permalink

      Halo Bapak

      Mohon maaf atas ketidaknyamanan yang dirasakan. Apakah terdapat kendala atau keluhan yang mungkin bisa kami bantu, sehingga mungkin kedepannya akan kami jadikan bahan evaluasi?

      Silakan menghubungi team Customer Service kami di nomor 021-80661666 atau WhatsApp Business di nomor +62 811-8106-166, atau melalui email di jntcare@jtcargo.id.

      Terima kasih

  • 8 Juni 2022 - (22:04 WIB)
    Permalink

    Sepengalaman saya untuk pengiriman Kargo wilayah Jateng & DIY masih lebih cepat pake JNE/SiCepat kargo.. Untuk barang elektronik saya lebih suka Sicepat kargo karena tidak trlalu banyak barang berat2 seperti JNE kargo!!

  • 8 Juni 2022 - (22:18 WIB)
    Permalink

    Saya salah satu seller di shopee yg pernah memakai jasa kirim jnt Cargo untuk konsumen di toko saya. Namun tidak sampai 2 minggu sy kembali memakai jne Cargo. karena dr 8 pengiriman, sy sudah rugi hampir 300rb karena ada selisih ongkir yg harus sy tanggung. Itu Dikarenakan perhitungan volumetrik tidak sama debgan jasa kirim lain misal Jne cargo/JTR. Sehingga ada perbedaan rumus hitungan. Sehingga dr 30kg menjadi 37kg. Apa saya saja ya yg mengalami seperti ini. Sedangkan CS app maupun CS WA not responsif

    • 10 Juni 2022 - (16:24 WIB)
      Permalink

      Halo Ibu,

      Mohon maaf atas ketidaknyamanan yang dirasakan. Apakah terdapat kendala atau keluhan yang mungkin bisa kami bantu, sehingga mungkin kedepannya akan kami jadikan bahan evaluasi?

      Silakan menghubungi team Customer Service kami di nomor 021-80661666 atau WhatsApp Business di nomor +62 811-8106-166, atau melalui email di jntcare@jtcargo.id.

      Terima kasih

      1
      1
  • 9 Juni 2022 - (17:37 WIB)
    Permalink

    Kok di tempatku beda ya? Justru j&t yg paling cepet nyampenya dari yg lainnya. 2-3 hari nyampe

    • 10 Juni 2022 - (16:29 WIB)
      Permalink

      Halo Bapak/Ibu,

      Sebelumnya kami ucapkan terima kasih atas ulasan pengalaman yang telah disampaikan. Kami selalu berusaha untuk melayani pelanggan kami semaksimal mungkin. Apabila kedepannya terdapat kendala atau keluhan terkait pengiriman paket besar melalui J&T Cargo, silakan menghubungi team Customer Service kami di nomor 021-80661666 atau WhatsApp Business di nomor +62 811-8106-166, atau melalui email di jntcare@jtcargo.id.

      Terima kasih

  • 9 Juni 2022 - (20:27 WIB)
    Permalink

    Saya juga merasakan pengiriman menggunakan jasa perusahaan ini rada lama, paket diambil kurir tgl 26 Mei dari Cikarang barang sampai ke Bengkulu tgl. 6 Juni, estimasi pengiriman lewat dari perhitungan shopee.. lumayan menunggu lama…

    • 10 Juni 2022 - (16:22 WIB)
      Permalink

      Halo Bapak,

      Mohon maaf atas ketidaknyamanan yang dirasakan. Terkait kendala dan keluhan Bapak bisa langsung menghubungi team Customer Service kami di nomor 021-80661666 atau WhatsApp Business di nomor +62 811-8106-166, atau melalui email di jntcare@jtcargo.id.

      Terima kasih, semoga informasi yang kami berikan dapat membantu

  • 11 Juni 2022 - (15:32 WIB)
    Permalink

    (UPDATE, 11 Juni 2022) Setelah saya meminta untuk proses refund kepada pihak shopee dan penjual, saya kemudian menghubungi pihak J&T Cargo untuk mengembalikan barang kiriman dan membatalkan laporan aduan saya terkait paket yang tertahan di Jakarta. Hari ini alhamdulillah uang refund berhasil saya terima kembali, dan saya sangat mengapresiasi pihak shopee serta penjual yang memiliki itikad baik untuk membantu masalah ini. Untuk pihak J&T Cargo semoga masalah saya ini bisa menjadi bahan evaluasi untuk kedepannya lagi. Saya tidak pernah tahu akar masalahnya apa karena memang tidak pernah mendapatkan penjelasan yang baik dari pihak J&T Cargo. Kalo banyak kasus pembatalan seperti ini dan jika memang ini gara gara kelalaian pihak ekspedisi pengiriman, tentunya ini sangat merugikan. Saran saya perbaiki komunikasi dengan konsumen, karena jika tidak, tentunya perusahaan sendiri yang rugi jika banyak konsumen yang dikecewakan seperti saya sekarang. Terimakasih kepada mediakonsumen.com telah menjadi wadah saya untuk bercerita dan berbagi kepada orang lain, agar kedepan tidak terjadi lagi masalah yang seperti ini.

  • 17 Juni 2022 - (08:25 WIB)
    Permalink

    ternyata benar nih j*t cargo sering seenaknya, gak sesuai dengan ETD yg dibuat pihaknya sendiri.
    Sekarang paket saya dari pontianak pun sudah molor 2 hari dari yg dijadwalkan, padahal sudah sampai di gudang kota tujuan. tapi kok ya harus nginap 2 hari😂😂.
    CS juga bad respon, itu-itu aja jawabannya gak ada kejelasan.
    mau di ambil sendiri, dibilang gak boleh🤬🤬🤬🤬

  • 17 Juni 2022 - (18:07 WIB)
    Permalink

    Sama om, saya juga kemren tanggal 7 Juni pesen barang dari BANDUNG ke MEMPAWAH pake J&T CARGO, dari tanggal 13 Juni sampe detik ini status paket saya ga berubah masih “dalam proses pengiriman menunggu jadwal keberangkatan operator” pihak CS J&T CARGO berdalih masih dalam estimasi pengiriman (14 hari nyampe tanggal 22) sedangkan perpanjangan garansi shopee abisnya tanggal 20. Pihak cs dihubungi ga ada yang respect, jawaban template, dan ga sopan mengakhiri percakapan sepihak.

    Ini kalo sampe tanggal 19 masih belom sampe saya juga bakalan return dana dan nulis surat pembaca juga.

    KAPOK BENERAN PAKE J&T CARGO.

 Apa Komentar Anda mengenai J&T Cargo?

Ada 29 komentar sampai saat ini..

Kapok Menggunakan Jasa Kirim J&T Cargo

oleh Pandu dibaca dalam: 3 menit
29